1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Beauty Product Menyingkap Rahasia Micellar Water: Pembersih Wajah Ajaib yang Wajib Kamu Miliki

Discussion in 'Beauty and Body Care' started by chrllanm77, Jun 11, 2024.

  1. chrllanm77 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2022
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Pernahkah kamu merasa riasanmu sulit dibersihkan, atau kulitmu terasa kotor dan kusam di penghujung hari? Jika ya, kamu mungkin perlu berkenalan dengan micellar water, sang penyelamat kecantikan yang akhir-akhir ini semakin populer.

    Micellar water bukan sembarang air pembersih wajah. Di balik kesederhanaan namanya, terdapat teknologi inovatif yang mampu membersihkan wajah secara menyeluruh dengan lembut, tanpa perlu dibilas. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

    Apa Itu Micellar Water?
    [​IMG]

    Micellar water adalah cairan pembersih wajah yang mengandung micelles, bola-bola mikroskopis yang terbuat dari surfaktan. Surfaktan ini memiliki dua sisi: satu sisi yang menyukai air (hidrofilik) dan satu sisi yang menyukai minyak (hidrofobik).

    Ketika micellar water diaplikasikan pada wajah, micelles akan menarik kotoran, minyak, dan riasan yang larut dalam minyak ke dalam inti hidrofobiknya. Hal ini membuat micellar water mampu membersihkan wajah secara menyeluruh, bahkan hingga ke pori-pori terdalam, tanpa perlu digosok keras.

    Analogi Sederhana: Bayangkan micelles sebagai magnet kecil yang memiliki dua kutub: kutub positif (hidrofilik) dan kutub negatif (hidrofobik). Kotoran, minyak, dan riasan yang larut dalam minyak bagaikan serpihan logam. Ketika micellar water diaplikasikan, kutub negatif micelles akan menarik serpihan logam ini, mengangkatnya dari permukaan kulit dan membawanya ke dalam inti micelles.

    Keunggulan Micellar Water
    Dibandingkan dengan pembersih wajah tradisional, micellar water menawarkan beberapa keunggulan, antara lain:

    • Membersihkan secara menyeluruh: Micelles mampu mengangkat kotoran, minyak, dan riasan secara efektif, bahkan maskara waterproof sekalipun.

    • Contoh: Pernahkah kamu kesulitan menghapus maskara waterproof? Micellar water dapat membantu mengangkat maskara waterproof dengan mudah tanpa perlu menggosok mata dengan keras, yang dapat menyebabkan iritasi.

    • Lembut di kulit: Micellar water bebas alkohol dan parfum, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun.

    • Contoh: Jika kamu memiliki kulit sensitif yang mudah iritasi, micellar water bisa menjadi pilihan pembersih wajah yang tepat karena formulanya yang lembut.

    • Praktis dan mudah digunakan: Micellar water tidak perlu dibilas, sehingga menghemat waktu dan air.

    • Contoh: Pagi hari yang terburu-buru? Micellar water dapat membantu kamu membersihkan wajah dengan cepat dan praktis sebelum memulai aktivitas.

    • Cocok untuk semua jenis kulit: Micellar water tersedia dalam berbagai formula yang sesuai dengan berbagai jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, hingga kombinasi.

    • Contoh: Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah micellar water dengan kandungan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit.
    Cara Menggunakan Micellar Water
    Berikut adalah cara menggunakan micellar water yang benar:

    1. Basahi kapas dengan micellar water.

      • Tips: Gunakan kapas yang berkualitas baik untuk menghindari serat kapas yang menempel di wajah.
    2. Usap wajahmu dengan lembut, perhatikan area yang mudah tersumbat seperti hidung dan dagu.

      • Tips: Lakukan gerakan memutar saat mengusap wajah untuk mengangkat kotoran dan riasan secara maksimal.
    3. Untuk riasan mata yang tebal, tekan kapas yang dibasahi micellar water selama beberapa detik pada kelopak mata sebelum diusap.

      • Tips: Hindari menggosok mata terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.
    4. Ulangi langkah 1-3 hingga wajahmu terasa bersih.

    5. Opsional: Bilas wajahmu dengan air hangat jika kamu merasa perlu.

      • Tips: Bilas wajah dengan air hangat suam-suam kuku untuk menghindari iritasi.
    6. Gunakan pelembab untuk menjaga kelembapan kulitmu.

      • Tips: Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.
    Kesimpulan
    Micellar water adalah pembersih wajah serbaguna yang cocok untuk semua jenis kulit. Dengan kemampuan membersihkannya yang menyeluruh, kelembutan pada kulit, kepraktisan penggunaannya, dan ketersediaan formula yang beragam, micellar water menjadi produk skincare wajib yang patut kamu coba.

    Ingatlah untuk memilih micellar water yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu.

    Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah micellar water dengan kandungan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit.

    Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilihlah micellar water yang bebas minyak dan mengandung bahan penyeimbang minyak seperti salicylic acid atau witch hazel.

    Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah micellar water yang hipoalergenik dan bebas pewangi.

    Dengan memilih micellar water yang tepat, kamu dapat merasakan manfaatnya yang maksimal untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan bersinar.
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.