1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Konsep Holistic Brain ...

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by gusrus, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gusrus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,432 / -0
    Sahabat, pernahkah otak anda mengalami “hang”? seperti computer saat hang, otak kita tidak mau diajak bekerja, bahkan memproses pertanyaan sesederhanapun, otak kita seperti tidak mau mencarikan jawabannya.

    Biasanya fenomena “hang” ini terjadi saat kita sedang merasa jenuh, tegang, stress dan kelelahan, apabila fenomena ini dihubungkan dengan cara kerja otak, maka penjelasannya adalah sebagai berikut: bahwa otak kita yang merupakan satu kesatuan, ternyata jika dipilah-pilah memiliki bagian-bagian yang berbeda fungsinya. Ada 3 bagian yaitu otak reptile, mamalia dan neokortek.

    Otak reptile atau sering disebut otak primitive berada dipangkal otak dan terhubung dengan tulang belakang. Fungsinya mengatur beberapa organ vital tubuh seperti denyut jantung dan pernafasan, selain itu juga berfungsi mengendalikan reflek tubuh pada saat kita merasa tegang, terancam dan waspada dengan perintah dasarnya ”lari atau lawan”. Jadi saat kita merasa terancam, kelelahan, tegang dan jenuh, maka yang dominan berfungsi adalah otak reptile sehingga kita tidak bisa berfikir jernih.

    Yang kedua adalah otak mamalia yang memiliki perbedaan fungsi dengan otak reptile, otak mamalia memiliki peranan mengatur kebutuhan reproduksi atau keinginan berkeluarga, hubungan sosial dan lain sebagainya. Selain itu, didalam otak mamalia ini terdapat sistem limbic yang berfungsiseperti saklar emosi, sistem limbic ini yang mengatur otak mana yang akan yang harus diaktifkan jika kita dalam keadaan terancam, tegang dan lainnya, begitu juga saat kita berada pada emosi gembira, tenang dan rileks. Saat kondisi emosi tegang, sistem limbic akan mengaktifkan fungsi otak reptile sehingga jika dibutuhkan tubuh bisa langsung bergerak reflek untuk menyelamatkan diri, sebaliknya saat emosi kita berada pada kondisi tenang, maka sistem limbic ini akan mengaktifkan peranan otak neorkotek sehingga kita bisa berfikir jernih.

    Otak neorkoteks ini adalah bagian ke tiga dari tiga bagian otak. Otak neorkotek ini secara anatomi berada paling atas dan paling besar meliputi 80% dari total keseluruhan bagian otak, peranan utamanya adalah untuk menyimpan data, berfikir dan menganalisa. Otak neorkotek berfungsi baik jika emosi kita berada dalam kondisi tenang, rileks dan gembira.

    Selain tiga bagian otak tersebut, ada juga belahan otak yang memiliki peranan dan fungsi yang berbeda, yaitu otak kanan dan otak kiri. Perbedaan kedua fungsi otak kanan dan kiri ini ditemukan oleh seorang ahli bedah syarat Roger Sperry pada tahun 1960. Secara singkat dari hasil penelitiannya, ditemukan perbedaan antara otak kiri dan otak kanan. Belahan otak kiri berhubungan dengan matematika, bahasa, membaca, logika,urutan, sistematis dan analitis serta mempunyai sifat Short-Term Memory. Sedangkan belahan otak kanan berhubungan dengan kreativitas, konseptual, inovasi, gagasan, gambar, musik, irama, melodi dan bermimpi serta mempunyai sifat Long-Term Memory. Dan kedua belahan otak ini dihubungkan oleh Corpus Collosum yang terdiri dari seratus juta sel otak.
    Modul Diklat PAUD Jateng 2008

    [​IMG]

    Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran. Menurut penelitian apabila penggunaan antara belahan otak kanan dan belahan otak kiri bisa seimbang akan berpengaruh pada tingkat emosi menjadi lebih stabil , daya konsentrasi meningkat, kreatifitas bertambah, tidak mudah lupa/pikun dan gerakan kinetik yang lebih baik. Untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan teknologi atau dengan cara manual.

    Brain gym atau senam otak adalah cara sederhana yang dilakukan secara manual dan mudah. Walaupun hasilnya tidak secepat dengan teknologi namun tetap berguna untuk melatih kinerjaotak kanan dan kiri kita menjadi seimbang. Senam otak ini sangat sederhana hanya menggerakan bagian tubuh kanan dan kiri dengan gerakan berlawanan secara bersamaan. Salah satu contoh dengan cara menggunakan tangan dan jari-jari kita, tangan kanan mengacungkan kelingking dan tangan kiri mengacungkan ibu jari. Gerakan berikutnya tangan kiri mengacungkan kelingking, tangan kanan mengacungkan ibu jari. Bergerak bersamaan dan berganti-ganti dengan irama yang semakin cepat.


    www.kompasiana.com


    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Untuk masalah pernah mengalami Hang atau tidak tentu saja pernah, kadangkala ketika mengantuk atau ketika [maaf] *minum*(dalam rangka pesta) otak saya kadangkala kesulitan *loading*. jangankan untuk berpikir, untuk memproses apa yang dilihat saja terkadang sulit. :sigh:

    yang saya bingungkan, apa perbedaan otak reptil,mamalia,neokortek dengan otak kanan,kiri dan tengah. apakah hanya perbedaan dari istilah yang digunakan atau bagaimana, karena tidak dijelaskan rinci perbedaan diatas. jika berbeda lagi berarti otak dibagi lagi menjadi 6 bagian dari persepi berbeda. :pusing:

    yang penting sering2 mempergunakan otak untuk aktivitas yang cukup melatih otak mis:berhitung. Alzheimer juga merupakan penyakit yang akan mengganggu fungsi otak kita tentunya. mungkin dengan senam otak sebagaimana dijabarkan diatas akan membantu untuk menghindarinya. :lalala:
     
  4. bodatbodat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ada tes buat tau dominan otak kiri atau kanan ga?
    trus ada cara ngimbangin slaen senam jari etc ga?
    misal klo dominan kiri banyakin maen musik atau semacemnya gitu
     
  5. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    hang otak? pernah juga sih. pengobatannya dengan cara istirahat sejenak memejamkan mata.
     
  6. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    lupa nambahin: bisa juga dengan mendengarkan musik.
     
  7. smarty M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    634
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +100,546 / -0
    klo yang lebih dominan bagian otak reptile gmn jadinya ya???
    mungkin kah??
    btw, nice info.......
     
  8. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo nge'hang' sih kaya nya pernah deh, kalo ane ngerasa jenuh, biasanya ke beranda, menghirup udara segar.
     
  9. nickson M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    itu susha untuk membentuk nya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.