1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Minum Arang: SEHAT dan AWET MUDA

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Hhmm, Feb 8, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,090
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,082 / -0
    Masih ingat era 1980 ketika menyetrika menggunakan bara arang? :???: Arang dibakar hingga membara dalam setrika besi yang di depannya terdapat pengunci berbentuk ayam jantan. Cara itu kini ditinggalkan dan digantikan setrika listrik yang lebih praktis. Namun, bukan berarti arang tak lagi digunakan. Pada abad ke-20, barang gosong itu justru makin luas penggunaannya. Riset terbaru, arang diubah menjadi penghantar zat antikanker pada tubuh manusia.

    [​IMG]

    Penelitiannya dilakukan Japan Science and Technology Agency dan Japan Cancer Insitute, Jepang. Arang atau karbon diubah menjadi nanohorn, sejenis batang berukuran sepersejuta meter yang salah satu ujung silindernya meruncing dan tertutup seperti tanduk. Pada ujung itu, disempalkan butiran 1-2 nanometer obat kanker bernama cisplatin. Mirip memasukan obat ke dalam kapsul.

    Setelah disuntikkan ke tubuh pasien, nanohorn mengalir dalam darah, tidak menyebar ke seluruh tubuh tetapi hanya terakumulasi di dalam sel-sel kanker. Sebab, sifat sel kanker lebih mudah menyerap benda-benda berukuran 100 nanometer dibandingkan sel tubuh lainnya. Setelah berkumpul di dalam sel kanker, obat dalam kapsul nanohorn itu perlahan lepas untuk mematikan sel kanker. Sistem penghantar obat itu lebih efektif untuk pemusnahan kanker dan tumor serta tanpa efek samping.

    Awet muda

    Penggunaan arang sebagai obat dalam sebetulnya bukan baru. Sejak 1500 SM, masyarakat Mesir menggunakan arang sebagai penyembuh luka dan pembersih usus halus setelah makan. Lantas, 1.100 tahun kemudian Hipokrates menggunakan barang kelam itu untuk perawatan pengidap epilepsi, klorosis, dan antraks. Pada 1831, di depan pelajar di French Academy of Medicine, Profesor Touery berdemontrasi minum racun strychnine yang dicampurkan butiran hitam asal pembakaran. Hasilnya, ia tetap hidup dan menjelaskan penyebabnya.

    Menurut Professor Tourey, arang tak berbau dan tak berasa mampu menyerap 60% zat beracun di dalam tubuh yang masuk ke seluruh jaringan pencernaan seperti usus halus, usus besar, dan perut. Ia efektif bekerja 1,5 jam setelah konsumsi. 'Arang memiliki pori yang banyak dan luas, sehingga kemampuan menyerapnya tinggi,' kata Tjuju Nurhayati, peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.

    Penelitian lain dilakukan Richard C. Kaufman, Ph.D dari National Health Federation, Minessota, Amerika Serikat. Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak, menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis. Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong.

    Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.

    Pupuk

    Selain menjaga kesehatan tubuh manusia, arang juga digunakan untuk kebutuhan lain. Di Jepang, misalnya, arang merupakan komponen utama upacara minum teh sejak 1522. 'Arang yang digunakan harus tak berbunyi, tanpa berasap, dan tak berbau,' kata Jhoni W Utama, direktur PT Dian Niaga, eksportir arang di Jakarta. Arang digunakan untuk menghangatkan air pada suasana sakral yang tenang dan damai.

    Untuk pertumbuhan tanaman teh pun tak bisa lepas dari jasa charcoal-nama dagang arang di dunia. Takehiko Hoshi dari Tokai University, Jepang, meneliti efek arang terhadap tanah perkebunan teh selama 10 tahun di bagian timur Shizuoka, Jepang. Arang yang ditaburkan di sekeliling tanaman teh masing-masing 100g memberikan efek pertumbuhan tinggi dan volume produksi meningkat 40% dibanding tanaman yang tak ditaburi arang. Penyebabnya, arang mengubah air yang terperangkap dalam tanah menjadi air mineral lantaran berikatan dengan mineral-mineral arang.

    Arang juga mengikat nutrisi di udara seperti nitrogen penyebab pH di dalam tanah tetap netral. 'Selain kaya mineral arang juga bersifat antibakteri dan beberapa jenis asam-asam penyubur tanaman,' kata Tjuju. Konsep itulah yang diterapkan Korea Selatan untuk menjaga kesuburan rumput lapangan golf. 'Minimal satu ton arang batok kelapa untuk lapangan golf yang dipakai di lapisan ketiga,' kata Jhony. Manfaatnya, menyerap kelembapan berlebih sehingga cendawan tidak berkembang dan menghalau hama-hama perusak rumput.

    Penggunaan lainnya sebagai pakan kambing seperti di diriset Do Thi Thanh Vana dari Goat and Rabbit Research Centre, Hatay, Vietnam. Ia menguji 42 kambing di National Institute of Animal Husbandry, Hanoi, Vietnam. Pertumbuhan bobot kambing yang diberi pakan 10 g arang per kg bobot tubuh selama 12 minggu lebih cepat; 53 g/hari. Sementara kambing tanpa arang hanya 30 gram/hari.

    Baju arang

    Dari sekian banyak faedah arang, penggunaan terbesar sebagai karbon aktif. Maksudnya, arang diubah struktur karbonnya dengan dibebaskan dari ikatan unsur lain sehingga permukaan dan pusat aktifnya menjadi luas. Awalnya, luas permukaan arang berkisar 300 m2/g setelah diaktivasi menjadi 3.500 m2. Semakin luas pusat aktif arang, daya absorsi terhadap cairan dan gas lebih tinggi. Daya serapnya mencapai 25-1.000% dari bobot arang aktif.

    Arang-arang itu dibentuk dalam berbagai rupa, antara lain dinding partisi, penyegar kulkas, vas bunga, dan ornamen meja. 'Bahkan di Taiwan dijadikan baju, selimut, kaus kaki, dan tirai', kata Jhonny. Hal itu dilakukan oleh Ema Hsieh dari Taiwan's Industrial Technology Research Institute, Taiwan.

    Hasil penelitian Ema, arang mampu melepaskan sinar ultra inframerah yang menghangatkan tubuh. Ia memperbaiki peredaran darah, melepaskan ion negatif yang menyeimbangkan energi dalam tubuh, serta bekerja pada sistem parasimpatetik sebagai penenang pikiran dan badan. Benang arang bersifat antimikroba, menyerap bau lebih baik, dan menghalau radiasi gelombang elektromagnetik perusak sel tubuh.

    Dengan segudang manfaat itu, sudah sewajarnya kita memperlakukan arang tak sekadar barang gosong pemanggang daging satai atau pun penjernih air seperti yang selama ini diaplikasikan. Di balik legamnya, barang gosong itu kaya manfaat.

    SUMBER
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    waw ternyata arang itu justru bisa digunakan untuk menetralisir racun yah ... menarik banget dan bisa digunakan untuk mematikan sel kanker lebih lanjut ... padahal anggapan awam justru arang itu yang menyebabkan kanker .. ternyata malah sebaliknya
     
  4. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,090
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,082 / -0
    ^
    klo pengalaman saya pribadi, ketika masih kecil, saya pernah di gigit doggy, dan kakek saya mengobati menggunakan arang yg masih panas (bukan utk di minum sih), tp di gosok2 pada bagian yg kena gigit tsb... (kata beliau itu utk pertolongan pertama utk mengantisipasi infeksi/rabies) :hmm:
     
  5. glossy_eye Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 1, 2011
    Messages:
    242
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    KOPI JOSS YOGYA !!!

    MANGSTAB MASBORO....

    :top:
     
  6. byahigh M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +35 / -0
    di pramuka juga ada
    kalo keracunan makanan disuruh makan arang
     
  7. karatan99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    tp kan arang dibakarnya pake minyak tanah gimana? trus apakah ada spesifikasinya misalnya jenis kayu apa saja yg dipakai utk dijadikan arang bagus untuk kesehatan?
     
  8. byahigh M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +35 / -0
    kalo dimakan juga ada kadarnya kk
    kalo kebanyakan :apa:
    ato :muntah1: bagitulah
     
  9. Futsuii M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    3,121
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,211 / -0
    tapi tetep aja kan keliatnya gak etis kalo dimakan :iii:
     
  10. Kite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    588
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    tunggu dulu, setau saya arang bukannya banyak mengandung karsinogen (pemicu kanker) akibat sisa pembakaran..
    walaupun ada yg dipake sbg detox dlm kasus keracunan..
     
  11. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,090
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,082 / -0
    kopi yg di campur arang panas itu ya? :???:

    klo arang aktif pernah denger sih, katanya emang utk menyembuhkan keracunan, ga tau juga cemana cara konsumsinya :iii:, apa di tambah bahan lain atau engga juga ga tau saya :iii:

    iya, ada kadarnya :unyil:

    etis atau engga nya klo udah ada riset yg membuktikan klo arang dapat menyembuhkan suatu penyakit kan no problem :hmm:

    ada tambahan bahan tertentu mungkin, klo yg berdasarkan artikel kan udah dilakukan penelitian dengan menambahkan obat tertentu agar bs di konsumsi :bloon:
     
  12. Futsuii M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    3,121
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,211 / -0
    ini bener juga sih, tapi di jogaja ada kan kopi arang itu .. :iii:
     
  13. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -1
    ternyata banyak banget manfaatnya ya, gak cuma untuk bakar sate doank.. :XD:
    tapi saya belum pernah liat ada orang yang minum Arang nih.. :iii:
     
  14. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    850
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,217 / -0
    wah, obat emang aneh aneh ya, apa yang tidak selayaknya jadi obat, ternyata yg mujarab. :hehe:
     
  15. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    Jadi bisa dimanfaatkan seperti itu.. :niceinfo:
    Untuk masalah penyebab kanker,, mungkinarang yang dimaksud disini arang tertentu?? :iii:
    Masih kurang mengerti dalam penggunaannya dan efek lengkapnya.. Harus dipelajari lebih lanjut
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.