1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Misteri Candi Muara Takus yang masih Terputus

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Hyperangel, Jan 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    [​IMG]
    BATU bata putih setinggi kira-kira 60cm dari permukaan tanah mengelilingi gugusan candi Muara Takus. Arsitektur bangunan candi dalam genre Budha itu terlihat anggun dengan adanya stupa, yang merupakan lambang Budha Gautama.

    Setiap menyambut perayaan Waisak, teras-teras candi selalu dipenuhi oleh ratusan umat Budha dari berbagai daerah bahkan ada yang datang dari negara tetangga untuk melaksanakan ritual. Teras-teras candi Muara Takus ini mirip dengan candi Borobudur. Hanya saja material yang digunakan oleh candi ini adalah batu bata merah yang berbentuk persegi panjang dan pipih.

    Pengaruh kerajaan Sriwijaya disebut-sebut sangat dominan dalam bentuk bangunan candi yang memiliki puncak stupa sebagai lambang Budhistis. Dalam sejarahnya, Kerajaan Sriwijaya adalah suatu kerajaan maritim yang ibukotanya selalu berpindah-pindah dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

    Namun secara rinci gugusan candi muara takus dapat dilihat dari beberapa konstruksi bangunannya yang meliputi Candi Mahligai yang memiliki pondasi dasar berbentuk bujursangkar. Di atasnya terdapat pondamen bersegi delapan (astokoma) dan memiliki 28 sisi. Kemudian berdiri di atasnya sebuah menara setinggi 14.30m.

    Pada 1860, penemu candi Muara Takus, Cornet De Groot mendapati teratai berganda dan patung singa dalam posisi duduk pada setiap sisi alasnya. Namun kini sudah tidak dijumpai lagi.

    Dalam deretan wilayah Candi Muara Takus terdapat Candi Bungsu yang pada 1988 diougar dan selesai pada 1990. Ukurannya 7,50 x 16.28 meter dengan tinggi setelah dipugar menjadi 6,20 meter dari permukaan tanah. Dijumpai juga Candi Palangka yang juga sudah dipugar pada 1987 dan selesai pada 1989. Kemudian juga tedapat Candi Tua sebagai candi terbesar diantara candi-candi yang ada di sekitarnya.

    Seorang tokoh agama Budha Riau, Sidarta menceritakan Muara Takus termasuk sebagai candi terbesar dan dikenal sebagai situs umat Budha dunia yang menjadi referensi.

    Hal ini diketahuinya tidak sekadar dari catatan sejarah, namun dari banyaknya ia mendampingi Rinpoce dari Tibet (sekelas Lama atau disebut titisan Biku melalui reinkarnasi yang bisa menikah), yang selalu ingin melaksanakan ritual ibadah di Candi Muara Takus.

    ''Tidak lengkap ilmu kalau tidak beribadah ke Candi Muara Takus. Pada zamannya dulu, begitulah pesan dari mahaguru yang diteruskan secara turun menurun.

    Candi Muara Takus pernah besar pada zamannya dan bisa jadi sebagai pusat kerajaan terbesar itu karena di Palembang tidak ditemukan candi, ujar Sidarta

    src:http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/01/24/240/2/Misteri-Candi-Muara-Takus-yang-masih-Terputus-
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,968
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,699 / -0
    jadi muara takus tuh kompleks candi tho?
    selama ini gw pikir yg namanya muara takus ya sebuah candi tunggal
     
  4. aoi_azzura M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +61 / -0
    Iya baru tahu.
    Dulu kalau di buku pelajaran sering disebut-sebut, tapi kirain candi tunggal. :niceinfo:
     
  5. domoon M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    2,379
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +992 / -0
    yup, muara takus tuh kompleks candi. ga terlalu gde si, ada 3 kalo ga salah.. ato 4 yak? trus dibelakang juga "pernah" ada danau tempat mandi para putri.. entah putri kerajaan atau putri kayangan. trus ada juga mcm2 crita ttg pembangunan candi, misal tempat ngambil tanah liat bwat candi ini yang ampe bikin satu daerah cekung.. trus dijadiin nama daerahna..
    trus jg mcm2 lgi, kya ad yg bilang kalo sriwijaya itu justru berasal dari wilaya ini.. http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Muara_Takus

    bnyak spekulasi sbnernya, sayang kurang terawat...
     
  6. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    bentuk2 candinya lebih mirip dgn yang ada di Thailand ketimbang candi2 yg ada di pulau jawa..
     
  7. biggerzandlongz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +277 / -0
    sayang no pic.
    gw jg blm pernah kesana !
    i lop indonesia dah
    :onion-86:
     
  8. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,571
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    bru tahu ane...

    kalo muara takus tu kompleks candi
    di buku SD adek ane disebut candi tunggal
     
  9. Gitz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8 / -0
    wah fantastis juga ternyta..p
     
  10. jokoklewer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,545 / -0
    dah di daftari di UNESCO juga ya bro?sapa tau ntar ada yang nyolongin.....kayak borobudur banyak stupa ama relief yang ilang....makin ilang aset budaya kita:hiks:
     
  11. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    keren ya.. candi komplek, dilengkapi dengan danau tempat mandi para putri.. saking majunya peradaban dulu sampe bisa bikin komplek candi, jangan2 danau tempat mandi para putri itu lebih maju daripada spa2 yg sekarang banyak dijumpai di masa kita ini..
    misteri candi emang ga ada habisnya.. sayang bgt ga dirawat dengan baik..
     
  12. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    candi memang tak lekang ditelan jaman
     
  13. resky17 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +735 / -0
    aku kira Candinya candi tunggal
     
  14. ifaikar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,789 / -0
    blom ada penampakan yach... :???:
    kyak gimana sih tuh candi muara takus...
    :bingung:
     
  15. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    iye gan, ane juga mikir gitu.
    soalnya waktu belajar sejarah, disebutnya candi doang, bukan kompleks candi
     
  16. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,681
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,956 / -1
    gw tgl di riau dan srg ke tuh candi dlm rangka bljr skolah :lol:
    bwt yg lom tw ni yg mnrik dan ptg dr candi ini
    1.trbuat dri batu bata[bkn palsu emang drsno nya uda make tanah liat yg skrg kta kenal dgn batu bata]
    2.dlu terpendam di dalam tanah sprti bukit kecil
    3.ada 4bangunan 3dah selesei dipugar yg ke 4 bru 3/4 selesei
    4.di sni ada altar,dan tempat pembakaran mayat
    5.ada tempat sesajen di candi utama klo gk slh
    6.ada tembok yg mengitari candi ini dan trkhir x ke sna 4bln lalu bru digali
    7.candi ini bernama muara takus,takus klo gk slh artinya sungai,muara ya muara jadi muara sungai
    berada di desa muara takus
     
  17. k1d_v3 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 28, 2010
    Messages:
    367
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +727 / -0
    kompleks candi ?

    berarti lebih dari satu candi dong .. ?

    wah naiss inpo deh
     
  18. judeed Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ealah..
    ane kira candi tunggal...
     
  19. foerkoeq M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,351 / -0
    ooo.... tak kirain candi tunggal... ternyata kayak prambanan yah....
     
  20. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,209 / -0
    wih, dulu ane sekolah pernah di ajarin nih...
    baru tau kalo ini komplek candi, di kirain cuma 1 doank candi nya...:hehe:
    btw:niceinfo:
     
  21. Armandotop122 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    443
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +338 / -0
    gambarnya gan
    ane gak dapat pencerahan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.