1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News KissAnime dan KissManga Tutup Selamanya Setelah 10 Tahun Menyediakan Konten Anime dan Manga Ilegal

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 16, 2020.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,074
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +70 / -0
    Situs penyedia konten manga dan layanan streaming bajakan, KissAnime dan KissManga, akhirnya harus tutup selamanya setelah bertahun-tahun menyediakan konten ilegal.

    Seiring dengan semakin ketatnya hukum terkait hak cipta dan pembajakan kekayaan intelektual di Jepang, dua platform populer bagi kalangan pecinta manga dan anime dari Negeri Sakura itu telah tutup pada Sabtu (14/8/2020) kemarin setelah hampir 9 tahun lamanya beredar di internet.

    Berita tersebut pertama kali muncul di subreddit r/KissAnime ketika muncul pengumuman akan penutupan pada hari Sabtu. Tak lama kemudian, informasi itu diumumkan secara resmi oleh tim support KissAnime lewat Discord.


    [​IMG]
    (KissAnime Support Team/Discord)

    "Seluruh file telah ditarik oleh pemilik hak cipta. KissManga dan KissAnime akan tutup selamanya. Terima kasih atas dukungan kalian selama bertahun-tahun," tulis tim support KissAnime.

    Meski berita ini merupakan kabar buruk bagi para penggemar anime, hal ini tidaklah mengherankan dan hanya tinggal menunggu waktu saja hingga situs-situs bajakan harus tunduk pada hukum. Permasalahan akan legalitas sudah lama mengganggu KissAnime dan komunitas streaming anime lainnya. Mampu bertahan hingga hampir satu dekade saja sudah terbilang hebat.


    [​IMG]
    (Twitter/@strayyato)

    Sayangnya pemerintah Jepang — kemungkinan besar karena dampak pandemi global COVID-19 — merevisi kembali hukum hak ciptanya menjadi lebih ketat pada Juni tahun ini agar dapat menghukum mereka yang ketahuan mengunduh maupun mengunggah manga, majalah, anime, hingga karya akademi dari Jepang. Sedangkan musik dan film sudah lebih dulu mendapat perlindungan ketat dari hukum di sana.

    KissAnime bukanlah yang pertama. Situs penyedia manga ilegal, Mangarock, telah lebih dulu ditutup. Dan penutupan KissAnime bisa dibilang hanyalah permulaan karena begitu revisi hukum hak cipta dan pembajakan itu resmi berlaku pada 1 Januari 2021, diprediksi akan ada banyak situs-situs penyedia konten ilegal asal Jepang lainnya yang akan menyusul nasib KissAnime, KissManga, serta Mangarock.

    Patut diingat apabila ada situs-situs lain yang mengklaim sebagai pengganti dari KissAnime atau KissManga, maka bisa dipastikan situs-situs itu palsu dan dianjurkan agar tidak mengaksesnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti phising.



    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.