1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lets Enjoy Jakarta,Serba Serbi Dodol Betawi

Discussion in 'Lifestyle' started by enjoyjakartaap, Jan 8, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. enjoyjakartaap Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 27, 2014
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]
    Si Manis Legit dari Betawi



    [​IMG]
    Jakartakita.com – Dodol Betawi adalah salah satu kuliner khas Jakarta. Kuliner yang mulai langka ini, dahulu merupakan penganan wajib di setiap hajatan dan hari raya. Tak hanya enak, penganan dengan citarasa manis dan legit ini ternyata sarat akan makna.

    Dahulu, pembuatan dodol Betawi dilakukan secara patungan ketika mendekati hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Keluarga besar Betawi yang dulunya hidup berdekatan, saling melengkapi bahan dasar pembuatan dodol. Begitu bahan tersedia, para pria bertugas membuat dodol Betawi dan mengaduk adonan. Sedangkan para wanitanya menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Sambil menunggu dodol matang, ibu-ibu menyiapkan makan berbuka puasa, setelah matang, langsung dibagi secara adil berdasarkan seberapa besar keluarga memberikan `uang` dodol.

    [​IMG]

    Pembuatan dodol yang sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama dapat selesai oleh semangat gotong royong para pembuatnya. Maka tak heran masyarakat Betawi begitu menganggap pembuatan dodol Betawi merupakan kerja tim dan bertujuan mempererat tali persaudaraan.

    Dodol Betawi dibuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan kelapa tua. Bahan-bahan berkualitas akan membuat dodol lebih legit dan tahan lama.

    Sama seperti dodol yang lain, dodol Betawi terasa lembek dan lengket saat di makan. Agar rasanya tidak monoton, kini ada beberapa rasa yang dicampurkan seperti, dodol durian, dodol nangka cipedak, dodol lapis, dodol ketan, dan dodol Kole. Dodol kole merupakan dodol muda atau dodol setengah matang dengan rasa manis bercampur gurih.

    Beberapa komunitas Betawi masih membuat dodol secara bergotong royong untuk memenuhi kebutuhan hajatan dan hari raya di lingkungan keluarga. Namun ada juga yang sengaja membuat dodol khas Betawi ini untuk dijual.

    [​IMG]

    Anda tertarik untuk mencicipi lezatnya dodol Betawi? Datang saja ke alamat ini, siapa tahu Anda malah bisa mengintip dari dekat cara pembuatan dodol Betawi.

    Dodol Betawi Nyak Mai
    Jalan M Kahfi II Gang Kramat Bambu, Setu Babakan.

    Dodol Betawi Bu Mamas
    Jalan Batu Ampar I No. 42 Rt 013/04 Condet, Kramat Jati,
    Jakarta Timur. Telepon (021) 80881977

    Dodol Betawi Umi
    Jalan Kebagusan Gang Langgar III Nomor 19a, Jakarta Selatan.
    Telepon (021) 7875208

    Sumber : http://jakartakita.com/2015/01/08/si-manis-legit-dari-betawi/
    Foto diambil dari : Berbagai sumber (search @ Google)

    Itulah sebagian kuliner menarik yang ada di Jakarta,dan kami punya kabar baik lho untuk agan semua,karena nanti akan segera launching aplikasi bernama Enjoy Jakarta yang akan bisa di download di gadget android dan IOS agan-agan sekalian.
    Hanya dengan satu sentuhan agan bisa mengakses informasi all about destinasi wisata,spot-spot menarik,event-event seru serta happening things yang ada di Jakarta kita tercinta.Dan kamu bisa mengakses situs resmi kami di www.jakarta-tourism.go.id
    Stay tuned ya guys:cendols
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. paloschi43 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 13, 2012
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    Waaahhh Gaaan, Merah Banget, Emang Gadikasih Pewarna Ya?? [​IMG]
     
  4. anjingencuk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2014
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +276 / -716
    nice info, great for share...
     
    • Dislike Dislike x 1
  5. Dmust21 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 19, 2013
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    enak tuh kayaknya gan hehehe
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.