1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 3

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Apr 12, 2013.

?

Hal Apa Yg Paling Membuat Kamu Kesal Saat Sedang Berkendara Sepeda Motor? :obbingung:

  1. sesama sepeda motor menyalip dengan cara membahayakan kita :obrokok:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. mobil yang berjalan pada tengah 2 lajur sehingga menghalangi jalur motor :obcerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. pengendara lain (motor/mobil) bermain hp/ mendengar musik di kendarannya :oblisten:

    100.0%
  4. aksesoris pada kendaraan lain yg membahayakan orang lain (lampu hid silau, knalpot racing berisik, d

    0 vote(s)
    0.0%
  5. jalan raya yang rusak (berlubang, tidak rata) & rambu lalu lintas yg rusak :obnono:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. angkot (kendaraan umum) yang berhenti mendadak tanpa lampu sein :obiii:

    0 vote(s)
    0.0%
  7. kemacetan dan banjir yang bikin stress :obpusing:

    0 vote(s)
    0.0%
  8. pak polisi yang kadang ngumpet untuk ngejebak nilang (cari2 kesalahan untuk berdamai) :obgenit:

    0 vote(s)
    0.0%
  9. pengendara motor lain yang berteduh saat hujan namun membuat kemacetan karena memakan bahu jalan :ob

    0 vote(s)
    0.0%
  10. pasangan alay yang naik motor pelan2 di tengah malam, trus tangan cewe nya ber-gerilya ke "anu" cowo

    0 vote(s)
    0.0%
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Pasang Piggyback API Tech di Honda BeAT FI, Bensin Makin Deras!

    [​IMG]

    Jakarta - Populasi Honda BeAT FI dan Scoopy FI makin banyak. Kebutuhan racing part-nya pun makin tinggi karena makin banyak pula yang ingin meningkatkan performa matik andalan PT Astra Honda Motor (AHM) ini.

    Masalahnya, pada motor injeksi tidak bisa dengan mudah menambah pasokan bahan bakar, padahal ini adalah salah satu hal mendasar yang harus dipenuhi kalau mau motor tambah ngacir. Ganti knalpot, pasti butuh tambahan bahan bakar. Apalagi yang sudah bore up, ruang bakar makin besar, bensin harus ditambah dong!

    Di era karburator bisa dilakukan dengan cara mengganti spuyer, tapi kini semuanya sudah serba elektronik. "Tenang sudah ada piggyback bro. Ini keluaran API Tech dari Thailand," buka Ergus Oei dari R59 Racing di Jl Dewi Sartika No 32, Ciputat, Tangerang.

    "Cara pasangnya mudah, enggak perlu potong kabel atau suntik kabel. Semuanya dengan soket jadi tidak merusak apapun," yakin pria ramah ini sembari mempraktekan memasang pada Honda BeAT FI standar keluaran 2013.

    Pada paket ini, yang bisa diatur adalah suplai bahan bakar juga memaju mundurkan pengapian. Selain itu, untuk final seting juga bisa diatur pakai tiga tombol disebelahnya. "Fungsinya untuk mengatur suplai bahan bakar pada bukaan throttle 5-30 persen, 30-70 persen dan 70-100 persen," rincinya. Yuk ikuti prosesnya!

    1. Pertama lepas dulu jok dan bagasi Honda BeAT FI. Lalu temukan CDI di balik bodi sebelah kiri. Lepaskan CDI dari soket kabel bodi. Lalu, pasang modul dari API Tech yang berwarna orange ke kabel bodi.

    2. Selanjutnya pasang CDI ke modul orange tadi, pilih soket yang kecil. Modul orange ini terlihat ribet dengan banyak kabel, tapi sebenarnya berkat komponen inilah kita tidak perlu potong kabel atau merusak kabel bodi sama sekali.

    3. Terakhir tinggal lakukan seting, putar saja dua tombol paling kiri. Tombol A untuk mengatur pengapian, bisa maksimal dimajukan atau dimundurkan 8 derajat. Sedang tombol B untuk jumlah semprotan bahan bakar. C, D dan E untuk menyempurnakan setingan akhir.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/16/344110/235/27/Pasang-Piggyback-API-Tech-di-Honda-BeAT-FI-Bensin-Makin-Deras]Source[/URL]
    =========================================
    set dah, undah di bikin irit malah mau di bikin boros :swt:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Pasang Master Rem Aftermarket Universal, Handel Lebih Empuk!

    [​IMG]

    Sistem pengereman sepeda motor terdiri dari banyak item yang saling berhubungan. Mereka bekerja sama untuk mengurangi laju sepeda motor dengan memperlambat putaran roda.

    Tapi kalo mesin sudah di-upgrade tentu butuh pengereman lebih mumpuni. Pastinya biar motor gak bablas karena kemampuan rem gak ikut ditingkatkan.

    Salah satu part dari sistem pengereman yang sering diganti adalah master rem. “Kemampuan mendorong minyak rem lebih kuat, makanya rem jadi lebih pakem,” analisa Andi Hafiz, yang sudah pasang master rem aftermarket (MRA) di motornya. “Selain itu, handel juga bisa disetel jauh-dekatnya, handel juga lebih empuk dan nyaman ditariknya,” tambahnya.

    Salah satu merek yang paling banyak dipakai adalah KTC. “Harganya Rp 500 ribuan buat model biasa, kalo yang radial bisa Rp 800 ribuan di toko-toko aksesori,” sambung pemuda yang pakai MRA labelan KTC. MRA ini sifatnya universal, jadi bisa dipasang di berbagai jenis motor, skutik, bebek dan sport. Yuk pasang!



    1. Lepas selang rem yang nempel di master rem bawaan motor pakai kunci ring 12. Lanjut lepas pegangan master rem pakai kunci T-8. Minyak rem gak akan tumpah selama tutup master rem gak dilepas bro. Terus pasang pegangan MRA pakai kuncik L-4.

    2. Pasang selang karet di master rem dan tabung minyak rem. Jangan lupa posisikan klip di sambungan master rem dan tabung minyak rem pakai tang.

    3. Lanjut pasang braket alumunium ke tabung minyak rem pakai kunci L-4 dan kunci ring 10. Lalu lepas spion dan jepit pegangan tabung pakai mur pengencang spion seperti ini biar tabung minyak rem gak goyang-goyang.

    4. Sambungkan slang rem ke MRA dan isi tabung dengan minyak rem. Tekan-tekan handle sampai tidak ada buih yang terlihat, gunakan juga baut pembuangan angin yang ada di MRA pakai kunci ring 8. Beres, dijamin lebih pakem.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/16/343985/226/27/Pasang-Master-Rem-Aftermarket-Universal-Handel-Lebih-Empuk]Source[/URL]
    =========================================
    awas ngesot :hihi:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Nih Cara Atasi Lampu Netral Yamaha New V-Ixion Lightning Mati

    [​IMG]

    Jakarta - Keluhan dari beberapa konsumen Yamaha New V-Ixion Lightning (NVL) nih.. Salah satunya lampu netral enggak menyala kendati posisi gigi netral. Efeknya saat menyalakan mesin harus tarik kopling. Sederhana sih, tapi bikin kesel.

    “Kirain ada yang rusak, mendadak lampu netral enggak nyala,” ujar Nirwan Juanda, penunggang NVL berkelir MotoGP yang mengalami saat odometer baru 500 km. Takut ada kerusakan, dibawalah NVL ini ke bengkel Afandi Motor Sport (Afmos). Kok enggak ke bengkel resmi?

    “Sudah ganti klakson, jadi enggak bisa klaim,” pasrah anggota Yamaha V-Ixion Club Indonesia chapter Tangerang ini.

    Saat dikonfirmasi ke Yamaha, problem ini memang banyak yang mengalami. Sarannya dibawa ke bengkel resmi untuk dibersihkan sensor netralnya. Ternyata masalah di penonjok sensor yang nyangkut, sehingga kendati transmisi di posisi netral, penonjok enggak menempel ke sensor, makanya lampu enggak menyala.

    “Kalau saya enggak cukup dibersihin, karena suatu saat pasti kambuh lagi, sekalian sedikit digerinda agar lancar,” terang Afandi, bos Afmos yang beralamat di Jl. Ciledug Raya No. 58B, Petukangan Utara, Jaksel.

    Bagaimana penangannya? Cekidot bro!

    1. Pertama buka cover gir depan pakai kunci T-8. Lanjut ambil obeng plus besar untuk membuka sensor netral, “Posisikan motor agak miring, agar oli enggak tumpah,” wanti Afandi

    2. Cabut deh sensor netralnya, nah biar menyala tonjokan harusnya menempel ke titik kecil dari tembaga itu

    3. Nah itu dia penonjoknya, aslinya berbentuk seperti jamur. “Kepala jamurnya terlalu besar, jadi gerakan enggak lancar,” lanjutnya

    4. Biar lancar, kepala jamurnya mesti sedikit dikurangi. “Digerinda saja sedikit,” terang pebengkel yang punya jam kerja siang sampai tengah malam ini

    5. Begini nih jadinya, bentuk sedikit lebih lonjong. Pasang lagi deh jika sudah dicuci, dijamin enggak ngadat lagi.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/17/343983/208/27/Nih-Cara-Atasi-Lampu-Netral-Yamaha-New-V-Ixion-Lightning-Mati]Source[/URL]
    =========================================
    yamaha bikin motor kok gak presisi :wuek:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Diskon Boks Givi di Motoritz Surabaya

    [​IMG]

    Surabaya - Saat ini, bikers Surabaya tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau keluar negeri untuk mendapatkan apparel yang berkualitas dari merek ternama. Sejak awal Juli kemarin, Motoritz Indonesia resmi membuka satu cabangnya di kota Pahlawan. Gerai yang berlokasi di Gubeng ini merupakan gerai kedua setelah Jakarta.

    Berbagai macam apparel dan perlengkapan berkendara dari merek Dainesse, Nolan, Shoei, RS Taichi hingga Givi tersedia. Ragam perlengkapan berkendara dan ikon gaya hidup seperti t-shirt, sarung tangan, body protector, boks bagasi motor, helm, jaket hingga baju balap. Sedangkan harga yang dibanderol, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

    “Pangsa pasar kami memang untuk biker kelas menengah ke atas,” jelas Armantha Susanto, Store Manager Motoritz Surabaya. Untuk kualitas barang tak perlu di ragukan lagi, karena selama ini Motoritz sudah dipercaya sebagai authorized dealer dari produk-produk Dainese di Indonesia. Alhasil, untuk produk Dainese sendiri, Motoritz berani memberikan garansi selama 5 tahun untuk item tertentu.

    Khusus di bulan September ini, ada promo diskon item tertentu untuk boks bagasi motor merek Givi sebesar 25%. Ingin tahu lebih jelas mengenai produk yang di jual dan harganya, jangan ragu meluncur ke Jl. Raya Gubeng 33, Surabaya atau telepon ke (031) 505 3303. Menariknya, toko buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/22/344220/30/9/Diskon-Boks-Givi-di-Motoritz-Surabaya]Source[/URL]
    =========================================
    diskon :blink:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Tengok Daftar Harga Ducati Indonesia, Mulai Rp 252 Juta

    [​IMG]

    Jakarta – Untuk memuaskan pecintanya di Tanah Air, Ducati Indonesia memboyong varian lengkap dari berbagai model. Tak tanggung, ada 19 varian dari enam model Ducati hadir di Indonesia.

    Sebut saja naked bike sekelas Monster dan Streetfighter. Lalu kelas superbike yang diisi tipe 1199 Panigale. Keluarga sport touring Diavel. Hingga motor penjelajah Hypermotard dan Multistrada.

    “Sedangkan varian baru Hyperstrada masih merupakan saudara dari tipe Hypermotard,” papar Agustus Sani Nugroho, Presiden Direktur Ducati Indonesia.

    Dan berikut ini merupakan daftar harga Ducati di Indonesia dengan status on the road Jakarta yang didapat pada September 2013. Tentunya harga bisa sewaktu-waktu berubah mengingat fluktuasi nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar masih kurang baik.

    Multistrada
    MTS 1200 S Touring: Rp 475 Juta
    MTS 1200 Pikes Peak: Rp 560 Juta
    MTS 1200 Grand Tourismo: Rp 545 Juta

    Hypermotard
    Hypermotard 1100 Evo: Rp 350 Juta
    All New Hypermotard 821: Rp 330 Juta
    All New Hypermotard SP: Rp 375 Juta
    Hyperstrada: Rp 350 Juta

    Monster
    Monster 795: Rp 252 Juta
    Monster 795 ABS: Rp 270 Juta
    Monster 1100 Evo ABS: Rp 340 Juta
    Monster 1100 SP Evo Diesel: Rp 375 Juta

    Streetfighter
    Streetfighter 848: Rp 325 Juta

    Superbike
    848 Evo: Rp 335 Juta
    Panigale 1199 ABS: Rp 440 Juta
    Panigale 1199 S ABS: Rp 495 Juta
    Panigale 1199 Tricolore: Rp 600 Juta

    Diavel
    Diavel Base: Rp 440 Juta
    Diavel Chrome: Rp 455 Juta
    Diavel Carbon: Rp 470 Juta








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/21/344194/194/8/Tengok-Daftar-Harga-Ducati-Indonesia-Mulai-Rp-252-Juta]Source[/URL]
    =========================================
    gak usah di tengok juga udah tahu mahal :hmm:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Pasang Sendiri Motorcycle USB Charger di Honda Vario 125

    [​IMG]

    Jakarta - Sekarang ini penggunaan gadget sudah bukan hal biasa, bahkan ada satu orang yang bawa dua sampai tiga gadget sekaligus. Kebutuhan komunikasi dan berinteraksi melalui jejaring sosial jadi salah satu sebab seseorang membawa gadget cukup banyak ini.

    Gak enaknya kalau gadget-gadget kesayangan tadi tiba-tiba lowbat, sementara kita akan melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Wah bisa galau nih kalau sudah sampai tempat tujuan, gak bisa berinteraksi pakai gadget.

    Daripada pusing cari colokan, lebih baik pasang Motorcycle USB Charger di motor bro, sekarang sudah banyak yang jual kok. Salah satunya merek Izy Light ini, harga jualnya Rp 50 ribu. "Ini produk lokal, buatan kami sendiri," papar Theo Harli, owner Izy Light.

    Cara pasangnya bisa dikoneksikan langsung dengan aki motor atau disambung ke positif kontak. "Kalo langsung aki pasang charger di dalam bagasi. Kalau di luar seperti dek depan bisa ke acc kontak, begitu kontak ON, charger bisa dipakai. Biar gak dijaili orang juga," terang Theo.

    Biar jelas, dipraktikkan ke Honda Vario 125 ya, yuk lihat.

    2. Sambung kabel merah ke acc kontak, tapi karena kabel kontak susah dijangkau, bisa juga sambungkan ke kabel lampu senja yang berwarna putih. Lampu senja langsung hidup begitu kontak di posisi ON, jadi sama saja dengan acc kontak

    3. Untuk antisipasi korsleting,disarankan menambah sekring dengan mem-bypass kabel merah charger sebelum dikoneksikan ke lampu senja. Tinggal atur deh posisi charger mau di mana,usahakan cari bidang yang rata supaya bisa merekat sempurna

    4. Posisi aki motor ada di depan, jadi harus lepas bodi depan pakai obeng plus. Bautnya lumayan banyak loh. Kalo sudah tinggal sambungkan kabel hitam charger ke negatif aki

    5. Rumah charger sudah terpasang,sekarang buka tutupnya dan masukkan colokan charger dan dipasangi kabel USB.Lalu puter kontak ke ON, gadget langsung teraliri listrik tuh.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/23/344227/208/27/Pasang-Sendiri-Motorcycle-USB-Charger-di-Honda-Vario-125]Source[/URL]
    =========================================
    serba nge cas, sekalian aja gadget nya pake aki motor :haha:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Kuras Radiator Honda Vario 125, Sebelum 24 Ribu Lebih Baik

    [​IMG]

    Jakarta - Sistem pendinginan skutik terus berkembang, kalo dulu hanya memanfaatkan udara yang dialirkan menggunakan kipas mesin, maka sekarang ini sudah banyak yang aplikasi pendingin cairan untuk skutik. Salah satunya skutik Honda Vario 125 yang sudah dibekali pendingin cairan. Tentu suhu mesin bisa lebih terjaga meski terjebak macet dengan cuaca yang panas sekali pun.

    Tapi walau lampu indikator mesin overheat gak menyala, bukan berarti radiator gak perlu dirawat. Yang harus perhatikan utamanya cairan pendingin alias coolant. Coolant inilah yang menghantarkan suhu panas dari mesin melewati kisi-kisi radiator yang terkena udara segar.

    “Karena suhu yang tinggi, coolant juga bisa menguap, makanya coolant di tabung penyimpanan harus diperhatikan ketinggiannya, jangan sampai kering,” terang Nurdin, Service Advisor Honda Marga Utama, Depok.

    Selain itu kuras radiator bila perlu, disarankan kuras radiator setiap 24 ribu km. “Bisa lebih cepat tergantung pemakaian kendaraan dan kondisi coolant itu sendiri apa pernah dicampur air dan sebagainya. Kuras sebelum 24 ribu km justru lebih bagus,” sambung pria berbadan irit ini.

    Nah untuk menguras air radiator Anda harus siapkan dulu 2 botol coolant 500 ml. Harga per botol Rp 20 ribu di bengkel resmi. Coolant ini sudah dilengkapi anti karat juga. Cara mengurasnya, lihat foto-foto deh.


    1. Pakai coolant genuine Honda yang sudah ada anti karatnya. Harganya juga terjangkau kok

    2. Buka cover radiator pakai kunci T-8 dan lepaskan baut lubang pembuangan pakai kunci bintang 5. Baru deh buka tutup radiator supaya coolant lancar mengalir. Eh tapi jangan lupa siapkan bak penampungan untuk coolant bekas

    3. Pasang baut lubang pembuangan dan isi radiator dengan coolant baru sampai penuh dan tutup kembali radiator

    4. Isi tabung coolant cadangan supaya radiator gak kering yang berujung overheat alias mesin kepanasan

    5. Perhatikan ketinggian coolant di tabung penyimpanan, lebih baik di atas batas upper. Nah sisa coolant bisa untuk cadangan deh.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/24/344301/207/27/Kuras-Radiator-Honda-Vario-125-Sebelum-24-Ribu-Lebih-Baik]Source[/URL]
    =========================================
    rutin di cek :lalala:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Cara Pilih Power Mode dan KTRC Kawasaki Ninja ZX-14R

    [​IMG]

    Jakarta - Kawasaki Ninja ZX-14R punya tenaga lebih dari 180 dk! Wooow.. 6 kali lebih besar dari tenaga Ninja 250R. Tenaga yang sangat besar ini tentunya jadi bahaya di tangan rider yang belum berpengalaman atau saat melintasi jalanan basah dan licin. Solusinya, Kawasaki melengkapi motor ini dengan dua fitur safety. Yaitu power mode dan Kawasaki Traction Control (KTRC).

    Power mode pada motor ini ada dua, yaitu Full dan Low. Saat pilih full semua tenaga disalurkan ke roda belakang, sedang low untuk yang menginginkan efek tenaga lebih halus. Cocok banget nih saat hujan.

    Ketika di tes menggunakan dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport, dalam kondisi low powernya cuma 142,85 dk/10.500 rpm, sedang full 180,3 dk/10.600 rpm.

    Sedang KTRC mengatur agar roda belakang tidak spin. Yang ini untuk mengamankan pengendara dari kondisi yang tidak diinginkan ketika tiba-tiba roda belakang slip. Ada tiga level dari off, 1, 2 dan 3. Angka 3 artinya KTRC menjaga roda belakang agar makin minim sliding.

    Untuk mengatur dua fitur safety ini tinggal pencet tombol di panel setang sebelah kiri. Tekan tombol "sel" di tengah lalu arahkan naik dan turun untuk memilih mode berkendara ful atau low dan level KTRC, mau off, 1,2 atau 3.

    Buat pemula, kombinasi tenaga low dan KTRC di level 3 cukup untuk jalanan di Jakarta yang kondisi aspalnya kurang bagus atau saat hujan. Sedang power mode full memang cocok untuk yang doyan jambakan mesin 4 silinder 1.441 cc khas Kawasaki ini.

    Kalau yang mau merasakan sensasi wheelie sambil roda belakang spin, boleh coba kombinasi full power dan KTRC 1. Dijamin jantung sering berdebar saat roda belakang menjadi liar. Oiya, pada pilihan full power, tidak bisa berkendara dalam kondisi KTRC off. ECU langsung memerintahkan KTRC di posisi minimal 1.

    Oiya, hasil tes lengkap test ride-nya klik di sini ya..!!!








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/25/344343/38/13/Cara-Pilih-Power-Mode-dan-KTRC-Kawasaki-Ninja-ZX-14R]Source[/URL]
    =========================================
    awas salah pencet :hehe:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] 10 Fakta Performa Kawasaki Ninja ZX-14R ABS, Berani Coba?

    [​IMG]

    Jakarta - Kawasaki Ninja ZX-14R ABS memang buas, tenaganya mencapai 180 dk, sangat besar untuk ukuran motor jalanan. Kami pun sangat menikmati sensasi berkendara selama beberapa hari melakukan test ride, khususnya saat jalanan lengang. Ketika ketemu macet, lumayan rempong hehee... Maklum dimensinya besar dan enggak bisa lincah.

    Selama perjalanan melakukan test ride kali ini, ada 10 poin seputar performa yang menjadi catatan motor seharga Rp 300 juta OTR Jakarta ini. Yuk disimak!


    1. Jantung salah satu motor produksi massal terkencang di dunia ini mengadopsi mesin 4 silinder 1.441 cc, bore x stroke-nya; 84 x 65 mm.

    2. Powernya, ketika diukur on wheel pakai dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport mencapai 180,3 dk pada 10.600 rpm, dan torsinya tembus 143,55 Nm pada 7.800 rpm. Wooow..!

    3. Power 180,3 dk yang dimiliki Ninja ZX-14R ini setara dengan 6,6 kali tenaga Ninja 250R!

    4. Motor ini dibekali dua pilihan Power Mode, full dan low. Saat diseting full powernya 180,3 dk dan saat pilih low, tenaganya cuma 80 persen saja atau sekitar 142,85 dk di 10.500 rpm.

    5. Ketika diukur on wheel pakai dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport, torsi motor kebanggaan Kawasaki ini mencapai 143,55 Nm di 7.800 rpm.

    6. Tenaga dan torsi super berimplikasi pada akselerasi yang super cepat. Salah pelintir gas, roda jalan di tempat, yap spin! Kalau enggak, ya roda depan terbang alias wheelie tanpa izin!

    7. Iseng mengajak ZX-14R wheelie, eh.. disaat yang bersamaan, roda belakang masih bisa spin! Syaratnya, coba pilih power mode full dan Kawasaki Traction Control (KTRC) di level 1. Sensasinya asik banget!


    8. Akselerasinya luar biasa. Diukur dengan Racelogic Performance Box, dari kondisi diam sampai 100 km/jam cuma 3 detik! Jarak 201 meter ditempuh hanya 7 detik! Wuuusss…

    9. Kawasaki mengklaim top speed motor ini lebih dari 300 km/jam! Yang jelas saat mencoba ngebut di lintasan berjarak 500 meter, speedometer sudah menunjukan angka hampir 240 km/jam!

    10. Dengan spesifikasi tester 173 cm 65 kg, konsumsi bahan bakar ZX-14R rata-rata cuma 10,3 km/liter! Data ini diperoleh pakai bahan bakar oktan 95.

    Berani coba?

    Ulasan lengkap test ride klik di sini ya..!!!







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/25/344344/38/13/10-Fakta-Performa-Kawasaki-Ninja-ZX-14R-ABS-Berani-Coba]Source[/URL]
    =========================================
    1400cc mubazir banget buat di jakarta :hihi:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Cari Penyebab Ban Belakang Skutik Mengunci, Periksa CVT..!!!

    [​IMG]

    Jakarta - Saat piston macet, serta-merta ban belakang mengunci. Itu bila tunggangan Anda bertransmisi manual, seperti pada motor bebek ataupun tipe sport.

    Bagaimana dengan skutik? Ketika piston macet, ban belakang skutik akan tetap berputar. Hanya saja, saat mesin dinyalakan dengan kick starter akan terasa berat.

    Tapi soal ban belakang mengunci saat dipakai berkendara, juga bisa terjadi pada skutik. Hanya saja penyebabnya lebih banyak berkutat di daerah continously variable transmission atau yang lebih terkenal bila disingkat CVT.

    Di kalangan mekanik sendiri, CVT itu terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama bisa mereka sebut CVT bagian depan dan berikutnya bagian belakang.

    Untuk kasus ban belakang skutik mengunci, lebih banyak urusannya pada CVT bagian belakang. “Namun enggak semua part dibagian tersebut yang membuat ban belakang mengunci,” kata Joko Sutopo, mekanik Padepokan Motor, Depok.

    Ada 3 part utama yang jadi tersangka utama, bila secara tiba-tiba ban mengunci saat skutik dipakai berkendara. Pertama adalah pada bagian mangkok kopling.

    “Bentuk fisik yang berubah alias sudah peyang, akan membuat masalah pada roda belakang. Dengan rumah kopling yang peyang, membuat kinerja kopling enggak normal dan akhirnya malah bikin ban belakang macet,” papar Joko.

    Rumah kopling peyang, biasanya akibat pemilik motor suka memelintir grip gas secara tiba-tiba dan terus menerus, saat kondisi mesin menyala tapi belum panas.

    Enggak jauh dengan rumah kopling, ada baut pengunci kampas kopling yang juga bisa dijadikan tertuduh bila ban belakang ogah gerak. “Kendor yang menjadikan kenapa baut pengunci kopling perlu diperiksa ulang dalam kondisi tersebut,” jelas Bashio, mekanik Matic Shop di Ciledug.

    Masih enggak jauh-jauh dengan kampas kopling, kali ini bagian per kampas kopling yang jumlahnya ada 3 biji yang jadi terdakwanya. Performanya yang sudah menurun akibat termakan usia, membuat per enggak bekerja dengan normal.

    Akibat performa per kopling yang menurun, membuat kampas kopling enggak bisa berfungsi dengan benar. Ending-nya kampas kopling nyangkut pada dinding rumah kopling...ciiiit, ngunci deh ban belakang.

    Belt putus lalu tergulung di CVT bagian belakang, juga bisa membuat ban belakang mengunci. “Ada juga kasus belt putus dan kondisi fisiknya hancur berantakan, membuat ban belakang terkunci. Tapi untuk belt putus, enggak semuanya bisa memicu hal tersebut,” terang Bashio.

    Andaikan kasus seperti ini terjadi malam hari, bikin masalah buat si pemilik skutik. Untuk menghindarkan ban tiba-tiba mengunci, ada baiknya lakukan perawatan rutin pada bagian CVT.

    Jangan satu bagian saja yang kerap dapat perawatan rutin gara-gara sering gonta-ganti bobot roller. Sembari bongkar CVT bagian depan, juga cek dan ricek bagian belakang. Jangan sampai...ciiiiit dan ban belakang mengunci.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/25/344340/207/27/Cari-Penyebab-Ban-Belakang-Skutik-Mengunci-Periksa-CVT..]Source[/URL]
    =========================================
    banyak suspect nya :rokok:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Tak Adakan Penjualan, NGK Edukasi Soal Busi di IIMS 2013

    [​IMG]

    Jakarta – Ada yang menarik di booth NGK di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Pasalnya, bukan mengejar jumlah penjualan, namun kali ini produsen busi tersebut justru memberi edukasi seputar busi pada pengunjung.

    “Di IIMS kali ini NGK memang tidak mengadakan penjualan. Tapi kami hanya membangun brand image serta memberi edukasi mengenai busi kepada pengunjung,” buka Asep Dodi, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

    Beberapa hal yang coba diedukasi pada pengunjung diantaranya cara membedakan busi NGK asli dan palsu. “Serta memberitahukan mengenai dampak penggunaan busi palsu bagi konsumen,” ujarnya.

    Selain itu, pengunjung di booth NGK juga bisa mengetahui mengenai perbedaan dan keunggulan jenis-jenis busi untuk penggunaan sehari-hari.

    “Saat ini NGK menawarkan tiga tipe busi harian, yakni standar, G-Power (platinum) dan Iridium. Masih banyak konsumen yang awam soal kelebihan busi G-Power dan Iridium. Kebanyakan tahunya harga Iridium atau G-Power lebih mahal dari standar dan hanya dipakai buat balap. Nah, di sini kami coba menginformasikan mengenai manfaat dan meluruskan persepsi perbedaan busi Iridium dan busi balap,” pungkas Asep.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/26/344317/51/12/Tak-Adakan-Penjualan-NGK-Edukasi-Soal-Busi-di-IIMS-2013]Source[/URL]
    =========================================
    kalo harganya 10-20x lipat dari yg standar, orang juga males beli nya :haha:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] KTM 1190 Adventure 2014 Hadir Dengan Stability Control Baru

    [​IMG]

    Jerman - KTM mengumumkan penggunaan rider assist system terbaru yang diberi nama Motorcycle Stability Control (MSC). Piranti ini akan digunakan pertama kali pada 1190 Adventure dan 1190 Adventure R keluaran 2014 mendatang.

    MSC dikembangkan oleh KTM bersama Bosch yang mengkombinasikan beberapa fitur safety menjadi satu. Diantaranya combined anti-lock brakes system (C ABS) dan traction control. Perangkat ini membaca data dari kecepatan roda, kemiringan motor, akselerasi dan tekanan saat pengereman.

    Menurut KTM, perangkat ini dapat mengurangi gejala slip roda belakang saat pengereman sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan. MSC juga dapat meminimalisir gejala motor melaju ke arah sebelah kanan saat pengereman.

    Dapat juga mencegah motor terguling saat pengereman mendadak. Distribusi rem depan dan belakang juga dapat diatur, bahkan dalam kondisi tertentu MSC bisa saja hanya mengaktifkan salah satu rem demi keamanan. Spin saat akselerasi juga dapat dikurangi dengan perangkat canggih ini.

    "Hampir satu dari dua kecelakaan terjadi di tikungan. Bosch MSC ini dapat membantu mengurangi jumlah kecelakaan," ungkap Gerhard Steiger, president of the Bosch Chassis Systems Control.

    Di Jerman, KTM 1190 Adventure versi 2014 dengan MSC dijual mulai 13.995 Euro atau sekitar Rp 213 jutaan. Sedang perangkat MSC-nya saja, harganya diperkirakan sekitar 399 Euro atau Rp 6 jutaan.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/26/344359/194/8/KTM-1190-Adventure-2014-Hadir-Dengan-Stability-Control-Baru]Source[/URL]
    =========================================
    makin safety :top:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Tahun 2015 Pirelli Akan Produksi Ban Motor di Indonesia

    [​IMG]


    Jakarta – Siapa yang menyangka, ban asal Italia, Pirelli berniat untuk memproduksi produknya di Indonesia. Rencananya, Pirelli akan memulai produksi di Indonesia pada tahun 2015 mendatang.

    “Rencananya tahun 2015 Pirelli akan berproduksi di sini. Namun tak sendirian, melainkan join pabrik bersama Astra Otoparts, yang dikenal sebagai produsen komponen merek Aspira,” buka Nugroho Tjandrakusuma, Direktur Sun Motor distributor Pirelli di Indonesia.

    Lebih lanjut, dirinya menjelaskan jika produksi ban Pirelli di Indonesia justru bukan untuk kebutuhan pasar lokal.

    “Produksi ini justru buat suplai ke Eropa. Karena di pabrik Pirelli di Jerman mulai difokuskan ke produksi ban high performance. Selain itu, pabrik Pirelli lain di Cina saat ini sudah over, sehingga Pirelli menunjuk Indonesia untuk tempat produksi,” jelasnya.

    Menanggapi pengembangan untuk ban di segmen bebek dan matik, Nugroho menyatakan jika Pirelli masih enggan dan tidak mau bersaing dengan produk lokal Indonesia.

    “Belum ke arah produksi untuk market gemuk. Karena berbeda dengan merek lain, Pirelli lebih konsentrasi untuk mengembangkan ban yang nyaman dipakai di trek dan harian sehingga harganya lebih tinggi. Kalaupun bikin, mungkin nggak pakai merek Pirelli,” tutup pria ramah ini.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/29/344410/30/9/Tahun-2015-Pirelli-Akan-Produksi-Ban-Motor-di-Indonesia]Source[/URL]
    =========================================
    ban mahal, sekali bocor lebar, nangis kalo baru di pake belum lebih dari sebulan :iii:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Tips Rawat Krom, Hujan Jadi Musuh Utama

    [​IMG]


    Bekasi - Lapisan krom pada sepeda motor masih diminati oleh para bikers yang ingin tunggangannya terlihat lebih kinclong dan terkesan eksklusif. Pelek, knalpot, blok mesin dan bagian motor lainnya biasa menjadi objek untuk dilapisi krom. Tapi susah ga sih merawat krom biar selalu terlihat kinclong?

    “Melapisi sepeda motor dengan krom pastinya membuat motor terlihat lebih keren, tapi tentu ada konsekuensinya, perawatan harus lebih intens agar kromnya awet dan tahan lama,” kata Gepeng, dari Garage of Chrome, yang berlokasi di Jln Nusa Indah Raya no 210 B, Pekayon Jakasetia, Bekasi Selatan.

    Gepeng bilang, musuh utama krom adalah air hujan. “Iya, air hujan mengandung air asam dengan kadar yang tinggi. Nah kalau krom kelamaan kena air hujan dan tidak segera dibersihkan, air hujan bisa mengendap yang akan menimbulkan karat. Sebagus apapun kualitas kromnya, kalau keseringan kena air hujan juga akan bikin karat dan menguning,” jelas Gepeng.

    Untuk membilasnya, Gepeng menyarankan agar bagian yang terkena air hujan dibilas dengan air bersih dan dilap menggunakan kain yang bertekstur halus.

    Gepeng juga mewanti-wanti, agar saat membersihkan krom tidak menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia. “Cairan berbahan kimia mudah mengikis lapisan krom, efek yang ditimbulkan pada krom biasanya akan jadi menguning,” ujar Gepeng.

    Terus, bersihinnya pakai apa dong? “Gunakan saja bedak. Olesi bedak di bagian yang akan dibersihkan, lalu dilap dengan kain halus tadi,” kata Gepeng. Kalau sudah dirawat secara baik, Gepeng menjamin krom yang melapisi bagian motor bisa awet hingga 3-5 tahun.

    Sip deh!!!







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/26/344369/213/27/Tips-Rawat-Krom-Hujan-Jadi-Musuh-Utama]Source[/URL]
    =========================================
    bikin ribet aje, mang di kira jalanan gak becek apa... nanti jadi motor kucing, motor takut air :lol:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Nih Cara Indentifikasi Busi Palsu Ala NGK

    [​IMG]


    Jakarta - Konsumen motor kerap kali dirugikan dengan maraknya penjualan busi palsu. Hal tersebut tak hanya mempengaruhi performa mesin, kerusakan komponen juga bisa menjadi dampak lebih jauh dari penggunaan busi abal-abal.

    Nah, edukasi mengenai bahaya dan cara mengidentifikasi busi palsu coba dilakukan produsen busi NGK di ajang IIMS 2013.

    "Buat merek NGK, yang paling kentara adalah penggunaan tutup plastik di bagian ulir busi. Itu jelas produk palsu. Sebab semua busi yang kami produksi tak ada yang menggunakan tutup plastik pada ulirnya. Kalaupun ada bahannya kertas itupun buat tipe Iridium, bukan standar," buka Asep Dodi, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

    Selain itu, ciri lain yang dapat dibedakan adalah sisi kehalusan bentuknya. Diantaranya:

    1. Pada terminal nut, ulir pada busi asli lebih halus dan rapi ketimbang yang palsu.

    2. Penulisan part number pada busi asli rapi teratur. Sedangkan yang palsu tulisan bisa lebih tebal, atau tipis dan posisi tidak rapi.

    3. Busi NGK asli selalu memiliki nomor lot produksi di bagian hexagonal yang tak ditemui di busi palsu.

    4. Metal Shell busi asli terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan tahan panas. Dengan proses pengerjaan plating Cr3, busi asli tahan akan korosi dan warna tidak pudar meski disimpan lama.

    5. Karena desainnya asal, gasket/ring busi palsu mudah terlepas. Sementara posisi ring di busi asli dirancang agar lebih susah terlepas. Kalau terlepas, pihak NGK mengklaim jika ring tersebut tak akan bisa dipasang kembali pada busi.

    6. Konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli sangat rapi. Sehingga kemungkinan untuk patah dan merusak mesin tak akan ada.

    Lebih lanjut, pria ramah ini juga menjelaskan secara singkat mengenai bahaya aplikasi busi palsu. "Penggunaan busi palsu sangat merugikan, bahkan bisa merusak mesin. Sebagai contoh, bahan logam pada ujung elektroda busi palsu gampang patah. Patahan tersebut dapat masuk ke ruang bakar dan ikut terhantam piston. Hasilnya, piston bisa rusak, bahkan merembet ke komponen lain seperti klep dan lainnya," pungkas Asep.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/27/344385/207/27/Nih-Cara-Indentifikasi-Busi-Palsu-Ala-NGK]Source[/URL]
    =========================================
    aspal banyak rugi nya :hmm:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Sport Fairing Tiga Silinder Yamaha Seperti Ini?

    [​IMG]


    Italia - Mesin 3 silinder Yamaha yang sempat dipamerkan di Intermot Cologne, Jerman sudah jadi motor. Namanya MT-09 yang berkapasitas mesin 850 cc. Tidak berhenti sampai disitu, Yamaha juga punya niatan untuk membuat varian lain salah satunya sport fairing dengan basis mesin yang sama.

    Meski Yamaha belum merilis motor barunya tersebut dalam waktu dekat, tapi kerinduan fans Yamaha akan motor sport baru bermesin tanggung 800 cc cukup besar. Efeknya, desain rekaannya mulai muncul. Salah satunya yang ada pada gambar ini.

    Oberdan Bezzi desainer asal Italia coba membuat desainnya. Mesin, rangka dan kaki-kaki masih menggunakan perangkat yang sama dari MT-09. Tapi bentuk bodinya didesain ulang. Buntut dan tangkinya memang mirip YZF-R1 tapi fairingnya kok jadi kaya BMW ya hehee.. Tapi yang jelas desain ini cukup menarik juga!

    Terlebih, mesin yang digunakan pada MT-09 cukup sadis. Mengusung mesin tiga silinder yang didalamnya tertanam teknologi dari Yamaha R1 “crossplane crankshaft". Dengan kombinasi gerakan piston ala Yamaha R1 Superbike, akselerasi mesin dari putaran mesin bawah hingga tengah semakin ganas. Mesin ini juga sudah menganut sistem injeksi ditunjang juga dengan transmisi 6 percepatan.

    Yamaha mengklaim MT 09 mampu menghasilkan tenaga 113,4 hp pada 10.000 rpm dengan torsi maksimum 87,4 Nm pada 8.500 rpm. Bandingkan dengan Yamaha FZ8 bermesin 779cc empat silinder segaris (kapasitas hampir sama), yang hanya mampu menyemburkan tenaga 104,7 hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 82 Nm pada 8000 rpm. Wow!







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/29/344436/28/8/Sport-Fairing-Tiga-Silinder-Yamaha-Seperti-Ini]Source[/URL]
    =========================================
    3 silinder :keringat:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Suzuki Siap Segarkan SV650S, Bakal Lebih Bertenaga!

    [​IMG]


    Tokyo - Suzuki menyadari jika tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merevisi varian half fairing populer mereka, SV650S. Dan rencananya, tak hanya mengganti tampang, pada edisi 2014 tersebut, Suzuki juga siap meningkatkan tenaga motor tersebut.

    Yup, kabarnya Suzuki siap meningkatkan tenaga SV650S dari 47 dk menjadi 71 dk sebagai standarnya. Uniknya di pasar Inggris, SV650S juga disediakan dengan pilihan tenaga 33 dk untuk memenuhi pasar pemula di sana yang memiliki SIM A2.

    Asiknya, buat pengguna yang sudah lulus SIM pemula pihak Suzuki juga menyediakan restrictor kit yang bakal mengembalikan tenaga 'asli' SV650S.

    Di pasar Inggris, motor ini dilepas seharga 4.975 Poundsterling atau sekitar Rp 92 juta dan bersaing dengan Honda CBR500R yang dilepas 5.095 Poundsterling atau Rp 94 jutaan.

    Model anyar tersebut kemungkinan akan diperkenalkan di pameran sepeda motor Milan pada bulan November mendatang.






    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/09/29/344430/26/8/Suzuki-Siap-Segarkan-SV650S-Bakal-Lebih-Bertenaga]Source[/URL]
    =========================================
    face lift :nongol:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Ragam Pernik Upgrade Tampilan Piaggio LX 150, Plug n Play Aja!

    [​IMG]

    Jakarta - Skutik keluaran dari Italia selalu menampilkan gaya klasik alias jadul. Belum lagi style atau pakaian para pemilik Piaggio juga berpakaian ala tempo dulu. Sehingga banyak pengguna yang meng-upgrade tampang besutan kesayangannya dengan menyesuaikan skutik mereka.

    Salah satunya, seperti tunggangan Piaggio LX 150 milik Roery. “Tampilan LX sudah keren, tapi masih terlalu polos kalo standar. Makanya, biar makin klasik modern nan minimalis dikasih penunjang tampilan,” paparnya.

    Untuk peranti yang bisa diaplikasikan sangat beragam. Antara lain, handgrip, windshield, spion, front rack, back rack, front bumper protection, rear side protection, kepet sepatbor belakang dan masih banyak lagi. Buat contoh tampang yang minimalis bisa melihat skutik kelahiran 2006 ini, bray! Nih, part-nya!


    1. Windshield, selain menambah kesan klasik juga bikin badan aman dari terpaan angin
    2. Skutik kesayangan gak mau lecet, pasangkan rear side protection di sisi kiri dan kanan bodi besutan
    3. Biar gak repot bawa barang, taruh aja di center boks. Aman dan keren, kan!
    4. Lalu-lintas di jalanan macet dan kerap rem mendadak kendaraan di depan kita. Aplikasi front bumper protection, dong!
    5. Kesan jadul makin kental dengan penambahan aksesori di depan atau belakang skutik Italia tersebut. Yaitu, front and rear rack.

    Maxia Scooter: 021-7659167







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/01/344493/210/27/Ragam-Pernik-Upgrade-Tampilan-Piaggio-LX-150-Plug-n-Play-Aja]Source[/URL]
    =========================================
    makin keren :top:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Waspada Ban Dalam Palsu Banyak Beredar!

    [​IMG]

    Jakarta - Mayoritas sepeda motor di Indonesia keluar pabrik masih dengan ban tipe tube atau masih pakai ban dalam. Wajar bila permintaan ban dalam masih tinggi, efeknya buruknya hal ini ditangkap sebagai peluang mengeruk keuntungan oleh para pemalsu.

    Yup, ban dalam palsu banyak beredar! Seperti diberitakan Tabloid OTOMOTIF edisi 23-XXIII yang terbit 3-9 Oktober 2013, puluhan ribu ban dalam palsu diamankan pihak Kepolisian. Hal ini diamini produsen ban dalam negeri, PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC dan Zeneos.

    Arijanto Notorahardjo, General Manager PT Gajah Tunggal Tbk memberikan tanggapannya. “Yang jadi concern kami adalah safety dari ban dalam itu sendiri, karena secara kualitas berbeda dari yang asli,” bilang pria berkacamata minus itu.

    Perbedaan itu bisa menjurus pada berkurangnya keamanan saat dipakai. "Ban dalam palsu kurang kuat pada bagian sambungan sehingga rentan terjadi kebocoran saat dipakai, meski tidak terkena benda tajam," ungkap Ari, sapaan karibnya.

    "Cepat ketahuan peredaran ban dalam palsu karena orang dealer dan sales kita sering keliling ke toko-toko. Umumnya setelah diedukasi, toko atau retailer sudah bisa membedakan dan tidak mau lagi menjual ban dalam palsu karena sangat beresiko," sambung Dodiyanto, Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

    "Biasanya modus penjualannya langsung ke toko-toko pinggir jalan. Harga di tingkat end user dibikin sama biar konsumen enggak ragu. Tapi sudah banyak juga pemalsu yang ditangkap Polisi dan harus menjalani proses hukum," sambung pria ramah ini.

    Yang penting bisa membedakan mana yang asli dan palsu. "Paling mudah pastikan baunya. Yang asli, begitu dikeluarkan dari bungkusnya pastikan tidak tercium bau kimia yang menyengat," wanti Dodi yang aktif bersosial media ini.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/01/344501/30/9/Waspada-Ban-Dalam-Palsu-Banyak-Beredar]Source[/URL]
    =========================================
    beli yg ori :unyil:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,613 / -0
    [Info & Tips] Gas Spontan Active Type-3, Klop di Kawasaki Ninja 250 FI

    [​IMG]

    Jakarta – Pegal karena melintir tuas gas Kawasaki Ninja 250 Fi terlalu dalam saat berkendara? Nah, aksesoris gas spontan merek Active Type-3 dari Jepang ini bisa jadi solusinya.

    “Gas spontan ini cocok dipakai pada Ninja 250 sampai ZX-10R karena selongsongnya persis. Selain itu, tentu fungsinya untuk meringankan putaran selongsong gas, sehingga tak membuat pegal,” papar Michael dari Layz Motor di Jalan Arteri Kelapa Dua no 90 E, Jakarta Barat.

    Dalam paket penjualannya, terdapat selongsong gas lengkap dengan kabel. Gas spontan Active ini bersistem plug and play, yang tak perlu mengubah apapun. “Untuk harganya kami lepas Rp 3 juta,” pungkas pria ramah ini.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/02/344499/51/12/Gas-Spontan-Active-Type-3-Klop-di-Kawasaki-Ninja-250-FI]Source[/URL]
    =========================================
    awas gak terkendali motor nya :iii:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.