1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Physics and Chemistry [INFO] Uranium

Discussion in 'Science and Technology' started by Artanis, Aug 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    Klo :repost: di close ajja Om..
    Langsung ajja pembahasannya..


    Uranium

    Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Ia merupakan logam putih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida tabel periodik. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, dan berelektron valensi 6. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron, sehingganya terdapat 6 isotop uranium. Isotop yang paling umum adalah uranium-238 (146 neutron ) dan uranium-235 (143 neutron). Semua isotop uranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. Uranium memiliki bobot atom terberat kedua di antara semua unsur-unsur kimia yang dapat ditemukan secara alami. Massa jenis uranium kira-kira 70% lebih besar daripada timbal, namun tidaklah sepadat emas ataupun tungsten. Uranium dapat ditemukan secara alami dalam konsentrasi rendah (beberapa bagian per juta (ppm) dalam tanah, bebatuan, dan air.

    Uranium yang dapat dijumpai secara alami adalah uranium-238 (99,2742%), uranium-235 (0,7204%), dan sekelumit uranium-234 (0,0054%). Uranium meluruh secara lambat dengan memancarkan partikel alfa. Umur paruh uranium-238 adalah sekitar 4,47 milyar tahun, sedangkan untuk uranium-235 adalah 704 juta tahun. Oleh sebab itu, uranium dapat digunakan untuk penanggalan umur Bumi.

    Uranium-235 merupakan satu-satunya isotop unsur kimia alami yang bersifat fisil (yakni dapat mempertahankan reaksi berantai pada fusi nuklir), sedangkan uranium-238 dapat dijadikan fisil menggunakan neutron cepat. Selain itu, uranium-238 juga dapat ditransmutasikan menjadi plutonium-239 yang bersifat fisil dalam reaktor nuklir. Isotop uranium lainnya yang juga bersifat fisil adalah uranium-233, yang dapat dihasilkan dari torium.

    [​IMG] [​IMG]

     
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited by a moderator: Mar 2, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ichinarayan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +223 / -0
    uranium ma plutonium itu beda ya? kalo uranium udah pasti atom, kalo plutonium itu senyawa tau atom?
     
  4. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    Perbedaan Uranium dengan Plutonium..

    Uranium : merupakan logam putih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida tabel periodik, Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, dan berelektron valensi 6. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron, sehingganya terdapat 6 isotop uranium..

    Plutonium : merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan...

    beda lagi dengan Atom gan.. :fufufu:

    Atom : suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya...

    :hero: :elegan:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,108
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,285 / -0
    kalau untuk bahan baku nuklir itu, uranium atau plutonium? atau bisa 2-2 nya?
     
  6. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    bahan baku atau bahan utama pembuatan nuklir itu Uranium..

    sedangkan Plutonium itu hasil Transmutasi dari Uranium..

    lebih jelasnya mengenai Plutonium.. Check It
     
  7. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    uranium klo ngalami reaksi berantai kayak bom nuklir.ngelepasin 2 element utama.plutonium dan netron.netron hit plutonium.dihasilkan hasil yg sama.trus ampe bahannya habis.reaksinya cepat dan berbahaya.bisa dikontrol pake carbon rod.biasanya di PLTN ada.uranium untuk aplikasi militer berupa..uranium shell depleted ammo chase.ato pelor gampangnya.ato bahan metal alloy berupa uranium reinforced plated.lebih kuat dan tahan lama.dari web militer.banyak yg ngupas itu.
     
  8. jenglotbae M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 25, 2012
    Messages:
    7,523
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,367 / -0
    bahasanya belom bisa di cerna otak ane gan :sorry:, tp ane berharap Indonesia punya reaktor nuklir kan sayang hasil uranium kita kalo ga' dimanfaatkan :top:
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    reaksi berantai ini di namakan reaksi fisi Nuklir..
    setahu ane untuk reaktor nuklir (PLTN) menggunakan Cadmium..

    uranium shell memang bisa di gunakan senjata militer..
    tapi itu klo gak salah di larang PBB seperti halnya bom fosfor putih..
    klo untuk bahan metal alloy itu gak masalah..
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    indo juga punya tambang uranium.tapi gak seberapa gede.blon ada penambangan secara massal ato kayak gitu.tapi bisa kok.asal brani aja.kayak Iran.klo aja indonesia punya keberanian kayak Iran.klo aku jadi presidennya..aku bikin persenjataan indo mendekati RA Yuri.dijamin malingsia pipis !!!! sambil kabur.di game RA Yuri.dia gak hanya pake nuke aja.tapi nyolong n upgrade punya musuh.
     
  11. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    ^

    iya, baru2 ini di temukan tambang uranium..
    blom secra massal karena barang tamabng ini tergolong baru di indonesia..
    waduh jadi mengarah ke perang nih indo dengan malingshit.. :lol:

    cuma yang pasti uranium bisa di gunakan untuk keperluan lain selain militer.. :hmm:
    Uranium bisa di jadikan bahan baku PLTN, dan itu sebenernya indo lebih prefer di banding jadi senjata..
    karena indonesia lagi krisis energi listrik..

    :hero:
     
  12. SUKAKU256 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bener banget tuh gan... masa kita punya mentahnya... g bisa ngolahnya, teknologi sekarang sudah maju...
    saatnya Indonesia bangkit.
     
  13. jenglotbae M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 25, 2012
    Messages:
    7,523
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,367 / -0
    iya tapi sayangnya sebagian besar masyarakat menolak untuk pembangunan PLTN, kalo buat keperluan militer keknya ga' dulu regional Asia Tenggara masih tergolong regional aman, di banding regional Asia Timur, Asia Selatan dan timur tengah, jadi senjata2 pemusnah masal gitu belum saatnya berkembang di kawasan Asia Tenggara.

    lagi pula jika kita memperhitungkan untung dan ruginya bangun PLTN jauh lebbih besar menguntungkan ketimbang saat ini menggunakan batubara, namanya bahan tambang mineral bukan sumberdaya yg bisa di perbaharui, cepat atau lambat akan habis, :blink:
     
  14. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    ya semoga ajja tambang uranium ini di gunakan sebagaimana mestinya..
    karena uranium bahan baku PLTN maka akan berguna untuk memasok energi listrik..

    penolakan pembangunan PLTN oleh masyarakat memang masuk akal..
    karena dampaknya akan mengerikan jika terjadi kebocoran seperti kejadian chernobyl..
    tapi manfaatnya pun sebenernya sangat besar..
     
    • Thanks Thanks x 1
  15. jenglotbae M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 25, 2012
    Messages:
    7,523
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,367 / -0
    kalo semua orang berfikir seperti itu dijamin ga' akan maju2 negara ini :lol:
    kalo prinsip saya sih segala sesuatu pasti ada efek sampingnya, yg penting kita berani ambil resiko untuk itu :elegan:

    contoh kasus : orang takut naek pesawat takut jatoh, naek bus takut tabrakan, naek kereta takut anjlok, trus pilihannya apa? diem dirumah? ternyata tetap ada resiko ntah kebakaran entah kena gempa :hahai:, yah intinya siap dengan sekala konsekuensinya. :blink:

    kalo kebocoran chernobyl yah memang :takut: tapi saya percaya orang2 yg ada bukan orang2 sembarangan yg pasti orang2 yg kompeten dibidangnya :top:
     
  16. chens Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    130
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    untuk di indo kayanya saat sekarang jangan dulu d, orang kompeten tapi perusahaannya money oriented percuma.. kasian rakyat kecil yang tidak mampu...
     
  17. aribudi19 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    1,181
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +3,159 / -0
    :takut: ini kimia, mata kuliah yang paling ane bingung :hot:
    tapi kalo yang dibahas begini2 sih oke2 saja..
    uranium pada proses nuklir hebat itu pembelahan intinya :top:
     
  18. ilmyaku Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    8,042
    Trophy Points:
    277
    Ratings:
    +113,009 / -2
    keseringan main game Red Alert ya gan... sampai hapal strateginya :hihi:
    ------------
    klo ga salah tambang uranium di indonesia itu ada di kalimantan sama papua ya.cmiiw. :puyeng:
    klo negara pengekspor uranium terbesar di dunia sih australia:ngacir:

    aku sih sangat setuju untuk pemanfaatan uranium sbg bahan bakar PLTN daripada digunakan untuk senjata nuklir :iii:
     
  19. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    ^
    betul, ane juga setuju klo Uranium di gunakan untuk Bahan baku PLTN..
    lebih bermanfaat di banding di jadikan di senjata..
    terlalu mengerikan dampaknya.. :takut:

    Indonesia memiliki dua lokasi eksplorasi uranium..
    pertama di tambang Remaja-Hitam dan kedua di tambang Rirang-Tanah Merah..
    keduanya ada di Kalimantan.. :ogtop:

    dan yang terbaru di temukan di Irian Jaya (ane lebih seneng gini nyebutnya).. :hero:
     
  20. ilmyaku Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    8,042
    Trophy Points:
    277
    Ratings:
    +113,009 / -2
    ^ :maaf: OOT dikit, tertarik dg ini
    kenapa emangnya gan, nama Irian Jaya terasa lebih Indonesia dari pada nama Papua yach :malu

    semoga Indonesia segera mampu membangun PLTN, agar defisit listrik khususnya di luar jawa teratasi :doa:
     
    Last edited: Mar 7, 2012
  21. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    ^
    ^
    klo agak OOT di tag spoiler ajja brader.. :hihi:

    soalnya nama Papua itu hasil peninggalan Belanda..
    dan ada tercium untuk jadi cikal bakal perpecahan.. IMO.

    Soekarno memberi nama dengan Irian Barat..
    terus kemudian berubah jadi Irian Jaya..
    itu karena nama Irian Jaya di pakai setelah Indonesia berhasil merebut Irian Barat dari Belanda..

    :hero:

    Uranium memiliki bobot atom terberat kedua di antara semua unsur-unsur kimia yang dapat ditemukan secara alami..
    Massa jenis uranium kira-kira 70% lebih besar daripada timbal, namun tidaklah sepadat emas ataupun tungsten...

    :elegan:
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.