1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Ini Lho, Orang Indonesia di Balik Penemuan Planet Baru

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 5, 2019.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,282
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +99 / -0
    Sejak kecil, Johny memang sudah tertarik dengan dunia astronomi karena melihat film Star Trek. Hal itu diperkuat dengan minat bacanya terhadap buku Alam Semesta dan Cuaca. Mulai saat itu, Johny terus menggali dan mengembangkan ilmunya tentang astronomi dan kealaman. Saat jenjang sekolah, ia menghabiskannya di Matraman, Jakarta Timur.


    [​IMG]
    (Daskalo.com)

    Kemudian, ia melanjutkan pendidikan S-1 nya di Jerman, tepatnya di Albert-Ludwigs-Universitat, kota Freiburg. Johny yang menjadi lulusan termuda kala itu melanjutkan pendidikannya hingga S-3. Saat ini Johny dinobatkan menjadi Ilmuwan Postdoctoral di Departement Planet dan Formasi Bintang Max Planck Institute for Astronomy atau disingkat MPIA.

    Meski sudah di Jerman selama 17 tahun, ia mengaku tidak lupa dengan bahasa Indonesia, bahkan sekarang Johny fasih menggunakan 4 bahasa. Tak hanya itu, Johny acap kali diundang dalam acara astronomi atau pertemuan dengan ilmuwan lain. Ia tetap tampil sederhana dengan celana pendek dan sandal jepitnya.


    [​IMG]
    Johny Setiawan. (Goethe-Institute)

    Pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini berhasil menemukan planet baru, yakni HD 11977 B. Planet yang berjarak 200 tahun cahaya dari bumi tersebut sudah diamati Johny sejak tahun 1999.

    Planet baru ini berukuran 6,5 kali planet Jupiter yang mengelilingi bintang raksasa benama HD 11977A. Tak hanya itu, Johny sebelumnya juga pernah menemukan dua bintang raksasa baru yang bernama HD 122430B dan HD 47536B pada tahun 2003 lalu.

    Johny kala itu dipercaya menjadi orang non-Jerman pertama yang menjadi pemimpin proyek dalam sebuah observatorium di selatan Eropa, La Silla Observatory di Chile 2010 lalu.

    Proyek tersebut berbuah hasil yang membanggakan. Dalam situs Science Online ia mengatakan ia baru saja menemukan planet baru lagi bernama HIP 13044 yanng berukuran 25 persen lebih besar dari planet Jupiter dan berjarak 2.000 tahun cahaya dari Bumi.


    [​IMG]
    Planet HD 11977 B yang ditemukan Johny (GoodNews From Indonesia)

    Penemuan yang dilakukan Johny membuat para astronom memikirkan ide-ide tentang formasi planet dan bagaimana kelangsungan hidup ke depannya. Johny memperkirakan nantinya Matahari akan memasuki fase penuaan yang akan berubah menjadi raksasa merah, dan bumi tidak akan selamat.

    Uniknya, tak hanya menjadi ilmuwan, Johny juga terlihat gemar melakoni fitness, melukis, hingga memasak, lho. Kemampuan memasaknya ini didapatkan saat ia bekerja sambilan sebagai koki di Warsteiner Keller saat awal-awal ia studi di Jerman.
    Dari nasi tumpeng hinga nasi kotak, Johny mampu melakoninya dan menerima pesanan maupun memasakkan untuk acara kantor.

    Keren bukan? Orang Indonesia juga punya prestasi mendunia!



    Sumber: Portal IDWS via GoodNews From Indonesia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jumantera Members

    Offline

    Joined:
    Apr 12, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Bangga banget ada orang indonesia yang mbois kayak Johny

    :omgatot:
     
  4. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,002
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,077 / -0
    Saya jadi bangga

    Karena ada orang indonesia seperti dia

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     
  5. SpidyZero M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 5, 2018
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,058 / -0
    wih ternyata ada orang Indonesia dibalik penemuan planet baru, mantap.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.