1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Kontroversi Parodi Lagu Indonesia Raya yang Dianggap Menghina Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Dec 28, 2020.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,766
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +54 / -0
    Video parodi lagu "Indonesia Raya" yang disinyalir dibuat dan diunggah oleh YouTuber asal Malaysia menuai kecaman dari berbagai pihak karena dianggap sebagai bentuk penghinaan.

    Tagar #IndonesiaRaya sempat memuncaki trending topic di Twitter Indonesia pada Senin (28/12/2020) dengan sekitar 395 ribu tweet dari netizen Indonesia membahas penghinaan terhadap lagu kebangsaan Republik Indonesia tersebut.

    Adalah akun MY Asean yang berbendera Malaysia lah yang membuat dan mengunggah video kontroversial itu di YouTube. Content creator di balik akun tersebut memparodikan lagu Indonesia Raya dan mengganti lirik lagu itu dengan kalimat ejekan. Tak hanya itu, lambang negara Burung Garuda juga diganti dengan ayam jago berlatar belakang bendera Merah Putih. Bahkan, terdapat dua karakter pria di samping kiri-kanan ayam jago itu yang tengah kencing sambil menghadap ke belakang.


    [​IMG]
    Gambar dari video lagu parodi Indonesia Raya yang jadi kontroversial. (Twitter/@Brightwinwin3)

    Tak pelak, netizen Indonesia pun meluapkan kemarahan mereka di Twitter dan meminta Malaysia menghormati lagu kebangsaan Tanah Air Indonesia itu.

    dari laporan detikcom pada Senin (28/12/2020), Kementerian Luar Negeri RI lewat juru bicaranya, Teuku Faizasyah, menyatakan kasus tersebut telah diurus oleh Polisi Diraja Malaysia untuk dicari pelakunya.

    Sedangkan Kompas.com pada hari yang sama juga memberitakan bahwa Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengecam keras parodi lagu Indonesia Raya tersebut karena diduga menimbulkan provokasi dan mengancam memengaruhi hubungan antara Malaysia dan Indonesia.

    "Jika video itu terbukti diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada," ujar Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui sebuah pernyataan.

    "Kita minta sama-sama menahan diri. Tentunya ini kan lagu kebangsaan kita, sangat kita hormati sebagai lagu kebangsaan, tapi di satu sisi kita juga harus melihat jika ini direspons (otoritas Malaysia) dengan cepat ya, kita beri apresiasi," ujar Yoshi Iskandar, Koordinator Fungsi Pensosboed KBBRI Kuala Lumpur kepada Kompas.com.

    Saat artikel ini ditulis, Indowebster tidak bisa menemukan kanal YouTube MY Asean, yang sepertinya sudah ditutup oleh operatornya.

    Sementara itu pihak YouTube sendiri telah menghapus video kontroversi itu dari kanal MY Asean karena dianggap melanggar peraturan YouTube terkait konten yang dapat menyebabkan dorongan kebencian. Youtube memberlakukan aturan-aturan di setiap negara. Platform asal Amerika Serikat itu mengeluarkan aturan-aturan tersebut guna mendidik para penggunanya lebih bijak dalam memposting video di kanal Youtube.



    Sumber: Portal IDWS
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dapurdidis Members

    Offline

    Joined:
    Dec 29, 2020
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Sebel dengernya, tapi menurut saya kita harus hati-hati dan jangan terpancing emosi dan membalas dengan hal serupa, jangan sampai satu "orang sakit" merusak hubungan dua negara yang sebenarnya oke-oke aja.
     
  4. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,017
    Trophy Points:
    137
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,721 / -3
    sebel gan kaya gini ini bukan sekali dua kali, main mobile legend juga pas ketemu orang malaysia pasti dikata katain kaya gini
     
    • Like Like x 1
  5. lion Gatotkaca

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    14,231
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +349,174 / -5
    Paling pelakunya juga bocah kemarin sore yang pengen pansos dan mencari sensasi :iii:
    wes, biarkan yg berwenang yg mengurus masalah ini, kita jangan terpancing emosi dan melakukan hal serupa dan dapat memperburuk keadaan :hmm:
     
  6. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,017
    Trophy Points:
    137
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,721 / -3
    menunggu polisi sweeping game mobile legend banyak orang malaysia ngehina negara kita
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.