1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Merapi Erupsi Senin Ini, Beberapa Desa Terkena Dampak Hujan Abu

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 16, 2021.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +78 / -0
    Gunung Merapi kembali erupsi pada Senin (16/8/2021) pagi sebanyak dua kali dan menyemburkan awan panas mencapai 3,5 kilometer.

    Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan erupsi pertama Merapi pagi ini terjadi pukul 05.36 WIB. Jarak luncur awan panas mencapai 2 kilometer.

    "Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 49 milimeter dan durasi 165 detik. Jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya," kata Hanik dalam keterangannya, Senin (16/8/2021) pagi, seperti dikutip dari detikcom.


    [​IMG]
    Gunung Merapi pada Senin (16/8/2021) pagi WIB. (Sumber: info cegatan jogja/BPBD Magelang/BPPTKG Yogyakarta)

    Tak berselang lama disusul awan panas kedua pukul 05.53 WIB dengan jarak lebih jauh. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 66 milimeter dan durasi 289 detik.

    "Awan panas Merapi pukul 05.53 WIB dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah barat daya dan tinggi kolom 600 meter dari puncak," sebutnya.

    Selain itu, dari data pengamatan aktivitas Gunung Merapi per 6 jam hari ini terjatat beberapa kali guguran lava pijar. Arah guguran ke sisi barat daya. Sementara untuk kegempaan Gunung Merapi pada periode yang sama tercatat gempa guguran sebanyak 48 kalo, fase banyak 11 kali, dan vulkanik dangkal 10 kali. Lebih lanjut, jarak luncur awan panas sejauh ini masih berada di dalam radius rekomendasi bahaya dari BPPTKG. Oleh karena itu, status Merapi masih berada pada level Siaga.



    BPPTKG menyebut potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.



    Terdapat 11 desa meliputi 3 kecamatan di Kabupaten Magelang yang terkena dampak langsung guyuran hujan abu vulkanik pada erupsi Merapi pagi ini. Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah KRB Merapi dan sekitarnya, antara lain

    1. Kecamatan Dukun ( hujan abu : sedang-tebal )
    - Desa Krinjing
    - Desa Paten
    - Desa Sengi
    - Desa Banyudono
    2. Kecamatan Sawangan ( hujan abu : sedang-tebal )
    - Desa Kapuhan
    - Desa Mangunsari
    - Desa Soronalan
    - Desa Ketep
    3. Kecamatan Tegalrejo ( hujan abu : sedang )
    - Desa Tegalrejo
    - Desa Kebonagung
    - Desa Ngadirejo
    Kegiatan dan Upaya yang dilakukan ??
    • Pemantauan wilayah terdampak melalui perangkat CCTV Merapi dan Radio komunikasi
    • Koordinasi dengan BPPTKG, TRC Kecamatan, Pemdes setempat dan Masyarakat
    • Himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada

    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.