1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Jangan Anggap Remeh Nyeri Pinggang

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by vincentrevival, Aug 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Banyak yang menganggap nyeri pinggang sepele. Mereka pun menganggap tukang urut sebagai 'dokter' paling ampuh untuk mengobatinya.

    Membiarkan nyeri pinggang berlarut-larut dapat menyebabkan rasa sakit yang amat sangat hingga lumpuh. Bahkan, perlu sebuah operasi tulang belakang untuk menyembuhkannya.

    "Nyeri pinggang diakibatkan oleh terlalu beratnya beban yang diangkat oleh tulang belakang," ujar Dr. Muki Partono, SpOT, dokter spesialis Orthopedi RS Puri Indah, ketika ditemui sejumlah wartawan di Hotel Ritz Carlton, Kamis, 11 Agustus 2011.

    Jika beban terlalu berat, maka bantalan lumbal yang terletak di dalam struktur tulang belakang -terdiri dari 24 tulang kecil (vertebrae)- akan keluar sehingga tidak dapat mengangkat beban yang terlalu berat. Jika dipaksakan, akan muncul rasa sakit bahkan kelumpuhan. Tergantung tingkatan nyeri.

    Banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada pinggang. Perenggangan tulang pinggang akibat osteoporosis, peradangan sendi, bantalan lumbal aus, iritasi syaraf, gangguan ginjal, tumor, kehamilan, masalah dengan organ reproduksi wanita.

    Sedangkan, aktivitas-aktivitas yang berisiko menyebabkan nyeri pada pinggang antara lain duduk terlalu lama, membungkuk, olahraga atau aktivitas mengangkat beban yang berlebihan.

    Dokter Muki menjelaskan, posisi tubuh apapun akan membebani tulang belakang. "Namun, posisi yang paling santai untuk tulang belakang adalah telentang lurus,' lanjutnya.

    Dalam posisi telentang, tulang belakang mengangkat beban tekanan seberat 25 kg. Tulang belakang pada posisi tidur miring membawa 75 kg, berdiri tegak 100 kg, membungkuk 150 kg, dan duduk 150 kg.

    "Jadi salah jika Anda ingin beristirahat dan lebih memilih duduk. Karena sebenarnya duduk membuat tulang membawa beban 50 kg lebih berat dibanding berdiri," ia menambahkan.

    Tak heran, jika orang yang duduk terlalu lama lebih berisiko menderita sakit pinggang. Karena itulah, sangat dianjurkan bagi orang yang bekerja di depan komputer dan selalu dalam keadaan duduk untuk sesekali dalam setiap jam berdiri dan berjalan-jalan untuk merenggangkan otot dan memberi tulang belakang waktu istirahat.

    "Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk lama, selingi dengan berjalan-jalan setiap jam dan lakukan posisi duduk yang benar," ujarnya.

    Posisi duduk yang benar adalah posisi duduk tegak dengan agak sedikit membusungkan perut. Hal ini dilakukan untuk membuat bantalan berada di posisi yang benar. Selain itu, ubah posisi monitor secara berkala untuk menghindari nyeri pada leher. Jika Anda ingin mengubah posisi dari duduk ke berdiri, jangan lupa untuk lakukan stretching menetralkan posisi tulang belakang.

    Tidak hanya itu, posisi tidur pun harus diatur sedemikian rupa agar tulang belakang dapat beristirahat. "Tulang belakang tidak akan pernah berhenti bekerja, tetapi tidur terlentang membantunya beristirahat sejenak dari beban-beban yang biasa didapatkan sehari-hari," ujarnya.

    Posisi tidur yang benar menurt Dr. Muki adalah terlentang dengan menaruh bantal di bagian belakang lutut. Pemilihan kasur pun sangat penting untuk dilakukan. Lebih baik memilih kasur yang agak keras sehingga tulang belakang terbantu mengangkat beban yang ada. Tempat tidur yang empuk mengikuti kontur badan justru membuat tulang belakang mengangkat beban yang lebih berat dari yang seharusnya.
    Ada jenis olahraga yang baik untuk tulang, seperti pilates dan renang. Anda pun dapat melakukan olahraga ringan, seperti berikut.

    1. Standing hamstring stretch
    Angkat satu kaki ke kursi kecil, luruskan. Lalu, raik ujung kaki dengan tangan yang berada pada satu sisi dengan kaki. Lakukan beberapa kali.

    2. Cat and camel
    Lakukan posisi layaknya binatang berkaki empat. Lalu, angkat punggung seperti unta dan tarik ke bawah seperti kucing yang berdiri.

    3. Quadruped arm/leg raise
    Masih dengan posisi yang sama, angkat kaki kanan dan tangan kiri, lakukan seirama. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri dan tangan kanan.

    4. Pelvic tilt
    Pada posisi sit up, busungkan perut lalu tarik ke bawah. Lakukan beberapa kali.

    5. Partial curl
    Masih dengan posisi sit up, angkat kepala dan pundak mendekati paha dengan derajat kemiringan 45 derajat.

    6. Extension exercise
    Pada posisi tengkurap dengan tangan di samping kepala, angkat kepala dan luruskan tangan. rasakan tarikan pada tulang belakang.

    Jika tindakan pencegahan tidak dapat mengatasinya, dan Anda sering merasa terganggu dengan rasa sakit bahkan kesemutan dan lumpuh, ada baiknya segera konsultasikan pada dokter untuk tindakan lanjutan.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Jun 12, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,273 / -0
    Btw beneran ni nyeri punggung jangan diremehin...
    kalo kebanyakan duduk membungkuk, ada yg bisa berkembang jadi hernia nucleus pulposus (HNP) = baca: robekan pada bantalan antarruas tulang belakang
    Atau ada juga yg tulangnya bener2 bergeser, jadi perlu bedah rekonstruksi, kan serem :takut:
     
  4. kasogi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,183 / -0
    waduh beneran ta :bingung: soalnya wa juga merasa ada yang aneh ma punggung ane
    saya lihat di kaca rada miring ke kiri ( < )
     
    • Like Like x 1
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,273 / -0
    Itu jangan2 karena kebiasaan ngegendong tas atau nulis di meja dgn posisi punggung yg salah.
    Nah kalo udah telanjur miring... Dan apabila mengganggu... Coba konsultasikan ke ahli tlg atau dokter ortopedi dulu.

    ==sent from zz11's taplak==
     
  6. Kite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    paling sering kan Low back Pain (LBP)...
     
    • Like Like x 1
  7. danaruto M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 7, 2012
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    klo nyeri pinggang sehabis berhubungan ama istri itu kenapa ya...?

    kakak sepupu ane sering curhat kayak gitu...
     
  8. parstu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Waduh bisa sampe lumpuh juga serem...
    Ini skrg pinggang sering sakit gara2 maen game
     
  9. parstu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Waduh bisa sampe lumpuh juga serem...
    Ini skrg pinggang sering sakit gara2 maen game
     
  10. ajgctkbgt Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 10, 2012
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    bener nih gan om ane jg sering sakit pinggang tapi didiemin ja malah diurut doang, eh sekarang dia jadinya lumpuh dah g bisa ngapa2in
     
  11. Eshtar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    Seluruh tulang belakang itu isinya syaraf semua sih... Serabut-serabutnya keluar dari celah antara dua tulang belakang. Bayangin aja kalo misalnya ada yang miring, kalau miringnya ekstrim, bisa-bisa ngejepit... nah, dari situ sakit, kalau udah parah banget bisa lanjut-lanjut tuh.
    Oh iya, hati-hati juga kalau sakit pinggang bawahnya merembet ke kaki... Kena syaraf beneran tuh. Sakit pinggang juga bisa karena ginjal kita (yang dekat pinggang) sakit. Karena syaraf kita kadang nggak bisa spesifik nentuin rasa sakit asalnya dari mana, sakitnya jadi "regional" sehingga sakit ginjal = sakit pinggang. Jangan lupa pada banyak minum juga ya. :D

    Dalem vertebrae kita ada cairan. Kalo kantongnya "robek" atau keluar jalur, dia bisa neken syaraf yang ada di discus vertebrae tersebut. Itu yang disebut dengan hernia (bagian dalem sesuatu yang masuk ke rongga yang tidak seharusnya)... jadi namanya Hernia Nucleus Pulposus (HNP).

    Ilmu saya cuma segini... kalau ada yang mau betulin, mangga... Maaf juga kalau sok tahu... OAO cuma pengen sharing, kalau ada yang salah monggo dibetulkan
     
  12. xxupilxx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    intinya jangan kelamaan duduk di depan komputer aja gan, nanti sarafnya bisa kejepit ^^
     
  13. sa3yo2000 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -1
    ane didiagnosis dokter kena HNP gan, gara-gara salah posisi waktu standard motor pakai standard tengah,
    punggung tidak sakit, tapi kaki kiri sakit baget, mulai paha bagian belakang, betis, ampe sendi di telapak kaki, jempol kaki juga agak kesemutan,
    dikasih pain killer doang buat 10 hari, sama disuruh renang & tidur di alas keras..
    kira-kira ada senam/terapi yang bisa nyembuhin penyakit ini gak ya ?
    semoga jangan sampai operasi dah..
     
  14. bosfond Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2012
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Untuk latihan HNP ada kok latihannya.
    tergantung Grade juga, dimana ada 4 grade HNP.
    untuk latihannya tergantung keluhan juga. Bisa pake McKenzie Exercise atau William Flexion Exercise.
    untuk terapinya lebih baik konsultasi ke Fisioterapi aja kakak..

    Istilah LBP atau Low Back Pain itu umum gan. LBP atau nyeri punggung dibagi lagi. Ada nyeri punggung karena HNP, Spondylosis, spondylolisthesis, spondylitis, dan masih banyak lagi
     
    Last edited by a moderator: Oct 2, 2012
  15. abadhy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    dan jangan lupa, punggung itu isinya hampir semua cabang saraf n pembuluh darah besar n sumsum, so musti hati2, infeksi parah di daerah itu bisa berakibat fatal
     
  16. panjoelholix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    sebenernya paling enak b uat negakin diagnosis antara lbp,hnp dan iskalgia itu apaan sih??
     
  17. GFA Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,297 / -0
    Tips untuk mencegah sakit pinggang

    Selalu melakukan peregangan sebelum latihan olah raga atau kegiatan fisik lainnya yang berat.

    Jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk. Ketika berdiri, jaga titik berat badan Anda agar seimbang pada kaki Anda. Saat bekerja di rumah atau di kantor, pastikan permukaan pekerjaan Anda berada pada ketinggian yang nyaman untuk Anda. Duduklah di kursi dengan sandaran yang baik dan posisi dan ketinggian yang tepat untuk tugas tersebut.

    Selingi duduk Anda dengan secara berkala berjalan-jalan atau melakukan peregangan otot ringan untuk mengurangi ketegangan. Jika Anda harus duduk untuk jangka waktu yang panjang, istirahatkan kaki Anda di bangku rendah atau tumpukan buku.Kenakan sepatu yang nyaman dan bertumit rendah.

    Tidurlah dengan miring untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda. Selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.Mintalah bantuan orang lain bila Anda mengangkat benda yang berat.
    Jangan mengangkat dengan membungkuk. Angkat objek dengan menekuk lutut Anda dan berjongkok untuk mengambil objek. Jaga punggung lurus dan terus dekatkan objek ke tubuh Anda. Hindari memutar tubuh saat mengangkat. Lebih baik mendorong daripada menarik ketika Anda harus memindahkan benda berat.

    Jaga nutrisi dan diet yang tepat untuk mengurangi dan mencegah berat badan berlebihan, terutama lemak di sekitar pinggang. Diet harian yang cukup kalsium, fosfor, dan vitamin D membantu menjaga pertumbuhan tulang baru.

    Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi. Berolahragalah secara teratur. Gaya hidup aktif berkontribusi dalam mencegah nyeri pinggang.
     
  18. gundul_ijo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +24 / -0
    Hehehee posisinya kali gan, mending ke dokter saraf untuk dilihat, apakah nyeri pinggangnya dari otot, dari tulang, atau ada jepitan saraf, kalo kena jeoitan saraf didiemin aja nanti bisa bisa ndak isa hubungan ma bininhehehe

    Coba agan raba pake kapas, kaki kanan kiri ada beda gak?
     
    Last edited by a moderator: Mar 15, 2013
  19. GongMinji Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2011
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +23 / -1
    Yang dari ane baca dulu kalau memang mau menghindari sakit pinggang sering olahraga YOGA sama pake yang Ballistic pake BOLA itu gan..

    Ane udah lakiun 2-3 tahun badan jadi lebih lentur dan jarang sakit pinggang..
    Padahal ane 5-6 jam seharian di depan komputer ^^
     
  20. adepratiwyy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 8, 2012
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    sama nihh..
    thanks banget nih infonya. penting bgt buat saya.
    udah lama ngerasain adanya keanehan.
     
  21. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,792
    Trophy Points:
    243
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,404 / -0
    iyah... biasanya banyak yg ngremehin malah cuma di urut ama tukang pijet.... kan ada bahaya yg mengancam juga bila cuma dianggap sepele... bisa aja itu kena gejala batu ginjal kan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.