1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raza_anguy, Mar 11, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raza_anguy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.

    Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.

    Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Fenol ini juga banyak ditemukan pada anggur merah yang sudah sangat dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

    Selama ini ada pandangan bahwa permen coklat menyebabkan caries pada gigi dan mungkin juga bertanggung jawab terhadap munculnya masalah kegemukan. Tak dapat disangkal lagi bahwa kegemukan adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Tetapi studi di Universitas Harvard ini menunjukkan bahwa jika Anda mengimbangi konsumsi permen coklat dengan aktivitas fisik yang cukup dan makan dengan menu seimbang, maka dampak negatip permen coklat tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

    Menurut kepercayaan suku Maya, coklat adalah makanan para dewa. Rasa asli biji coklat sebenarnya pahit akibat kandungan alkaloid, tetapi setelah melalui rekayasa proses dapat dihasilkan coklat sebagai makanan yang disukai oleh siapapun. Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

    Di Amerika Serikat konsumsi coklat hanya memberikan kontribusi 1% terhadap intake lemak total sebagaimana dinyatakan oleh National Food Consumption Survey (1987-1998). Jumlah ini relatif sedikit khususnya bila dibandingkan dengan kontribusi daging (30%), serealia (22%), dan susu (20%). Lemak pada coklat, sering disebut cocoa butter, sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. Tetapi lemak coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol. Untuk tetap menekan lemak jenuh agar tidak terlalu tinggi, ada baiknya membatasi memakan cokelat hanya satu batang saja per hari dan mebatasi mengkonsumsi suplement atau makanan lainnya yang mengandung catechin seperti apple dan teh.

    Dalam penelitian yang melibatkan subyek manusia, ditemukan bahwa konsumsi lemak coklat menghasilkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang lebih rendah dibandingkan konsumsi mentega ataupun lemak sapi. Jadi meski sama-sama mengandung lemak jenuh tetapi ternyata efek kolesterol yang dihasilkan berbeda. Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah. Mengapa? Stearat ternyata dicerna secara lambat oleh tubuh kita dan juga diabsorpsi lebih sedikit.

    Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.

    Sering timbul pertanyaan seberapa banyak kita boleh mengkonsusmi coklat? Tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini, namun demikian makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dapat diterima. Prinsip gizi sebenarnya mudah yaitu makanlah segala jenis makanan secara moderat. Masalah gizi umumnya timbul bila kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

    Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga). Konon Raja Montezuma di jaman dahulu selalu mabuk minuman coklat sebelum menggilir harem-haremnya yang berbeda setiap malam.

    Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada coklat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa coklat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan coklat.

    Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

    Produk coklat cukup beraneka ragam. Misalnya, ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis, cocoa butter, gula dan susu. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. Coklat jenis ini bisa ditemukan pada beberapa produk coklat batangan.


    Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Hanya saja coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat.



    Sumber :
    kolom.pacific.net.id dan Yayasan Jantung Indonesia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. nekoruru M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 14, 2008
    Messages:
    2,070
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,087 / -0
    biarpun coklat sendiri bagus tapi emulsifier, pemanis dan zat aditif lainnya di coklat batangan nggak

    yang bagus buat kesehatan kan coklat minuman macam Van Houten dll atau sekalian beli buah coklat bakar sendiri bijinya terus jadiin minuman :top:
     
  4. nekoruru M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 14, 2008
    Messages:
    2,070
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,087 / -0
    ^
    yang bikin gemuk bukan coklatnya, tapi gula/pemanis+susu yang ditambahin ke coklat.
     
  5. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,932 / -0
    colkat cepat bikin rusak gigi bro:swt:
     
  6. anarchy87 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +14 / -0
    walaupun begitu banyak sisi negatif yg dihasilkan oleh coklat teteap aja coklat itu bermanfaat buat tubuh kita....!!!

    jadi pengen makan coklat ne....!!!
     
  7. belmontzzz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    3,639
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,275 / -0
    tetep aj gw bingung milih coklat mana yg beredar di pasaran luas, yg bener2 khasiatnya kyk di atas, kalo nyari coklat asli mana isa :swt:

    kyk kt iklan, makin banyak makin bingung milih :hihi:
     
  8. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,180
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,156 / -2
    nah truz g makan, eh minum coklat cocoa gt.
    justru harusnya intinya disini kan bs hidup sehat ttp enak kan?
    ya harus coklat yg ada gula+susu donk

    klo ngga mah. mending g hidup sehat ga mkn junk food, truz byk mkn vegetarian. ketimbang coklat pait

    wakakaka..
    bener bgt neh

    tp kan asal ada coklat nya harus nya ada efeknya kan.
    walau coklat skrg lbh byk yg ngandung susu. apalg yg murah. bykan gula nya

    udah minum susu aja. rasa coklat :haha:
     
  9. Zero Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    KLau gak salah, makan coklat bisa merangsang pertumbuhan gigi pada anak2
     
  10. -x-pangeran-x- Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2008
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +103 / -0
    dikarenakan saya suka makan coklat.. jadi sy ga kan berhenti makan coklat.. :D
    coklat is delicious n hadiah yg bgs wat cewe.. hehehheh.. :p
    makasih tas infonya.. jgn takut gendut or sakit gigi.. olah raga dan jaga kesehatan :P
     
  11. luckyaegy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +825 / -0
    Makan coklat emang enak....tapi kalo kebanyakan jadi penyakit juga
     
  12. 1X54N Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2009
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +52 / -0
    Ane juga seneng makan coklat, ternyata yang selama ini ane lakukan baik untuk kesehatan.:piss:
     
  13. jr. Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    20,677
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +171,069 / -0
    klo asam lambung tinggi makan cokelat emg bisa netral lagi y?
     
  14. aquwn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 27, 2008
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +90 / -0
    widih bgus lah..scara gw suka bgt mkan cklat,,,
    tp ttep aj sh yg berlebihan ga bgus,,,jd secukupnya aj..

    msa sh bs nurunin asam lmbng..
    klo bs tmbh bgus slnya asam lmbung suka tinggi..
     
  15. kimiramaki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,313
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,810 / -0
    bner bgt tuch,klo rasa coklat yng asli khan pahit....:piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.