1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Other Kodansha

Discussion in 'Books' started by imoutochan, Mar 9, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. imoutochan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    643
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +94 / -0
    [SIZE=+2]Kodansha[/SIZE]​
































    [​IMG]
    Founded November 1909 (spin-off),
    1911 (merger with Dai-Nippon Yūbenkai),
    December 1, 1938 (formal)
    Founder Seiji Noma
    Country of origin Japan
    Headquarters location Bunkyō, Tokyo
    Key people Yoshinobu Noma, president
    Publication types books, magazines, manga,music CDs and DVDs (through King Records)
    Imprints King Record Co., Ltd.
    Kobunsha Co., Ltd.
    Kodansha Comics USA
    Number of employees 939 (as of April 1, 2011)
    Official website www.kodansha.co.jp


    [​IMG]
    Kantor pusat Kodansha di Bunkyo-ku
    Gedung lama (kiri) dan gedung baru (kanan)

    Kabushiki Kaisha Kodansha aka Kodansa Co., Ltd., merupakan penerbit terbesar yang berasal dari Jepang. Selain sebagai penerbit Kodansha juga mengelola perusahaan lainnya sepertiKing Records Co., Ltd., Koubunsha Co., Ltd., dan Nikkan Gendai Co., Ltd. Kodansha yang dikenal sebagai perusahaan yang banyak menerbitkan majalah komik yang laris manis dipasaran seperti Nakayoshi dan Weekly Shonen Magazine yang juga sangat populer di luar Jepang dikenal juga sebagai official sponsor Tokyo Disneyland.


    Sejarah


    [​IMG]

    Berawal dari perusahaan keluarga yang didirikan oleh Seiji Noma pada tahun 1909 dengan menerbitkan majalah Yuben.
    Nama Kodansha sendiri diambil dari majalah yang memuat beragam kodan atau cerita rakyat tradisional Jepang, yaitu Kodan Club. Ia pulalah yang mengelompokkan pembaca kedalam kesamaan minat yang lebih spesifik.
    Kodansha mengukuhkan diri sebagai salah satu penerbit terkemuka Jepang ketika sukses menerbitkan 9 majalah dengan penjualan terbaik pada tahun 1930 suatu prestasi yang mampu dipertahankan sampai sekarang.
    Tahun 1945, Shoichi yang merupakan meantu lelaki Seiji, menjadi pimpinan generasi ke-4 dan mengarahkan perusahaan menjadi penerbit buku. Karya-karya penulis lokal maupun manca negara mulai diterbitkan yang menandai awal kesuksesan kerja sama mereka dengan penrbitan diseluruh dunia. Usaha ini dilanjutkan oleh menantunya, Koremichi yang mampu mengangkat perekonomian Jepang pada era 1970-1980an. Pimpinn perusahaan beralih ke tangan Sawako Noma sejal 1987 hingga sekarang yang terus melanjutkan peran dominan Kodansha sebagai penerbitan majalah dan buku.
    Kini Kodansha patut berbangga diri dengan seluruh pencapaiannya yang tetap terjaga meski di usianya yang telah mencapai 106 tahun.


    Produk


    Manga
    [​IMG]
    Sampul edisi perdana Weekly Shonen Magazine rilis tahun 1968

    Sebagai negara asal manga, bisnis pemasaran manga menjadi salah satu bisnis vital di negeri Sakura ini. Kodansha mulai merambah bidang tersebut dengan merilis Weekly Shonen Magazine sejak 1959. Majalah tersebut kemudian berkembang pesat menjadi salah satu majalah manga terlaris dengan oplah 6,53 juta eksemplar perminggunya pada masa keemasan dipertengahan tahun 1980-1990an namun kini mengalami penurunan yang 'hanya' mencapi 2,7 juta eksemplar perminggunya (2013).
    Sebagian besar manganya memang tergolong megacomic yang terjual ratusan ribu eksemplar. Variasinya kini juga mencakup semua gender dan rentang usia. Misalnya, majalah Rival disasar untuk pembaca usia sekolah dasar, Bessatsu Friend menyasar SMP-SMU, serta Young Magazine untuk remaja-dewasa muda.
    Kini Kodansha menerbitkan 18 majalah manga dan sekitar 1.270 tankoubon setiap tahunnya.

    Buku
    2000 judul baru diterbitkan setiap tahunnya dari berbagai genre, mulai dari fiksi dan buku anak hingga non-fiksi dan buku referensi. Tidak peduli apakah buku-buku tersebut termasuk longseller atau best seller, pengarang baru ataupun veteran, seluruhnya diterbitkan demi tujuan kesenangan dan pengetahuan.
    Peraih nobel Kenzaburo Oe dan novelis kenamaan Haruki Murakami adalah contoh dari sekian banyak penulis yang karya-karyanya diterbitkan melalui Kodansha.

    Majalah
    Sebagai perusahaan yang awalnya menerbitkan majalah, produknya kini juga mencakup berbagai segmen pembaca, meliputi minat umum, pria, wanita, dewasa muda dan anak-anak. Oplahnya pun terbilang fantastis seperti majalah Shukan Gendai yang mencapai 630.000 eksemplar per minggunya dan majalah style With yang mencapai 550.000 eksemplar per bulan, bahkan majalah untuk anak-anak usia pra-sekolah bisa laku terjual sebanyak 200.000 eksemplar. Kini ada 49 majalah yang diterbitkan oleh Kodansha.


    Penghargaan


    [​IMG]
    Novel misteri Karya Shimomura Atsushi, peraih Edogawa Ranpo Award 2014

    Kodansha mengadakan berbagai penghargaan untuk perorangan yang terkait dalam berbagai bidang penerbitan seperti kesusastraan, manga, non-fiksi, essai, fotografi, desain buku, buku bergambar, dan publikasi karya ilmiah.
    Beberapa diantaranya yaitu:
    > Kodansha bekerja sama dengan Yoshikawa Eiji Cultural foundation menyelenggarakan The Yoshikawa Eiji Prize dengan kategori Literrature, New Writers dan Cultural Prize
    > The Edogawa Ranpo Award, penghargaan untuk penulis novel misteri
    > The Kodansha Manga Awards, kategori Children's Manga, Boy's Manga, Girl's Manga dan General Manga
    > Bekerja sama dengan Asia/Pasific Center for UNESCO (ACCU) menyelenggarakan The Kodansha Nonfiction Award, The Kodansha Essay Award dan The Kodansha Science Publication Award
    > The Kodansha Publication Culture Awards mencakup The Kodansha for Illustration, The Kodansha Award for Photography, The Kodansha Award for Book Design, The Kodansha Award for Picture Books
    > The Kenzaburo Oe Prize, diberikan bagi novel kesusatraan yang terbit setahun sebelum penghargaan diberikan. Penghargaan ini baru dimulai sejak 1996, bertepatan dengan 50 tahun Oe berkarya, khusus untuk karya novel terbaik dipilih sendiri olehnya.
     
  2. cybertux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    kayaknya bagus gan, bisa dapat di mana ya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.