1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lampung, Kandidat Terkuat Ibu Kota RI

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Oct 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,102 / -0
    Adalah Provinsi Lampung, yang dikabarkan menjadi calon terkuat untuk menjadi ibukota khusus untuk pusat pemerintahan menggantikan Jakarta.
    Secara demografi, Lampung dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan kandidat provinsi lainnya seperti Palangkaraya, Kalimantan Tengah Jonggol, Jawa Barat maupun Banten.
    Syafarudin, Kepala Laboratorium Politik Lokal dan Otonomi Daerah FISIP Universitas Lampung menyatakan potensi Lampung tersebut masih menjadi bahan kajian tim gabungan Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Bandar Lampung (UBL).
    “Kami lihat Lampung memiliki potensi untuk menjadi pusat pemerintahan,” kata Syafarudin, Kamis (14/10) kemarin.
    [​IMG]
    Menurut Syafarudin, pemindahan pusat pemerintahan bukan berarti pemindahan ibukota negara. Ibukota negara memiliki banyak fungsi yang harus dinaungi seperti, pusat perdagangan, pendidikan, pariwisata, dan sebagainya. Sehingga, apabila ibukota dipindahkan, hal tersebut akan sulit dilakukan.
    “Kami melihat konsepnya yang dipindahkan hanya pusat pemerintahan saja. Sehingga, ibukota tetap di Jakarta. Karena, fungsi lain sudah ada di sana. Lokasi Lampung pun tidak terlampau jauh dari Jakarta,” ujarnya.
    Pemisahan antara ibukota negara dengan pusat Pemerintahan ini, tambah Syafarudin, sudah banyak dilakukan oleh negara lain seperti di Malaysia dengan ibukota negara Kuala Lumpur dan pusat pemerintan di Selangor.
    “Ide konsep ini sudah diperdengarkan sejak tahun 2008 lalu sebenarnya, isu kembali menghangat setelah ada wacana dari Pemerintah Pusat kalau akan memindahkan ibukota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” ungkapnya lagi.
    Bahkan, dua daerah di Indonesia yaitu kecamatan Jonggol, Bogor, Jawa Barat dan Provinsi Banten pun telah mengajukan usul supaya ibukota dipindahkan ke lokasi tersebut. Namun sekali lagi, secara demografi, Lampung lebih baik dibandingkan Palangkaraya, Jonggol, maupun Banten.
    Sebagai contoh kita ambil saja misalkan nanti Palangkaraya jadi ibukota pusat Pemerintahan, Syafarudin menilai justru akan menimbulkan ketimpangan. Dengan lokasi tersebut, pemerintah memang bisa mewakili Indonesia bagian tengah dan timur.
    Code:
    http://kampungtki.com/baca/20369
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jangkrikutan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +11,338 / -0
    Tiap2 daerah berhak mengusulkan daerahnya masing2 untuk dijadikan kandidat ibukota RI, tapi harus melewati tahap pengkajian lebih dalam lagi..
     
  4. summonedskull M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,977
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,828 / -0
    kok saya bingung ya ama kalimat ini :bloon:

    katanya kalo pindah ke palangkaraya bakal ada ketimpangan, tapi lokasi tersebut memang bisa mewakili Indonesia bagian tengah dan timur. Kenapa ngebantah statemen sendiri?

    terus kalo pindah ke lampung bukannya makin condong ke barat & daerah timur jadi makin "jauh"
     
  5. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,636 / -0
    wew...
    kenapa ga ke Medan seh..??
    :swt:
     
  6. athenamars M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 15, 2010
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +104 / -0
    saya setuju kalau ibukota dipindahkan ke tempat yang jauh dari jakarta atau pulau jawa agar tidak terjadi pemusatan ke satu titik saja

    jaman dulu wilayah pemerintahan juga dipecah pecah untuk alasan desentralisasi.
     
  7. deepsky M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    8,649
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +8,454 / -4
    wah2 jadi rebutan gini daerah2, yah sbnernya asal jakartanya dibnerin sih masih bisa aja, tapi katanya jakarta bakalan tenggelam klo ga ada tindak lanjut buat jakarta tuh:takut:
    btw emang asal pindah ibukota gampang gitu aja:swt:n negara2 lain ada ya yang pindah ibukotanya, kayaknya kebanyakan negara ibukotanya itu2 aja tapi daerahnya juga maju, n malah banyak negara yang daerahnya terkenal malah lebih dari ibukotanya, emang indonesia ini perlu diratain kemajuannya:swt:
     
  8. hasanvanismail M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    2,317
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +14,507 / -0
    pindah ke papua aza.... ato ga maluku
     
  9. lucaviend M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    20,376
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,850 / -0
    wew....bogor aj mnding...bnyk angkot enak:lalala:
     
  10. kevinh92 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    4,481
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +26,264 / -0
    dah , jakarta ja, jangan buat makin banyak kota penuh kekurangan:ngacir:
     
  11. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,523 / -0
    mau ikutan malaysia, ibukota dan pusat pemerintahan ada di tempat yg berbeda......bisa begitu ya :rokok: baguslah mungkin bisa mengurangi kemacetan yg katanya dah ndak ketulungan di jkt :doa:

    yg dimaksud tersebut tuh lampung ato palangkaraya nya :pusing:
     
  12. jayuser M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +114 / -0
    Lampung ya..
    gampang sih kontrolnya, deket...
     
  13. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,535
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,891 / -0
    setuju gw,soalnya jakarta sekarang udah terlalu padat
    lagian kalau dipindah ke pulau lain perkembangan ekonomi dll bisa lebih rata jadinya:top:
     
  14. de_tee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    960
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +789 / -0
    :hmm: kemana aja terserah..asal nantinya ngga berat sebelah aja pemerintahan nantinya.. (:)
    kalo bisa jangan hanya memusat di wilayah Ibukota aja.. Wilayah RI yang lain juga dikembangkan dunk..
     
  15. quetzarian M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    lah....isu-nya kan krakatau udah pengen meletus nanti gimana....
     
  16. illude M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +142 / -0
    :ehem: Dulu sempet lihat wawancara di metroTV yang kalo ga salah topiknya "2030 pusat pemerintahan pindah ke Kalimantan". Justru katanya Kalimantan lebih strategis dibandingkan dengan pulau sumatra karena jarang terkena bencana alam dan wilayahnya masih luas. Terus juga dikatakan kalau ibu kota dan pusat ekonomi tetap berada di pulau jawa.
    Apa udah batal yah?
     
  17. mu_kun Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    4,029
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +244,462 / -0
    yay.. hidup sumatera,, moga aja dengan pindahnya ibukota (klo jdi ya) rakyat2 yang bedrada di pulau sematera lebig di perhatikan, apalagi klo mslh pendidikan, jdi jgn hnya cuma menaikkan standar pendidikan saja.
     
  18. D1Mask M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    480
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    jakarta oh jakarta,,,
    habis manis sepah di buang,,,

    ga lama ntar ibukota baru bakal 'rusak' ky jakarta kalo mindset pemerintahnya ky gitu
     
  19. maswins Members

    Offline

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Saya orang Bandar Lampung, tapi setuju gak yaa...??
    sepertinya sih saya kurang setuju jika Ibu Kota RI pindah ke Daerah saya. Karena otomatis akan terjadi perubahan sosial yang signifikan.
    Ehmm.. tak tau deh apa jadinya Lampung jika sudah menjadi kota seperti Jakarta..
    Namun, disisi lain saya juga berpendapat bahwa Lampung memang daerah yang cukup strategis dan cocok untuk dijadikan kandidat utama.
    Dan kesimpulannya.. tentu tetap ikut apa keputuhan pemerintah kita.
    Salam Maswins for Educations
     
  20. ticodatte M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,160
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,569 / -0
    gua dukung KALIMANTAN buat jadi ibukota negara....

    biar kampung halaman ku tambah maju....hehehe
     
  21. YamiRi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    2,405
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +689 / -0
    aih! Kalau menurut saya sih Ibukota di Lampung bakal makin buat daerah timur lebih tertinggal lagi
    mendingan ke Makassar aja :peace:
    biar pembangunan lebih merata
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.