1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Menulis dengan Tangan Baik untuk Otak

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by hell_pumpk1n, Feb 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hell_pumpk1n M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    Fungsi pena kini banyak digantikan dengan papan ketik (keyboard). Padahal, terbiasa mengetik dengan keyboard berpengaruh pada menurunnya aktivitas otak yang berperan besar dalam fungsi pembelajaran.

    Menulis dengan tangan diketahui menimbulkan pengalaman sensorik yang sangat berbeda dengan kegiatan mengetik. Kedua kegiatan itu ternyata mengaktifkan dua bagian otak yang berbeda juga.

    "Tubuh kita didesain untuk berinteraksi dengan dunia di sekeliling kita. Kita memiliki 'alat' untuk menggunakan obyek fisik untuk mengerjakan tugas, misalnya buku atau pena," kata salah satu peneliti Anne Mangen dari University of Stavangers Reading Centre, Norwegia.

    Dalam serangkaian tes yang dilakukan Mangen dan timnya, diketahui aktivitas menulis dengan tangan akan meninggalkan jejak "memori motor" di bagian otak yang disebut sensorimotor. Proses ini akan mendorong kemampuan visual dalam mengenal huruf dan angka. "Meski terkesan dua hal yang berbeda, sebenarnya menulis dan membaca saling berkaitan," kata Mangen.

    Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Advances in Haptics. Haptics sendiri mengacu pada sensasi menyentuh dan cara berkomunikasi dan mengeksplorasi lewat sentuhan.

    Dalam penelitiannya, kelompok partisipan dibagi dalam dua kelompok, yakni orang yang menulis dengan tangan dan orang yang mengetik lewat keyboard. Kemudian mereka diminta mempelajari alfabet yang belum pernah dikenal sebelumnya.

    Ternyata orang dari kelompok yang menulis dengan tangan memiliki hasil yang lebih baik dalam tes dibanding orang yang mengetik di keyboard.

    Hasil pemindaian otak juga menunjukkan orang yang menulis dengan tangan, bagian otak yang disebut broca lebih aktif. Bagian otak ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa. Kerusakan di bagian otak ini, misalnya akibat kecelakaan, bisa menyebabkan seseorang sulit berbicara.

    sumber :
    http://health.kompas.com/index.php/read/2011/01/25/16075235/Menulis.dengan.Tangan.Baik.untuk.Otak
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    iya gan bener banget,,
    ane aja klw dah lama ga tulis tangan,,
    jadi agak kaku saat tulis tangan lagi,,
     
  4. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    selain itu, dgan menulis pake tangan, qta lebih mudah mengingat apa yang ditulis daripada sekedar mengetik di komputer....(kata guru sma ane)
     
  5. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    iye bener gan,,,
    klw mw hafalan pake catatan tangan sendiri,, lebih gampang bwt dihafalnya,,,
     
  6. josher M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,354 / -0
    kalau nulis dengan kaki kira2 baik nggak ya? :haha:
     
  7. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    bener bgt tu, tapi sekarang org pada males buat nulis seniri
    dgn alasan:males, tulisan jelek, dll
     
  8. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    yah kemungkinan ketika menulis otak kita melakukan beberapa proses sekaligus,
    Seperti yang disebutkan diatas otak memvisualisasi huruf, kemudian diabnru oleh broca sehingga terangkai kata, dan sistem motorik diproses sedemikian rupa segingga dapat menulis huruf2 tertentu..
    Maka manfaat bagi otak pun lebih besar
     
  9. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    hehehehe...

    syukur bgd gw laporan praktikum tiap minggu disuruh tulis tangan...

    ternyata Menulis dengan Tangan Baik untuk Otak...

    :top:
     
  10. prabulullaby Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    131
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    hahaha iy sih brasa klo dah lama ga nulis agak beda brasanya :D
     
  11. uwick M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    756
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +915 / -0
    kalo yg ditulis sedikit sih gak msalah nulis pkk tangan..
    lah kalo yg ditulis bnyk bhkan ampe berlembar" bisa keram tuh tangan :haha:
     
  12. kouga320 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,789
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +1,671 / -1
    kalo diganti nggambar pake tangan?
    sama2 kerja dengan tangan kan?

    oiya, emang kalo lama ga nulis manual trus nulis lagi, tulisannya jadi jelek banget.
     
  13. aa_doky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,674 / -0
    wakaka, sama banget ini, tiap bikin laporan praktikum biokimia selalu disuruh tulis tangan :lol:

    ternyata kegunaan-nya banyak :)
     
  14. lycan93 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +1 / -0
    waduh saya paling jarang nulis gara-gara hasilnya jelek
     
  15. tectoz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 19, 2011
    Messages:
    821
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,848 / -0
    Kalo lagi belajar, ane setuju banget kalo nulis pake tangan
    soalnya kerasa sensasi yang buat pelajaran jadi gampang masuk..
    tapi, misalnya pengen nulis sesuatu dan pengen di-publish online, agak repot jg kalo mesti 2 kali nulis
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.