1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Merantau apakah bisa membuat orang sejahterah?

Discussion in 'Career Talks' started by sayap, Dec 4, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sayap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -6
    umur : 25
    pendidikan terakhir : S1 Manajemen akreditasi C...
    pengalaman kerja : pernah menjadi pedagang saat sd, smp, sma... pernah bekerja di distributor telkomsel sbg sales cluster... dan skrng lg kerja sebagai HRD encoder di perusahaan asing filipina...
    Gaji : 1.900.000 + 50rb allowance perbulan...

    gw lg menargetkan utk menikah dan membeli rumah saat umur 28... rumah dan pernikahan gw bisa terpenuhi tp utk kehidupan setelah pernikahan itu gw agak ragu setelah gw perhitungan2 krn gaji gw hanya UMP saja di perusahaan yang saat ini...
    akhirnya gw pikir utk merantau saja... tp gw khawatir saat gw pergi dgn niat yang baik dan karakter yang baik... tp krn sendiri di perantauan gw khawatir bakal menjadi yang tidak baik seharusnya tidak terjadi seperti bisa jd terlilit utang, terjadi masalah dgn orang yang tidak di kenal, khawatir tentang kesehatan krn hidup sendiri, dan khwatir malahan tidak mendapatkan rejeki yang baik...
    menurut kalian gmn?
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Chebonks Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 26, 2012
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +9 / -0
    Posisi dimana Gan ?
    Lokasi daerah juga menentukan seberapa agan bisa nabung.

    pengalaman ane, dulu di Jogja (kota yg sangat2 murah living costnya), thp sekitar 3.2/bulan sekarang di Jakarta thp sekitar 7, tapi sama aja, rasa2 malah boros disini gan.

    jadi belum tentu, tapi merantau itu buka jendela pengetahuan dan pengalaman baru dlm hidup, yg ini harganya mahal banget bro ! Goodluck
     
  4. kisutman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 12, 2013
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    ane juga merantau gan , tepatnya di jakarta memang sih disini umr gede dll tapi kondisi lingkungan dan masyarakatnya nyerah ane gan.
    btw kl ngga merantau nyaman dan bisa nabung kenapa harus rantau cmiiw.
    glhf gan
     
  5. hi3ka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +44 / -0
    kalau menurut ane tergantung niat kita merantau gan...

    karena ane skrg jg merantau di Palembang..asal dr jawa...

    Alhamdulillah saya usaha disini jalan gan...
     
  6. Qking Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,216 / -5
    tergantung agan mo hidup kek gimana ??? gaya hidup bisa menjadikan kita selalu kekurangan gan .. meski gaji selangit
     
  7. itaki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2013
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -2
    ahh tergantung banyak faktor... dari kerjaan iyaah... daerahnya iyaah.. orangnya juga iyaah
     
  8. mythz M V U

    Offline

    Xahabat Azrax

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    708
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,981 / -0
    Saya juga pernah merantau di kota besar dan pada akhirnya mikir gimana caranya biar bisa deket sama sodara, karena terus terang hidup di kota besar tanpa sodara itu lumayan susah. Tapi setelah balik ke desa mikir lagi buat nyari tantangan #nggakadahabisnya
     
  9. Qking Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,216 / -5
    sifat manusia om... emang kayak gitu ....
     
  10. wirad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +7 / -0
    tergantung budaya. di keluarga ente terima ga kalo ente nyangkut ama pinoy? terus jangan percaya LDR dah. terus gaji segitu untuk luar negeri kekecilan bos. cari lagi dah yang lain. kalo UMP kurang, ya naikin skill. banyak gaul sama orang pinter. bukan ngejilat bos, tapi itulah hidup, butuh jaringan sosial yang baik.
     
  11. sayap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -6
    gw di sulawesi seperti biasa meski tahun berganti gaji tetap berpatokan pada UMP skrng ini 2jt 150rb... hmm... tidak cukup untuk cita2 pas waktu umur 28 nanti... ini juga kontrak gw sudah habis di perusahan philipin tersebut... gw udah kerja 2 tahun 6 bulan... di akhir kerja gw di kasih 2 tugas tambahan... gw sih mau2 aja lanjut... tp klo di lanjutin pihak manajemen perusahaan hanya bakalan kasih kontrak lagi... terus gw minta utk di ajukan sebagai reguler/tetap... gw tunggu 1 bulan lebih ternyata dr pusat philipin sendiri lg gak bisa ngangkat reguler baru... gw heran perushaan export besar international yg untung nya berM kok bisa sulit bener mo angkat tambah sudah kasi tugas lebih lagi dari kerjaaan gw daily setiap hari ~_~a jgn2 cuman permainan manajemen disini lg... krn itu keliatannya minggu2 ke depan gw tekad bulat utk merantau nih ke pulau jawa...

    bagi yg merantau semoga sukses dan di beri banyak rejeki :)

    btw apa saja ya yang harus di siapkan berkas2nya? contohnya gw harus minta surat domisili kelurahan sini ato gmn?
    surat skck bgmn ya? gw bikin dari domisili sini ato nanti di bikin di kantor polisi setempat disana?
    ktp tetap pakai dari asal gw aja ya? ato sampe di pulau jawa nanti harus bikin ktp di sana? gmn caranya?
    terus nih nanti ktp gw bakal expire oktober 2016 apakah gw bisa bikin ktp langsung di sana aja? ato gw harus balik lg ke kota gw?
    apakah ada fasilitas/perangkat dari pemerintah khusus untuk perantau? contoh memberikan informasi tempat kos/sewa ruma atau tempat informasi lowongan pekerjaan dll...
    kota2 yang bakalan gw coba samabangi utk cari rejeki jakarta, bekasi, bogor, surabaya, bandung... pekerjaan yang lagi populer skrng di pulau jawa apa ya? terutama di kota2 besar? gw niatnya ingin cari management trainee, HRD, administrasi payroll, arsiparis, hmm... serta pekerjaan yang berhubungan dengan komputer terutama perusahaan2 yg sudah memiliki system tersendiri untuk membantu daily work...

    gw juga klo secara keturunan ada darah jawa juga keturunan dari kakek orang china masuk islam... cerita yg gw tau itu kakek gw pedagang (entah dmn) di kawasan pasar di pulau jawa... terus waktu itu kan lg perang sama belanda... kakek gw di tangkap sama belanda terus di buang di kema sulawesi utara bersama dengan tahanan2 lain... akhirnya para tahanan pergi menuju ke tondano waktu itu dan di sana terbentuk desa yang namanya kampung jaton (jawa-tondano) disana kakek gw masuk islam dan menikah dgn warga pribumi setempat...
    krn gw merasa seperti mungkin juga takdir ada panggilan rejeki ke pulau jawa... krn disini yang tidak memenuhi standart kebutuhan... gw sebenarnya mau aja kerja disini meski gw tau di tempat lain gw bisa lebih krn juga membantu indonesia bagian timur... tp yah memang kerja disini gajinya gak tinggi2 amat serta status yang masih kontrak sedangkan kesejahteraan tidak memenuhi standart yg seharusya... disini juga klo memang tidak ada takdir rejeki gw keliatannya...
    selain itu menurut gw ini yg bikin byk perantau... pemerintah pulau jawa sendiri berusaha supaya jgn ada perantau tp kenyataan tidak bisa di pungkiri indonesia itu pusatnya pulau jawa... coba aja klo kesejahteraannya merata pasti gak bakalan gini...
     
    Last edited: Jul 22, 2015
  12. cajun_91 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 6, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    ada plus minusnya sih om..
    kalau di daerah ente lapangan pekerjaan cukup memadai dan biaya hidup ga gede, mending coba dulu untuk kerja di daerah asal.
    tapi kalau lapangan pekerjaannya terbatas dan ente ngerasa butuh tantangan baru untuk menguji diri dan memperbesar peluang ente untuk sukses, kenapa ga coba merantau??

    prinsipnya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian:D
     
  13. sayap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -6
    memang gak memadai nih gak sesuai dgn jobnya... coba bayangkan perusahaan yg gw tempati itu seorang head HRD gajinya hanya 2.5jt terus kontrak lagi... klo mo tahun ke 2 itu tetap di kontrak lg terus menurus... gw selama 2 tahun 6 bln itu sudah melewati pergantian head HRD 6 kali... itu pun mereka gak sampe setahun kerjanya udah minta berenti krn knp? krn gak seimbang hak dan kewajibannya... byk di kewajibannya... gw jd berasumsi bahwa perusahaan pelit... mungkin karena kita juga beda negara kali ya...
     
  14. cajun_91 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 6, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    wah kasian banget om... memang ga semua perusahaan luar negeri ternyata menjanjikan ya...
    saran ane sih mending coba merantau om, cari peluang lain... bisa jadi kerja di perusahaan lain yang lebih baik, atau mungkin kalo ternyata jalan rezekinya bukan jadi pegawai siapa tau ente bisa dapet rezeki yg lebih baik dr profesi lain, usaha atau berdagang misalnya.

    intinya sih bukan masalah apakah lebih bagus merantau atau enggak, tapi berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar dan mencari rezeki om, meskipun rezeki itu ada di luar kandang kita bahkan diujung dunia sekalipun, insya Allah usaha yang kita keluarkan dengan sungguh2 akan berbuah manis om :)
    saya sudah 7 tahun merantau sejak lulus SMA (walaupun kuliah dulu sblm kerja) tapi alhamdulillah kendala-kendala yang ada spt masalah perbedaan budaya, hidup sendiri dll. bisa teratasi.

    Kalau emang ente pengen kehidupan yang lebih baik, anggaplah kendala2 itu sebagai tantangan buat mencapai itu semua. kalo ga ada tantangan gimana kita bisa jadi lebih baik, ya ngga? ;)

    maaf jadi sok bijak gini hehe..
     
  15. tom_risingforce Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2014
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -3
    Ada plus minusnya kok merantau itu.. Yg pasti uang bukanlah segalanya.. Kerja keras & selalu bersyukur gaes :ogcute:
     
  16. sayap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -6
    btw klo merantau persiapan berkas2 dokumen apa saja ya? harus bawa surat apa saja biar gak di razia dan sah tinggal di perantauan? atau urus apa saja?

    btw klo merantau persiapan berkas2 dokumen apa saja ya? harus bawa surat apa saja biar gak di razia dan sah tinggal di perantauan? atau urus apa saja?



    @ all btw klo merantau persiapan berkas2 dokumen apa saja ya? harus bawa surat apa saja biar gak di razia dan sah tinggal di perantauan? atau urus apa saja? pergi ke dinas2 apa saja dan gmn?
    mohon penjelasannya... supaya nanti gak bolak balik dan malah ngabisin duit di pesawat... terus juga supaya legal gitu tinggal di tempat rantau... gw mo merantau keluar pulau ke kota besar yg pasti masih di indonesia...
     
    Last edited: Jan 21, 2016
  17. sayap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -6
    gw di sulut... gw sih gak masalah merantau yang paling2 gw khawatir modal untuk kesan cuman cukup untuk 2 bulan aja untuk kost, makan, transportasi, keperluan dll... gw khawatir sudah antar lamaran kesana sini yg ada malah gak di panggil2... terus modal abis dah 2 bulan itu... berakhir sudah... mana uang tabungan lg yg gw simpen sulit bener... tambah klo dah merantau di razia di blng harus lengkap ini lengkap itu lah begini begitu... uang gak ada naek2 pesawat bolak balik gila... bankrut duluan blm dapat apa2... hmm... tambah bimbang bisa dapt kerja gak yah 2 bulan itu???? huft...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.