1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Geography & Astronomy Kuburan di Pulau Kelor

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by fixedout, May 30, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. fixedout M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +237 / -0
    [​IMG]

    Sesuai dengan namanya, Pulau Kelor memang hanya selebar daun kelor. Luasnya tak lebih dari dua hektar. Daratan kecil tak berpenghuni ini hanya terdiri dari selarik pantai mini dan bangunan Benteng Martello.

    Benteng Martello adalah benteng bulat dari bata yang dibuat dengan meniru benteng Mortella di Corsica (sebuah pulau di Laut Tengah). Dulu, Pulau Kelor adalah garda terdepan untuk mempertahankan Batavia dari serangan angkatan laut musuh yang menyerang dari samudera. Penjaga pulau akan memantau wilayah laut di depannya dan mengabarkan pada Batavia jika kapal musuh menampakkan diri di cakrawala.

    Masyarakat sekitar juga menyebut pulau ini sebagai Pulau Kuburan. Konon beberapa pemberontak memang dimakamkan di sekitar benteng. Salah satunya adalah pemberontak yang melawan Belanda dari atas kapal Zeven Provincien pada Februari 1933. Sayang, kini setengah bagian luar benteng tertutup semak-semak sehingga tak mudah dijelajahi.

    Bangunan benteng yang asli sebenarnya jauh lebih luas daripada yang bisa disaksikan sekarang. Benteng yang tersisa hanya bagian dalamnya. Sebagian besar benteng runtuh dan terendam air karena abrasi yang mengikis pulau.

    Ketiga pulau ini dapat dicapai dari Pelabuhan Kamal Muara, Muara Angke dan Marina, Ancol. Dua pelabuhan yang saya sebut pertama adalah pelabuhan rakyat yang becek dan kotor.

    Lautnya? Jangan tanya lagi. Untuk menuju pulau-pulau itu, kapal harus melewati laut berbau busuk, berwarna hitam kental akibat polusi. Beberapa kali kapal harus berhenti di tengah laut karena sampah tersangkut ke baling-balingnya. Ketika saya ke sana, baling-baling terlilit semacam senar panjang yang sulit dilepaskan.

    Setelah setengah jam perjalanan, warna hitam berangsur-angsur menghilang meski air tetap tak biru. Di Pulau Kelor yang berjarak 15 menit dari pesisir Jakarta, air laut masih tampak kotor sehingga tak disarankan untuk mandi-mandi di sini.

    Laut biru di Teluk Jakarta setidaknya baru akan muncul di sekitar pulau Pramuka. Meski demikian, Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan alternatif perjalanan yang singkat dan menyenangkan bagi warga Jakarta.

    Sumber: http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/113-kuburan-di-pulau-kelor
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    pantesan kayanya ane pernah baca ni artikel. tau nya dari yahoo. :swt:
    btw :niceinfo: gan
     
  4. Metal_Raiderz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    beneran tuwh segitu kotorny laut di jakarta?? masak sampe item gitu??:bloon:

    gk bisa bayangin deh ane :pusing:
     
  5. paopaopuak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalau ada pulau terpencil, apalagi ada kuburan, sebagian besar orang pasti akan langsung nge judge ANGKER
     
  6. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    klo kali di jakarta emang kaya gitu bang. tp banyakan sih bewarna item pekat. :kecewa:
    beda banget amaa tempo dulu. kali di jakarta masih bersih.
     
  7. norhya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2010
    Messages:
    602
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +5,832 / -0
    saya udah pernah ke pelabuhan Muara Kamal, emang beneran udah gak enak dipandang lagi deh air lautnya.
    bayangin aja, semua sampah orang-orang jakarta hanyut terbawa sampai ke pesisir, begimane kaga kotor tuh laut?
    yg lebih parah sampai ada tumpahan (banyak) minyak segala..
    tapi sekitar 1 km atau mo deket2 pulau Onrust dkk udah mulai seger kok airnya...
    biasanya klo anak-anak backpacker klo mo hemat dan pengen jalan-jalan ke pulau Onrust biasanya lewat Muara Kamal, dari sana baru nyewa perahu nelayan.

    seru lho, dari pulau Kelor ke Onrust deket kok. klo di pulau Onrust bangunan bersejarahnya lebih banyak, ada kompleks makam Belanda juga.
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. fixedout M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +237 / -0
    Itulah Indonesia yg penuh dg misteri :yareyare:
    Udah budaya bnyak, kbrsihan bkan dijaga, ane g respek amet ma nih bacaan malah prihatin sama peraian di Indonesia :top:
    Tuh bngunan dijaga, jng di campakan ya pemerintah :awas:
    jng smpe kjadian sama malaysia kyk pulau2 itu :yareyare:
     
  9. ph0n13x1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    :iii: buat kesana aja perlu perjuangan keras melawan bau. :hahai: sampai disana dah tepar duluan
     
  10. Kuro_kaze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +676 / -0
    sampai laut jakartapun kotornya minta ampun....
     
  11. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,884 / -0
    baru tahu klo radius pencemaran laut di sekitar jakarta dah separah itu...
    sebelum semuanya terlambat marilah kita jaga kelestarian alam sesuai kemampuan masing2...
     
  12. LoeXie Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    lagi2 akibat polusi dan sampah.... amboi Jakartaku, malangnya dirimu.....
     
  13. chumbers M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +127 / -0
    Pulau apaan itu gan kecil banget :haha:
    Yang gak kalah menarik itu perjalanan menuju pulau nya itu gan. Lautnya luar biasa banget POLUSINYA :hihi:
    Gak sadar2 apa org jkt, polusi sama buang sampah dimana2 :facepalm:
    Udah banjir baru nyalahin pemerintah :yareyare:
     
  14. GaleRareglove M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2011
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +332 / -0
    wah ngeri juga itu pulau, bisa dong klo dijadiin wisata horor asalkan gak ada setan benerany :hoho:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.