1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Makan-makan Kerupuk Unik Khas Indonesia, Satu atau Dua Pasti Pernah Coba

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by merahputihcom, Jul 30, 2021.

  1. merahputihcom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2021
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +39 / -0
    [​IMG]

    Indonesia surga kuliner tradisional. Berbagai daerah memiliki ragam kuliner tradisionalnya masing-masing. Kuliner tradisional tersebut juga menjadi ikon tempat asalnya.

    Kuliner tradisional juga tak melulu kuno atau tak bisa diperbaharui. Banyak kuliner tradisional yang disesuaikan dengan beragam bahan, bumbu, atau juga pasar masa kini agar lebih kekinian.

    Salah satu kuliner tradisional Indonesia adalah kerupuk. Kerupuk merupakan penganan atau makanan ringan yang pada umumnya terbuat dari adonan tepung dengan campuran ikan-ikanan. Kerupuk biasa dijadika "teman" makan nasi. Makan nasi diberengi kerupuk bisa menambah selera makan kamu.

    Indonesia memiliki banyak jenis kerupuk. Berbagai daerah memiliki kerupuk masing-masing dengan bahan dan bumbu berbeda. Beberapa terkenal karena buah dari inovasi sehingga banyak diminati masyarakat.

    Berikut merahputih.com sajikan 5 kerupuk Indonesia yang mungkin salah satunya pernah kamu makan:

    [​IMG]

    1. Kerupuk Melarat

    Mungkin ini salah satu kerupuk paling terkenal di Indonesia. Kerupuk melarat merupakan kerupuk yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Keunikan namanya membuat penganan berwarna-warni ini terkenal ke darah lain.

    Nama "kerupuk melarat" ini diambil dari cerita pengolahannya yang unik. Kerupuk berbahan dasar tepung tapioka ini digoreng tanpa menggunakan minyak goreng, tetapi dengan pasir. Pasir ini telah dibersihkan sebelum menjadi media untuk mematangkan kerupuk.

    2. Kerupuk Gendar

    Kerupuk gendar merupakan olahan nasi. Adonan nasi diberi bumbu dan kemudian dibentuk bundar atau segi empat. Meski sudah menjadi kerupuk, aroma nasi dalam gendar cukup kuat sehingga sangat khas.

    Kerupuk gendar awalnya dibuat untuk memanfaatkan nasi sisa agar bisa dikonsumsi kembali. Kerupuk ini masih satu jenis dengan rengginang (kerupuk nasi ketan), namun bedanya kerupuk gendar dibuat dari nasi yang halus atau sudah ditumbuk.

    3. Kerupuk Mie

    Kerupuk mie sangat populer. Kerupuk ini selalu dijadikan makanan saat hari raya. Selain itu, banyak daerah menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh yang dijajakan di pinggiran-pinggiran jalan.

    Bentuk kerupuk me sangat mirip mie kuning yang dibuat melilit membentuk pola bundar. Kerupuk ini juga disebut kerupuk mie kuning. Kerupuk ini cocok dimakan bersama asinan, bubur ayam, atau mie ayam, soto ayam.

    4. Kerupuk Rambak

    Kerupuk rambak disebut juga dengan nama kerupuk kulit atau kerupuk kulit nini/nenek. Ini karena kerupuk ini memiliki tampilan mirip kulit, yaitu tipis dan warnanya kecokelat-cokelatan seperti kulit keriput. Penamaan itu juga karena bahan utamanya adalah kulit kerbau atau sapi.

    Kerupuk rambak juga salah satu kerupuk yang paling mudah ditemukan. Kerupuk ini banyak dijual di warung-warung. Rasanya yang gurih disukai anak-anak hingga dewasa.

    5. Maicih

    Kerupuk Maicih sebetulnya kerupuk yang tergolong lahir masih baru. Kerupuk dari Bandung, Jawa Barat ini baru ada sejak tahun 2010. Keripik singkong ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia sebagai camilan dengan cita rasa khas pedas.

    Keripik Maicih terkenal sebagai makanan pedas. Bagi kamu pecinta pedas, pasti pernah mendengar ketenaran keripik yang membagi kepedasan menurut level-level itu.

    Sumber
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.