1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Memantau Masalah dengan PGM-FI

Discussion in 'Otomotif' started by intanmariska, May 6, 2021.

  1. intanmariska Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Merahputih.com - Buat kamu yang memiliki sepeda motor dengan sistem PGM-FI maka sedikit banyak dapat meihat masalah yang ada pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang terletak pada bagian spidometer.

    Biasanya pada kondisi normal, sewaktu kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik. Lalu akan mati kembali dan motor siap dinyalakan. Bila ada permasalahan pada sistem PGM-FI maka MIL akan terus berkedip.

    Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

    Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1. Jadi pahami kedipan yang diberikan oleh MIL untuk permasalahan tertentu.

    Satu kedipan

    Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.

    Tujuh kedipan

    Adanya potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.

    Delapan kedipan

    Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.

    Segala permasalahan dapat didiagnosis dengan cepat dan tepat. (Foto: Unsplash/Vlad Kutepov)
    Sembilan kedipan

    Adanya potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.

    Sebelas kedipan

    Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

    Duabelas kedipan

    Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem injektor sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

    Sumber: Link
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.