1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Macam-macam Peluru kendali/missile!!!!!

Discussion in 'Military Interest' started by Hktoyshop, Jan 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,911 / -0
    Peluru kendali (disingkat: rudal), peluru berpandu atau misil adalah senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah. Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "misil" merujuk kepada roket dengan sistem kendali, sedangkan "roket" digunakan untuk roket tanpa sistem kendali. Perbedaan utama di antara dianggap sangat sedikit selain perbedaan sistem kendali.

    Peluru kendali pertama digunakan dalam sebuah operasi adalah peluru kendali Jerman dalam Perang Dunia II. Yang paling terkenal adalah V-1 dan V-2, keduanya menggunakan sistem autopilot sederhana untuk menjaga arah terbang peluru agar tetap pada yang rute telah ditentukan sebelumnya.

    Jenis Peluru Kendali

    1. Peluru kendali balistik
      Peluru kendali balistik adalah peluru kendali yang memakai lintasan trayektori yang ditentukan oleh balistik dalam sistem pengirimannya. Peluru kendali ini hanya dikendalikan dalam masa peluncuran saja. Peluru kendali balistik yang pertama adalah roket V-2 yang dikembangkan oleh Nazi Jerman pada 1930-an dan 1940-an atas instruksi dari Walter Dornberger. Peluru kendali balistik dapat diluncurkan dari lokasi tetap seperti silo misil, kendaraan peluncur, pesawat, kapal atau kapal selam. Tahap peluncuran dapat berlangsung dari puluhan detik sampai beberapa menit dan dapat terdiri sampai dengan tiga tingkat roket. Trayektori rudal balistik terdiri dari tiga tahap yaitu tahap peluncuran, tahap terbang bebas dan fase memasuki kembali atmosfir Bumi.
      [​IMG]
    2. Peluru kendali jelajah

      Peluru kendali jelajah adalah peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan jet sebagai tenaga penggerak. Peluru kendali jelajah intinya adalah bom terbang. Peluru kendali jelajah dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional dalam jumlah besar atau nuklir dan dapat menjangkau ratusan mil dengan tingkat akurasi tinggi. Peluru kendali jelajah modern dapat terbang mencapai kecepatan supersonik atau di atas subsonik, menggunakan sistem kendali otomatis dan terbang pada ketinggian rendah untuk menghindari radar. Rudal jelajah pertama yang dikembangkan adalah Kettering Bug yang dikembangkan oleh Amerika Serikat pada 1917 untuk digunakan dalam Perang Dunia I. Rudal ini terbang lurus untuk waktu yang telah ditentukan sebelumnya kemudian sayapnya akan dilepaskan untuk kemudian badan rudal yang mengandung hulu ledak jatuh menghujam tanah. Rudal ini tidak pernah digunakan dalam perang karena Perang Dunia I selesai sebelum rudal ini dapat digunakan. Rudal jenis ini yang terkenal antara lain adalah BGM-109 Tomahawk AS yang dapat mencapai jangkauan 1.100 km.
      [​IMG]
    3. Peluru kendali anti-kapal

      Peluru kendali anti-kapal adalah rudal yang fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan kapal permukaan. Kebanyakan rudal anti-kapal menggunakan sistem pemandu inersial dan pelacak radar aktif. Rudal anti-kapal adalah salah satu dari sekian rudal jarak pendek yang digunakan dalam Perang Dunia II. Jerman menggunakannya untuk menenggalamkan banyak kapal sekutu sebelum pihak sekutu menemukan cara untuk mengatasinya (prinsipnya dengan radio jamming). Rudal anti-kapal dapat diluncurkan dari kapal, kapal selam, pesawat, helikopter dan kendaraan darat. Rudal anti-kapal yang terkenal dalam sejarah adalah rudal Jerman, Fritz X dan Henschel Hs 293.
      [​IMG]
    4. Peluru kendali darat ke udara

      Peluru kendali darat ke udara adalah peluru kendali yang diluncurkan dari darat untuk menghancurkan pesawat. Istilah terkenal untuk rudal jenis ini adalah SAM yang merupakan singkatan dari rudal darat ke udara dalam bahasa Inggris yaitu suface-to-air missile. Rudal darat ke udara dapat diluncurkan dari lokasi tetap atau kendaraan peluncur. SAM terkecil yang dikembangkan oleh Uni Soviet dapat dibawa dan diluncurkan oleh seorang tentara. SAM juga dapat diluncurkan dari kapal, contoh dari jenis ini adalah Aegis.
      [​IMG]
    5. Peluru kendali udara ke udara

      Peluru kendali udara ke udara adalah rudal yang dipasang di pesawat terbang dengan target menghancurkan pesawat musuh. Rudal udara ke udara yang terkenal antara lain adalah AIM-9 Sidewinder buatan Amerika Serikat. Rudal jenis ini dapat mendeteksi target dengan menggunakan pelacak radar, inframerah atau laser. Rudal udara ke udara umumnya berbentuk panjang, silinder tipis untuk mengurangi efek gesekan pada kecepatan tinggi. Rudal ini umumnya digerakkan oleh satu atau lebih roket berbahan bakar padat atau cair. MBDA Meteor buatan Britania Raya menggunakan ramjet dan dapat mencapai kecepatan Mach 4.
      [​IMG]
    6. Peluru kendali anti-tank

      Peluru kendali anti-tank adalah rudal yang fungsi utamanya untuk menghancurkan tank atau kendaraan lapis baja lainnya. Rudal anti-tank generasi pertama seperti AG-3 Sagger dikendalikan dengan menggunakan joystick. Rudal anti-tank generasi kedua seperti BGM-71 TOW dan AGM-114 Hellfire menggunakan radio, penanda laser atau kamera di ujung rudal. Rudal anti-tank generasi ketiga seperti FGM-148 Javelin buatan AS dan Nag buatan India adalah dari jenis "tembak dan lupakan". Nag menggunakan pelacak inframerah serta gelombang milimeter.
      [​IMG]
    7. Peluru kendali anti-balistik

      Peluru kendali anti-balistik adalah peluru kendali dengan fungsi utama untuk menyergap dan menghancurkan peluru kendali balistik lawan. Rudal anti-balistik jarak pendek antara lain Arrow buatan Israel dan MIM-104 Patriot buatan AS. Sedangkan rudal anti-balistik yang dirancang untuk melawan ICBM sebelumnya hanya ada dua yaitu Safeguard AS yang menggunakan LIM-49A Spartan dan Sprint serta A-35 Rusia. A-35 kemudian dikembangkan menjadi A-135 yang menggunakan Gorgon dan Gazelle. Amerika Serikat kemudian mengembangkan Ground-Based Midcourse Defense.
      [​IMG]
    8. Peluru kendali anti-satelit

      Peluru kendali anti-satelit adalah rudal yang memiliki fungsi untuk menghancurkan satelit buatan musuh. Rudal jenis ini antara lain adalah Anti-satellite weapons (ASAT) yang diluncurkan dari pesawat. Rudal jenis ini relatif masih dalam tahap pengembangan.
      [​IMG]
    9. Torpedo

      Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang diluncurkan dari atas permukaan atau di bawah permukaan air yang kemudian meluncur di bawah permukaan air, dirancang untuk meledak pada kontak atau jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal, kapal selam, helikopter, pesawat dan ranjau laut. Beberapa contoh torpedo modern antara lain MK 48 AS yang diluncurkan dari tabung torpedo kapal selam dan menggunakan sonar pasif atau aktif, serta VA-111 Shkval buatan Rusia yang menggunakan efek superkavitasi dapat mencapai kecepatan 200 knot atau 370 km/jam.
      [​IMG]

    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 2
    Last edited: Jun 2, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,793 / -3
    Aje gile ... :kaget:
    peluru Anti-Balistik gede banged kka ...
     
  4. shangrila_21 M V U

    Offline

    --- ཞངརིལ ---

    Joined:
    Nov 12, 2009
    Messages:
    5,275
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +32,904 / -1
    pas maen COD modern warefare ada tuh senjata namanya javelin yang bisa nembak helikopter klo ditembak peluru nya keatas dulu sebelum nentuin target nya jenis apaan tuh :???:
     
  5. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,141
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,200 / -2
    sejenis RPG (Rocket Propelled Gun):swt:
     
  6. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    wah canggih2 nih rudalnya apalagi yg anti satelit indonesia punya engga ya ?
     
  7. gamz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +462 / -0
    semoga aja nie peluru ga dibuat untuk menghancurkan suatu negara ya???

    ngeri banget soalnya...:takut:
     
  8. Kuraudo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    Maksudnya FGM-148 Javelin punya Amerika? Cari aja infonya di google kalo penasaran. Intinya si dia pake infrared seeker buat lock targetnya.

    Masih kurang 1 lagi yang lebih canggih, Nuclear ICBM. Baru itu bisa ancurin 1 negara. Kalo ga salah pernah ada di berita juga kalo Korea Utara lagi coba bikin dan kembangin.
     
  9. ayssid Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2007
    Messages:
    465
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,421 / -0
    Kalau untuk anti rudal Balistik Jepang sama Amerika sudah mengembangkan namanya Aegis Defense System(kalau ngga salah namanya..). Jadi waktu rudal terdeteksi rudal itu bakal dihadang sama 3 layer defense sistem, nah yang dilayer terakhir itu kayaknya baru dipakai patriot missile(karena dia untuk jarak pendek).
     
  10. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,724 / -0
    kayae itu sejenis anti aircraft,
    begitu ditembakkan, dia akan ke atas, membelah diri menjadi banyak peluru/misil yang lebih kecil dan menyerang target di banyak tempat.
    CMIIW
     
  11. ayssid Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2007
    Messages:
    465
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,421 / -0
    tuh rudal ngga membelah dan anti-tank,ngga tau deh bisa nembak pesawat ngga, belum pernah nembak pesawat di COD. Tapi bisa nembak helicopter..

    kalau rudal yang membelah jadi misil yang lebih kecil itu kayaknya masuk rudal balistik. Rudal yang ditembakan dari submarine membelah juga tapi cuman ganti kulit doang...
     
  12. reunion Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +18 / -0
    JAVELIN itu make sensor...kagak kaya RPG... Lagian JAVELIN mangnya bener kaya gtu...di beberapa Film Hollywoord yang make JAVELIN ga ke atas dulu terbangnya.....


    Klo NUCLEAR ICBM (Inter Continental Balistic Miisile) itu bisa di liat di misi2 akhir COD 4 modern warfare yang Meluncur dari Silo...itu bisa di bilang ICBM
     
  13. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,724 / -0
    baru baca2, rupanya roket yng meluncur ke atas itu bukan karena memecah, tapi karena misilnya akan aktif saat ditembakkan, dipandu ke arah targetnya, dan dikalkulasikan kapan dia mengarah ke atas, karena dari atas target lebih mudah dihancurkan (pertahanannya lebih lemah daripada secara frontal)
     
  14. gnugaprasetya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    hidey-holey: betul sekali!!! canggih anda!
    Javelin itu rudal yang mantap. kenapa ke atas dulu? desain tank makin lama makin ceper, alasanya, biar sulit di tembak. karena desain itu, rudal anti tank terus dikembangkan, gimana caranya, biar target yang makin tipis itu bisa ditembak.
    Solusinya: tembak dari atas. Nah, makin ceper tank, ternyata makin lebar penampang atasanya, nah, makin mudah deh keliatan.
    Beberapa anti tank lain yang pake prinsip ini.... aduh, lupa namanya, tapi rudal itu meledak tepat di 'jidat' si tank. heuheuheu...

    Saya maen COD4, dan sangat yakin itu javelin. itu buatan raytheon.

    escafl0wne kan udah dibahas tentang ICBM, itu rudal balistik ICBM = Intercontinental Ballistic Missile .... brarti, ya rudal balistik itu.

    untuk jarak paling dekat itu kalo ga salah pake 'gun' deh. Kalo di rusia, pertahanan jarak sangat dekat itu pake Kashtan-M, terdiri dari 2 buah senapan mesin multilaras (ga tau berapa) dan rudal berkeceptan tinggi.

    Kalo amerika itu pakenya phalanx. MiM-104 Patriot jarak tembak 160km, apa itu deket ya?
    nah, rudal yang gede banget itu BUKAN seperti yang dijelaskan. jelas-jelas S-400/S-300 rusia yang bersesuaian dengan MIM-104 punya diameter yang sama dan mereka diberi nama 'pencegat balistik'. itu ga segedi itu sumpah! jarak tembak S-400 itu sampe radius 400KM.
    yang digambar lebih mirip SCUD.

    untuk gambar peluru kendali anti kapal.... kok gambarnya anti pesawat?? untuk ukuran antikapal, penjejak bulat itu terlalu kecil. dan untuk 'menenggelamkan' kapal, rudalnya sangat terlalu kecil.

    kalo benar itu rudal anti kapal, boleh ta jenis apa? dan juga buat yang rudal darat-udara anti balistik itu, namanya apa? yang ada di gambar.

    Terimakasih.

    Kalo ada kesalahan, saya sangat mohon untuk dikoreksi.
    Saya bukan intel. heuheuheuheu...
     
  15. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,911 / -0
    weleh welleh.. pusing ane jawab nya... :bingung:
     
  16. deaz08 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    360
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,018 / -0
    kalo liat javelin jadi kangen maen COD4:haha:
     
  17. KuroxZero Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    907
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +796 / -0
    buset dah, serem2 rudalnya.
    bayangin aja kalo itu dijatuhin di atas rumah kita, ancur rata dengan tanah :swt:
    tapi untung ada peraturan tentang rudal, jadi bisa dikontrol.
     
  18. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    wah mantep misil2nya gan ada ICBM segala... mantapss :top:
     
  19. k41nz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Kalo Patriot Missiles itu termasuk misil ap ya? Nyata ga si? Pernah maen di game RTS, lupa gw judulnya........
     
  20. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    wow, yang anti balistik itu gede bener, apa itu bener2 anti balistik. hebatnya...
     
  21. sniper89 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    981
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,023 / -0
    kalo Jericho buatan Tony STark masuk yang mana yah? :bloon:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.