1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Keajaiban Makam Kaisar China Kuno

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by andi msc, Dec 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. andi msc Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,437
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,823 / -2
    [​IMG]

    Makam kaisar Tiongkok, Qin Shi Huang, disebut-sebut sebagai salah satu penemuan arkeologi terbesar abad ke-20. Sejarah mencatat, Qin Shi Huang merupakan kaisar pertama Dinasti Qin yang memimpin Tiongkok diantara periode 221 SM – 210 SM. Salah satu karya monumentalnya selain penyempurnaan konstruksi bangunan Tembok Besar China ialah pembangunan makam agungnya sendiri. Berbeda dengan Fir’aun Mesir Kuno, Cheops (Khufu) yang memilih untuk membangun sebuah Piramida Agung di Giza sebagai tempat peristirahatan terakhirnya, Kaisar Qin Shi Huang lebih memilih menjadikan makamnya bak sebuah Istana dengan penjagaan ribuan patung prajuritnya.

    Makam sang kaisar memang begitu mempesona. Terdapat kurang lebih 8000 patung yang menggambarkan sosok para prajurit beserta kuda-kuda perang berdiri berjejer disepanjang makam. Yang lebih menarik lagi, semua patung-patung tersebut tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya baik itu bentuk pakaian, mimik wajah, model rambut, hingga persenjataan yang mereka bawa. Selain itu, mereka juga dibedakan oleh pangkat kemiliterannya seperti Jendral, perwira, hingga para prajurit biasa. Patung prajurit yang memiliki ukuran tubuh paling tinggi ialah yang berpangkat jendral.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Patung-patung yang disebut sebagai Prajurit Terracotta ini keselururuhan terbuat dari tanah liat yang dibentuk didalam cetakan. Tingginya pun bervariasi antara 183 – 195 cm. Untuk bagian kepala, dibuat secara terpisah dari bagian badan agar memiliki bentuk dan mimik wajah yang berbeda satu sama lain. Sementara bagian-bagian wajah seperti bibir, mata, dan telinga ditambahkan secara manual dan bentuknya disempurnakan oleh polesan tangan si pematung. Patung yang telah jadi kemudian dibakar agar dihasilkan konstruksi yang lebih keras dan kokoh. Untuk tahap akhir, dilakukan pengecatan walaupun kebanyakan patung kini catnya telah memudar.

    [​IMG]

    Sejak ditemukan oleh beberapa petani lokal diwilayah Xi’an, Propinsi Shaanxi, China ditahun 1974 silam, hingga kini masih terus dilakukan penggalian di sana. Para Arkelog memperkirakan masih banyak patung dan artifak-artifak lainnya yang masih terpendam. Mereka juga belum dapat memastikan berapa jumlah angka-angka penemuan ini akan terus bertambah. Kalkulasi terbaru menyebutkan, terdapat lebih dari 8000 patung prajurit, 130 kereta perang beserta 520 kudanya, serta 150 pasukan berkuda yang terdapat di tiga terowongan utama makam. Sungguh merupakan pemandangan yang menakjubkan mengingat baru satu persen dari keseluruhan bagian makam yang telah digali!

    [​IMG]

    Tidak semua harta benda dan perhiasan sang kaisar telah ditemukan. Konon, masih banyak harta benda berharga Kaisar Qin Shi Huang yang tersimpan disuatu bagian makam, dimana ditempat itu terpasang perangkap-perangkap yang dapat menembakkan anak panah secara otomatis kepada siapapun yang berani mengusiknya. Bahkan diyakini para pekerja yang memasang perangkap-perangkap tersebut turut dikuburkan hidup-hidup agar kerahasiannya tetap terjaga. Terdengar cukup menakutkan, bukan?

    [​IMG]

    [​IMG]

    Menurut sejarawan Sima Qian (145 – 90 SM), pembangunan makam agung kaisar Qin Shi Huang dimulai disekitar 246 SM – disaat usia sang Kaisar baru menginjak 13 tahun – dengan memperkerjakan kurang lebih 700.000 pekerja. Namun apa tujuan Kaisar Qin Shi Huang membangun semua ini?

    Faktanya, makam ini didirikan sebagai gambaran akan sebuah istana bawah tanah yang begitu besar dan mewah. Bahkan dikatakan ia adalah istana bawah tanah dengan struktur paling rumit dalam kemegahan dan fasilitasnya. Tiruan sungai yang terbuat dari air raksa serta langit-langit dengan hiasaan mutiara turut mempercantik istana. Kepercayaan di lingkungan kerajaan menyebutkan bahwa Kaisar Qin Shi Huang akan terus memimpin kerajaan dikehidupan berikutnya (alam baka/akhirat). Untuk itu ia membutuhkan sebuah istana sebagai pusat kerajaan, lengkap beserta para bala tentaranya dan pegawai-pegawai pemerintahan

    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ilcloud M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,396
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    yang hebat dari prajurit terracotta :
    gak ada yang mukanya sama antara satu dnegan yang laen...
     
  4. SetaSouji M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    2,865
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +7,307 / -1
    uda pernah baca gw...

    tapi kalau diliat2 ini seharusnya uda masuk salah satu keajaiban dunia deh...
     
  5. icon7p Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    Pernah liat juga di buku, cuma ga baca semua. Makamnya banyak patungnya... Kaisar yang ada di dalam makam itu udah ditemukan belum ya?
     
  6. utgartha Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 18, 2009
    Messages:
    242
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +312 / -0
    Jd inget nonton the mith n maen tantra neh, kuburannya penuh patung n banyak jebakannya
     
  7. Eiyuu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,046
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    gile ya?kuburan yg bnr2 ga ada duanya..bikin patungnya stgh modar tuh..muka n baju ga ada yg sama..-_-..
     
  8. dibu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +101 / -0
    GILEEE...baru 1 persen makam yang ditemukan?emangnya segede apa tuh makamnya?

    lagian dari 8000 pasukan yang ditemukan gada satupun mukanya yang mirip....hebat banget yang bikin patungnya...salut...salut...
     
  9. ArCotH M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    1,169
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,065 / -0
    waduuh..
    klo belum kegali semua,
    berarti aslinya segede apa ya?:keringat:
     
  10. adhyatma M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2008
    Messages:
    171
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4 / -0
    d bangun dari dia usia 13 tahun??
    kekny gw umur 13 tahun belon mikirin makam gw kek ap d.. @@
     
  11. rey051 Veteran

    Offline

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +271 / -0
    Jadi inget film The Mummy yg plg baru kmrn, yg ad jet li-nya itu...
    Apa emg adopsi dari kisah nyatanya ini y???cz setting makam sm penjaga2 makamnya itu mirip, ad jebakannya pula..
     
  12. wocker Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Dinasti Qin memang banyak meninggalkan nilai2 historis, tapi Dinasti Tang juga cukup terkenal dalam sejarah
     
  13. cozy_pc M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +398 / -0
    waw... keren juga y makamnya... ^^

    makamnya aja dijaga ribuan patung, bener2 luar biasa......
     
  14. curiousboy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,251 / -0
    kekaisaran qin sin huang emang keren..bisa2nya ngebuat patung sampe segitu banyaknya..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.