1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Jangan Lakukan Ini di Gym!

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by happybratboy, Jul 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    Siapa yang mau membuang waktu untuk melakukan olahraga yang tidak efektif dan penuh risiko? Pastinya bukan Anda. Jadi, buang 5 gerakan “sia-sia” dan berpotensi memberikan cidera berikut ini.

    1. Menggunakan "lat pull-down" (alat fitnes berbentuk katrol) Kesalahan: Menariknya di belakang kepala.

    Hanya orang yang memiliki persendian bahu sangat fleksibel saja yang mampu membuat tulang punggung mereka cukup lurus untuk melakukan latihan ini dengan benar. Jika kita salah dan melakukannya berulang kali, maka tubrukan antar-bahu sudah tidak bisa terelakkan lagi. Atau bahkan lebih parah, hal itu bisa menyebabkan robekan rotator cuff (otot dan tendon yang menahan lengan atas di dalam sendi bahu). Ketika pegangan tangan menyentuh tulang leher bagian belakang, kondisi ini bisa menyebabkan cidera pada cervical vertebrae (ruas tulang leher).

    Cara lebih aman: Ketika menggunkan alat pull-down, coba condongkan tubuh kita beberapa derajat ke belakang. Genggam tongkat melebihi lebar bahu kita, lalu bawa tongkat turun di depan tubuh hingga sejajar tulang dada. Turunkan tulang belikat secara bersama-sama. Tahan perut untuk menstabilkan tubuh. Alat lat pull-down berguna untuk melatih otot punggung bagian atas.

    [​IMG]

    2. Ketika melakukan "military press" (latihan angkat beban untuk melatih otot bahu) Kesalahan: Mengangkat di belakang kepala.

    Kebiasaan mengangkat beban atau barbel di belakang kepala kita akan menyebabkan masalah yang sama seperti yang ditimbulkan oleh alat lat pull-down jika dilakukan di belakang kepala kita.

    Cara yang aman: Pada saat melakukan military press, usahakan angkat beban dan barbel di depan kepala kita. Berdiri dengan menumpukan berat tidak lebih rendah dari tulang selangka, dan pastikan tubuh bagian atas kita tetap tegak. Latihan ini juga dapat dilakukan sambil duduk, asalkan kita duduk tegak dan menempelkan punggung pada sandaran kursi. Pertahankan lekuk alami tulang belakang kita, lalu tekan punggung belakang dan otot bokong ke kursi.

    3. Saat angkat beban Kesalahan: Mengangkat beban di bawah dagu.

    Jangan pernah melakukan pengangkatan beban atau barbel di bawah dagu kita. Mengapa? Tindakan ini akan menekan otot-otot yang berada di area bahu.

    Cara yang aman: Dibanding melakukan pengangkatan naik ke arah dagu, lebih baik latih bahu kita dengan mengangkat beban ke arah depan atau ke luar sisi tubuh kita.

    4. Melakukan "lying leg press" Kesalahan: menekuk lutut kita terlalu dalam.

    Ketika melakukan lying leg press, kita akan duduk menyandarkan punggung dan meletakkan kaki pada papan dengan pemberat. Selanjutnya, kita akan menekan papan tersebut untuk naik dan menurunkannya kembali, dengan tujuan melatih otot quadriceps (paha bagian depan), hamstring (paha bagian belakang), dan bokong. Namun, akan menjadi masalah ketika kita menekuk lutut secara berlebih. Kondisi ini akan mencederai punggung dan lutut.

    Cara yang aman: jika kita ingin melakukan latihan ini, maka pertahankan posisi bokong kita agar tidak terangkat dari mesin latihan. Hindari menekuk lutut melebihi sudut 90 derajat.

    5. Penggunaan mesin kardio Kesalahan: mencengkeram terlalu keras dan bersandar pada mesin kardio.

    Membungkuk atau menggengam sandaran tangan terlampau keras hanya akan memengaruhi bentuk tubuh kita dan mengganggu kesejajaran posisi tubuh. Hasilnya, hal itu berpengaruh pada tulang belakang, bahu, dan siku.

    Cara yang aman: Jangan atur pijakan mesin kardio terlampau tinggi karena hal ini akan mengharuskan kita memegang mesin terlalu kencang. Cukup gunakan pengaturan yang normal agar kita bisa berpegangan secara ringan. Untuk mendapatkan latihan yang lebih menantang, kita bisa berpegangan pada satu tangan saja secara ringan. Lalu, ganti ke tangan yang lain secara berkala. Bentuk latihan yang baik mampu melindungi kita dari cidera dan memaksimalkan latihan kita.


    ---------------------------------------------------------------------------------
    -----------------------------------------------------------------------------------
    --------------------------------------------------------------------------------------
    --------------------------------------------------------------------------------------
    -------------------------------------------------------------------------------------
    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. reazon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,563
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,031 / -0
    gw blom pernah k gym soalnya......:madesu:
    lain kali kalo dah k sana d praktekin deh.....:XD:
     
  4. monyuong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +5 / -0
    nice info..baru tau ane..uda lama ga pitnesan lg neh
     
  5. andrey001 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,053 / -0
    azz..
    seep berguna ilmunya..
    kadang ke gym malu make alat2 yg baru takut salah trus jadi pusat pemandangan dah..
    wkekke
     
  6. minhwan4ever Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    wah thx banget nih bro,
    waspada sebelum olahraga,
    :niceinfo:
     
  7. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    :niceinfo: banget nih...
    SEhat itu mahal banget man..!! :ehem:
    patut dapet :thx:
     
  8. fryan69 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wkkwkwk, gw blm pernh ke gym, tapi niat mau ksana, hehe
    thx ya mas
     
  9. PaulinaSihdewi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2009
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +13,530 / -0
    wew,,,waktu di treadmill ane suka pake incline yang tinggi (15) dengan speed biasa (6.5),,,
    soalnya lumayan cepet bakar lemak,,,
    daripada speed kenceng tapi inclinenya 0 (ane gag kuat lari)...

    ternyata tidak disarankan karena mengubah postur :suram:
     
  10. jovianto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 27, 2009
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    nice inpo..
    walaupun blum pernah ke gym..
     
  11. break777 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    1,163
    Trophy Points:
    196
    Ratings:
    +5,141 / -0
    wah g ngrti. . .
    g prnah sm se x k gym
     
  12. metalchar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wow nice gue akan rubah lat pull down gue
    sial nih ngikutin orang2
     
  13. guderian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    wah belum pernah ke gym ne tp :niceinfo: gan
     
  14. bnoox Members

    Offline

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah, terima kasih nih info nya, kebetulan lagi sering ke gym,.. jadi nambah info lagi nih..
    thanks..
     
  15. hermandarren Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    info nya berguna bgt...
    thanx.... nanti coba d praktek kan...hehe...
     
  16. geplaks Members

    Offline

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    sip kk...ane rencana mo k gym, biar ni otot2 agak gedean dikit....hehe
     
  17. After_Dark Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2010
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +38 / -1
    nice info bro.....:D
     
  18. Hiei Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    saya mah udh lentur , ga kena sakit lg soal gituan :hehe:
     
  19. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,249 / -0
    wa belum pernah ke gym jadi wa kagak bisa bayangin tuh posisi ato alatnya kek gimana :keringat:
    ....
    bisa d kasih pic?
     
  20. javi_1502 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +567 / -0
    harusnya dilengkapi gambar :ehem:
     
  21. cap_cupcake M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    wahh penting nih,,kalo ga bisa cedera..secara main asal main aja..
    tapi biasanya cuma main cardio doank yg paling aman n paling membakar kalori
    padahal kalo2 sipikir2 jd rugi ya cuma cardio doank T,T
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.