1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Novel KHADIJAH; Ketika Rahasia "mim" Tersingkap - Sibel Eraslan

Discussion in 'Book Review' started by armD, Jul 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. armD M V U

    Offline

    gori's rule

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,049
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,902 / -0








    [



    [​IMG]



    KHADIJAH










    Ketika Rahasia م "mim" Tersingkap











    :clover:--- Detail




    • Judul: Khadijah---.: Ketika Rahasia "mim" Tersingkap
    • No. ISBN---------.: 9789791479639
    • Penulis-----------.: Sibel Eraslan
    • Penerbit---------..: Kaysa Media
    • Tanggal terbit-----: Februari - 2013
    • Kategori---------..: Novel













    :clover:--- F&Q





    X : Apa yang anda tau tentang sosok wanita mengangumkan ini?
    Y : Tidak banyak.
    X : Kalau begitu coba baca novel ini.
    Y : tapi kan ini novel?
    X : Iya ini novel. Jadi lebih ringan untuk dibaca.












    :clover:--- Sinopsis




    Khadijah terpaku. Mulutnya tak mampu mengucapkan kata itu. Sebuah kata yang berawalan huruf "mim". Kata itu ternyata mengandung makna yang dalam. Sebuah kata yang diibaratkan sebagai kunci, rumus, dan juga sandi. Khadijah ingin merahasiakannya. Merahasiakan dambaan hatinya, kekasihnya. Khadijah tidak sendiri. Seluruh makhluk di jagad raya ini seolah telah menjadi seperti dirinya. Merindu, haus akan air segar ‘Mim’. Dan saat Khadijah berucap “mim”, ketika kedua bibirnya menutup rapat, seakan-akan udara yang ada dalam rongga mulutnya telah meniupkan cinta ke dalam hatinya.













    :clover:--- Komentar




    Sekali lagi ini novel namun bukan novel biasa.
    Novel ini wujud pemahaman dan kecintaan penulis terhadap sang tokoh utama.

    Novel ini tak hanya berisi kehidupan Khadijah saja namun mengisahkan orang-orang di sekelilingnya dan kondisi pada masa itu.
    Semua peristiwa digambarkan melalui bahasa yang indah rapi dan detail. Kita diajak untuk bisa mengimajinasikan dan merasakan apa yang "dialami" pada masa itu.


    Saat kebanyakan wanita tak ada nilainya,
    Saat kebanyakan bayi-bayi perempuan dibunuh.
    Seorang wanita berhasil bertahan, dihormati dan teguh berpendirian dalam kebaikan.


    Bagaimana bisa seorang wanita bisa sukses di masa "suram" itu?

    Menemukan cintanya yang semula hanya diimpikan dalam sebuah huruf (mim) م

    Berjuang bersama cintanya menghadapi berbagai masalah yang terjadi.


    Menurut saya, cinta disini diwujudkan dalam suatu kasih sayang, keanggunan, kesabaran,perjuangan, persaudaraan, kesetiaan.
    Bagaimana dengan kegalauan dan kesedihan? tentu saja ada. Galau yang seperti apa? Tidak bisa tidur?
    Sedih seperti apa? berasa tak bersemangat? Lihat aja sendiri
    .. :hihi:

    "Sarat makna cinta dengan pilihan bahasa yang indah dan pemikiran mendalam, namun mudah dipahami." Ria Miranda (Young Muslim Fashion Designer)

    "Membaca kisah para ibu di zaman sebelum dan sesudah tahun hijriah, hati siapa pun di antara ummat-Nya niscaya akan tergetar. Sosok Ibunda Hajar yang begitu penuh pengorbanan telah menginspirasi para muslimah, bahkan hingga masa kini. Pun dengan Ibunda Khadijah yang senantiasa mengalirkan kekuatan mahadahsyat tatkala kita merasa terpuruk. Patutlah Khadijah r.a. menjadi cahaya kalbu Rasululloh SAW. karena kasih sayang, kecerdasan, kegeniusan, dan kebajikannya tiada yang bisa menandingi hingga akhir zaman. Buku yang wajib dimiliki para muslimah masa kini." Pipiet Senja (penulis 124 buku)

    Sedikit sekali yang kita tahu tentang Ibunda Khadijah r.a. Kita merindukannya dengan malu-malu. Takut salah, takut tak sopan, takut dosa? Sampai, Sibel Eraslan menulis novel ini dan mengajari pembaca untuk mencintainya dengan ekspresif, revolusioner, dan heroik. Bahasa tutur novel ini membuat pembaca berhadapan langsung dengan Khadijah. Memahami betapa akbar peran beliau bagi sejarah kenabian.” Tasaro GK (Pengarang 2 Novel Laris Biografi Muhammad SAW: Lelaki Penggenggam Hujan dan Para Pengeja Hujan)


    "Inilah kisah sosok yang jadi first love seorang utusan Allah. Yang mendukung Rasululloh saw. dengan sepenuh daya dan cinta sampai embusan napas penghabisan." Ahmad Fuadi (penulis Negeri 5 Menara dan pendiri Komunitas Menara.)


    "Nikmat dibaca, menyentuh rasa, dan penuh spirit cinta. Novel bergizi sarat makna."
    (Abdul Hakim El Hamidy, Spiritual Motivator)


    "Membacanya seperti masuk kembali ke masa ribuan tahun lalu. Setiap kata-katanya begitu menghadirkan keindahan ruang dan waktu kala itu. Buku yang cerdas, hangat, dan penuh cinta." Oki Setiana Dewi (Aktris Muslimah dan Penulis Best Seller)












    :clover:--- Review




    Pertama kali anda akan menemukan sebuah syair. Setelah itu anda akan dibawa ke masa lalu. Jauh sebelum sang tokoh terlahir. Ratusan tahun sebelumnya bahkan, sebelum kota tempat sang tokoh tinggal terbentuk.
    Nama adalah Takdir. Kisah utama pun dimulai saat sebelum dilahirkan.
    " Keberanian bukan berarti takut, keberanian adalah sabar menanti pada tempat yang semestinya meski dalam keadaan takut sekalipun." Padang pasir tidak pernah memberi hak hidup kepada orang yang tidak sabar. Dengan membawa nama yang bersemayam di hati padang sahara, Khadijah akan memulai awal langkah perjalanannya menjadi ratu padang pasir.

    Semakin jauh membaca akan ada kisah kisah yang menggugah emosi. Permainan logika yang spontan membuat tersenyum atau tertawa. Tingkah laku para tokoh dan lingkungan yang membuat :kaget:,:keringat:,:sebel:, :sedih: bahkan :bingung: sendiri.
    Dalam novel ini kisah keseharian Khadijah yang tidak umum didengar juga dipaparkan. Kehidupan masa lalu beliau , keluarganya dan semua anak-anaknya. Termasuk ketiga anaknya sebelum menikah dengan Rasululloh SAW. Khususnya tentang kisah cinta beliau dengan Rasululloh SAW , benar-benar dibahas disini.

    Awalnya akan kesulitan untuk membaca buku ini kalau tidak terbiasa dengan puisi atau karya terjemahan seperti saya. Bagian prolog dan bab awal lebih banyak menggunakan kalimat indah. Lama kelamaan akan jadi lebih mudah untuk dibaca saat memasuki bagian utama. Penyampaian alur ceritanya urut dan runtut. Tak hanya kisah dari tokoh utama saja, kisah dari tokoh yang ada di sekeliling tokoh utama juga disampaikan secara apik dalam satu kesatuan. Ada beberapa kalimat yang akan membuat anda penasaran dan menimbulkan pertanyaan.
    Banyak sekali pelajaran dan kisah romantis di dalamnya. Salah satunya yaitu :

    "Gunung Hira mengajarkan sesuatu yang berbeda tentang cinta. Merasakan cinta tanpa perlu ada tanggung jawab atas kata, beban kalimat, dan rangkaian huruf."


     
    Last edited by a moderator: Aug 10, 2014
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.