1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Kepercayaan Takhayul Orang Jepang

Discussion in 'Dunia Lain' started by lyneard, Aug 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lyneard M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    Di negara yang super canggih dengan teknologi maju seperti Jepang pun, kepercayaan takhyul turun temurun ternyata masih tetap berlaku seperti:

    1. Tabeta ato, sugu yoko ni naruto, ushi ni naru!
    Arti dari kalimat di atas adalah: "Kalau habis makan langsung rebahan bisa jadi sapi!" kutukan kah??

    [​IMG]

    Saat ini, meski zaman telah modern, banyak orang tua Jepang yang masih memperingati anaknya dengan kata-kata seperti di atas. Secara jelas alasan kenapa kata-kata ini dipakai tidak diketahui. Tapi jika dianalisa, zaman dahulu Jepang berbeda dengan zaman sekarang yang serba canggih, mereka dulu harus bekerja keras agar dapat hidup (terutama setelah pemboman Nagasaki & Hiroshima). Agar anak-anak bersedia membantu orang tua bekerja di ladang, mereka selalu mengatakan "Tabeta ato, sugu yoko ni naruto, ushi ni naru!" (Kalau habis makan langsung rebahan bisa jadi sapi!)
    [​IMG]

    Sedangkan di zaman sekarang kenapa orang tua masih menyampaikan kepercayaan ini pada anak-anaknya ialah karena mereka ingin memperingati bahwa:
    " Tidak sopan - sikap buruk, jika setelah makan langsung rebahan"

    2. Hinakazari wo hayakushimawanaito, yome ni ikiokureru.
    Arti dari kalimat di atas adalah: "Kalau hiasan boneka `hina` tidak segera disimpan, bakalan telat nikah."

    Seperti kita ketahui, setiap tanggal 3 bulan Maret Jepang menyelenggarakan perayaan `Hina Matsuri` . Maksud dari perayaan ini adalah sebagai ucapan terima kasih kepada sang pencipta karena telah memberikan anak perempuan. Selain itu tujuan upacara ini adalah meminta keberkahan kesehatan untuk anak mereka yang perempuan.

    Pada perayaan Hina Matsuri setiap keluarga yang memiliki anak perempuan, sejak bulan Februari harus memajang boneka `Hina` di ruangan tengah, yang terdiri dari pasangan putri dan pangeran disertai para dayang dan pengawalnya. Pajangan boneka Hina ini, harus segera disimpan atau dirapikan jika telah lewat dari tanggal 3 Maret. Apabila tidak segera dirapikan untuk disimpan, mereka percaya bahwa si anak perempuan tersebut akan telat menikah nantinya.
    [​IMG]

    Jika dilihat dari rata-rata umur menikah orang Jepang saat ini yang berkisar diatas 30 tahunan, mereka percaya salah satu penyebabnya adalah "Hinakazari wo hayakushimawanaito, yome ni ikiokureru" (Kalau hiasan boneka `hina` tidak segera disimpan, bakalan telat nikah)


    3. Shitewa ikenai koto

    Shitewa ikenai koto artinya sesuatu hal tidak boleh dikerjakan. Dalam kepercayaan Jepang, ada beberapa hal yang tidak boleh dikerjakan seseorang karena mengandung firasat buruk, diantaranya:
    [​IMG]

    - Tidak boleh menyuguhkan makanan dengan jumlah empat (4) buah.
    kayak ini kali maksudnya
    [​IMG]

    Angka empat (4) dalam bahasa jepang selain dibaca `Yon` juga dibaca `Shi`. Kata `Shi` sendiri berarti "kematian". Berdasarkan hal tersebut, jika kita menyuguhkan kue dengan jumlah empat, maka seolah kita mengundang kematian. Orang yang memakannya akan segera meninggalkan dunia fana.
    =======================
    maaf klk repost...langsung del aja om mod...
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,297 / -0
    perasaan salah satu temen gw pernah bilang begini..
    nenek moyangnya orang jepang kali ya :lol:
     
    • Like Like x 1
  4. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,253 / -0
    klo gw beda lagi...
    cw gw bilang
    :haha: mang tu sapi/kebo kerjaAnNy tidur mulu apa? gak masuk akal.. T_T
     
  5. holly Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Kalo yg nmr 3. di tiongkok jg percaya kalo nmr 4 adalah angka sial
     
  6. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,947 / -0
    kalo di Jawa lebih banyak lagi tuh ...
    ketiban cicak, denger suara burung gagak, dilarang duduk di pintu, dilarang makan sambil jongkok, dsb ... (lengkapnya liat buku primbon aj :haha:)

    BTW ... Nice inpo 'Bro ... :top:
    lebih nice lagi kalo ditambahin :hihi: masak cuman 3 doang ...
     
  7. ian_xander M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +380 / -0
    ow bener juga...kalo no 4 kan shi...artina mati

    wah kalo gitu musuh2Q aq kasih kue jumlahnya 4 ajah.. :lol:

    kalo yang tidur sehabis maem tu emang gak baik buat kesehatan tubuh...

    kata pamanQ paling nggak duduk ato berdiri dulu selama 30 menit...
     
  8. Yuriko M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,129 / -0
    di jepang banyak perempuan yg telat nikah bukan na karena sibuk kerja yah..?

    maklum negara maju, yg penting kerja.. haha..

    yg angka 4 itu kayaknya mendarah daging di negara2 timur..
     
  9. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0


    kalo nyang eni gue setuju bos, soalnya kalo habis makan langsung tidur, badan bisa gemuk, karena energi gak dikeluarin, jadi numpuk terus ditubuh [​IMG]
     
  10. josher M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,354 / -0
    - Tidak boleh menancapkan sumpit makan di tengah nasi.

    Saat kematian orang Jepang, kepala jenasah harus diberi bantal yang disebut "Makurameshi". Bentuk dari makurameshi tersebut sama dengan bentuk sumpit yang ditancapkan di tengah nasi. Apabila kita melakukan perbuatan menancapkan sumpit di tengah nasi, berarti akan mempercepat kematian, begitu menurut kepercayaan orang Jepang.

    - Tidak boleh saling mengambil/menerima makanan dari sumpit ke sumpit secara langsung.

    Setelah meninggal, biasanya orang Jepang akan membakar jasad dari jenasah (kremasi). Dalam pembakaran tidak semua jasad berubah menjadi abu, masih ada beberapa serpihan tulang belulang yang tidak terbakar. Biasanya serpihan tulang belulang yang masih tertinggal akan dikumpulkan oleh dua orang atau beberapa orang mengunakan sumpit dan dimasukan ke dalam `Kotsutsubo` (tempat abu & tulang berbentuk botol kecil atau kotak). Jika kita saling mengambil/menerima makanan dari sumpit ke sumpit secara langsung, berarti dipercaya bahwa kita sama denganmemakan tulang orang yang telah meninggal.

    ada lagi :p
    - kalau bohong, lidahnya dicabut dewa *** (lupa namanya :()
    - kalau melawan orang tua, mulut jadi bengkok
    - kalau barang tidak diperlakukan dengan baik, barangnya menangis
     
  11. moron M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +26 / -0
    jadi inget beras nangis yg di unyil...
    nice info, thx 4 sharing...
     
  12. faith M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2008
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +2,032 / -0
    iya nih klo abis makan trus tiduran bs bikin perut buncit,wakaka.....
     
  13. lyneard M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    iya ni bro dapt na cuman segitu doank...ntr klk ada tambahan gw update lagi...
     
  14. namie04 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    1,127
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,316 / -0
    kaya org indonesia ajah
    kalo abis makan ga boleh rebahan, nanti kepalanya gede

    wah kalo yg boneka , sama yg kaya ga boleh makan di depan pintu ya effectnya

    di jepang emang banyak thakayul nih. liat ajah film jepang banyak yg bergenre horor
     
  15. biggerzandlongz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +277 / -0
    iya2...
    orang chinese juga ngmng gtoo...
    shi (4) itu artinya matee...
    angka sial dhe pkoknya...
    mkanya angka 13 juga sial kan 1 + 3 = 4 tuh kan
     
  16. 0IF4T Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    setau w mang di kitA juga suka di bilangin klo bis makan gak boleh sung tiduran ntar bisa ndut n perutnya buncit n bisa bisa tu makanan keluar lagie
     
  17. ryzqrd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +533 / -0
    nice info gan...
    tahu takhayul orang indo kaga bro??
     
  18. tonde104 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    di indonesia ada "Kejatuhan Duren" yg artinya dapat untung besar. Padahal kalo dipikir2 orang ketimpa buah durian bisa masuk rumah sakit.
     
  19. purwanto1988 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    340
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    hehehehee mungkin itu semacam pantangan karena tidak baik seperti boneka hina untuk melatih disiplin dan makan sapi itu biar tidak sakit perut mungkin atau menghindari sifat malas
     
  20. d4uz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +728 / -0
    Perasaan Sapi habis makan gak pernah Rebahan??? :D :P
     
  21. gwbiasaaja M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 30, 2008
    Messages:
    3,433
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,913 / -0
    hahah kebnyakan di indonesia tuh
    masing2 daerah punya mitosnya sendiri sendiri
    :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.