1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengertak Gigi Saat Tidur Pertanda Stres di Siang Hari

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by erickstrad, Mar 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. erickstrad Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,469
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,557 / -0
    Mengertak Gigi Saat Tidur Pertanda Stres di Siang Hari

    Dusseldorf, Tanpa disadari beberapa orang kadang memiliki kebiasaan mengertak giginya saat sedang tidur di malam hari. Ternyata kebiasaan mengertak gigi saat tidur diakibatkan faktor stres yang melanda orang tersebut di siang harinya.

    Sebuah penelitian baru di Jerman menunjukkan bahwa orang yang suka mengertakkan giginya pada malam hari tampaknya cenderung disebabkan orang tersebut mengalami stress.

    Faktor lain yang turut mempengaruh adalah sebagai kemungkinan untuk pelarian dalam mengatasi beberapa hal yang dianggapnya sulit.

    Tim peneliti yang dipimpin oleh Maria Giraki dari Heinrich-Heine-University di Dusseldorf, Jerman mempelajari 48 orang yang diketahui suka mengertak giginya pada malam hari terutama saat tidur, kondisi ini disebut dengan 'Sleep Bruxism'. Hasil penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Head and Face Medicine pada tanggal 5 Maret lalu.

    Kebiasaan suka mengertak gigi dapat menyebabkan gigi menjadi kasar saat digunakan, gigi menjadi renggang, mengalami sensitifitas yang tinggi, pertumbuhan yang abnormal serta mengalami rasa sakit pada otot-otot yang bertanggung jawab untuk mengunyah.

    "Meskipun belum sepenuhnya terbukti, tapi faktor stres diduga telah terlibat dalam kebiasaan ini. Kami bertujuan untuk menyelidiki apakah faktor stres bisa sangat mempengaruhi atau terkait jelas dengan gejala Sleep Bruxism," ujar Giraki, seperti dikutip dari HealthDay, Senin (8/3/2010).

    Peneliti mengukur kertakan gigi di malam hari pada semua partisipan dengan menempatan piring tipis dalam mulut setiap partisipan. Dalam penelitian ini tidak ada rentang usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan tertentu. Tapi didapatkan partisipan yang mengalami kebiasaan ini setiap hari dilaporkan karena mengalami stres setiap harinya baik akibat kerjaan atau tidak.

    "Hasil penelitian kami mendukung asumsi yang ada bahwa orang-orang yang mengertakkan gigi saat malam hari diakibatkan karena tidak mampu menghadapi stres yang dialaminya dengan cara yang sesuai. Mereka umumnya lebih memilih strategi untuk melarikan diri dan menghindari masalah yang ada," ungkap Giraki.

    Karena itu salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan mengertak gigi saat malam hari adalah dengan memandang stres sebagai hal yang positif. Selain itu cobalah untuk menghindari faktor-faktor pemicu stres setiap harinya.

    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. haido90 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    kayak tidur temen gue
     
  4. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    pastinya denger orang gertak gigi,, apalagi pas malem2... bisa bikin telinga ga enak...
    gimana gitu....
     
  5. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,634 / -0

    Stress larinya ke menggertak gigi :yareyare: kurang kerjaan apa lagi kedinginan kali :dingin:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.