1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Inilah Alasan, Kenapa 4000 Satpol PP Kalah di Koja

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by shinobi32, Apr 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,205 / -10
    Catatan: Kata-kata musuh di sini bukan dipakai untuk arti/konotasi
    jelek tetapi sebagai lawan kata dari subyek yang diterangkan.

    1. Pakaian tempur terlalu berat dan merepotkan

    membuat gerakan serangan atau mundur lambat dan tidak taktis.
    Bandingkan dengan pasukan musuh yang menggunakan pakaian
    seadanya, yang bisa melakukan manuver dengan cepat, berlari
    dari satu titik ke titik lainnya dengan gesit.

    2. Menyerang tanpa strategi yang jelas, pada saat regu
    pemukul yang telah berhasil masuk ke dalam, seharusnya regu
    pendukung membuat barikade di belakang regu pemukul dan
    memberi jalan lolos regu pemukul di antara barikade untuk
    persiapan serangan berikutnya. Kelihatan dalam tayangan di tv,
    pasukan terdepan masuk membabibuta dari satu pintu masuk.
    Tidak diperhitungkan oleh mereka, apakah pintu masuk ini sudah
    dipersiapkan oleh musuh sebagai jebakan, misalnya ternyata di
    dalam telah dipasangi kawat berduri, ranjau dan pasukan dengan
    kekuatan yang besar? Pada saat pasukan terdepan ini dipukul
    mundur, regu dibelakang bertumpuk sehingga semakin sulit regu
    ini menyelamatkan diri. Di sini banyak korban anggota pasukan
    satpol PP kena bacok belakang.

    3. Komando lemah dan tidak jelas, Ciri-cirinya anggota
    pasukan berpencar-pencar tidak berbaris rapi, anggota pasukan
    tidak mengikuti perintah dan di luar kendali komandan. Pada saat
    pasukan menyerang komandan ketinggalan di belakang dan
    posisinya sejajar sehingga tidak mampu memantau perkembangan
    pertempuran di front. Pada tayangan di televisi terlihat juga semua
    orang berteriak-teriak sehingga aba-aba atau instruksi komando
    menjadi tidak terdengar.

    4. Pasukan satpol PP jelas tidak menguasai area/medan
    pertempuran, Pasukan pemukul tidak tahu berapa luas area
    yang harus dikuasai. a. Ternyata tempat itu luasnya 5000 m2,
    instruksinya adalah menguasai tanah dan bangunan seluas 1000m2.
    b. Pasukan satpol PP tidak tahu dibelakang benteng itu ada parit
    1/2 sampai 1 meter dan kebun singkong, pada saat pasukan
    berhasil masuk, pada saat dipukul mundur harus keluar dengan
    susah payah menaiki tembok terjal. c. Pasukan satpol PP tidak
    diberi ilustrasi gambar atau medan area pertempuran, ketika
    berhasil masuk ke dalam dalam waktu kurang dari 15 menit
    langsung dipukul mundur karena posisi di dalam sangat buruk,
    tidak ada tempat perlindungan, musuh ke luar dari semak-semak,
    jalan bertangga-tangga, dan serangan di dalam berganda (secara
    markasnya musuh gitu).

    5. Pasukan satpol PP salah menerima informasi mengenai
    jumlah musuh, informasi pertama yang diterima adalah jumlah
    musuh di dalam ada 100 orang. Ternyata dari taksiran melalui layar
    kamera dan melihat dari derasnya hujan batu, kemungkinan jumlah
    musuh di dalam antara 200 sampai 300 orang.

    6. Persenjataan: Satpol PP, pentungan, pistol gas air mata
    (beberapa orang) dan tameng (ini sebetulnya bukan senjata).
    Persenjataan musuh: Bom Molotov, Samurai, Golok,
    Bambu Runcing, Pedang, Clurit, Lembing.

    7. Motif anggota Satpol PP=Tugas, ga kerja ga bawa uang
    (rendah), Motif Musuh=Jihad, mati masuk surga (tinggi)

    8. Logistik: Pasukan satpol PP telah siap di TKP pada pukul
    06:00, berarti mereka sarapan paling lambat jam 5 pagi.
    Pertempuran meletus pukul 11:00 jelas kondisi sudah lapar dan
    nggak fokus. Supply makan siang disantap pukul 13:00.
    Pertempuran kedua terjadi pukul 16:00. Kalau di militer (TNI),
    dengan kondisi ini pasukan pertama ini sudah pasti ditarik dan
    digantikan pasukan cadangan yang lebih segar.

    9. Bantuan pasukan musuh tiba tepat waktu, gemuruh
    pasukan bantuan musuh yang hanya dibatasi barikade tipis di sisi
    selatan pasukan satpol PP yang sudah letih semakin menciutkan
    moral pasukan satpol PP, dan akhirnya Polisi memindahkan pasukan
    satpol PP dari sektor selatan ke utara pada saat motivasi pasukan
    dalam titik terendah dengan berjalan kaki!!! (kenapa ga dievakuasi
    bertahap pake mobil?) Dari tayangan televisi kelihatan 4000
    anggota satpol PP yang berbaris dihantam dari sisi langsung
    bergelimpangan hanya dengan serangan beberapa puluh orang
    yang mencegat di depan area pertempuran. Ini menunjukkan moral
    pasukan sudah di titik terendah, tidak ada upaya melawan samasekali.
    (gw inget satu adegan di film Last Mohican nih liat tayangan ini!)

    10. Polisi dan militer (TNI) dalam masalah ini sangat kelihatan
    bertindak hati-hati dan tidak mau terjerumus dalam masalah ini
    ,
    jadi ketika satpol PP meminta back up polisi dalam upaya mendukung
    penyerangan atau melindungi ketika posisinya kalah tidak sertamerta
    Polisi/TNI membantu, kecuali pada saat akhirnya mereka dievakuasi
    (TNI AL turun tangan juga).
    11. Yang lainnya yang menonjol adalah: Stamina jelek, perut
    buncit2, banyak yang sudah tua (50 tahun) dan modal keberanian
    kolektif bukan kepercayaan diri.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. summonedskull M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,981
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,796 / -0
    saya percaya ama yang no 11 :top:

    saya amat sangat yakin ama yang no 7 :top::top:

    motif yang kuat bisa melipatgandakan tenaga manusia :punk:
     
    • Like Like x 1
  4. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,205 / -10
    lah emang pol pp gak dilatih buat perang.
    makanya kalah.
     
  5. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    satpol PP kalah brutal sama warga koja
    nyali warga kian tinggi mengingat makam tersebut adalah salah satu objek historis dan asal muasal nama Tanjung Priok
    suatu area yang mesti dipertahankan

    karena penggusuran ini akibat kebodohan PEMKOT
     
    • Like Like x 1
  6. angelusdomini Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Hmm.. Ane mank dr dulu ga gitu suka sm Satpol PP.
    Brutal kerjanya.. (walo ga smua ky gtu)
    Mgkn perlu diperbaiki lagi sistem kerjanya :rokok:
    Btw, analisi yg bagus :top:
     
  7. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,663 / -3
    Yang jelas kenpa pihak Satpol PP & Kepolisian hanya menggunakan senata seperti tongkat, Gas air mata, Shield, & Water Cannon...

    kenapa mereka tidak menggunakan senjata Api utk melawan massa yg begitu banyak...
    seharusnya jika mereka merasa terdesak langsung saja pake senjata peluru tajam..
    gk usah ragu2 lagi utk membunuh para warga yg sudah bertindak anarkis...
     
  8. toim_ M V U

    Offline

    x x x

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    4,193
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +67,776 / -0
    Yang pasti warga emang dah niat membantai soale dari awal sebelum satpol pp datang mereka kan dah siap dengan senjata tajam :swt:

    Stop Kekerasan please .....
     
  9. tolongsaya1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    728
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,075 / -0
    tepat nya gubernur :ngacir:
     
  10. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,663 / -3
    Loch knapa harus menyalahkan Gubernur kka...

    Gubernur sndr saja tidak tahu menahu soal kejadian tsb.
    karena tepat pd hari yg sama Ayahanda dr Bapak Fauzi Bowo meninggal Dunia...

    jd kita tidak bisa menyalahkan Gubernur sepenuhnya....
     
    • Like Like x 1
  11. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,719 / -0
    yah mereka memang biasanya berhadap2an ama warga yang jarang bersenjata, mungkin karena itu jadi kurang pengalaman ngadapin yang di Koja .
    jadi kurang latihan & menganggap enteng dengan jumlah 4k mereka, mungkin dikira sebanyak itu nggak akan dapat perlawanan hebat.
    ditambah lagi jumlah warga yang di koja itu banyak dibantu/disusupin ormas2 yang biasanya identik ama kekerasan.
     
    • Like Like x 6
  12. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,663 / -3
    saya guw keselin itu kenapa sii slalu aja ada Ormas2 yg tidak jelas membantu para warga...
    emg nya itu urusan mereka...
    urus saja urusan mereka sndr.. tidak usah mencampuri urusan org lain...
     
  13. ald2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    rasanya sih mang trlalu berat di fisik..pol pp sdm'y memble..brani klo ad 1 yg ud ga bisa nglawan di keroyok..
    kamprett dah..mending warga sklian bawa yg bginian gan..
    :gun_bandana:
    biar imbang gt....salut bwt warga koja dah :top:
    hehehe...piss :hehe:
     
  14. vulcan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    setujua ama alasan yang terakhir... :hahai:
     
  15. toim_ M V U

    Offline

    x x x

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    4,193
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +67,776 / -0
    kapan kelar nya om klo model situ yang disana :swt: kekerasan kok dilawan pake kekerasan :awas:

    ada yang mati kok malah salut .... parah :swt: :swt: :swt:
     
  16. white4line M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    535
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,372 / -0
    Jangan tanyakan siapa yang salah, tapi apa yg salah.

    Memang sepertinya kita harus mulai menata semua aspek kehidupan di Indonesia nih. Mulai dari diri sendiri, lalu bergerak ke pemerintahan.
    Mulai ada tenggang rasa, dan utamakan musyawarah.

    Males banget liat sesama orang Indonesia bantai bantaian :kecewa:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Apr 16, 2010
  17. ald2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    wooopss..
    sorry boz..bukan salut sama korban dr kedua belah pihak..:onion-07:
    cuma salut sama spirit warga koja yang masih mau mempertahanin salah satu situs di ibu kota..

    klo masalah pke kekerasan ntu ini sudut pandang ane boz..ane liat videonya ngeri boz..pol PP & aparat lumayan tu artilerinya..meski ga ad perintah fire at will..tp bner" ga imbang boz..:sebel:

    meski dari pol PP sendiri juga korban jatuh ga bisa disepelein..:matabelo::matabelo::matabelo:
     
  18. bibiw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    713
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +436 / -0
    Ini merupakan kesalahan dari ego masing2 pihak, coba dare awal udah di omongin baek2, anak SD aja klo berantem bisa baekan.... ckckckkckckck

    Klo di liat dari TV gw liat warga nya itu rada provoke, mereka yg nimpuk2 dulu, eh si satpol PP nya kepancing :nohope:

    ABis itu makin runyam ada nya ormas2 ga jelas....... ngaku2 ormas beragama, tapi penampilannya ga mencerminkan(no offence).

    Ini merupakan cacad dari pemerintah an kita, moga2 ga terjadi lagi.
     
  19. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,784 / -0
    jagoan rakyat jelata daripada satuan polisinya..:swt:
     
  20. rotkrotk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +452 / -0
    apalagi tu surat perintah nya dari wagub ga berstempel....
    surat perintah masi ga jelas gitu menelan banyak korban :swt:
    wagub berkilah "itu perintah dari pengadilan" :swt:

    dari warga orang yang meninggal masi anak2..

    dan dari satpol pp yang meninggal sebelom bertugas kirim sms ke temen2 nya minta maaf
    sebenernya dia gak ikhlaas dapet tugas kaya gitu, tapi gimana lagi, tuntutan kerja...
    http://www.melonproperty.com/blog/in/satpol-pp/?x=9&sp=1&id=&


    jadi satpol pp juga ga bisa disalahin, mereka cuma alat.....
     
  21. VinBaik M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +261 / -0
    Hehe keren analisisnya...
    sering baca War Manual-nya Sun Tzu yah


    Yup, aku jg sebenernya heran,
    aparat (satpol pp & polisi) sedemikian banyak dan dengan persenjataan lebih lengkap
    kok bisa dibuat kocar-kacir sama warga yang seharusnya tidak terkoordinir/komando rapi
    Pasti ada yang gak beres nih
    :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.