1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 2

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Sep 14, 2012.

?

Motor Merk & Jenis Apa Yang Kamu Suka & Nyaman Digunakan Sehari-hari :motor:

  1. Honda Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Honda Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Honda Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Yamaha Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Yamaha Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Yamaha Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Suzuki (Bebek, Skuter Matik, & Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Kawasaki (Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  9. TVS atau Bajaj

    0 vote(s)
    0.0%
  10. MoGe (Ducati, Harley Davidson, dll)

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Rawat Karet di Lubang Tangki, Cegah Bensin Luber

    [​IMG]

    Motor bebek dan skubek rakitan sekarang dilengkapi karet pelindung tangki. Bahan kenyal penyekat bensin di balik tutup tangki ini ada di Yamaha Nouvo, Suzuki New Smash atau Yamaha New Vega R, menyelimuti area atas tangki. Apa ya fungsinya?

    Menurut pabrikan yang menerapkan peranti ini, karet tersebut berfungsi sebagai protektor jika bensin terlalu penuh hingga luber keluar. Maka adanya karet pelindung, sisa BBM diarahkan ke sisi bodi motor paling aman.

    Arahnya bisa ke kanan atau ke kiri tergantung desain motor. Apalagi desain kabel kelistrikan pada tungangan berbeda pula. Yang penting sisa aliran besin tidak bikin hubungan arus pendek alias korslet. Belum lagi kalau sampai menetes ke knalpot, jadi aman dari bahaya kebakaran.

    Soal bentuk karet protektor tangki memang beragam. Di New Vega R relatif kecil dengan ‘got’ menuju kiri, sedang di Suzuki New Smash dan Nouvo tampil lebar hingga hampir menutupi permukaan tangki. Malahan di Honda Vario bukan cuma didesain lebar, tapi juga dilengkapi slang pembuangan ke kiri.

    Cuma kenapa juga bensin yang tumpah langsung dibuang. Padahal kan cuma dikit dan cepat menguap. Pastinya, selain tetap menjaga kebersihan permukaan tangki dari bercak sisa BBM, juga jauh dari resiko korslet. Jadi, kalau bisa tetap jaga kondisi di seputar tutup tangki.




    Source
    =================================


    jangan sampe meleduk kalo ada korsleting listrik :iii:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Siapkan Kejutan Manis di 2013

    [​IMG]

    Bogor - Kalah telak dari pesaingnya di 2012, membuat Yamaha harus membuat strategi baru. Yamaha membuka 2013 dengan memperkenalkan 3 motor sekaligus. Yamaha berjanji tahun ini adalah tahun yang banyak kejutan.

    "Lihat saja nanti pokoknya tahun 2013 ini kita banyak kejutan," cetus Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada detikOto disela acara test ride Xeon RC di Sirkuit Karting Sentul, Jawa Barat, Rabu (9/1/2012).

    Namun ketika ditanya lagi apakah ada produk baru atau meluncurkan motor yang belum diinjeksikan?

    Eko mengatakan, sampai tahun 2014 nanti produk Yamaha sudah mengusung teknologi injeksi YMJET-FI.

    "Pokonya tunggu saja. Pasti nanti kita undang," elak Eko sambil tersenyum.

    "Kita benar-benar banyak dan penuh kejutan di tahun 2013 ini untuk konsumen di Indonesia," tandasnya.

    R15 mungkin Pak Eko?




    Source
    =================================


    bagusan juga jualan spg manis :obmesum:​
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Yamaha: Jupiter MX Injeksi? Tunggu Saja!

    [​IMG]

    Jakarta - Tahun 2014 semua motor diharuskan sudah mengusung sistem injeksi atau masuk ke Euro 3. Dengan demikian PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah mulai mengencangkan ikat pinggangnya.

    Buktinya Yamaha Indonesia terus mengeluarkan motor dengan teknologi injeksi seperti Mio J, Soul GT, Jupiter Z1, V-Ixion dan yang terakhir yakni Xeon injeksi. Namun ada beberapa motor yang belum mengusung teknologi injeksi salah satunya Jupiter MX yang sudah banyak ditunggu konsumen setianya di Indonesia.

    GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo, mengatakan kalau awal 2014 mendatang semua produk Yamaha yang beredar di Indonesia akan mengusung teknologi injeksi YMJET-FI.

    Karena konsumen banyak yang menanyakan kapan Jupiter MX mengusung sistem injeksi YMJET-FI, detikOto pun bertanya untuk Jupiter MX injeksi kapan diluncurkannya?

    "Jupiter MX injeksi kita tunggu saja ya," elak Eko saat berbincang dengan detikOto, disela acara test ride Xeon RC di Sirkuit Karting Sentul, Jawa Barat, Rabu (9/1/2012).

    Eko menambahkan di tahun 2013 ini Yamaha Indonesia banyak memberikan kejutan-kejutan untuk konsumen setianya, terutama dalam mengeluarkan produk baru yang akan mengusung teknologi sistem injeksi khas Yamaha yakni YMJET-FI.

    "Tunggu saja pokoknya banyak kejutan di tahun ini dan di 2014 semua motor Yamaha yang belum injeksi sudah injeksi semuanya," tandasnya.




    Source
    =================================


    terdepan, dalam ketinggalan :hehe:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Honda BeAT Kini Jadi Tulang Punggung Honda

    [​IMG]

    Jakarta - Produsen motor Honda sedang berbunga-bunga, Bagaimana tidak, tahun lalu dominasi mereka di pasar motor Indonesia makin kuat saja. Varian motor Honda BeAT menjadi tulang punggung mereka.

    Di tahun 2012 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki pangsa pasar 57,9 persen setelah menjual 4.088.888 unit sepeda motor sepanjang tahun 2012.

    Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu penjualan motor di pasar domestik tercatat sebanyak 7.064.457 unit atau turun 11,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Dari hasil tersebut, penopang utama penjualan Honda masih berasal dari model skuter otomatik atau skutik.

    Model ini berkontribusi sebesar 69,9 % terhadap total penjualan Honda pada tahun 2012 setelah terjual sebanyak 2.859.989 unit di 2012. Melalui angka penjualan ini, Honda semakin mengukuhkan diri sebagai raja motor skutik dengan pangsa pasar 68% dari total penjualan skutik nasional yang tercatat 4.208.219 unit.

    Honda BeAT Series tercatat sebagai penyumbang terbesar terhadap penjualan skutik Honda dengan angka penjualan 1.466.185 unit diikuti oleh Honda Vario Series dengan 1.079.943 unit, Honda Scoopy 155.512 unit, Honda Spacy Series 155.856 unit, dan Honda PCX 2.484 unit.

    Di segmen sepeda motor bebek, AHM menjual sebanyak 1.058.281 unit atau berkontribusi 25,9% terhadap total penjualan Honda. Dengan perolehan ini, pangsa pasar Honda di pasar motor bebek nasional juga meningkat dari hanya 55,4% pada tahun 2011 menjadi 57,1% pada tahun 2012.

    Kontribusi terbesar penjualan motor bebek Honda disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan angka penjualan sebanyak 526.294 unit diikuti oleh Honda Revo Series dengan angka penjualan sebanyak 363.599 unit dan Honda New Blade sebanyak 168.388 unit.

    Sementara di segmen sport, pencapaian AHM juga cukup menggembirakan. Sepanjang tahun lalu, tercatat menjual 170.618 unit. Model Honda New Megapro tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 122.237 unit, diikuti oleh Honda Tiger 20.872 unit, Honda CBR Series 17.635 unit, Honda CS1 4.165 unit, dan Honda CB150R StreetFire 5.709 unit.




    Source
    =================================


    pasar matik emang paling :top:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Honda Vario Techno, Modifikasi Anti Ribet

    [​IMG]

    Komarudin, pemilik skubek Honda Vario ini seolah ingin membuktikan. Iya, membuktikan kalau modifikasi yang sederhana, simpel dan minimalis tetap bisa eye catching. Terbukti! Sebab tampilan skubek kesayangannya ini malah sempat dikira built up alias import dari luar negeri.

    “Biasanya kebanyakkan orang mengubah bentuk motor itu agak frontal. Tapi, saya lebih memilih tampilan ringkas dan ogah ribet, yang intinya enggak mau neko-neko. Apalagi dalam soal modifikasi itu harus memiliki konsep matang hingga bisa mendapatkan taste dari ubahannya itu,” ucap Komeng yang bukan komedian identik dengan ‘Uhuuuyy’, tapi sapaan mesra dari Komarudin.

    Dalam modifikasinya ini kali, Komeng tetap ingin mempertahankan aura kental dari bentuk asli Vario. Ini dilakukan agar tidak mau ribet dalam kesehariannya dan yang pasti tetap mengusung faktor safety. Karena, pacuan ini juga digunakan sebagai tunggangan harian pula.

    Untuk modif tampilan skubeknya, Komeng dibantu Chank. Doi, rekan sekaligus punggawa rumah modifikasi CM57.

    “Cukup simpel konsep yang diinginkan Komeng. Hanya bermain di beberapa bagian detailnya saja. Karena skubek ini kerap digunakan wara-wiri, jadi mesti aman juga,” tutur Chank yang bermarkas di Jl. Lapang Bola Ampera No. 27, Ciledug, Cirebon, Jabar.

    Karena mengusung tema yang simpel, kelir asli Vario tidak mengalami ubahan. Tapi, Chank lebih mengarah pada permainan cutting sticker. Untuk itu, bodi Vario lantas dilapisi stiker ciri khas dari skubek Negeri Gajah Putih atau kerap disebut model Thai look’s.

    Biar kontras, variasi juga disesuaikan kelir stiker yang dominan warna merah dan kelir hitam di bodi. “Hasilnya tidak terlalu ramai apalagi ribet,” yakin Komeng yang juragan kunci-kunci rumah ini.

    Kunci mata ya!.




    Source
    =================================


    modif yg simple2 aja, ndak usah terlalu esktrem :hoho:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Utilitas Kunci Jok, Dirawat Agar Bagus dan Tetap Enak Dipakai

    [​IMG]

    Desain dan teknologi rumah kunci kontak terus berkembang. Berawal dari sistem pengaman di kunci setang, kini motor rakitan sekarang menggunakan fitur pengaman sistem magnetic di lubang kunci kontaknya. Sehingga di kunci kontak bukan cuma ada mata kunci biasa, tapi juga mata kunci magnetic.

    Karena banyak model, enggak heran jika tiap pabrikan motor menerapkan model mata kunci magnetic bermacam bentuk. Adanya yang posisi rumah magnetnya di tengah, bahkan ada juga ada yang posisinya di samping kanan atau kiri. Namun semua punya fungsi sama, yaitu membuka penutup lubang kunci.

    Lantaran bentuk mata kunci magnet sangat beragam, tidak disangka kalau desainnya justru malah menyulitkan pemilik motor saat akan membuka jok. Terlebih lagi jika posisi lubang kunci jok yang ada di bodi belakang, berada tepat diantara jok, behel belakang, lampu sein dan bodi buritan yang cenderung cembung pada jenis motor tertentu.

    Contohnya Honda Spacy, Scoopy dan Yamaha Fino. Kebetulan rumah lubang mata kunci jok tunggangan bukan cuma ada di belakang, tapi juga ada di bagian yang cukup sulit.

    Sehingga bila pemilik motor terburu-buru dan salah mengarahkan mata kunci ke rumahnya, biasanya mata kunci dari besi dan berujung tajam akan membuat bagian komponen di sekitarnya mudah tergores. Apalagi jika mata kunci dikasih gantungan bermaterial keras juga berat.

    [​IMG]

    “Makanya agar bagian luar enggak gampang tergores, baiknya lebih hati-hati saat akan memasukkan mata kunci. Selain itu jangan dikasih banyak gantungan kunci bermaterial keras yang dapat menggesek dan menggores permukaan bodi atau komponen di sekitarnnya. Apalagi jika di beberapa tipe motor, mata kuncinya justru sangat dekat dengan cover bodi,” ujar Petrus J. Edison modifikator builider A2M.

    Cuma kalau memang tetap ingin menggunakan gantungan, saran Petrus pastikan pilih yang tidak bikin repot saat akan memasukan mata kunci. Sehingga fungsi kunci kontak magnetic tetap mudah digunakan dan yang pasti tampilannya bagus terus meski sudah lama dipakai.

    Adapun kiat menghindari bodi lecet banyak caranya. Selain harus hati-hati saat akan memasukkan mata kunci kontak, kalau pakai gantungan pilih bahan yang ringan macam kain, plastik atau karet. Dan kalau bisa pilih ring penghubung kunci dengan gantungan ukuran kecil. Atau kalau mau lebih aman lagi, bodi atau komponen yang sangat dekat dengan rumah kunci jok baiknya diberi alias dilapisi stiker transparan. Sehingga bagian yang mudah tergores lebih aman karena ada pelindungnya.

    “Dan kalau digabung dengan kunci roda atau kunci lainnya, paling aman jika mata kunci dilapis pakai plastik atau slang bening. Bahkan jika ingin modal sedikit, semua kunci dimasukkan ke dompet khusus kunci kontak yang banyak dijual. Itu jauh lebih aman,” imbuh pria yang buka workshop di Jl. Muchtar Raya, Jakarta Selatan.

    Bisa Diperbaiki Asal?

    [​IMG]

    Jika memasukkan mata kunci kontak model magnet kerap dipaksa, akibat yang timbul mata kunci magnetik mudah terkikis, gampang slek sampai enggak bisa dibuka karena posisinya melenceng. Alhasil, penutup lubang mata kunci kontak enggak bisa dibuka.

    Makanya biar awet pastikan posisi mata kunci magnetic saat akan membukanya. Pastikan juga di bagian mata kunci magnet enggak ada kotoran (pasir) melekat. Jika kotor, khawatir mata kunci enggak fungsi sempurna, bahkan kerap bergesek yang berisiko rumah magnet rusak.

    "Kalau rumah magnet rusak dan menyebabkan magnet terlepas masih bisa diperbaiki,” pesan Nazarudin dari Udin Kunci di. Jl Pejuangan, sisi selatan tol Kebon Jeruk (depan Foodhall), Jakarta Barat.




    Source
    =================================


    rawatlah lubang kunci motor :matabelo
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Rangka Baru Yamaha Xeon RC Banyak Berubah, Lebih Stabil dan Nyaman

    [​IMG]

    Ubahan pada rangka Yamaha Xeon RC ternyata lumayan banyak. Meski nampak luar, dimensinya tidak jauh berbeda, tapi ternyata ada beberapa penyesuaian yang membuatnya lebih stabil dan nyaman.

    Apa aja ya? Yuk tanya langsung pada yang paling tahu seluk beluk matik anyar Yamaha ini. M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pasti paling tahu, sejak pengembangan Xeon RC, pria ramah ini bersama timnya sudah banyak terlibat.

    Menurut Abidin, penyempurnaan yang paling signifikan adalah pada ground clereance yang dibuat sedikit lebih tinggi, kini naik 10 mm ketimbang Xeon lama. "Dibuat lebih tinggi biar enggak gasruk saat melintasi polisi tidur," ungkapnya ketika ditemui di Sirkuit Karting Sentul kemarin (9/10).

    Jarak terendah dari tanah ini jadi lebih tinggi karena dilakukan setting ulang pada suspensi depannya. Sokbraker depan sedikit lebih tinggi, selain membuat ground clereance aman pada polisi tidur juga memberikan efek redaman suspensi dengan yang lebih lembut.

    Jarak main sokbraker depan lebih panjang, gejala suspensi depan keras jadi berkurang. Terbukti ketika di jajal melewati jalanan rusak di area parkir Sirkuit Karting Sentul. Enggak jedak..jeduk.. lagi bro!

    Efek lainnya adalah, karena suspensi depan lebih tinggi tapi rake atau sudut caster-nya tetap, otomatis motor jadi sedikit lebih panjang. Wheel base-nya jadi molor 5 mm. "Karenanya, titik beratnya jadi lebih mundur, sekarang lebih ke tengah. Untuk stabilitas jadi lebih baik," yakin Abidin.

    [​IMG]
    Roda belakang tanpa rear swin arm, sokbraker depan lebih tinggi.

    Satu lagi yang diubah pada Xeon RC adalah, melepas rear arm. Komponen ini lebih sering disebut dengan lengan ayun yang posisinya ada di roda belakang sebelah kanan. Sebelumnya komponen ini disebut-sebut berkaitan erat dengan stabilitas, tapi kini justru ditanggalkan.

    Tentunya Yamaha punya alasan dengan langkahnya ini. Yang pertama adalah mengurangi bobot agar power to weight ratio-nya lebih besar. Jangan kaget kalau hanya dengan pengurangan komponen ini, bobotnya bisa dipangkas hingga 3 kilogram.

    Yang berikutnya adalah masalah service, kini mau ganti ban bisa dilakukan dengan lebih cepat. Enggak perlu repot lepas swing arm ini.

    Tuh, banyak penyempurnaanya kan!



    Source
    =================================


    makin ringan :top:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Penyempurnaan Mesin Xeon RC, Aplikasi Teknologi Low Friction

    [​IMG]

    Bukan cuma rangka dan tambah injeksi, Yamaha Xeon RC terbaru juga mengalami beberapa penyempurnaan pada mesin. Hasilnya tenaganya diklaim meningkat, bahan bakarnya juga lebih hemat.

    Tenaganya kini ada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm. "Ini naik kurang lebih 8 persen dari Xeon terdahulu," jelas Bayu Astyawanto, dari Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sedang konsumsi BBM nya lebih hemat sekitar 20 persen.

    Kalau melihat data spesifikasi Honda Vario Techno 125 yang diambil dari website resmi Astra Honda Motor, power Yamaha Xeon RC beda kini jadi beda tipis. Vario Techno 125 powernya ada di 11,3 PS di 8.500 rpm.

    Terus apa aja ubahannya? Salah satu yang menjadi konsentrasi Yamaha adalah pada aplikasi teknologi low friction. Seperti pada aplikasi roller rocker arm. Dengan penambahan roller pada rocker arm-nya seperti yang digunakan pada V-Ixion dan Jupiter Z1, gesekan antara rocker arm dan noken as jadi lebih kecil.

    Selain itu, teknologi low friction juga bisa dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. "Sama seperti Yamaha New V-Ixion. Memiliki cut off pada sistem pengisiannya, bekerja ketika suplai arus listik ke aki sudah penuh," jelas Bayu.

    [​IMG]

    "Kalau sistem sebelumnya, ketika aki sudah penuh arus listiknya dibuang. Tapi pada sistem ini bisa diputus, jadi magnet hanya bekerja untuk mensuplai arus ke lampu. Efek baiknya, beban putaran pada mesin lebih ringan sehingga mesin jadi lebih efisien," sambungnya.

    Selain mesin lebih efisien, dengan teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless.

    "Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil," terang Bayu yang juga mengaku ada perubahan pada kruk as baru Yamaha Xeon RC. "Balancing kruk as-nya diatur ulang, agar lebih sempurna," tutup penggemar olah raga basket ini.

    Sedang teknologi unggulan lainnya seperti DiASil Silinder dan Forged Piston serta radiator juga tetap dipertahankan. Enggak cuma tambah injeksi doang bro!




    Source
    =================================


    nice change log :top:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] First Ride Yamaha Xeon RC, Makin Responsif dan Stabil

    [​IMG]

    Meski hujan seharian mengguyur Jakarta dan Bogor hari Rabu kemarin (9/1), tetap tidak menyurutkan niat kami untuk mencoba varian teranyar dari Yamaha, Xeon RC..!!! Melibas macetnya jalanan Jakarta yang makin menjadi ketika hujan turun dan menyusuri TOL Jagorawi kami jalani demi mencoba Xeon baru yang sudah dijejali injeksi ini di Sirkuit Karting Sentul, Bogor.

    Meski tidak bisa maksimal karena hujan mengguyur lintasan, tapi impresi perdana bersama Xeon RC cukup berkesan. Beberapa perubahan yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bisa langsung dirasakan. Simak terus ya..!

    Desain
    Secara desain, penyegaran paling mencolok ternyata hanya terdapat di bagian depan. Cover headlamp berubah total. Lampu utama lebih lebar, lampu senja yang tadinya di setang kini pindah ke sayap bagian samping. Meski begitu tampangnya cukup sporty dan tampil sporty dengan pilihan warna-warna ngejrenk.

    [​IMG]
    Desain lampu depan dan belakang paling banyak berubah

    Di balik setang, desain panel indikatornya masih serupa Xeon lama. Begitu juga dengan konsol di bawah setang yang tetap ada dua. Di bagian belakang hampir tidak ada yang berbeda, desainnya masih sebelas-dua belas. Namun stop lamp pada Yamaha Xeon RC ini berkonsep "after burner jet tail lamp", cirinya ada pada bagian dalam terdapat ornamen garis-garis tajam sehingga nampak lebih kokoh.

    Desain yang baru lainnya, bisa dilihat pada desain knalpot anyar yang terinspirasi dari bentuk knalpot Yamaha T-Max. Strip sewarna bodi juga bisa ditemukan di bibir pelek. "Itu bukan stiker loh, tapi sudah dicat jadi lebih awet," terang M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Sokbraker belakang motor yang dijual Rp 15,1 juta on the road Jakarta ini juga lebih mencolok mata, bagian ulirnya di cat merah. Kesan sporty sengaja disasar. Meski standar enggak kalah keren dengan sokbraker variasi yang banyak beredar.

    [​IMG]
    Sokbraker depan disetting sedikit lebih tinggi, smart lock system sangat mudah dioperasikan

    Fitur dan Teknologi
    Fitur yang paling baru adalah Smart Lock System dan Smart Stand Switch. Ternyata ketika digunakan sangat mudah bro..! Smart lock system atau kunci parkirnya sangat user friendly, tinggal tarik rem belakang lalu tekan ke bawah tuas smart lock system-nya. Cukup pakai satu tangan!

    Smart stand switch, mengingatkan jika standar samping belum dilipat cara dengan membuat mesin tidak bisa hidup, sama seperti yang digunakan matik Honda. Bedanya ketika mesin hidup lalu standar samping dibuka, bukan cuma mesin mati tapi ada lampu indikator yang berkedip memberitahukan kalau posisi standar samping terbuka.

    Sedang fitur yang lain yang ada di Xeon lama tetap dipertahankan seperti kunci kontak dengan pengaman bermagnet, juga bagasi luas yang bisa memuat helm half face.

    Untuk teknologi, paling mencolok adalah aplikasi sistem injeksi bahan bakar YMJET-FI. Pasti sudah tahu kan cara kerjanya.. Injeksi ini memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Ketika putaran rendah hanya satu katup yang terbuka, di putaran tengah ke atas keduanya akan terbuka dan mensuplai udara lebih banyak.

    Dengan aplikasi injeksi baru ini, juga beberapa penyempurnaan di mesin seperti penggunaan roller rocker arm dan sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit, tenaganya diklaim meningkat 8 persen.

    Tenaganya kini ada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm. Tapi bahan bakarnya lebih hemat hingga 20 persen. Wow..!

    [​IMG]

    Handling
    Duduk di atas joknya, memang terasa lebih tinggi. Ternyata Yamaha meningkatkan ground clereance-nya 10 mm, fungsinya agar enggak mentok waktu melintasi polisi tidur. Posisi setang kemudi pun di rasa pas enggak terlalu rendah dengan pijakan kaki yang masih tergolong lega.

    Dibawa berkendara, karakter lincah dan ringan sangat terasa. Maklum bobot motor ini tergolong lebih ringan dan ramping dibandingkan kompetitornya. Dipakai melewati cone slalom, motor ini tidak meninggalkan karakter Xeon lama, tetap gesit melaju.

    Ketika melintas jalanan rusak di sekitar parkiran Sirkuit Karting Sentul yang berbatu, terasa sekali redaman sokbraker depannya lebih lembut. Nyaman dan rebound-nya pas, tapi sayang ketika masuk ke sirkuit, hujan kembali turun. Aspal yang licin memaksa kami melaju pelan saja.

    Meski begitu, tetap saja terasa kalau wheel base yang lebih panjang 3 mm, mampu memberikan sedikit tambahan stabilitas buat motor motor ini. Ketika menikung parabolik jadi lebih mantap.

    [​IMG]

    Performa
    Akselerasi motor ini tergolong responsif. Bukaan gas lebih enteng, tapi tetap halus asik untuk jalan pelan. Hentakannya makin terasa kalau sudah di kecepatan 50 km/jam ke atas. Mungkin, ketika kecepatan segitu kedua katup kupu-kupu di throttle body-nya sudah terbuka maksimal. Sehingga kabut bahan bakar yang masuk ke ruang bakar makin banyak.

    Tapi sayang, aspal licin membuat selongsong gas yang kini mengadopsi tipe pull to pull dengan dua kabel harus segera ditutup, jangan sampai nyungsep saat masuk tikungan karena terlalu cepat. Hemmm.. Jadi enggak sabar untuk mengujinya di lintasan kering, sekaligus mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Tunggu sesi test ride-nya ya..!!!


    Source
    =================================


    di track kering apa bisa lebih hebat :???:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Nouvo, Minimalis Tapi Necis

    [​IMG]

    ak ingin berlebih, tapi juga tidak ingin kurang. Rasanya, itu yang ada di benak kepala Sodikin. Pemilik Yamaha Nouvo lansiran 2003 yang tinggal di Bintaro Permai, Jakarta Selatan ini hanya ingin Nouvo ‘Lele’ miliknya tampil lebih enak dilihat.

    “Iya, inginnya tidak terlalu ramai juga modifikasi yang saya lakukan. Yang penting, motor terlihat bersih dan nyaman dipandang,” aku pria tanpa rambut di kepalanya itu alias botak. Yang ada, malah background foto motor ini yang ramai. Tapi oke dong? He.. he.. he...

    Lanjut! Dikie, begitu Sodikin disapa, coba bermain di bagian pelek. Pelek standar Nouvo yang punya diameter 16 inci diganti pakai pelek aluminium 17 inci. Tapi, lebar pelek ikut dimainkan agar terlihat indah.

    "Pelek depan pakai ukuran 1,85 x 17. Sedang belakang pakai 2,15 x 17," beber Dikie sembari bilang ban pakai merek Swallow buat bagian depan dan belakang.

    Biar terlihat bersih dan kinclong, kedua pelek dipoles lebih dulu. Begitu juga teromol depan-belakang copotan dari Yamaha Mio itu, ikut dipoles juga. Dipoles, alasannya karena perawatannya lebih mudah dari krom.

    Agar bagian depan sedikit lebih pendek, Dikie ogah kalau as sok depan dibikin timbul di atas segitiga bawah.

    Meski sejatinya sok yang timbul itu bakal tertutup cover bodi depan, tapi doi lebih pilih ganti as sok Nouvo.

    “As sok pakai milik Mio. Lebih pendek sedikit dari milik Nouvo. Kalau tabung sok-nya tetap pakai punya Nouvo,” tutup Pria bertubuh tinggi ini.

    Oke deh!



    DATA MODIFIKASI
    Pelek depan : Rossi 1,85 x 17
    Pelek belakang : TK 2,15 x 17
    Swing arm : Yamaha Nouvo Z
    Sakelar : Yamaha V-ixion
    Grip gas : KTC





    Source
    =================================


    simpel2 aja :malu
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Celana Jeans, Tetap Cucok Pakai Setelan Apa Aja!

    [​IMG]

    Denim atau jeans selalu jadi andalan biker untuk tampil asyik dengan besutan kesayangan. Bahan celana ini memang terbukti bisa diandalkan untuk segala kebutuhan. Nyaman dipakai ketika berkendara juga cocok untuk gaul. Tidak heran kalau setiap biker memiliki celana jeans andalan.

    Setiap masa model celana denim ini terus berubah mengikuti perkembangan fashion. Saat ini jeans model slim fit atau skinny jeans kembali diminati. “Pada 1970 an celana model slim fit ini populer dipakai oleh banyak band beraliran punk,” bilang Audrio salah satu pemilik merek denim lokal yang berlabel Aye! Denim.

    Ciri model celana slim-fit saat dipakai terlihat ketat, maksudnya modelnya meruncing, mengikuti bagian kaki mulai dari paha, betis, sampai pergelangan kaki. “Bila dipakai hampir tidak ada bagian yang berongga,” ujar Audrio yang menawarkan berbagai model celana slim fit.

    Aye! Denim menawarkan beberapa macam pilihan. Seperti Itendant dan Master Mason dengan model super slim fit, lalu ada Perfect Master yang model slim fit dan Provost dengan model Slim Tapered Fit. “Slim Tapered Fit maksudnya model celana ini bisa tampil seperti skinny tetapi dipakai tidak terlalu ketat,” lanjut Audrio yang menjual celana ini dengan rentang harga di kisaran Rp 400-500 ribuan.

    Asyiknya pakai skinny jeans ini cocok dengan berbagai macam setelan. Mulai dari kaos, kemeja, sampai flanel. “Untuk ngepasin sepatunya model apa aja masuk, boots bisa sepatu santai juga oke,” lanjut Adi Cahyadi pemilik Thunder 250 yang sudah bergaya street tracker.

    Selain bahan jeans, celana model skinny juga tersedia dalam bahan chino. Bahannya full katun dengan permukaan yang lebih halus dari jeans. “Kalau gue lebih suka pakai bahan Chino seperti ini, enggak terlalu kaku,” cerita Alka Sanjaya pembesut Vespa 150ie.

    Ayo pilih mana yang cocok!





    Source
    =================================


    simpel2 & nyaman :malu
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Kem Buta, Rp 125 Ribu Bisa Dibentuk Sesuka Hati

    [​IMG]

    Kem alias noken as berfungsi buat mengatur buka-tutup klep di pacuan. Tapi, durasi atau putaran kem untuk kapan menekan bisa diatur lagi. Caranya, dengan mengatur dejarat atau durasi kem itu sendiri. Seperti yang ditawarkan Ultraspeed Racing ini. Durasi kem masih belum dibentuk. Lift kem juga bisa diatur.

    "Sengaja kami tawarkan seperti itu. Jadi, mekanik atau tunner bisa menentukan sendiri durasi dan lift yang diinginkan,” bilang Freddy A. Gautama selaku owner Ultraspeed racing.

    Banyak mekanik sebut kem ini sebagai kem buta. Sebabnya, ya itu tadi! Karena durasi yang ditawarkan belum dibentuk. Noken as ini, ditawarkan bagi sobat pemilik Kawasaki KLX 150S. Tapi, menurut Freddy, kem ini juga bisa dipakai buat di Yamaha Jupiter Z atau di Yamaha Mio. “Karena bentuknya masih besar, jadi bisa saja,” tambah Freddy yang tokonya terletak di Jl. H Mencong, No 42, Ciledug, Tangerang.

    Harga yang ditawarkan untuk satu kem buta ini, hanya Rp 125 ribu. Menurut Freddy lagi, kualitas bahan logam yang ditawarkan setara dengan kem pabrikan. Lebih jelasnya, silakan datang langsung atau kontak ke HP. 0817-858080





    Source
    =================================


    jangan asal2 ganti, tar lari motor nya jadi aneh :hihi:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Melihat Spesifikasi MSX125, Mini Bike Honda Penantang Kawasaki KSR110

    [​IMG]

    Yuk lebih dekat menilik mainan barunya Honda di Thailand, punya nama MSX125 yang berarti Mini Street X-Treme 125 cc ini adalah saingan beratnya Kawasaki KSR110. Hadir dengan desain lebih segar, dan ternyata dibekali dengan beragam teknologi yang mengguli kompetitor-nya.

    Secara konsep memang nampak mengekor Kawasaki yang lebih dulu KSR110-nya sukses diterima pasar sepeda motor Thailand. Mini bike Kawasaki KSR110 sudah sangat digandrungi anak muda negeri Gajah Putih, digemari untuk modifikasi, balap hingga freestyle.

    Meski Honda punya sejarah menghasilkan banyak motor sport kecil untuk pasar Jepang dan banyak negara lain di dunia seperti Dax, Gorilla hingga Monkey, tapi khusus MSX125 khusus di kembangkan di Thailand untuk mengejar KSR110.

    [​IMG]


    Yuk lihat mesinnya, kapasitas ruang bakarnya lebih besar. Motor ini mengusung mesin 125 cc, tepatnya 124,9 cc yang diperoleh dari stroke 52,4 mm dan diameter piston 57,0 mm. Kompresinya dipatok 9,3:1 dan dilengkapi dengan transmisi 4 kecepatan lengkap dengan kopling manual.

    Powernya diklaim tembus 10 hp pada 7000 rpm dengan torsi 10,9 Nm pada 5500 rpm. Oiya satu lagi teknologi yang diunggulkan adalah injeksi bahan bakar PGM-FI. Dari spesifikasi ini saja, sudah lebih powerfull dari KSR110 yang cuma 110 cc masih karburator dan menggunakan kopling otomatis.

    Fitur di panel indikatornya juga tampil lebih modern dengan tampilan digital. Speedometer, takometer, odometer, fuel meter dan jam digital dipaduan jadi satu. Penampilan kaki-kakinya juga keren. Sokbraker depannya upside down dan monoshock di belakang.

    [​IMG]

    Lingkar rodanya tetap imut yaitu 12 inci, tapi tapak ban yang digunakan lumayan lebar. Depan pakai ukuran 120/70-12 dan yang belakang 130/70-12.

    Wah, Kawasaki di Indonesia saja berani memasarkan KSR110. Kira-kira PT Astra Honda Motor, ATPM Honda di tanah air berminat membawa motor ini gak ya...??





    Source
    =================================


    keren abis :matabelo:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Banjar Otomotif Party, Loe.. Gue.. Pren!

    [​IMG]


    Ini wadahnya biker berkumpul melebur jadi satu. Betapa Banjar Otomotif Party (BOP) selalu menyedot animo biker untuk berkunjung ke Banjar Patroman, Jawa Barat (22/23) lalu. Bertempat di stadion Patroman sejumlah biker tampak guyub dengan sesama.

    “BOP selalu ramai didatangi oleh bikers. Tentu saja bikers pelahap adventure roda dua menjadi daya tarik tersendiri yang paling banyak mengundang animo. Di sinilah berbagai macam klub biker bertemu, berkumpul saling silaturahmi dan berbagi,” bilang Dadang Kalyubi selaku petinggi IMB penghajat BOP.

    Suasana akrab penuh kehangatan juga tersaji di sepanjang acara berjalan. Bukan hanya para komunitas rakyat biker yang melebur, masyarakat setempat juga ikut meramaikan dan menyaksikan langsung gelaran BOP.

    Asyik bener. Gak ada perbedaan, semua sama tanpa memandang perbedaan dari mana dia datang. Aksi para penyanyi melantukan irama reggae menambah kehangatan suasana malam meski rintik hujan mengguyur kota Banjar. Semua berdendang dan bergoyang mengikuti alunan musik yang disajikan. Tak ada perbedaan. Semua melebur jadi satu. Pokoknya Loe,... Gue,... Pren.





    Source
    =================================


    joget bro! :dugem:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Honda C-70, Si Tua Bikin Jatuh Cinta

    [​IMG]

    Iseng pinjem motor yang sudah dimodifikasi jadi Honda C 70, bikin Marco Bain jatuh cinta. Tapi, bukan jatuh cinta kepada yang punya motor, melainkan tergoda rayuan motor tua yang sekarang sedang booming.

    “Pas pinjem Honda Prima yang sudah dimodif jadi C 70, kepingin punya juga. Tapi, basicnya harus harus C 70 tulen biar lebih tua,” curhat pria berkacamata yang nengok dipanggil Marco.

    Keinginan Marco langsung tersalurkan saat mendapat Honda C 70 dari seorang teman. Namun untuk permak si tua agar tampil lebih cantik, sexy dan enak di ‘pake’, Marco coba browsing di mang Google biar dapat inspirasi.

    Saat Marco yang bukan pembalap MotoGP ini searching di salah satu web motor Jepang, doi tergoda oleh motor yang dimodifikasi ala lembaga Pos Jepang. “Nah, setelah melihat bernuansa pos, jadi kepikiran bikin tema yang sama,” paparnya.

    Walau pun bernuansa kantor pos, tapi enggak dibikin semirip mungkin dengan tunggangan bapak pengantar surat. Melainkan memilih kelir khas amplop dan sentuhan detailing seperti prangko Suharto tahun 1983 seharga 500 perak dan cap stempel Pos Indonesia.

    Semuanya lewat detailing ukiran pen brush, Tomi Airbrush yang punya workshop di Jl. Kebon Raya, Duri Kepa, No. 103 Jakarta Barat. Hasil ukiran tangan Tomi Airbrush, harus diajungi jepol, pasalnya prangko Pak Suharto terlihat sangat realis.

    Agar tampilan si tua semakin cantik, kinclongisasi juga ikut ditempuh dibeberapa bagian seperti blok mesin dan beberapa part pendukung lainnya.

    Untuk sepatu si sexy, dipilih ban berukuran kecil dan jari-jari rapat berjumlah 72 disetiap peleknya. Lampu pendukung, sudah tertata rapi tapi kok spion enggak ada ya he.. he... Awas disumprit polisi ah.

    Enggak lupa sebagai pengambdian kepada Negara Indonesia, lambang Garuda ikut diukir di box sebelah kanan. Juga lambang 234 SC Jakarta Barat, yang merupakan komunitas yang menaungi Marco. “Cat dan clear pakai Spies Hecker,” kata Marco.

    Setelah jatuh cinta akhirnya tersalurkan juga kan?


    DATA MODIFIKASI
    Sok belakang: Honda Grand
    Handgrip: Variasi
    Tomi Airbrush: (021) 565 2607





    Source
    =================================


    tua2 keladi :hihi:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Injeksi Yamaha Xeon RC, Pakai Throttle Body 28 mm

    [​IMG]

    Sistem injeksi Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi yang dibuat untuk mesin kecil Yamaha, khususnya matik. Sebelumnya, sudah diaplikasi pada Yamaha Jog Ciao di Taiwan, Yamaha Fiore di Thailand dan Yamaha Mio J di Indonesia.

    "YMJET-FI ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Makanya, di throttle body-nya terdapat dua throttel valve atau dua katup kupu-kupu," buka Bayu Astyawanto, dari Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Ketika idle atau gas ditutup, dan pada putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Katup pertama ini menyalurkan udara lewat saluran udara tambahan di luar intake manifold. Udara ini langsung dihantarkan ke dekat injektor. Fungsinya untuk menciptakan atomisasi gas bahan bakar yang lebih halus.

    Baru ketika membutuhkan tenaga lebih dan putaran gas dibuka makin dalam, maka katup kedua di throttle terbuka lebar. Udara akan masuk seperti biasa lewat lubang di throtle body.

    "Tapi bedanya dengan Mio J, diameter lubang throttle body pada Xeon RC jauh lebih besar, yaitu 28 mm," jelasnya. Ukuran ini sama saja seperti throttle body yang diaplikasi pada Yamaha V-Ixion. Tentunya suplai udara di putaran atas jadi lebih besar.

    [​IMG]

    Didukung 6 Sensor
    Pihak Yamaha mengklaim sensor-sensornya lengkap. Sama seperti injeksi pada matik Yamaha yang lain. Yaitu terdiri dari Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP) dan O2 sensor.

    "Kalau di Mio J ada Engine Temperatur Sensor, di motor ini diganti dengan Coolant Temperature Sensor karena sudah menggunakan radiator. Sensor ini menyatu dengan thermostat," terang Bayu ketika ditemui di sela sesi test ride Yamaha Xeon RC di Sirkuit Karting Sentul, Bogor.

    Untuk mengatur idle atau langsam, motor ini sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) untuk mengaturnya secara otomatis. Sedang Electronic Control Unit alias ECU-nya sama seperti New V-Ixion yang dilengkapi dengan 33 pin.

    "Berkat aplikasi injeksi bahan bakar ini, konsumsi bahan bakar Yamaha Xeon RC jadi lebih hemat hingga 20 persen bila dibandingkan dengan versi karburatornya," tutup Bayu.






    Source
    =================================


    makin hemat :malu
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Parade Desain Modifikasi Honda CB150R dan Yamaha New V-ixion

    [​IMG]

    Setidaknya, ini yang bisa MOTOR Plus dan beberapa modifikator tawarkan buat sobat yang kepincut duo sport terbaru dari dua pabrikan motor raksasa di Tanah Air. Iya, Honda CB150R Streetfire dengan Yamaha V-ixion Lightning. Disebut Raja karena V-ixion cukup menguasai pasar kelas sport menengah 150 cc. So, mungkin juga CB150R bisa saja bertarung buat memperebutkan gelar Raja bersaing dengan V-ixion..

    Tawaran ide desain modifikasi ini dibuat beberapa modifikator dan juga airbrusher ternama di Tanah Air. Yaitu; Johny Lipurnomo dari Custom World, Santoso ‘Yayank’ Gunawan dari 909 Hot Matic, Yustinus Erwan Santoso alias Iyoes dari Insan Motor, Jaedun Muktar dari JJ Airbrush dan Tomi Gunawan dari Tomi Airbrush.

    Siapa tahu, suguhan desain yang dihadirkan ini bisa jadi acuan buat modif ketika sobat menebus salah satu pacuan ini. Menariknya, hampir semua desain yang ditawarkan pun seakan tak lari dari genre pacuan yang usung konsep streetfighter itu. Kecuali, V-ixion desain dari Iyoes yang berfairing Silakan dilirik ya!


    CUSTOM WORLD = CB150R
    Ketika ditawarkan membuat konsep desain modif, Johny amat antusias. Terutama, untuk desian CB150R. “Masih banyak yang bisa dimainkan untuk CB150R. Terutama di bagian kaki-kaki. Sayang kalau motor desainnya sudah bagus tapi kaki-kaki terlihat kurus,” sebut pria ramah berkacamata itu. Hasilnya, seperti yang sobat lihat di atas ini.


    CUSTOM WORLD – CB150R
    Konsep kaki-kaki buat CB150R ini, mengusung model pro arm buat bagian belakang. Sesuai dengan keinginan, maka pilihan ban yang dipakai cukup lebar buat temani pelek palang 10 yang diusung. Begitu juga upside down depan usung dari Ohlins. Selebihnya, bisa bermain pernik variasi agar konsep lebih menonjol. Misalnya, frame slider atau engine gurad bak kopling.


    909 HOT MATIC - CB150R
    Konsep streetfighter modern coba ditawarkan Yayank buat di CB150R ini. Selain mengusung single seater, buat bagian belakang disesaki kaki tunggal alias pro arm seperti di Honda CB1000. Setang aplikasi gaya fatbar, cocok dengan upiside down depan. “Tapi, sasis tubular tetap dipertahankan agar tidak menghilangkan identitas CB150R,” ujar modifikator ramah ini.


    909 HOT MATIC - V-IXION
    Yayank menyuguhkan konsep café racer modern melalui V-ixion Lightning. Upside down depan dipadu dengan setang model jepit. Tapi, untuk kaki belakang, Yayank mengaplikasi tubular swing arm. Knalpot pun coba dipasang di bawah jok. Pemakaian undercowl spoiler di bawah mesin dipakai agar mesin lebih berisi dan seimbang dengan bodi atas.


    TOMI AIRBRUSH - CB150R
    Tomi coba menawarkan konsep grafis simpel bergaya Honda Repsol. Jadi menurutnya, desain ini bisa dipakai buat modifikasi pabrikan atau modifikator perorangan. “Karena konsep yang ditawarkan ini mengarah ke sporty tapi tetap bergaya pabrikan,” bilangnya. Tapi, melihat desain sasis, tergolong radikal ya! Paduan deltbox dan teralis.


    TOMI AIRBRUSH - V-IXION
    Buat desain New V-ixion, Tomi coba tak ingin lari jauh dari konsep Yamaha yang selalu mengacu ke Sporty dan high-tech. Untuk grafisnya sendiri, Tomi juga mengacu ke grafis yang jadi grafis kebanggaan pabrikan berlogo Garputala itu. Jadi, antara desain bodi dan grafis saling mendukung. Apalagi, knalpot berada di baian bawah sasis belakang.


    JJ AIRBRUSH - CB150R
    Melalui CB150R, Jeje alias Jaedun coba mengangkat simbol Honda yang mengusung logo sayap tunggal. Logo ini dipadu grafis dan warna yang ceria. Ya, pemakaian warna biru, putih dan dominan merah seakan membalut seluruh bodi. Apalagi, frame alias sasis juga sudah beri kelir berwarna merah.


    JJ AIRBRUSH - V-IXION
    Grafis yang menjadi ciri khas Yamaha dengan motif kotak-kotaknya coba dikembangkan lagi oleh Jeje. Sehingga kesannya tidak terlalu klasik, melainkan lebih modern usai dipadu grafis-grafis tajam. Pilihan warna, Jeje coba bermain kelir campuran orange-putih yang juga dipadu hitam dengan motif karbon. Buntut, bergaya single seater ditemai lengan ayun dengan konsep stabilizer dibagian atasanya.


    INSAN MOTOR – CB150R
    Ducati Panigale Streetfighter jadi acuan modif bagi Iyoes buat kembangkan desain CB150R. Desain ini juga dipadu dengan konsep Ducati Monster. Maka itu, sasis teralis tetap dipertahankan. Biar terkesan lebih kekar, pemakaian pro arm ikut dipasang. Begitu juga untuk peredam kejut depan usung upside down depan model radial. “Tapi, subframe sedikit dipotong,” bilangnya.


    INSAN MOTOR – V-IXION
    Masih usung Ducati Panigale sebagai acuan, tapi kali ini pakai model fairing buat V-ixion. Tapi, untuk lampu depan, coba memakai milik Minerva VX150. Menurutnya, lampu ini bisa membuat cover lebih sporty. Untuk kaki belakang, bisa mengusung model arm layaknya Suzuki GSX 600 atau Yamaha R6. Tapi, biasa juga pakai pro arm biar tampil lebih mewah kesannya. Buat suspensi depan, tentu akan lebih maksimal lagi jika mengaplikasi peredam kejut model upside down tipe radial.





    Source
    =================================


    keren2 :top:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Semua Motor Yamaha Baru Sudah Injeksi di Tahun 2014

    [​IMG]

    Jika Honda pernah berdeklarasi untuk menginjeksikan semua sepeda motornya di tahun 2013, Yamaha juga punya rencana yang sama. Tapi bukan di 2013, target pabrikan berlambang garpu tala ini ada di 2014.

    "Kita akan injeksikan semua model yang masih karburator," buka Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). "Targetnya di 2014," sambungnya.

    "Tidak mau terlalu terburu-buru, yang penting menyiapkan jaringan kita terlebih dahulu. Agar pelayanan after sales-nya memuaskan," terang pria ramah yang gemar bermusik ini.

    Jika melihat line up Yamaha saat ini, masih ada beberapa model yang belum injeksi. Bebeknya ada Jupiter MX dan Vega ZR, sedang matiknya yang belum injeksi adalah skuter retro Fino dan bebek matik Lexam.

    Untuk line up motor sport, Byson dan Scorpio Z juga belum dibekali dengan sistem pengabutan bahan bakar yang ramah lingkungan ini. Namun ketika ditanya apa yang akan diinjeksikan terlebih dahulu, Eko masih enggan mengungkapkannya.

    "Tunggus saja, yang pasti akan banyak kejutan dari Yamaha di tahun 2013," jelasnya. "Baik secara produk, pelayanan, juga cara berkomunikasi Yamaha kepada masyarakat," ungkapnya menutup obrolan.






    Source
    =================================


    selalu ketinggalan :hehe:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Test Ride Yamaha New V-Ixion Lightning, Lebih Nyaman!

    [​IMG]

    Setelah mencuri-curi mencoba motor ini sebelum launching, lalu ikut city turing bersama Yamaha di Bandung, kini saatnya free ride..!! Berkendara suka-suka bersama Yamaha New V-Ixion Lightning. Pada sesi test ride ini, bisa mencoba macet-macetan hingga riding di malam hari untuk merasakan performa putaran atasnya.

    Fitur
    Mulai dari fitur, saatnya mengevaluasi beberapa fitur yang dibanggakan Yamaha. Seperti panel indikator digitalnya. Nyala lampunya terang dan mudah terlihat di malam hari. Pada bagian kiri, indikator lampu sein hingga engine check meski kecil tapi tetap memiliki visibilitas baik.

    Ketika geser motor di parkiran, tentu menggunakan behel yang kini didesain seirama bodi. Secara tampilan memang menarik, tapi aplikasinya jadi sedikit merepotkan karena genggaman jari hanya sedikit saja. Menggeser motor jadi terasa lebih berat,

    Masih dari behel yang disediakan Yamaha, di bagian dalamnya ternyata ada sangkutan untuk menyimpan helm. Sayangnya, posisinya terlalu dalam jadi cukup sulit dijangkau, posisi tali helm harus dikendurkan biar tetap bisa masuk dan jok tertutup rapat.

    Tapi ada satu fitur yang sangat fungsional, di balik jok ada empat tali yang bisa fungsinya sebagai kaitan ketika mengikat barang. Misalnya ketika menggunakan tali jaring untuk membawa barang, enggak perlu bingung mencari cantolannya. Simpel tapi fungsional.

    Satu lagi yang mengganjal adalah posisi plat nomor yang diletakan di atas head lamp, secara estetika menjadi kurang enak dilihat. Jadi kaya orang demam pakai kompres di jidat hehee.. Tapi ternyata, pihak Yamaha sengaja tidak memposisikannya di bawah lampu utama agar tidak menghalangin hembusan angin dari depan ke radiator. Kalau tujuannya fungsi, oke deh..

    Dan yang paling kami suka adalah tuas transmisinya. Bukan cuma satu tuas di depan, tapi ada tuas di belakang. Pindah gigi jadi bisa dilakukan tanpa mencongkel, cukup injak belakang ketika mau masuk gigi 2 sampai 5. Sepatu jadi enggak cepat rusak karena dipaksa mencongkel berkali-kali.

    Handling
    Beberapa hari jalan bersama motor ini, tidak merasakan pegal di bagian paha. Bentuk tangki yang mengerucut di bagian belakang membuat posisi duduk tidak perlu ngangkang dan membuat posisi duduk jauh lebih nyaman.

    Posisi setangnya memang tidak setinggi V-Ixion lama, pertama kali nyemplak pasti terasa menunduk, tapi coba jalan 15 menit saja. Langsung terasa pas, padahal tinggi tester hanya 165 cm. Jalan jauh juga enggak cepat capek. Artinya punggung tidak dipaksa terlalu menekuk.

    Stabilitas dirasa baik, cengkraman ban depan juga mengigit berkat titik berat motor yang dibuat sedikit lebih maju. Wheel base yang lebih panjang 18 mm juga menambah stabilitas. Paling gampang rasakan ketika menikung, tidak usah terlalu cepat tapi rasakan kalau bodinya lebih anteng saat menikung. Pasti pengaruh juga dari bannya yang kini lebih lebar. Ban belakangnya aja pakai ukuran 120/70-17.

    Suspensinya juga empuk, pas banget buat yang doyan naik motor nyaman. Depan enggak ada masalah, justru yang belakang ketika menikung dalam kecepatan tinggi ayunannya jadi berlebih. Mungkin ini yang harus diterima karena Yamaha lebih mengutamakan kenyaman dalam perjalanan harian yang tidak menuntut kecepatan terlalu tinggi.

    Sedang pengeremannya, sedikit lebih pakem dari versi teromol meski sudah disk brake dengan single piston. Tapi secara tampilan memang lebih keren dan nampak modern.

    Oiya, sempat juga melakukan rolling stoppie. Mengangkat roda belakang sambil melaju hehee.. Tapi jangan ditiru ya! Adegan ini dilakukan dengan skill khusus. Meski roda depan masih standar, tetap bisa dilakukan dengan stabil, bahkan ketika mencoba mengubah arah motor sebelum ban belakang mendarat pun bisa dilakukan dengan percaya diri tanpa takut selip. Sasis dan kaki-kakinya memang istimewa!
    Performa
    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ATPM Yamaha di Indonesia punya kuncian soal performa motor ini. Yaitu angka 7.500 rpm! Yamaha tetap mempertahankan titik puncak torsinya di 7.500 rpm.

    Torsi V-Ixion lama hanya 13,1 N.m pada 7.500 rpm, sedang yang baru mencapai 14,5 N.m di 7.500 rpm. "Torsi 7.500 rpm terbukti sangat pas dipakai berkendara di jalanan Indonesia yang padat. Putaran mesin tidak perlu terlalu tinggi, motor sudah bisa berakselerasi cepat," beber M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Untuk yang satu ini, kami juga setuju. Di jalanan Indonesia, karakter mesin over stroke-nya yang punya keunggulan enak diputaran rendah terbukti membuat berkendara lebih santai. Motor sudah enak sejak 3.000 rpm, jadi enggak perlu terlalu dalam memutar selongsong gas dan sering-sering pindah gigi.

    Eits, ketika ketemu jalan sepi di tengah malam kota Jakarta selongsong gas langsung dipelintir hingga mentok, pindah gigi cepat membuat speedometer digitalnya menunjukan angka 126 km/jam. Sayangnya lintasan kurang panjang, jadi enggak tahu nih masih bisa naik atau hanya mentok segitu. Sekedar info, kecepatan segitu diraih dengan tester berbobot 70 kilogram.

    Konsumsi BBM
    Harap dicatat, pengetesan konsumsi bahan bakar ini dilakukan tanpa metode econo riding. Rutenya juga rute yang sama yang selalu dilakukan dalam hampir semua tes konsumsi BBM di OTOMOTIFNET.COM. Buka gasnya suka-suka, kadang betot abis, kadang juga langsam lama karena macet.

    Hasilnya setelah dilakukan pengetesan sebanyak 2 kali dengan cara top up, hasilnya didapat satu liter bensin bisa menempuh jarak hingga 38 kilometer. Ups, masih lebih irit dari kompetitornya nih!


    Data Akselerasi
    0-60 km/jam: 4,1 detik
    0-80 km/jam: 7,1 detik
    0-100 km/jam: 13,1 detik
    0-100 meter: 7,1 detik
    0-201 meter: 11,3 detik
    0-402 meter: 18,4 detik






    Source
    =================================


    nyamanan mana sama cbr150r :???:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Mio Soul, Iseng Dapat Sponsor

    [​IMG]

    Biasanya iseng-iseng berhadiah. Tapi, buat Billy Kristian, juragan Jail Autobodywork Custom di Jl. Caman Raya, Jatibening, Bekasi, isengnya mendatangkan sponsor.

    "Sudah 90%. Sebentar lagi dapat sponsor," bisik Billy yang modifikasi Soul milik Renville Lie ini dengan airbrush salah satu merek rokok. Renville Lie pasrah soal pilihan cat bodi usulan Billy. "Kalo dapat sponsor kan lumayan," kekehnya.

    Pantas saja spon*sor langsung kepincut, intip ubahannya. Pelek standar tergusur dengan pelek mobil. Dipilih pelek dari pelek Suzuki Carry yang dibelah, sehingga terlihat benar-benar kekar. Pelek lebar dikombinasi dengan jari-jari ala low rider.

    Karena sok sudah diubah, dudukan monosok pun diganti. Monosok yang awalnya di samping dipindahkan ke tengah. Dudukan baru memanfaatkan pelat setebal 4 mm.

    "Pembuatan dudukan baru harus benar-benar pas. Agar sok tidak mentok ke karbu," lanjut modifikator yang selalu nenteng iPad ini.

    Karena pelek sudah berubah lebih besar, otomatis beban mesin bertambah. Untuk mendukung kerja mesin, Billy sedikit menaikkan power mesin. "Cukup korek harian. Oversize 100," lanjut modifikator yang sedang menyelesaikan S2 ini.

    Ubahan bodi, Billy mengandalkan customnya. Di bagian batok lampu depan mirip punya BeAT yang nempel dengan setang longbar yang dicustom ala Jail. Sedangkan bodi belakang batok lampunya mirip punya sodara satu pabrikannya, Jupiter MX.

    Saluran buang,dibuat lebih besar menyesuaikan peleknya yang lebar. Untuk itu Billy mengandalkan custom dari Knalpot IMS milik Chuenk yang lokasinya tidak jauh dari Jail Bodywork.

    Low rider kalau musim hujan mudah kena cipratan. Billy membuatkan hugger untuk mengurangi menghalanginya. "Namanya hugger model Batman," kekehnya. Wah..bisa terbang dong...



    Source
    ================================

    chuenk :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.