1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Makan-makan Ini 5 Makanan yang Jadi Bagian Diplomasi Indonesia ke Internasional

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by janartocahya, Jul 15, 2021.

  1. janartocahya Members

    Offline

    Joined:
    Sep 9, 2020
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Gastrodiplomasi saat ini tengah marak di seluruh dunia. Berbagai negara berlomba-lomba memperkenalkan kuliner khasnya secara global sebagai bagian dari sebuah diplomasi, tak terkecuali Indonesia.

    Tentu saja, Indonesia punya sederet hidangan khas yang bukan main-main rasa sedapnya. Namun, tak semua hidangan dijadikan bagian dari diplomasi, hanya beberapa saja yang diyakini benar-benar ampuh, terutama untuk menggugah selera para tamu kenegaraan.

    Berikut, lima dari sederet kuliner Indonesia yang kini menjadi bagian diplomasi Tanah Air ke kancah internasional.

    1. Soto

    [​IMG]

    Nyaris setiap daerah punya jenis sotonya masing-masing. Sebut saja yang terkenal seperti Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Padang, hingga Coto Makassar. Hidangan berkuah ini kerap menjadi jamuan diplomasi untuk tamu-tamu kenegaraan yang datang ke Indonesia.

    2. Tempe

    [​IMG]

    Makanan yang berbahan dasar kedelai ini baka mendunia dan menjadi bagian dari diplomasi Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang bahkan berniat menjadikan tempe sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO.

    3. Gado-gado
    [​IMG]

    Dunia mengenalnya dengan nama khas, yakni Salad Indonesia. Paduan bumbu kacang, sayuran, dan kerupuk renyah ini selalu bisa menarik perhatian para tamu negara yang datang ke Tanah Air.

    4. Nasi Goreng

    [​IMG]

    Ini bukan hanya makanan sejuta umat di Indonesia, namun juga bagian dari diplomasi kenegaraan. Nasi goreng Indonesia diakui telah menyeret banyak wisatawan yang penasaran ingin mencicipinya.

    5. Rendang

    [​IMG]

    Siapa tak kenal kuliner nomor satu di dunia, versi CNN, yang satu ini. Berasal dari budaya Minangkabau, rendang tak hanya disajikan, namun pemerintah juga berhasil mengkampanyekan filosofi dan tradisi pembuatannya ke kancah internasional.




    Sumber
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.