1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 3

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Apr 12, 2013.

?

Hal Apa Yg Paling Membuat Kamu Kesal Saat Sedang Berkendara Sepeda Motor? :obbingung:

  1. sesama sepeda motor menyalip dengan cara membahayakan kita :obrokok:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. mobil yang berjalan pada tengah 2 lajur sehingga menghalangi jalur motor :obcerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. pengendara lain (motor/mobil) bermain hp/ mendengar musik di kendarannya :oblisten:

    100.0%
  4. aksesoris pada kendaraan lain yg membahayakan orang lain (lampu hid silau, knalpot racing berisik, d

    0 vote(s)
    0.0%
  5. jalan raya yang rusak (berlubang, tidak rata) & rambu lalu lintas yg rusak :obnono:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. angkot (kendaraan umum) yang berhenti mendadak tanpa lampu sein :obiii:

    0 vote(s)
    0.0%
  7. kemacetan dan banjir yang bikin stress :obpusing:

    0 vote(s)
    0.0%
  8. pak polisi yang kadang ngumpet untuk ngejebak nilang (cari2 kesalahan untuk berdamai) :obgenit:

    0 vote(s)
    0.0%
  9. pengendara motor lain yang berteduh saat hujan namun membuat kemacetan karena memakan bahu jalan :ob

    0 vote(s)
    0.0%
  10. pasangan alay yang naik motor pelan2 di tengah malam, trus tangan cewe nya ber-gerilya ke "anu" cowo

    0 vote(s)
    0.0%
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Binter Merzy Dua Silinder Tipuan

    [​IMG]

    Jakarta, KompasOtomotif – Kesan pertama sangat penting. Moto ini sukses disajikan kolaborasi dua bengkel modifikasi, Puspa Kediri Custom (PKC) dari Pondok Gede, Jakarta Timur dan Baru Motor Sport (BMS) dari Palmerah Barat, Jakarta Selatan melalui Kawasaki Binter Merzy (KZ200) bergaya bobber. Dijamin, sebagian besar mata bakal terkecoh dengan kesan awal yang wah.

    Kepala disibukkan dengan sapuan mata ke sekujur tubuh sepeda motor ini. Tapi esensi utama dari Binter Merzy malah dilupakan. KompasOtomotif baru sadar kalau mesin V-Twin adalah fake alias palsu. "Satu (silinder)-nya mati, bro! Itu cuma aksesori saja biar semakin gagah," kata Ariawan Wijaya si empunya BMS.

    Ide ini disodorkan Udi Visianto, salah satu desainer PKC yang juga punya ikon modifikasi sepeda motor antik. Pria plontos itu mengusulkan tambahan silinder "jadi-jadian" dari model yang sama, dipasang menggunakan empat baut dan braket sebagai dudukan. Tujuannya, mengisi kekosongan untuk menambah estetika.

    "Kalau dibiarkan kosong kurang seimbang. Apalagi konsepnya moge klasik boardtracker 1920-an, jadi harus semirip mungkin. Model-model zaman dulu sebenarnya juga banyak yang masih menggunakan mesin satu silinder, tapi kelihatannya cungkring," jelas Udi.

    Bisa dibilang, sebagian besar proses pengerjaan ada di Pondok Gede. Sementara PKC menyetel ulang mesin gelondongan yang saat itu mati total. Karburator, kick starter, dan beberapa suku cadang lain dicari dari sepeda motor sejenis.

    Semua Kustom

    Mesin menyala, Udi merancang frame utama dari pipa seamless 31mm. Menurutnya, inilah proses paling sulit karena jika salah desain sedikit, hasilnya tidak presisi. Dampaknya, sepeda motor tidak nyaman dikendarai, bahkan cenderung oleng. Model rangka dibuat rigid, dibantu peredaman di bawah jok tunggal. Suspensi depan mendukung dengan model springer.

    Setelah mesin dan sasis disatukan, penambahan kelengkapan dilakukan dengan memasang ban model klasik. Rem menggunakan sistem tromol, pakai kepunyaan Honda CB200 di depan dan Kawasaki Ninja 150 di belakang.

    Tangki dibuat model kotak memanjang yang dihiasi berbagai ornamen. Laburan warna silver dengan sentuhan krom dan emas di beberapa bagian membuat sepeda motor ini tampil klasik tapi istimewa. Dua pipa gas buang menjulur, yang tentu saja salah satunya tak mengeluarkan efek panas.

    Selebihnya, semua dibuat klasik. Mulai dari jok kulit, lampu ala sepeda onthel, pedal gas dengan rem yang pangkalnya di ujung setang, spakbor besi, hingga penutup aki model bulat. Rupanya, proyek Ari memunculkan ikon lain selain sepeda motor jenis sport berhasil dengan mulus..




    Source
    =========================================
    klasiknya berasa banget elegan, jadi inget motor nya Ghost Rider :sembah:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Bimota Tesi 1D (Italia), Unggulkan Lengan Ayun Monosok di Depan

    [​IMG]

    Yuk simak salah satu buatannya, Tesi 1D. Motor sport ini berkapasitas 904 cc, daya kuda 118 dk dalam gasingan 9.000 rpm. Berat motor 188 kg dengan klaim top-speed 266 km/jam.

    Saat muncul sebagai prototipe di Milan Motor Show 1982, pengunjung melongo melihat kecanggihannya. Dua tahun setelah itu nongol beneran di pasaran.

    Lengan ayun monosok di depan membuat getaran lebih halus. Sistem ini punya keuntungan saat pengereman geometri motor lebih banyak menekan ke depan daripada konstruksi sok konvensional.




    Source
    =========================================
    motor itali jaman dulu udah ganteng2 :malu
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Setelah Thailand dan Jepang, Honda CRF 250M Segera Masuk Eropa

    [​IMG]

    Penggemar supermoto di Eropa akan mendapat tawaran menarik dari Honda dengan harga yang terjangkau, yaitu lewat kehadiran Honda CRF250M. Motor bergenre supermoto ini pertama kali diluncurkan dari Thailand dan sudah dipasarkan di Jepang. Dalam waktu dekat, akan segera dibawa ke Eropa.

    Secara spesifikasi, motor ini memiliki kesamaan dengan trail Honda CRF250L. Tapi karena alirannya supermoto, CRF 250M memiliki postur 20mm lebih rendah, revisi juga dilakukan di sektor suspensi depan dan belakang, per memakai sedikit lebih keras, lingkar roda 17 inci dengan spesifikasi ban jalanan, dan peranti rem depan yang lebih powerfull.

    Seperti yang disebutkan di atas, CRF 250M memiliki spesifikasi mesin yang hampir sama dengan CRF 250L, bedanya hanya pada gearbox. Masih sama-sama 6 speed tapi dibekali dengan komposisi gigi rasio yang sedikit lebih berat, supaya lebih enak buat diajak jalan jauh.

    Untuk mendukung jalan jauh Honda juga membekalinya dengan kapasitas tangki 7,7 liter, diklaim mampu menempuh jarak sejauh 250 km. Komponen lainnya yang istimewa adalah suspensi depan menganut upside down keluaran Showa dan sistem suspensi belakang pro-link masih dengan merek yang sama.

    Dengan bobot total sekitar 145 kg, Honda CRF 250 terdapat dua pilihan warna, yakni hitam dan merah. Namun Honda baru melepasnya untuk pasar Eropa dan Jepang, di Jepang sendiri motor ini ditawarkan 489.300 yen atau sekitar Rp 48 juta.

    Buat peminatnya di Indonesia hanya bisa bersabar, semoga saja motor ini bisa hadir lewat impotir umum!

    Spesifikasi
    Tipe Mesin : Liquid-cooled 4-stroke DOHC
    Kapasitas : 250cc
    Bore x Stroke : 76.0mm x 55.0mm
    Rasio Kompresi : 10.7 : 1
    Maksimum Power : 23 Hp/8,500rpm
    Maksimum Torsi : 29Nm/700 rpm
    Sistem Bahan Bakar : Injeksi PGM-FI
    Tipe Frame : Semi-double cradle
    Pelek Depan : 2,75 inchi
    Pelek Belakang : 3,50 inchi
    Ban Depan : 110/70-17M/C 54S
    Ban Belakang : 130/70-17M/C 62S



    Source
    =========================================
    indonesia gak di masukin :tolong:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pilihan Motor Sport Low End, Enjoy Buat Harian

    [​IMG]

    Motor sport di kelas low end tergolong banyak pemainnya. Hampir semua agen pemegang merek punya produk yang menyasar di kelas ini. Antara lain dari pabrikan Jepang, Honda dengan New MegaPro dan Verza. Serta Suzuki yang lama mengandalkan Thunder 125.

    Pabrikan non Jepang baik Korea maupun India yang bermain di kelas sport, rata-rata mengandalkan kelas sport low end ini. Sasarannya, biker yang berpindah dari bebek ke sport. Minerva ada 2 tipe, yaitu Minerva VX 150 dan Minerva X Road, lalu pabrikan India ada 3 tipe yaitu Pulsar 135, 180 dan TVS Apache RTR 160. Harga yang ditawarkan di kelas ini memang besda tipis dengan model sport yakni dikisaran 16-18 jutaan.

    Dari banyaknya pabrikan yang bermain di kelas ini, dapat disimpulkan, pasar untuk sport kelas low ini tetap menarik. Karena pasarnya akan membesar.

    1. BAJAJ
    Klaim dari pabrikan menyebutkan konsumsi BBM Pulsar cukup irit yakni di kisaran 40 km/liter. Walau begitu pabrikan asal india ini tergolong rajin dalam menawarkan fitur teknologi baru yang jarang ada di Indonesia. Salah satunya penggunaan dobel busi pada Bajaj 220 yang terbaru.

    Soal spare part, Yossi dari Bintang Motor Sport, BSD Auto Parts Blok E No. 31, Jl. Letnan Sutopo, BSD, Tangerang Selatan, Banten, tidak merekomendasikan part substitusi.

    Misalnya sok belakang, produk aslinya sudah dilengkapi tabung gas nitrogen dari Bajaj Genuine Parts. Harga seken Bajaj Pulsar 135 tahun 2006 Rp 8,5 juta, Pulsar 200 tahun 2008 Rp 10 juta dan Pulsar 220 tahun 2011 Rp 11 juta.

    [​IMG]

    2. TVS APACHE 140
    TVS seken di Jakarta tergolong jarang pemainnya. Seperti Fauzi dari Safir Motor di Jl. Basuki Rahmat No. 4, Cipinang, Jakarta Timur, yang mengaku belum pernah mendapatkan barang sekennya.

    Ogy, Ketua TVS Motor Community menyebutkan jarang ada karena sayang kalau dijual. Untuk part substitusi, misalnya kampas kopling, bisa pakai milik Honda Tiger.

    "Termasuk filter oli, bisa mengadopsi punya Suzuki Smash atau Thunder 125," tambah Ogy. soal keiritan, Ogy yang sudah mencoba TVS dari Jakarta-Bali-Jakarta menjamin 1 liter bisa 50 kilometer. "Itu pun saya pakai knalpot dobel lho. Kalau standar bisa lebih irit lagi," kagumnya pada motor kebanggannya.

    3. HONDA
    Honda Verza masih dalam kategori motor baru. Tetapi, mesinnya tidak jauh beda dengan Honda New MegaPro. Jadi, beberapa spare partnya bisa mengadopsi dari spare part Mega Pro. Nggak perlu khawatir kesulitan spare part.

    Bedanya dengan New Mega Pro lama, pada sistem injeksinya dan head silinder-nya. "Pada Verza, head silinder dilengkapi sensor O2 untuk mendeteksi gas buangnya, sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan," terang Titut Winarto, kepala Bengkel Wahana Makmur Sejati di Jl. Gunung sahari, Jakarta Pusat.

    Untuk sekennya masih sangat jarang, bahakan belom ada. "Di bengkel saja masih jarang yang servis," tambah Titut.

    4. MINERVA
    Pasaran seken Minerva di Jabodetabek tergolong kecil. Walau begitu model yang ditawarkan cukup menarik perhatian. Untuk Minerva X road dan VX 150 beberapa part bisa disubstitusi dari merek lain

    "Misalnya sokbreker belakang bisa pakai miliki Satria 120 atau NSR. karena panjangnya hampir sama. Tinggal menyesuaikan dudukannya," saran Joko Susilo, mekanik bengkel Minerva Kebon Jeruk di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jkarta Barat.

    Untuk part fast moving yang lain Joko menyarankan tergantung dari kilometernya. Misalnya kampas rem belakang setipa 10 ribu kilometer serta servis berkala pada 20.000-25.000 km. Harga sekennya R 150 VX tahun 2009 Rp 6.000.000 (2010) Rp. 9.500.000 dan (2011) Rp 11.500.000.

    5. SUZUKI
    Dengan mesin paling kecil di kelasnya, tampilan Thunder 125 mirip motor sport kapasitas 150 cc. Motor ini tergolong irit, dalam pengetesan yang dilakukan MOTOR Plus award tercatat, Thunder 125 mampu lari sejauh 41 km per liter.

    Kelebihan lain dari motor ini adalah kapasitas tangki yang cukup besar, yakni 14 liter. Untuk harga fast moving tergolong cukup murah, seperti saringan oli Rp 11 ribu, saringan udara di kisaran Rp 55 ribu. Untuk pasaran sekennya, Suzuki Thunder 125 memang dijual Rp 5,5 juta untuk tahun 2008, Rp 6 juta untuk 2009, Rp 7 juta untuk 2010 dan Rp 9 juta untuk 2011.



    Source
    =========================================
    hemat, tapi tetep tangguh :top:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Wuih, Celana Jeans Untuk Riding Ini Dilapisi Kevlar

    [​IMG]

    Menggunakan celana jeans saat berkendara memang bukan suatu hal yang baru. Namun jangan beranggapan bahwa celana jenis biasa sudah cukup aman, terkadang saat insiden terjadi gesekan aspal bisa juga merobek bahan ini, hingga bagian kulit pun kena imbasnya.

    Sebagai solusi agar tetap bisa tampil gaya, pilihan celana jeans yang memiliki lapisan kevlar bisa jadi salah satu alternatif, karena didesain untuk pemakaian ekstrem dan kuat temperatur tinggi. Meski memiliki beberapa keunggulan, bentuknya masih sama persis dengan celana jeans biasa, jadi masih bisa dipakai kapan saja. Yuk, kita lihat ada apa saja pilihannya?

    [​IMG]

    Dainese D1 Jeans
    Tidak ada yang menampik soal merek ini, Dainese memang serius soal perlengkapan berkendara, tidak terkecuali untuk jeans kevlar keluarannya. Selain sudah memiliki sertifikasi CE, celana ini tetap lembut serta dilapisi kevlar, dibanderol 250 dollar atau sekitar Rp 2,4 juta.

    Icon Hooligan Jeans
    Celana ini dilengkapi dengan bahan aramid pada bagian lutut agar mampu memberikan perlindungan yang lebih. Terdapat dua pilihan warna yang memiliki jahitan rapi dengan tambahan eksternal resleting pada bagian lutut, sehingga pelindung dapat dilepas jika tidak ingin digunakan. Dibanderol 120 dollar atau sekitar Rp 1,2 juta.

    Resolute Cruiser Jeans
    Resolute adalah perusahaan asal Australia yang memproduksi jeans dengan bahan berlapis DuPont Kevlar aramid fiber, sudah memiliki sertifikasi standar eropa, CE. Bagian kevlar terdapat pada bagian belakang, pinggul dan lutut. Pelindung pada bagian lutut juga dapat dilepas jika tidak ingin digunakan. Dibanderol 160 dollar atau sekitar Rp 1,6 juta.

    Mahal juga ya!



    Source
    =========================================
    harganya gak nahan ya :hihi:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Setel Sendiri Klep Honda BeAT-FI, Ini Langkah-Langkahnya!

    [​IMG]

    Pengaturan celah kerenggangan klep memang bukan urusan setiap pengguna motor, karena penyetelan umumnya diserahkan kepada bengkel saat melakukan servis rutin. Namun tidak ada salahnya jika ingin melakukannya sendiri.

    Kali ini kami coba praktekan pada matik terbaru Honda BeAT-FI. Asiknya, langkah setel klep ini juag bisa diaplikasikan juga ke motor Scoopy-Fi, karena basis mesin kedua motor ini sama.

    Sesuai dengan petunjuk buku manual, celah kerenggangan dicek setiap 2000 km. “Kalau kondisi motor baru pertama kali dicek saat odometer menyetuh 1000 km, selanjutnya kelipatan per-2000 km,” jelas Winaryanto, Technical Service di Astra Honda Training Center (AHTC).

    Yuk langsung praktek! Pertama-tama siapkan kunci yang dibutuhkan, seperti obeng kembang, kunci L 6, feeler gauge (alat yang berbentuk beberapa bilah pelat yang berfungsi mengukur gap kerenggangan klep), kunci ring 8, dan kunci khusus yang berfungsi untuk menyetel baut kerenggangan klep.

    Selanjutnya tinggal bongkar beberapa bagian bodi, seperti center cover yang letaknya paling depan di bawah jok, selanjutnya lepas jok berikut bagasinya.

    [​IMG]
    Lepas tutup cylinder head menggunakan kunci L 6, dan posisikan noken-as ke kondisi top.

    Nah, kini mesin telah terpampang jelas, langkah berikutnya lepas tutup cylinder head menggunakan kunci L 6. Selanjutnya tinggal memposisikan noken-as ke kondisi top, indikatornya bisa dilihat pada bagian gir noken-as, “lambang bulatan harus benar-benar pas mengarah kedepan,” tegas Winaryanto.

    Lakukan dengan cara menekan kick stater secara perlahan, agar lebih mudah baiknya lepaskan busi terlebih dahulu. “Kalau tidak dilepas juga tidak apa-apa. Saat sedang mencari top noken-as, tahan putaran gir menggunakan tangan agar posisi top tidak terlewat, jika terlewat putar lagi.

    Jangan sesekali membalikannya jika terlewat, karena noken-as dilengkapi dengan ADS (automatic decompression system) membuat klep buang jadi sedikit terangkat. "Indikasinya saat menggoyangkan rocker arm terasa kencang seperti tidak ada celah,” terang Winaryanto.

    Saat sudah posisi top, selipkan feeler guage diantara celah ujung klep dan baut klep, sesuai dengan buku manual lagi, jarak kerenggangan klep tercatat 0,16mm ± 0,02mm baik untuk klep masuk dan buang.

    [​IMG]

    Plus minus dimaksudkan untuk batas atas dan batas bawah, “itu angka toleransi, jika feeler gauge sudah tidak kumplit misal tidak punya ukuran 0,16mm bisa gunakan batas toleransi itu, boleh 0,18mm atau 0,14mm,” urai Winaryanto.

    Itu baru tahap pengecekan, jika terlalu renggang segera lakukan penyetelan, kendurkan mur setelan klep menggunakan kunci 8, putar baut setelan pakai kunci khusus sampai feeler guage sampai terasa seret dan masih bisa dicabut. Putar kembali kunci 8 agar mur kembali kencang.

    Pasang kembali beberapa komponen yang sudah dilepas, tidak terlalu rumit kan?






    Source
    =========================================
    tapi kalo gak pas motor bisa modyar :iii:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Kawasaki Ninja 250 FI, Bermula Dari Motor Riset

    [​IMG]

    Berawal dari riset saluran buang alias knalpot yang dimiliki Sang ayah, membuat Mario Ganie kepincut juga modifikasi Kawasaki New Ninja 250 miliknya ini. Apalagi, riset sudah berlangsung mulus tanpa kendala.

    New Ninja 250 pun ikut-ikutan dipermak dengan konsep racing looks. “Ngeliat banyak juga yang modif, jadi ikutan kepingin,” urai pelajar SMA Gading Serpong yang tak lain anak dari Sjafrie Ganie, owner brand knalpot R9 Racing.

    “Style racing saya pilih, karena memang hobi motor sport. Selain itu tampilan motor harus punya tema, buat mencitrakan diri kita,” tambahnya. Untuk itu, hampir semua part variasi aftermarket diaplikasi di Ninja kelir hitam ini.

    Akhirnya, beberapa ubahan dilakukan buat menyempurnakan tampilan sport yang racing. Modifikasi dilakukan bersama Benny dari One3 Motoshop yang beralamat di Jl. Raya Kelapa Puan, Blok. AF1, No. 24, Gading Serpong, Tangerang.

    Meski cat dibiarkan standar, tapi permainan decal ikut dilakukan. Yaitu, lewat pemakaian stiker bodi yang bertemakan logo atau brand dari knalpot sang ayah. Stiker dengan warna merah ini turut menambah sangar tampilan motor yang juga kesankan aura sporty.

    Kesan racing, juga ditonjolkan dari pengaplikasian pelek. Pelek standar New Ninja 250 yang bentuknya sudah ciamik, dilengserkan. Gantinya, pelek aftermarket dari Marchesini yang sekarang diusung.

    Pelek berbahan aluminium ini, punya kelebihan bobot yang ringan ketimbang pelek standar. Selain itu, kelir yang diusung juga lebih menarik. Yaitu, gold alias emas. So, makin serasi dengan kelir bodi. Toh, pelek ini juga banyak diaplikasi di pacuan balap juga, lho.

    Tak puas rasanya jika sudah aplikasi pelek racing branded tapi tidak dilengkapi dengan ubahan peredam kejut alias sokbreker. Buat sok belakang, dipilih Ohlins. Enggak percaya, tuh tabung gas tambahannya terpajang di sisi bodi samping.

    Selain dari ubahan variasi yang mengesankan nuansa racing, Mario juga lakukan modif di bagian penerangan alias lampu. Yang paling mencolok, penggantian reflektor lampu depan standar dengan lampu tipe projector yang sudah diisi model HID.

    Dengan penambahan angel eyes, jika dilihat dari depan, headlamp ini menyerupai bentuk mata burung hantu lho. “Ini sengaja dilakukan untuk mempertegas kesan fashion racingnya. Apalagi jika malam hari, sudah pasti bikin orang-orang nengok penasaran,” tutupnya.

    DATA MODIFIKASI
    Ban Depan: Battlax S20 120/60-17
    Ban Belakang: Battlax S20 150/60-17
    Pelek : Marchesini
    Knalpot: R9 Titanium Valencia
    One3 Motoshop: 0813-1716-3312






    Source
    =========================================
    keren mata lampu nya :top:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Siap Bikin Motor Murah Rp5,4 Juta

    [​IMG]

    VIVAnews - Yamaha baru saja membangun pusat riset dan pengembangan baru di India. Langkah itu dilakukan untuk memuluskan rencana mereka membuat motor murah seharga 30.000 rupee atau sekitar Rp5,4 juta.

    Dilansir Motorbeam, Rabu 17 April 2013, Yamaha Motor Research and Development India (YMRI) membangun pusat riset terbaru itu di Surajpur, Uttar Pradesh. Selain untuk dipasarkan di India, motor murah itu juga akan diekspor ke berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

    Untuk mesin, rencananya, produsen berlambang garpu tala itu bakal menggunakan mesin 110cc. Diperkirakan, motor murah tersebut menjadi lawan bagi Honda Dream Yuga dan Suzuki Hayate.

    Diketahui, kantor riset di India adalah pusat riset kelima Yamaha di seluruh dunia setelah Italia, Thailand, Taiwan, dan China.

    Tak cuma itu, Yamaha dikabarkan tengah mengembangkan skutik murah di Chennai yang akan beroperasi pada 2015. Namun, belum ada rincian detail tentang model skuter tersebut.

    Saat ini, motor termurah Yamaha di India adalah Crux 110 yang dibanderol dengan harga 38.365 rupee atau sekitar Rp6,3 juta, dan diekspor ke berbagai negara seperti China.

    Tahun lalu, Yamaha menjual 350 ribu motor di pasar India. Adapun untuk 2013, mereka mematok target 500 ribu motor, dan 1 juta motor pada 2015.






    Source
    =========================================
    buatan negara ini lagi, ongkos produksi di buat seminim mungkin, tapi kualitas barang :iii:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Sistem Kerja Piston Pada Suspensi CBR600RR 2013

    [​IMG]

    TOKYO - Salah satu hal yang baru pada Honda CBR600RR 2013 ada pada sistem peredaman daya kejut yang menggunakan milik CBR1000RR, yakni Showa Big Piston Fork (BPF).

    Dilansir Autoevolution, Kamis (18/4/2013) BPF bekerja berdasarkan sistem teknis modern dengan fokus yang berujung pada performa motor, tapi prinsip dasarnya ternyata sangat sederhana. Semakin besar tekanan pada daerah poros bantalan, maka akan semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk menjaga daya kejut yang spesifik.

    Tidak seperti suspensi sebelumnya yang menggunakan pelor untuk mengatur oli, Showa BPF mengandalkan piston tunggal untuk melakukan tugas tersebut.

    Piston peredam ini berukuran 3,5 kali lebih besar dari sistem pelor, memberikan respon redam yang lebih baik berikut juga dengan tanda peringatan tekanan oli, secara keseluruhan redaman daya kejut semakin mulus karena sistem beroperasi lebih baik.

    Semua hal in dapat terasa dari akselerasi yang semakin responsif, terutama pada gerakan awal. Dengan tekanan rendah, oli dapat mengalir lebih mudah, menawarkan reaksi yang halus saat melewati guncangan besar ataupun kecil.

    Hal ini tentunya semakin meningkatkan kepercayaan diri ketika memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi, sebab traksi pada roda depan lebih mengigit.






    Source
    =========================================
    makin canggih :top:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Spherical Wheel Electric Motorcycle, Meluncur Bersama Bola

    [​IMG]

    Terobosan motor bisa muncul dari berbagai aspek. Termasuk ide dari para mahasiswa Charles W Davidson College Of Engineering ini. Mereka coba ‘sulap’ bola raksasa menjadi roda yang akhirnya jadi sepeda motor yang benar-benar bisa dikendarai.

    Bagaimana bola itu bisa menggantikan fungsi roda dan bisa jalan seimbang? Sang senior, Max Ratner dari tim Undergrads menemukan Spherical Drive System. Mereka memilih bola yang dikendalikan enam mesin. Hasilnya, jalannya pun radikal dan dapat bergerak ke segala arah.

    Sistem gerak sendiri, memakai sistem algoritma kompleks. Jadi, bisa bergerak zig-zag, menyamping dan berputar di satu tempat. Bolanya sendiri memang didesain biar aktif menyeimbangkan dengan jalanan. Mirip Segway, githu deh!

    Terobosan ini sudah diukur menggunakan giroskop elektronik dan akselerometer, tujuannya biar motor nggak rubuh. Kecepatannya motor ini, mencapai 80 km/jam atau lebih. Bahkan konsep ‘bola’ ini mampu berjalan lebih cepat ketimbang motor roda dua atau roda empat.

    Buat rangka, masih pakai sasis baja biasa sebagai konsep awal dengan komponen listrik sebagai dayanya. Mesin motor sangat terlihat dibagian tengah. Para mahasiswa San Jose State University ini juga lagi kembangkan agar tampilan lebih futuristik.






    Source
    =========================================
    teralisnya mirip pipa2 ducati :hihi:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Etika Back Patch, Sangat Sakral Bagi Klub Dunia

    [​IMG]

    Kebanyakan, klub kita nggak begitu ‘serius’ memandang back patch sebagai eleman sakral dan gak bisa dianggap biasa. Tapi bukan berarti beberapa klub menganggap biasa! Misal back patch dari Scooter Owners Group (SOG), klub skuter terbesar di dunia ber-mother chapter di Bandung.

    “Back patch bagi kami sangat penting. Dalam situasi paling kritis, life members harus berani membela back patch mati-matian, “ tegas para petinggi mereka, Boy Januar Ariska, Abah Iman, Tono dan Raddy.

    Tentunya nggak semua klub di Indonesia memandang penting back patch ini. Coba perhatikan kalau ada riungan biker. Banyak back patch klub dibiarkan kotor. Padahal dalam etika klub internasional haram hukumnya back patch kotor.

    ”Mereka sangat ekstrem, kalau ada life members masuk riungan atau ke club house dengan back patch kotor, tatib mereka langsung maju. Nggak pakai basa-basi bisa langsung ditonjok di tempat karena dianggap sudah menghina colors,” komentar Ignatius ‘Bingky’ Hendra, Head Outsiders Jakarta.

    Fakta kadang terbalik, back patch kotor justru jadi kebanggan tersendiri. Bisa dibilang life members yang bersangkutan diberi predikat jago turing, biker aktif sampai back patchnya kumal terkena debu.

    Kadang juga memperlakukan sembarangan, saat istirahat disimpan di sembarang tempat, bahkan jadi alas tidur segala.

    Dalam etika klub mendunia hal ini dihindari. Mengacu ke etika mereka, back patch diperlakukan sangat istimewa. Selain naik motor, riding sendiri atau masuk ke rapat internal resmi, back patch tak boleh dipakai.

    “Mereka hanya boleh naik mobil pakai back patch hanya saat di mobil polisi alias ditangkap,” kata Bingky lagi.

    Malah life members yang berboncengan saja nggak boleh pakai back patch alias harus dilepas. Misalnya pakai back patch tapi dibonceng, ia bakal diledek yang lain karena dianggap nggak punya motor. Waktu naik mobil, colors juga wajib dilepas.

    Makna yang mereka anut memang masuk akal. Back patch memang mempresentasikan soul atau jiwa klub yang bersangkutan. Karena itu, prospect alias calon anggota berjuang keras mendapatkan back patch utuh sebagai life members sebuah klub.

    Selain wajib menempuh ribuan kilometer sebagai persyaratan, mereka juga wajib mematuhi segala aturan dan tata etika seniornya. Jadi nggak heran saat mereka jadi life members utuh, aura dan kewibawaan back patch menjadi begitu tinggi dan berarti.

    Di mata klub juga begitu, jika life member memperlakukan back pacth serampangan, artinya dia bisa dianggap menyepelekan klub. Ya. karena pack patch mempresentasikan klub.

    Salah satu ujud loyalitas dan respect anggota dilihat dari cara mereka memperlakukan back patchnya. Jangan heran kalau di antara riungan ada beberapa klub yang mewajibkan back patch bersih dan resik.






    Source
    =========================================
    istilah HTML nya: NRA :hehe:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Bersihkan Jok, Hilangkan Noda Akibat Cover Jok

    [​IMG]

    Penggunaan cover jok seperti jaring, dirasakan sangat bermanfaat bagi yang sering riding jarak jauh. Fungsinya bisa bikin bokong enggak gampang panas alias adem. Tapi, penggunaan cover yang berbentuk jaring ini, bila tidak diperhatikan kebersihannya malah bikin kotor permukaan kulit jok, lho!

    Kotoran ini, terperangkap oleh jaring kecil yang terdapat di cover sehingga menempel. Nah, untuk bersihkan dan perawatannya, monggo dibaca.

    [​IMG]

    “Untuk membersihkan kulit jok tipe sintetis yang kotor, bisa pakai sabun bayi. Tapi, bila ingin bersih secara tuntas dan bisa melindungi jok, gunakan MB-Tech Cleaner yang memang diformulasikan untuk itu,” bilang Arif, selaku Koordinator Sales dari MB-Tech. Cara bersihikannya cukup mudah.

    Sediakan wadah untuk mencampur sabun bayi dan air. Gunakan busa untuk membersihkan permukaan kulit jok, usap dengan cara ditekan. Jangan lupa bersihkan jaring.

    Karena di sana banyak kotoran menempel. Kala semua sudah bersih, kembali pasangkan cover jok jaring itu. Mulai perhatikan kebersihannya, daripada kotoran semakin menumpuk.






    Source
    =========================================
    wajarlah kalo kayak ada bekas jaring di jok :hihi:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Suzuki Satria FU150, Seting Kem Standar Jadi Juara OMR Satria!

    [​IMG]

    Utamakan seting kem standar, itu salah satu trik jitu tim Abakura Bungakarya di Suzuki Satria FU150 agar melesat kencang di Pertamina Enduro Comet K Factory KYT Dragbike Day Battle 201 M Championship. Pacuan ini bertarung di kelas One Make Race (OMR) Suzuki Satria FU s/d 155 cc yang diadakan di Tasikmalaya, Jawa Barat beberapa minggu lalu.

    Development kem yang dilakukan tim Abakura Bungakarya, bisa mengantarkan joki Dwi Batank asal Semarang, Jawa Tengah melesat tercepat di kelasnya. Dalam official result, bisa tembus 8,075 detik di trek panjang 201 meter.

    “Sebenernya simpel saja, untuk kelas OMR Suzuki Satria FU s/d 155 cc durasi kem diretouch. Dibikin enggak terlalu gemuk layaknya ibu-ibu hamil 9 bulan. Buat in, main di 262 derajat dan ex 261 derajat,” bilang Wawan Kristiarto, mekanik bengkel Abakura yang ada di Jl. Solo-Semarang KM. 3, Solo, Jawa Tengah.

    Hitungannya, klep in membuka 22 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60 setelah TMB (Titik Mati Atas). Sedangkan, ex membuka 60 derajat sebelum TMB dan menutup 21 derajat setelah TMA. Durasi segitu untuk mengawal klep in 22 mm dan ex 19 mm yang masih standar.

    “Paling cocok untuk kelas 155 cc ya durasinya memang segitu. Bila terlalu gede, motor terlampau panjang nafasnya. Kurang bagus juga,” kata Wawan.

    Penggunaan kem tadi, didukung maksimalisasi di bagian isi silinder. Kalau enggak didukung dan dimaksimalkan, enggak akan bisa melesat kenceng donk.

    Untuk penggebuk kompresi, piston aplikasi kepunyaan Kawasaki Ninja 250R, diameter 62 mm yang pinggirnya dibikin mendem 0,9 mm dari bibir silinder. Dengan karakter piston yang lebih jenong, kompresi bisa lebih padet. Rasio kompresi mesin jadi 13,2 : 1.

    Isi silinder masih pertahankan 150 cc. Padahal regulasi masih bisa sampai 155 cc. Di bagian pencampuran bahan bakar, Satria FU150 ini pakai karburator Keihin PJ 35 yang dijejali main-jet 120 dan pilot-jet 48.

    Untuk meringankan putaran engine, di bagian magnet cangkok kepunyaan Yamaha YZ250. “Dengan aplikasi magnet YZ250, putaran kruk as bisa diringankan. Plusnya, motor bisa lebih cepet naik dan bikin torsi jadi galak,” tambahnya.

    Soal rasio gearbox, juga ikut disesuaikan. Gigi I, 14/32 mata. Gigi II, 15/25 mata. Gigi III, 19/24 mata. Gigi IV, standar. Gigi V, 22/21 mata. Dan terakhir gigi VI, 24/20. Sedangkan di final gear, aplikasi 12/42 mata.

    Gazz poll, cuy!.

    DATA MODIFIKASI
    Knalpot: DBS
    Sokbreker belakang: YSS
    CDI: Rextor Prodrag
    Ban depan: IRC 60/80-17
    Ban belakang: FDR AX 50/90-17






    Source
    =========================================
    yg standar memang lebih mantap :top:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Gurkha Motor Work, Spesialis Balancing Pelek Motor Gede

    [​IMG]

    Gurkha Motor Work termasuk salah satu bengkel yang memiliki fasilitas alat kerja cukup komplit. Selain perangkat Motoscan yang jadi andalan buat diagnosis motor injeksi, juga mesin balancing khusus pelek motor.

    “Untuk motor mulai dari 250 cc ke atas, begitu ganti ban, idealnya harus dibalancing dulu sebelum roda di pasang ke motor,” ujar Budi Hananto sang mekanik.

    Lantaran, ini berpengaruh dengan kenyamanan pemilik motor saat dipakai berkendara. Motor 250 cc keatas sampai moge, memiliki power yang kencang. Ketika dipacu di kecepatan tinggi, baru akan terasa gejalanya bila roda tidak presisi. “Dengan alat ini, juga bisa dideteksi apakah pemasangan ban ke pelek sudah presisi atau belum,” lanjut Budi lagi.

    Perangkat balancing roda motor ini, desainnya seperti untuk roda mobil. Tetapi, ada perbedaan pada dudukan untuk mengikat baut peleknya.

    “Kalau untuk motor, dudukan roda berupa as roda untuk mengikat pelek dan setelan ring yang disediakan untuk meyesuaikan lebar pelek,” jelas mekanik yang bengkelnya terletak di Jl. P. Antasari, Jakarta Selatan.

    Sama seperti roda mobil, saat balancing pelek motor juga disediakan bahan timah dari berbagai ukuran untuk ngepasin posisi pelek yang ideal. Buat menentukan bobot timahnya tinggal lihat display yang tertera pada layar perangkat tersebut.


    Gurkha Motor Work
    Jl P. Antasari No. 68B, Jakarta Selatan. Telepon (021) 725-3952






    Source
    =========================================
    yg ban motornya geal geol :hehe:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Karet Peredam Sok, Sepele Tapi Fungsi

    [​IMG]

    Ngomongin sokbreaker belakang, mestinya enggak boleh lupa karet peredam yang posisi pasangnya ada di poros atau tepatnya lebih dekat ke pegangan sok bagian bawah. Mesti tak selalu ada di sokbreker, part terlihat sepele itu fungsinya menahan tumbukan antara tabung sok dengan adaptor sok. Khususnya pada saat sok mendapat komporesi mendadak nan kuat.

    “Dengan adanya karet yang rata-rata berwarna hitam, tabung dan batang sok nggak cepat rusak atau bengkok. Sebab benturan keras ketika terjadi komporesi yang kuat, kedua peranti tadi lebih dulu diredam. Makanya oli sok belakang nggak cepat bocor dan lebih awet,” ujar ujar Syaiful Azis tukang servis sokbreker yang buka lapak di Jl. Batas Kreo, Ciledug-Tangerang.

    Namun umpama sokbreker sering dapat beban berat hingga karet peredam alami impact berulang-ulang, wajar saja jika part ini yang diserang. Terutama pada sok yang jarak mainnya sangat pendek. Lantas jika terlihat ada pecahan dan tampak agak gepeng, pastinya agak sulit cari gantinya.

    “Masalahnya jarang ada produsen sok belakang yang sediakan part ini. Kalaupun ada konsumen ingin ganti, biasanya saya subtisusi dari produk lain yang dimensinya mirip. Itupun saya lihat dulu apakah jarak main sok memang sangat pendek,” imbuh Azis.

    Tapi, usah khawatir jika sampeyan sulit mencari karet peredam ini. Kecuali kalau bro memang niat cari di toko-toko yang khusus jual produk berbahan karet. Sebab, ada pilihan lain selain karet peredam. Yaitu, bisa gunakan bahan polyurethane. Ya, tinggal dibentuk saja sesuai aslinya.






    Source
    =========================================
    semua parts saling melengkapi :hmm:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pasang Ring Per Kopling Kawasaki D-Tracker, Biar Cepat Baliknya!

    [​IMG]

    Abdul Azis penyemplak Kawasaki D-Tracker 150 ‘curhat’, kopling pacuan andalannya itu terasa letoy alias lemas. “Kalau sudah lemot begitu, biasanya tangan harus menekan handle kopling lebih dalam. Apalagi kalau main bareng dengan trail berspek special engine, dampaknya tangan sebelah kiri terasa cepat pegal,” keluhnya.

    Nah, untuk mengatasi gejala seperti itu, Azis mendatangi Agus Subandi yang mekanik sekaligus juragan Deker Style untuk berkonsultasi. Akhirnya, dapat masukan. Agus punya jurus bikin D-Tracker yang tadinya letoy jadi asoy.

    Bikin kopling jadi asoy, ternyata sederhana dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. “Tinggal pasang ring setebal 3,5 mm saja di empat per kopling yang berada di dalam rumah kopling,” bilang Agus yang punya nama tenar Tile ini.

    [​IMG]

    Fungsi ring ini, berguna untuk menjaga per agar bisa tetap lentur dan dapat menghilangkan gejala lemot. “Selain itu, dengan mengganjal per kopling pakai ring, efeknya pada saat menarik handle kopling terasa lebih empuk dan pada saat dilepas memantulnya pun cukup keras,” bilang pria yang bengkelnya berada di Jl. Astek No. 83, Lengkong Gudang Barat, BSD, Tangerang.

    Cara pasangnya pun mudah. Kuras oli dan lepaskan bak kopling. Agar tidak mengganggu ketika membuka blok kopling, buka juga dudukan pedal rem menggunakan kunci 14, dan kick stater pakai kunci ring 10.

    [​IMG]

    Lanjutkan dengan membuka empat baut yang menekan per kopling. Agar per kopling tidak mental, caranya kendorkan dulu empat baut itu secara merata. Misalnya, dengan cara silang. Jadi, tekanan ikut merata. Setelah per terlepas, kini tinggal pasang ring pengganjal yang sudah disiapkan.

    Selain menempuh metode ganjal ring, bisa juga dengan mengganti per kopling dengan per kopling aftermarket. Tapi, agar tidak terlalu keras pilih yang ukuran panjangnya sama dengan per kopling aslinya.

    “Kalau mau ganti dengan per kopling aftermarket sebaiknya coba dulu dengan mengganti dua buah per kopling. Cara pasangnya pun menyilang,” beber mekanik asli Tangerang ini.

    Terakhir, periksa juga kawat kabel kopling yang berada di dalam kabel pembungkusnya. “Pastikan kawat terhindar dari kotoran atau karat. Jika ada karat atau kotoran, pastinya pergerakan kabel bisa jadi seret. Akibatnya, menarik tuas handel kopling jadi agak keras,” kata mekanik dua anak ini.

    Beres deh! Brother tinggal menyusun rencana lokasi atau daerah mana yang akan dijelajah lagi tuh. Tentunya, tanpa resiko tangan kiri pega dong.








    Source
    =========================================
    makin galak akselerasinya :matabelo
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Trio Motor 400 cc Honda Masuk Indonesia?

    [​IMG]

    Jakarta - Pabrikan Honda akan meluncurkan trio motor 400 cc (CBR400R, CB400F dan 400X) di Jepang pada 23 April nanti. Ketiga motor ini bakal memperkuat segmen sport Honda. Bagaimana kans motor ini masuk ke Indonesia?

    PT Astra Honda Motor (AHM) pun mengakui masih mempelajari kemungkinan masuknya motor-motor tersebut ke Indonesia.

    "Belum (untuk saat ini). Kita pelajari dulu-lah," kata GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra kepada detikOto, Kamis (18/4/2013).

    Indra mengakui ketiga motor tersebut kemungkinan besar akan masuk Indonesia karena melihat betapa potensinya motor tersebut. Dia pun mengisyaratkan jika pasar Indonesia terbuka lebar untuk motor yang didatangkan langsung dari Jepang tersebut.

    Namun sayang, dia sedikit pesimistis jika motor tersebut bisa laris manis di Tanah Air. Sebab melihat segmen yang dituju adalah konsumen segmen atas nontabenenya relatif terbatas. Tidak seperti kelas kelas di bawahnya yang cukup gemuk di pasar motor Indonesia.

    "Pasarnya kecil," ujarnya.

    Mesin motor 400 cc Honda ini memiliki RPM maksimum pada 9.500 RPM dan menggunakan 2 silinder berpendingin air.

    Honda memilih mesin 2 silinder untuk menyesuaikan dengan karakter mesin. Untuk meningkatkan performa intake sampai 9.500 rpm, Honda meneliti ukuran katup yang sesuai, dan bore stroke 67 mm x 56.6 mm.

    Dan sesuai namanya, CBR400R merupakan motor sport full fairing. Sementara CB400F merupakan naked bike dan 400X adalah sebuah crossover.








    Source
    =========================================
    kan bisa import aja yg pengen :hihi:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Bikers KTM Adu Nyali di Tanah Borneo

    [​IMG]

    Tanah Bumbu - PT KTM Moto Indonesia mengajak pecinta motor KTM dan bikers se-Indonesia dari berbagai jenis motor untuk berpetualangan menggunakan roda dua di daerah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan pada 20-21 April 2013.

    Petualangan menembus medan yang cukup berat bertema "KTM Lost in South Borneo Adventure" ini menyambut ulang tahun ke-10 Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

    "Kami sangat mendukung event adventure seperti ini. Selain unjuk keterampilan mengendarai motor dengan tantangan alam, berwisata juga memupuk kesadaran mencintai lingkungan," kata Marketing Director PT KTM Moto Indonesia, John Winata dalam rilis yang diterima detikOto, Minggu (21/4/2013).

    Menurut John, pesta rakyat ulang tahun ke-10 Kabupaten Tanah Bumbu ini akan membawa dampak perekonomian yang besar dan baik bagi Tanah Bumbu yang dahulu daerah terpencil, dan KTM beranggapan trek untuk adventure-nya sangat menarik untuk diperkenalkan ke dunia otomotif, agar seluruh dunia mengenal Tanah Bumbu.

    Ajang tersebut diikuti sekitar 1.200 peserta lintas alam dari seluruh Indonesia, dimana para peserta melewati bukit hutan-hutan dan kota ke kota, melihat alam yang masih liar.

    "Alamnya masih sangat asri. Seni bertualang dan lintasannya sangat ekstrem," ucap John.

    Dalam kesempatan ini, PT KMI mendukung dengan menyediakan motor KTM 3 unit sebagai hadiah bagi para pemenang. "Mekanik dari Austria, kita datangkan, dan motor baru kita siapkan, jadi sesuai moto KTM 'Ready to race'," lanjut John.









    Source
    =========================================
    off roader :motor:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Honda CB200, Pertegas Nuansa Old School

    [​IMG]

    Era old school berada di rentang 1970-1980an. Kebetulan, Honda CB200 kepunyaan Darmawansyah ini rakitan 1979. Untuk kuatkan masa kejayaan era itu, Opay Custom di Jl. Pulo Ribung No. 7, Pekayon Raya, Bekasi Selatan, Jawa Barat coba pertegas gaya old school.

    “Sekaligus memperkuat sejarah yang dimiliki Honda CB200, sehingga tema old school yang dipilih. Sesuai kelahirannya,” kata Hanafi Hasan, modifikator yang beken dipanggil Opay. Mulai dari pemilihan clear hitam doff untuk penampilan body yang mungkin sekaligus mencirikan si owner yang bekerja di salah satu perusahaan rokok dengan tagline “Think Black”. Sentuhan jok kulit berwarna coklat, cukup soft dipandang mata. Agar semakin mantap, beberapa part ikut dikinclongin.

    Walau mempertegas masa kejayaan old school, Opay tak lupa juga pertimbangkan estetika dan kenyamanan. Mulai dari penggantian tangki original menggunakan Yamaha GT, aplikasi suspensi serta knalpot Harley-Davidson yang manjakan telinga.
    Sektor belakang, ikut direkontruksi dengan aplikasi sepatbor custom menggunakan pelat besi ukuran 0,9 mm. Semuanya tertata rapi dan simple.

    Disempurnakan, pemilihan komponen kaki-kaki yang dibikin gambot. “Untuk bagian belakang dipilih pelek 3,50X17 dan depan 3,00X18,” bilang Opay yang juga sedikit menampilkan nuansa boober.

    Karena penggunaan ban yang gambot, arm kudu dicustom. Pasalnya, arm original CB200 terlalu pendek. Sehingga harus tempuh extension alias pemanjangan sekitar 5 cm.


    DATA MODIFIKASI
    Handgrip: Harley-Davidson
    Spion: Harley-Davidson
    Setang: Custom
    Box aki: Honda CB 100
    Opay Custom: (021) 3596-8278









    Source
    =========================================
    kaki2 nya kekar :matabelo:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Pasang Piston Jangan Terbalik! Perhatikan Tandanya

    [​IMG]

    Perhatikan tanda yang ada pada permukaan piston ketika ingin memasang. Tanda ini ada yang berupa huruf dan ada juga titik. Dengan adanya tanda tersebut, tujuannya biar saat pemasangan piston tidak terbalik.

    Padahal, kalau kita perhatikan, piston terbalik atau tidak bentuknya sama saja. “Salah, kalau kita perhatikan lebih seksama lagi atau kita lakukan pengukuran yang presisi titik tengah dari pena piston tidak tepat berada di tengah-tengah,” buka Trisno Dirgantoro salah satu pengajar yang ada di Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK N 1 Tengaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

    Menurut pak guru satu ini, kondisi ini terkait adanya offset engine yang ada pada masing-masing motor. “Offset engine merupakan konstruksi pada mesin yang menunjukkan bahwa titik tengah dari piston dan titik tengah dari poros engkol tidak segaris,” beber pria yang mengendari Suzuki Satria 2-tak.

    Nah, sekarang apa pengaruhnya jika pemasangannya terbalik? “Offset engine ini berfungsi untuk memperkecil gaya tekan ke samping dari sisi piston yang menekan silinder,” jelasnya.

    Jika pemasangan sampai terbalik, pengaruhnya pada kinerja mesin sangat besar. Yang bisa langsung kita dengarkan dari suara mesin yang berubah menjadi kasar. Hal itu karena gaya gesek yang terjadi semakin besar.

    Selain itu, keausan jadi lebih cepat karena besarnya gesekan yang terjadi antara piston dengan dinding silinder. “Maka itu, jangan sampai terbalik. Perhatikan tanda,” jelasnya.

    Tanda yang ada di piston bermacam-macam. Ada tanda IN dan EX. Tinggal menyesuaikan tanda saja. Misal di permukaan piston tertulis IN, maka tanda itu diposisikan di katup IN pada kepala silinder.








    Source
    =========================================
    kalo sampe ada yg masang kebalik, bener2 dah... :facepalm:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.