1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Kemerdekaan dan Pengakuan: Sebuah Identitas Bernama ‘Negara Palestina’

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by alexupn, Sep 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. alexupn Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 15, 2008
    Messages:
    13,289
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +505,948 / -1
    [​IMG]

    Oleh: Kartika Pemilia Lestari
    BANGSA Palestina terus melakukan perjuangan demi lepas dari penjajahan Israel serta melakukan rebuild atau membangun kembali dirinya sebagai sebuah negara yang berdaulat. Kemerdekaan dan kedaulatan merupakan identitas terpenting dalam metamorfosis sebuah entitas menjadi sebuah negara. Oleh karena itu, komitemen serta konsistensi bangsa Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina layak mendapatkan apresiasi serta dukungan dari dunia internasional dan segenap rakyatnya.

    Simpati dan dukungan bangsa Indonesia yang terbaru ialah menggelar Forum konferensi internasional bertajuk Striving to Fulfill the Rights of Palestinian People, Asia-Pasifik Community Conference (ASPAC) for Palestine selama dua hari, Rabu-Kamis (29-30/6) di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Dalam forum tersebut ratusan anggota DPR RI menandatangani petisi menuntut pembebasan anggota parlemen Palestina yang ditahan Israel.

    Khusus di ASEAN, pemerintah Indonesia menjadi pelopor agar Israel menghentikan aksi pencaplokan tanah Palestina dan kompleks Masjid Al-Aqsa. Indonesia melalui dukungan diplomatik berusaha mengajak seluruh anggota PBB untuk mengakui kemerdekaan Palestina.
    Dukungan terhadap perjuangan Palestina juga digelorakan oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK). Pada Jum’at, (1/7) JK melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad di Ramallah, Tepi Barat, Palestina.

    Pertemuan tersebut untuk menyampaikan simpati dari masyarakat Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina dan masalah-masalah kemanusiaan yang dihadapi bangsa Palestina. Selain menyampaikan rasa simpati, Jusuf kalla juga menyampaikan perkembangan peningkatan hubungan kerja sama antara Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah Palestina (Palestinien Red Crescent Society/PRCS), di mana PMI mengirimkan bantuan kemanusiaan rakyat Indonesia untuk bangsa Palestina melalui PRCS.
    Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, untuk apa sebenarnya semua “hiruk-pikuk” memberikan dukungan terhadap diakuinya bangsa Palestina sebagai sebuah negara? Mengapa bangsa kita yang tengah terbelit beragam persoalan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya memberikan perhatian besar terhadap perjuangan bangsa Palestina? Bukankah di depan mata kita persoalan bangsa juga meminta perhatian besar? Bukankah Palestina merupakan sebuah wilayah serta entitas yang berada nun jauh di sana? Pertanyaan yang lebih sophisticated lagi, ada apa dengan pengakuan (recognition)?

    Mungkin jarang atau bahkan tidak tertulis di buku-buku sejarah bangsa kita, bahwa negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia adalah bangsa Palestina? Tidak percaya? Mari kita telusuri fakta sejarahnya.
    Kita akan dibuat terhenyak ketika membaca buku “Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri” yang ditulis oleh Ketua Panitia Pusat Perkumpulan kemerdekaan Indonesia , M. Zein Hassan Lc. Buku ini diberi kata sambutan oleh Moh. Hatta (Proklamator & Wakil Presiden pertama RI), M. Natsir (mantan Perdana Menteri RI), Adam Malik (Menteri Luar Negeri RI ketika buku ini diterbitkan), dan Jenderal (Besar) A.H. Nasution.
    M. Zein Hassan Lc. sebagai pelaku sejarah, menjelaskan dalam bukunya pada halaman 40 tentang peran serta, opini dan dukungan nyata Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap. Dukungan Palestina ini diwakili oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini – mufti besar Palestina – secara terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia:

    “…pada 6 September 1944, Radio Berlin berbahasa Arab menyiarkan ‘ucapan selamat’ mufti Besar Palestina Amin Al-Husaini (beliau melarikan diri ke Jerman pada permulaan perang dunia ke dua) kepada Alam Islami, bertepatan ‘pengakuan Jepang’ atas kemerdekaan Indonesia . Berita yang disiarkan radio tersebut dua hari berturut- turut, kami sebar-luaskan, bahkan harian “Al-Ahram” yang terkenal telitinya juga menyiarkan.” Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga berkenan menyambut kedatangan delegasi “Panitia Pusat Kemerdekaan Indonesia” dan memberi dukungan penuh.”
    Berangkat dari fakta sejarah yang centang-perenang seperti ini, tidak patut kiranya kita kemudian bersikap sinis terhadap upaya pemerintah memperjuangkan kemerdekaan sebuah bangsa yang sejak tahun 1948 hingga hingga kini masih harus menghadapi penjajahan secara fisik. Piagam PBB yang diproklamirkan tahun 1948 jelas-jelas menyebut bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan di era cyber space seperti ini, rasanya suatu hal yang sangat absurd jika penjajahan fisik di dunia masih eksis.

    Era negara-bangsa (nation-state) yang dimulai pasca Perjanjian Westphalia tahun 1648 menuntut terpenuhinya syarat ‘pengakuan’ sebagai “tiket masuk” bagi sebuah negara sehingga dia bisa berdaulat. Sejatinya, ‘pengakuan’ bukan syarat utama untuk sebuah kedaulatan. Tanpa pengakuan pun, jika sebuah komunitas sudah memiliki kedaulatan, wilayah serta penduduk, maka dia otomatis sudah dianggap sebagai sebuah negara berdaulat.
    Maka menjadi sesuatu hal yang absurd atau bahkan sebuah anomali, ketika pada tahun 1948 Israel yang bahkan belum memiliki kedaulatan, wilayah, serta penduduk bisa mendapatkan identitas bernama ‘negara’; dengan hanya bermodalkan pengakuan dari Amerika Serikat. What a joke. Sungguh lelucon yang tidak lucu sama-sekali.
    Diaspora bangsa Yahudi secara masif ke negara Palestina sejak tahun 1948 menambah deretan absurditas politik internasional. Kemudian Israel yang didukung kekuatan adidaya berhasil menancapkan benderanya di markas PBB. Selanjutnya otak masyarakat internasional dicuci lewat media-media mainstream untuk “memahami”, bahwa hanya ada satu identitas di peta dunia, yakni negara Israel, negara Palestina sudah hilang. Lalu, sejarah ini sebenarnya milik siapa? Dalam hal ini mungkin Foucault ada benarnya, bahwa sejarah adalah milik mereka yang tengah berkuasa.
    Wallohu ‘alam bishshawwab
    *Penulis adalah peneliti InPAS


    source:
    Code:
    http://www.lintas-kabar.com/2011/07/22/kemerdekaan-dan-pengakuan-sebuah-identitas-bernama-%E2%80%98negara-palestina%E2%80%99/



    palestine will be free :onfire:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fragantia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,603 / -0
    hidup hamas :sembah:
    hidup hamas :sembah:
    Damai itu indah kok, cuma bagi tanah secuil ini..ampe perang segala
     
  4. razgriz3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2011
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    Dukungan buat palestine.. we are looking for peace..
     
  5. Haveman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -3
    peace for palestine
     
  6. tuan_buncis2002 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    betul, kemerdekaan & pengakuan buat Palestina, ganyang malaysia israel :onfire:
    Obama yg dulu sempat ngegombal mw mendekatkan diri ke dunia timur, ternyata tetap mempersulit Palestina :rokok:
     
  7. __todosengel Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    11,013
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +18,330 / -0
    memang udah harus lepas dari penjajahan Israel ini...
    tp kelihatannya cukup sulit, soalnya Israel acuh tak acuh atas seruan berbagai negara :rokok:
     
  8. dunebeat M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    ini Israel yang sama sekali ga punya Hak mendirikan negara disana kenapa malah punya lebih banyak dukungan daripada Palestina sih??
    Emang tuh negara-negara NATO munafik semua..
     
  9. Drei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    sudah saatnya rakyat Palestina lepas dari cengkraman tangan Israel dan Amerika
    sudah terlalu banyak darah yang tumpah di bumi para nabi hingga akhirnya datang kesempatan untuk dapat merdeka


    Semua kaum muslimin di seluruh dunia akan mendukung Palestina menjadi negara yang merdeka
     
  10. mochanAvn M V U

    Offline

    ♥ EN GARDE FUCCB0I ♥

    Joined:
    Jul 8, 2011
    Messages:
    1,914
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +318,866 / -4
    emang israel seharusnya dihancurkan lebih dulu.
    mereka ga ada hak buat ngejajah, dan sekarang bukan jamannya lagi ngejajah...:yareyare:
    Tetap dukung kemerdekaan untuk Palestine!!!!
    :onfire:
     
  11. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    selama USA masih berdiri diblakang israel, susah bagi palestina utk mendapatkan kemerdekaannya...
     
  12. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    kadang gw aneh ama masyarakat internasional..
    kan jelas-jelas tanah itu dah ditempati dan dimiliki palestina.
    Eh ini israel tiba-tiba masuk dan mendirikan bangunan disana.
    mereka beralasan itu tanah mereka berdasarkan kitab-kitab kuno yg mereka baca.

    setelah perang arab-israel usai(dengan kekalaha di pihak arab) mulailah pelan-pelan israel bercokol di tanah palestina.

    kayanya orang2 pada tutup mata atas kasus ini. Coba kasus WTC, pada inget..
    :rokok:
     
  13. MvP_KosT M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 10, 2011
    Messages:
    1,691
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +40,758 / -6
    ia lagh harus merdeka~~~

    mana ada israel punya wilayah sgitu~

    sudah saatnya bebas~
     
  14. Blackmoon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    dukung palestina!! emang ga tau malu tu israel mentang2 dekengnya gede..
     
  15. Telopolo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    menurut ramalan sih palestina bakal kalah dan israel bakal berkuasa sampai dimusnahkan oleh negara islam

    *kata ramalan sih :P
     
  16. edy25 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +299 / -0
    untung aja indonesia udah merdeka...
    jd ga perlu susah2 lagi :semangat:
     
  17. andreimoto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    bagaimana kabar terkini dari sidang di gedung PBB?
     
  18. nyetman M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    278
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +499 / -0
    palestine always in my heart we ready figth for u
     
  19. vain M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    355
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +460 / -0
    Satu-satunya hal yang dilakukan birokrat indonesia yang menurut ane bukan pekerjaan sampah adalah
    mendukung kemerdekaan Palestina....Selain itu kerjaan birokrat indonesia cuma melakukan hal-hal sampah
    seperti melacur,korupsi,dll

    Tapi seharusnya hal pertama yang dilakukan oleh orang-orang palestina sendiri adalah bersatu dalam sebuah bendera
    bendera palestina...dan menghilangkan perbedaan antara hamas dan fatah...karena dengan berbedanya kedua organisasi itu
    maka ISRAEL(dilaknatlah semua bangsa yahudi)akan dengan mudah kembali menghancurkan apa yang telah dibangun warga Palestina
    Semoga ALLAH membantu saudara kita yang didzalimi bangsa yahudi laknatullah
     
  20. alexupn Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 15, 2008
    Messages:
    13,289
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +505,948 / -1
    satu PBB is suck :onfire:
    bubarkan PBB...utk saat ini ga solved apapun :puff:
     
  21. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,652 / -0
    susah tapi bukanya tidak mungkin . . .
    Israel bakingnya negara Adidaya . . .
    dan di PBB yg punya kekuasaan ya tetep negara Adidaya . .
    kecuali dapat dukungan dari negara barat . .
    tuh palestine tetep aja di jajah . . .
    kemarin abis liat film ceritnya amerika bantu palestine . .
    padahal faktnya engga sama sekali . . .
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.