1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 2

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Sep 14, 2012.

?

Motor Merk & Jenis Apa Yang Kamu Suka & Nyaman Digunakan Sehari-hari :motor:

  1. Honda Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Honda Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Honda Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Yamaha Bebek

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Yamaha Skuter Matik

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Yamaha Sport

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Suzuki (Bebek, Skuter Matik, & Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Kawasaki (Sport)

    0 vote(s)
    0.0%
  9. TVS atau Bajaj

    0 vote(s)
    0.0%
  10. MoGe (Ducati, Harley Davidson, dll)

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Federal Oil Fokus Membidik Pasar Motor Matik

    [​IMG]

    Menjamurnya pertumbuhan motor matik di tanah air kian meyakinkan PT. Federal Karyatama untuk tetap memfokuskan penjualannya pada produk oli matik. Produsen pelumas mesin Federal Oil ini pun menargetkan pemasaran oli matiknya hingga 60 persen di 2013 mendatang.

    Hal ini diungkapkan Johannes Hermawan, Presiden Komisaris PT Federal Karyatama, saat membuka agenda dealer meeting jaringan Federal Oil se-Indonesia. "Kami akan fokus pada penjualan produk Federal Matic yang terdiri dari Federal Matic 30 dan Federal Matic 40," katanya di Grand Mercure Harmoni Hotel, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat (7/12).

    Keberanian Federal Oil ini tak lepas dari penjualan motor matik yang sudah melebihi 2,5 juta unit (Januari-Juli 2012). Angka ini menunjukkan dominasi matik terhadap varian motor lainnya, terutama varian bebek yang kian tergerus pangsa pasarnya.

    Namun, Johannes berasumsi pasar kendaraan roda dua tahun 2013 akan statis. Akan tetapi, Federal Oil sendiri yakin karena brand mereka masih menempati market share tertinggi pelumas di Indonesia.

    "Untuk itu kita akan mentargetkan kenaikan yang relevan dengan kondisi saat ini yaitu overal akan naik 18% dengan titik berat menambah besar kontribusi kenaikan di seri Federal Matic," paparnya.

    Produk Federal Matic terdiri dari Federal Matic 30 dan Federal Matic 40. Keduanya merupakan produk khusus oli motor matik. Keunggulannya adalah heat protection formula yang mampu melindungi mesin motor matik dari panas berlebih.

    Untuk informasi lebih lengkap tentang Federal Oil, silahkan mengunduh www.federaloil.co.id .


    Source
    ================================


    brand nya sangat di kenal karena dulu jadi oli standarnya Honda :hero:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Variasi Bahaya di Musim Hujan, Perhatikan Keselamatan!

    [​IMG]

    Pengendara yang maniak modifikasi, nggak hanya dituntut jago dandanin motor, tapi juga pintar baca iklim. Demi keselamatan, Bro! Maksudnya, nih motor mau dipakai saat musim hujan atau kemarau. Dengan begitu, ente bisa menggunakan komponen part yang tepat. Karena, salah pemasangan variasi, bisa berbuntut celaka jika salah membaca musim.

    Misalnya ban. Ban tapak kecil masih oke di musim kemarau, tapi sebaliknya hindari penggunaan karet bundar seperti itu di musim hujan. Karena, makin kecil tapak ban, makin kecil penampang ban yang menempel di aspal.

    Saat musim hujan, ban tapak kecil ini, patternnya tidak efektif membuang air, sehingga ban seolah mengambang. Bahasa kerennya aqua planning. Bahasa awamnya, licin, bo. Sebaiknya gunakan ban tapak lebar di musim hujan.

    [​IMG]

    Lalu lampu. Lampu HID mempunyai kelvin tinggi (6.000-15.000 Kelvin). Cahayanya putih dan kebiru-biruan hingga ungu. Untuk pemakaian musim kemarau, bohlam berkelvin tinggi masih oke. Tapi tidak dianjurkan di saat hujan seperti sekarang ini.

    Cahaya putihnya akan bias ketemu air hujan. Otomatis, jarak pandang jadi pendek. Sehingga kita jadi kurang cermat mengetahui situasi lalu lintas di depan kita. Sebaliknya, Kelvin rendah dengan warna kuning efektif di musim hujan. Batok lampu model smoke pun malah oke di hujan.

    [​IMG]

    Terakhir handgrip. Handgrip berbahan stainless atau alumimium pasti akan terlihat ciamik di musim kemarau. Aksen kromnya memberi nuansa kemewahan.

    Tapi, jangan sesekali dipakai saat hujan. Pasti licin. Lha wong tanpa kena air aja handgrip model ini sudah dipastikan licin. Apalagi bila kena guyuran air dari langit.

    Musim hujan begini, sebaiknya pilih handgrip variasi berbahan karet. Lebih keset di genggaman. Terlebih jika saat berkendara, sobat menggunakna sarung tangan. Sarung tangan yang rata-rata berbahan kulit, akan membuat genggaman makin merekat ketika bertemu handgrip karet.


    Source
    ================================


    gpp, pake aja ban ceper nya, biar langsung :bonyok:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Pasang Bagasi Ekstra, Solusi Barang Bawaan di Musim Hujan

    [​IMG]

    Di musim hujan seperti sekarang, pemasangan bagasi ekstra atau boks di motor bisa menjadi alternatif menyimpan dan mengamankan barang bawaan dari guyuran hujan. Termasuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan saat riding di hujan. Jas hujan, sepatu karet atau cover sepatu, serta mengamankan bawaan dari basah.

    Pilihan ukuran boks disesuaikan keinginan. Mulai dari kecil, sampai yang besar. "Untuk ukuran boks, sebaiknya disesuaikan tipe motor. Ukuran kanan-kiri tidak melebihi batas luar setang dan belakang tidak melebihi panjang motor," anjur Jusri Pulubuhu, direktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

    Dari bahan boks juga memiliki ragam. Buat pecinta model retro, ragam lapisan luar boks ada yang membungkusnya dengan bahan kulit. Untuk bahan kulit, sebaiknya tidak digunakan pada saat musim hujan. "Ada yang bungkus semi kulit biasa, ada juga yang bahan," terang Kim, juragan TrenTik Motor di Jl. Otista Raya No. 52, Jakarta Timur.

    [​IMG]

    Produk terbaru boks belakang gaya retro yang diproduksi TrenTik diklaim lebih melindungi barang bawaan di dalamnya. "Cukup untuk satu helm halfface. Dengan tutupnya dua lapis. Lapis pertama memakai ritsleting, dan lapisan luar pakai lubang kancing yang menutup hingga bagian samping boks. Aman dari rembesan air hujan," promonya.

    Eka Satrya dari Motoritz yang menyediakan merek Givi menganjurkan pilih volume boks sesuai motor. Kode pada boks menunjukkan volumenya. "Rata-rata bahan yang dipakai plastik antipecah. Dan di antara tutup dan bodi sudah dilengkapi karet sil yang berguna untuk menahan air masuk dalam boks. Jadi penggunaan boks membantu menempatkan barang tanpa terkendala hujan," terang Eka.


    Source
    ================================


    hari gini kaga pake box?? siap2 aje kebasahan :basah:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Pelengkap Terabas Hujan, Bisa Jadi Alternatif Agar Lebih Aman

    [​IMG]


    Selain jas hujan, perlengkapan lain yang perlu disiapkan agar tetap bisa riding saat hujan penting juga. Apalagi dengan kondisi lalu lintas Jakarta, apabila menunggu setelah hujan reda, diikuti dengan banjir dan macet. Perjalanan lebih lama. Mending siapkan diri untuk riding kala hujan. Bikers nggak takut hujan, Bro.

    Penahan cipratan. Biasanya nempel di Vespa. Tapi, gak salah dipasang di motor lain. Agar cipratan air tak mengenai kaki. "Juga sebagai variasi karena motif yang ditawarkan bermacam-macam," terang Kim dari TrenTik Motor di Jl. Otista Raya No. 52, Jakarta Timur.


    [​IMG]

    Selain itu, brother juga kudu mempersiapkan tunggangan kebanggaan agar tetap safety. Menurut Gunawan dari Bullaes, produsen lampu yang bisa dihubungi di 0812-1868-6000, lampu yang cocok untuk musim hujan HID 3000 dan 4300 kelvin.

    Karena ukuran 3000 dan 4300 kelvin cahaya yang dikeluarkan dari bohlam berwarna kuning. Hampir sama dengan lampu bawaan pabrik.


    Source
    ================================


    safety first bradah :top:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Pemerintah Australia Puji Pemotor

    [​IMG]


    Sydney - Bila di Indonesia sepeda motor dianggap sebagai biang keladi kemacetan, namun di benua Kanguru, pemerintah Australia memuji para pemotor karena dianggap lebih ramah lingkungan dibanding mobil.

    Pemerintah Australia memuji para pengendara sepeda motor karena dianggap tidak terlalu mencemari lingkungan kota.

    Dalam laporan tahunan pemerintah, keadaan 18 kota di Australia dianggap membaik.

    Hal itu dikarenakan ada 700.000 pengendara sepeda motor dan skuter yang menghasilkan emisi yang lebih rendah dari pengendara mobil, serta tidak mengambil banyak ruang di jalan-jalan dan mengurangi tekanan pada area parkir kota.

    "Keuntungan utama dari sepeda motor dan skuter dalam sistem transportasi perkotaan adalah bahwa mereka sangat efisien di sisi ruang pada saat kemacetan sekarang menjadi masalah kritis dalam kota," tulis laporan tersebut seperti detikOto dari news.com.au.

    Selain itu, ketika macet, lima motor bisa menempati satu ruang yang biasanya digunakan hanya oleh satu mobil.

    Ketua Dewan Motor Australia Shaun Lennard mengatakan kalau laporan ini adalah adalah perubahan pandangan pemerintah yang drastis. Padahal meningkatnya populasi motor sebelumnya dianggap sebagai sebuah kegagalan pembangunan.

    Dalam laporannya, Menteri Transportasi Australia Anthony Albanese mengatakan kalau keuntungan dari roda dua bisa terlihat di banyak kota besar di dunia seperti di Italia yang penuh sesak dengan motor.

    Namun di Australia --seperti halnya di Indonesia-- sepeda motor hanya dibicarakan tentang keselamatan di jalan.

    "Hal ini dapat mengaburkan fakta bahwa mereka adalah komponen penting dan berkembang dari transportasi perkotaan di saat kemacetan mempersempit waktu dan produktivitas kita," katanya.

    Logis, jika akhirnya, kota-kota di Australia bisa mengikuti Eropa dengan menyarankan penggunaan motor.

    Menurut Biro Statistik Australia, ada 511.966 sepeda motor di Australia pada tahun 2007. Angka itu telah tumbuh 38 persen mengejutkan menjadi 709.288 pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa banyak orang Australia telah berpikir hal yang sama.

    Tempat parkir untuk pemotor pun semakin ramah. Di Melbourne, motor dan skuter bisa parkir gratis di jalur pejalan kaki, sementara di Canberra motor bisa parkir gratis di tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah ke kota.


    Source
    ================================


    rada ngaco ni artikel :iii: di negara2 maju seperti Australia, kepemilikan akan sepeda motor jauh lebih sulit di banding dengan kepemilikan mobil :rokok: harga sepeda motor di sana bahkan bisa lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga mobil nya :hmm: kalo di bahas ke indonesia jangan di sama ratakan gitu lah, Indonesia tu in case Transportasi Massal Publik nya aja belum ada, gimana masyarakat mau berpindah ke satu tempat ke tempat lain dengan nyaman?? :???: solusi paling murah dan praktis ya menggunakan sepeda motor, jadi selama pemerintah Indonesia gak bisa membuat infrastruktur atau moda tansportasi massal yg baik, ya jangan pernah menyalahkan kendaraan beroda dua alias motor secara sepihak gitu dong!! :keringat:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Jakarta Jupiter Club, Flashback di 9th Anniversary

    [​IMG]

    Bagi ‘pasukan’ Jakarta Jupiter Club (JJC), Sabtu 24 November 2012 kemarin merupakan hari yang sangat bersejarah. Karena di hari itu mereka berkumpul untuk mengadakan syukuran menyambut hari ulang tahun ke-9. Walau acara digelar sederhana namun makna gelaran itu sangat sakral. “Acara itu sebagai pembuktian eksistensi anggota JJC untuk terus menjalin kebersamaan,” ungkap Angga Ketua Umum JJC.

    Acara itu juga menjadi ajang temu kangen seperti kembali ke masa lalu di mana kita kompak, solid dengan rasa kebersamaan. “Kita memaklumi karena kesibukan masing-masing sehingga membuat mereka jarang hadir ketika kopdar digelar,” bilang ketua yang punya nomor register 296.

    Makanya secara spontanitas para anggota berkomitmen sepakat untuk kembali menghidupkan lagi semangat kebersamaan. Semua itu dilakukan atas nama kemajuan JJC. Karena perjalanan selama 9 tahun bukan hal yang mudah untuk bisa mempertahankan sebuah kebersamaan.


    Source
    ================================


    silahturahmi memang gak boleh putus brader :top:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Honda Vario CW, Tiga Sektor Utama

    [​IMG]

    Akbar Bhakti yakin, untuk tampil menarik, motor tak perlu dimodifikasi secara frontal. Asalkan tahu jurusnya, dengan ubahan minim, masih bisa bikin orang membelokkan kepala. Nengok maksudnya.

    “Jurusnya, cukup modifikasi di bagian motor yang mempuyai penampang lebar. Dengan begitu, ubahan motor langsung terlihat. Sektor itu meliputi coverbodi, jok dan kaki-kaki,” buka Akbar.

    Masuk akal. Bila sektor tersebut disentuh meski hanya dengan part bolt on, niscaya motor langsung berubah. Apalagi bila tampil dengan warna-warna ceria. Menggelitik mata untuk meliriknya.

    [​IMG]

    Makin cerdas, ubahan 3 sektor inipun tak membutuhkan biaya besar. Wilayah cover bodi misalnya. Mantan jurnalis di media roda empat ini tak mau menghamburkan uang untuk mengecat ulang atau mengaribrush. Tapi, cukup dengan melapisi stiker dop. Lebih praktis, tak merusak cat orisinal, tapi langsung eye catching.

    [​IMG]

    Penampang lebar berikutnya pada sektor jok. Warna hitam standar digusur pelapis jok MBtech Camaro yang memadukan warna merah dan hitam. Sontak, motor pun terlihat berbeda. Mbtech dipilh karena mempunyai turunan warna yang banyak. Sehingga, gampang dipadupadankan dengan warna motor.

    Paling akhir di lingkar roda yang menggamit pelek jari-jari V Rossi ring 17, menggusur pelek palang standar berdiameter 14 inci. Lingkar roda tetap dibiarkan standar berwarna hitam, tapi menggunakan spoke dan hub dengan kelir kuning emas. Menarik juga.

    Setelah 3 sektor utama itu, barulah Akbar memainkan pernik-pernik pendukung yang bikin motor makin meriah. Seperti aksen chrome pada cover CVT, rear handle, sok depan dan standar motor juga baut-baut dengan bahan stainless steel.

    Selain warna chrome, demi kesan mewah pria berkaca mata ini menyematkan variasi dengan nuansa emas. Tak hanya pada jari-jari maupun teromol, juga terlihat di kick starter, handgrip dan handel rem.



    Source
    ================================


    modif lah sesuai dengan selera dan kantong :hehe:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Pasang Kepet Sepatbor, Meredam Cipratan

    [​IMG]

    Mud guard atau kepet penghalau debu dan kotoran yang terpasang pada ujung sepatbor belakang jarang sekali ditemui di motor anyar. Padahal saat musim penghujan datang, peranti yang terbuat dari karet ini sangat ideal buat menangkis cipratan dari putaran ban.

    Memang desain sepatbor pada motor-motor baru sudah diatur kemiringannya agar cipratan air bisa direndam. “Tetapi, pada kenyataanya tetap saja cipratan debu yang bercampur air hujan mengotori areal bodi motor. Apalagi sepatbor depan bikin bagian mesin jadi berlumur lumpur,” jelas Deden Hermawan, pemilik Yamaha Scorpio.

    Belajar dari masalah itu akhirnya Deden coba menyiasatatinya dengan memasang kepet tambahan pada bagian belakang ujung sepatbor.

    “Kepet ini biasanya optional yang dipakai pada motor lawas macam Honda CB, materialnya dari bahan karet,” ujar pria yang tinggal di bilangan Pangkalan Jati, Depok.

    Lantaran hanya diaplikasi saat musim hujan, doi mengakali pemasangannya model knock down. Jadi, saat pemasangan kepet hanya dijepit dengan dua binder klip yang dimensinya kecil. Itu lho penjepit kertas. Jadi, enggak usah repot harus melubangi sepatbor untuk pasang baut pengikat kepet .

    "Secara estetika juga enggak mengganggu tampilan keseluruhan motor, karena kepet dengan mudah bisa dilepas dan pasang," lanjut Deden.

    Lumayan lho, pemasangan kepet ini bikin kotoran yang bercampur lumpur enggak terlalu banyak mengotori areal mesin. Begitu juga bagian belakang kotoran yang nempel enggak tebal-tebal amat.

    “Tapi, paling penting jadi enggak menggangu pengendara motor yang ada di belakang kita. Karena cipratan air dari ban tidak sampai ke muka seperti yang dihasilkan sepatbor standar,” tutup Deden.

    Setuju tuh enggak nyusahin orang!


    Source
    ================================


    mantap, jangan sampe karena ban kita nyiprat ke orang lain, dan membahayakan orang lain :top:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Berkendara di Hujan, Lembab Bikin Subur Bakteri

    [​IMG]

    Musim hujan sudah tiba! Buat cewek, cuaca basah jadi dilema saat berkendara. Seperti jalanan licin yang tentunya harus ekstra hati-hati. Selain itu, cuaca demikian juga sering bikin bagian tubuh menjadi lembab. Bagian tubuh wanita paling sensitif terhadap kelembaban. Seperti rambut, tengkuk, ketiak, pangkal paha, dan kaki.

    Pada edisi lalu MOTOR Plus sudah bahas kelembaban soal rambut, ketiak dan pangkal paha. Mengawali musim hujan, sepertinya bagian kaki dan tengkuk, paling sering terasa lembab. Kaki mudah lembab karena saat turun naik kaki pasti kena cipratan bahkan genangan air. Apalagi yang pakai kaus kaki, rasa lembab bikin kaki kurang nyaman.

    Tengkuk tanpa disadari menjadi lembab, karena rembesan air hujan dari helm, juga karena tertutup rambut. Hal ini disebabkan cara pengendara cewek menggunakan jas hujan. Topi jas hujan jarang dipakai karena merasa sudah tertutup helem. Sehingga tetesan air dari helmet rembes ke leher.

    "Sela jari kaki yang lembab bikin kaki bau. Karena di tempat seperti ini memungkinkan bakteri gampang tumbuh. Nggak hanya cuaca hujan, bahkan panas dan lembab," sebut dr. Hannah K.M. Damar, spesialis kulit dan kelamin dari RS Siloam Hospital Lippo Karawaci, Tangerang.

    [​IMG]

    Bakteri di sela jari apabila kaki dalam kondisi lembab, mudah berkembang dan merusak kulit. "Biasanya kalau bakteri sudah berkembang, kulit menjadi rusak," tegas dokter berkacamata ini.

    Kerusakan bisa mengakibatkan kulit pecah, bintik-bintik. Makin gawat kalau menyerang hingga sampai ke bagian atas kulit.

    Di bagian tengkuk, efek kelembaban biasanya mengeluarkan bau tak sedap. Efek ke kulitnya, bisa merembet ke kulit kepala. Solusinya, segera keringkan bagian kaki, sela jari dan tengkuk dengan lap kering. Perlu perawatan khusus apabila sudah terlihat adanya bakteri, seperti kulit pecah-pecah. Bagian kaki sebaiknya selalu pakai kaos kaki bersih.

    "Penggantian kaus kaki secara rutin setiap hari sangat membantu menjaga kebersihan kaki. Pemakaian jas hujan benar dan rapat biar tidak menimbulkan rembesan di dalam tubuh," pesan dokter cantik ini.


    Source
    ================================


    musim hujan, berkendara butuh kondisi fisik dan stamina lebih :top:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Pernak-pernik Khusus Ninja 150RR Lama

    [​IMG]
    Sambungan fairing, penutup lengan ayun, dan bodi belakang kustom untuk Ninja RR 150.

    KompasOtomotif – Keemasan Kawasaki Ninja 150 RR terus meredup seiring semakin populernya sang sepupu, Ninja 250. Meski demikian, bagi penggemar fanatik, sepeda motor 2-langkah ini dinilai masih tetap modis.

    Nah, bagi pemilik yang ingin membuat penampilan Ninjanya lebih gaya lagi, bisa saja menambahkan berbagai aksesori seperti yang ditawarkan oleh DJ Custom, bengkel modifikasi yang berada di Jalan Raya Jati Kramat 88, Pondok Gede .Harga, dinilai kompetitif dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

    [​IMG]
    Warna bisa dipesan, siap kirim luar kota.

    Paling laris adalah sambungan fairing yang biasa dipakai di bawah. Aksesori ini dibanderol Rp 350.000 satu set. Juga ada spakbor belakang bawah bodi (rear hugher) seharga Rp 275.000. Penutup lengan ayun agar tampi seperti moge, dijual Rp 500.000 .

    ”Kalau ingin sedikit ekstrem, ubah saja bodi belakangnya. Biasanya pemilik Ninja RR kurang puas dengan desain belakang,” ujar Deddy Dermawanto, pemilik DJ Custom.

    [​IMG]
    Bodi belakang sekaligus penutup bagian bawah model lamp sabit, cuma Rp 300 ribu.

    Beberapa pilihan yang bisa dipesan dan paling populer adalah model ”lampu sabit”. Desainnya tak meruncing seperti pada umumnya sepeda motor sport, tetapi lebih kotak. Satu set sudah termasuk lampu dan penutup bagian bawah, dijual Rp 300.000. Untuk yang lebih atraktif, bisa rombak bodi belakang dengan model Honda RCV Series seharga Rp 1,2 juta.

    Warna bisa dipesan sesuai selera, Bahkan siap dikrim untuk luar Jakarta. Informasi langsung, hubungi 085711505000.


    Source
    ================================


    motor lama biasanya susah nyari spare part nya :sigh:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Vega, Podium Pakai Kruk As Jupiter Z

    [​IMG]

    Main di kelas Bebek Tune Up 4-Tak 115 cc butuh komponen yang optimal untuk mengail tenaga rata mulai putaran bawah hingga atas. Seperti Yamaha Vega lansiran 2005 yang dipacu Eko Chodox terjun dikelas cc terkecil ini. Engine, butuh ramuan power yang padat lewat rasio kompresi mesin tinggi.

    “Teknis kerja mesin enggak jauh dari spek mesin road race. Baik diameter klep maupun komponen lainnya. Hanya memaksimalkan komponen seadanya dengan kompresi sekitar 14,7 : 1,” buka Birowo Seno, mekanik JBX racing yang antar Eko Chodox berdiri di podium tertinggi di event Perwira Drag Bike, Purbalingga, beberapa waktu lalu.

    Ramuan kompresi tinggi, didapat dari olahan piston TDR 52 mm kolaborasi kubah squish model gentong yang cocok mengail tenaga di rpm tinggi. Makanya, hanya cocok bahan bakar bensol agar kompresi padat mampu diletup busi tipe dingin.

    Yang jadi persoalan, justru pada mekanisme kruk as. Sebab Kruk as standar Vega riskan melintir bahkan patah. Makanya kruk as asli ditukar dengan Yamaha Jupiter Z lawas. “Material kruk as Jupiter Z lebih alot. Kuat menahan kompresi tinggi tanpa takut ada gejala melintir,” cuap mekanik yang beken dengan panggilan Jebenx ini.

    Power mesin besar butuh perpindahan daya dan akselerasi yang konstan. Makanya racikan gigi rasio memakai hitungan rapat mulai dari gigi terendah hingga gigi empat. Rasio gigi I main di 13/36. Laju ke gigi dua, 16/29. Untuk gigi III, masih dipercaya perbandingan rasio standar. Sedangkan untuk gigi IV, dibikin rapat dengan racikan 21/24.

    [​IMG]

    Tapi, buat main di Purbalingga dengan jarak 201 meter, final gear cukup 13/24 mata. Jadi, ledakan power optimal mulai start hingga finish.

    Racikan durasi noken as pun mirip dengan pacuan road race yang bermain dihitungan 280º. Keseluruhan durasi, makin optimal dengan dipadu lift klep 9,2 mm. Sayangnya walaupun jawara di kelas bebek Tune Up 4-Tak 115 cc, namun ukiran time terbaik masih sedikit lebih lambat dari event sebelumnya.

    "Pas heat 115 cc cuaca mendung, padahal karbu Keihin PWK 28 disesuaikan cuaca. Pilot-jet 68 dan main-jet 112. Tapi, time tak membaik. Apalagi heat kemarin sekali langsung final. Tanpa penyisihan, jadi susah cari setingan terbaik,” papar Jebenk dari Jl. AW. Sumarmo No. 50, Solo, Jawa Tengah ini.

    DATA MODIFIKASI
    Ban depan: IRC 50/90-17
    Ban belakang: Eat My Dust 60/80-17
    Klep: Sonic
    CDI: Yamaha Fino
    Knalpot: Handmade
    JBX: 0856-2534-001


    Source
    ================================


    buset 14,7 :keringat:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Peugeot 515 Motorcycle Concept, Terinspirasi Legenda

    [​IMG]

    Simone Madella terinsipirasi Peugeot 515 yang melegenda dalam urusan pemecahan rekor kecepatan. Maka itu, desainer muda kelahiran Mantova, Italia ini pun coba mengembangkan imajinasi untuk membuat Peugeot 515 versi masa depan.

    “Saya fokus untuk mengembangkan desain Peugeot 515 yang tiga kali pecahkan dunia sejak 1934,” beber desainer yang lahir di tahun 1988 itu.

    Tetapi, konsep yang dibikin sekarang tak lagi mesin 4-tak satu silinder berkapasitas 500 cc, lho. Doi aplikasi motor elektrik besar sebagai tenaga penggerak roda belakang. Baterai yang dipakai diletakkan di bagian tengah motor. Menariknya, desainer lulusan Istituto Europeo ini juga memasang sensor yang menyerupai sayap di bawah baterai.

    [​IMG]

    Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kondisi jalan. Baik itu, kering, basah atau jalan rusak dan kotor. Nantinya seluruh kondisi jalan yang akan dilalui akan diinformasikan ke pengendara.

    Demi membuat pacuan ini bisa berlari kencang lebih dari sang legenda, Simone aplikasi sasis karbon fiber. Dengan bobot yang ringan tetapi kuat, harapannya frame akan lebih rigid kala dipacu di kecepatan tinggi.

    Maklum, jaman dulu saja Peugeot 515 bisa berlari hingga sentuh kecepatn 225 km/jam. Bisa dong!


    Source
    ================================


    bener2 di ukur banget aerodinamisnya :sembah:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Satria Club Indonesia, Peduli Bencana Alam

    [​IMG]

    Musim hujan yang melanda sebagian wilayah Indonesia menimbulkan bencana banjir. Seperti di wilayah Soreang, Bandung Selatan. Beberapa daerah di sana kena longsor dan banjir yang tingginya hingga mencapai hampir 3 meter.

    Untuk itu, Satria Club Indonesia (SCI) Korwil Jawa Barat membuat program dadakan yang dititeli Peduli Siaga Bencana Jawa Barat.

    “Perlu bantuan berupa sandang, pangan dan juga materil kepada saudara kita di sana,” kata Fauzian Guawan, Sekretaris SCI Korwil Jawa Barat

    Untuk mendapatkan donasi, mereka melakukan langsung di jalan dengan meminta sumbangan dari para pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

    Selain itu, anggota SCI juga menyumbang barang dan baju yang layak pakai dari para anggota di masing-masing klub. “Setelah terkumpul disalurkan ke posko utama di Paguyuban Raider F-150 Bandung (PRFB),” lanjut Fauzian.

    Buat brother dan teman lain yang mau ikut mengulurkan tangan, kami tunggu kedatangannya di sekretariat PRFB di Jl.Teuku Angkasa, No.43, Bandung, Jawa Barat. Atau bisa kontak langsung Humas PRFB Ifat di nomor 0857-9558-6121 atau Rama di 0888-0180-8585. Ditunggu ya bantuan brother semua.


    Source
    ================================


    salut brader :sembah:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Terjang Hujan Telanjang Kaki, Awas Kena Penyakit Kencing Tikus!

    [​IMG]

    Ketika melibas hujan banyak pengendara yang tidak siap lebih memilih melepas sepatu, telanjang kaki atau hanya sekadar pakai sendal. Alasannya, agar sepatu yang digunakan tetap bersih. Mulai sekarang sebaiknya tidak dilakukan lagi. Tetap lebih aman pakai sepatu tertutup atau dilengkapi cover sepatu.

    Sebab dalam kondisi hujan yang dilanjutkan dengan banyaknya genangan air, dipastikan akan banyak penyakit yang siap menyerang. Salah satunya adalah leptospirosis atau kencing tikus.

    "Leptospirosis terutama terjadi pada saat musim hujan dan banjir," buka dr. Farida dari klinik Group Meruya di Jl. Meruya Selatan, Jakarta Barat.

    Penularan utama melalui tikus ketika banjir. Pada kondisi ini, banyaknya genangan air dan timbunan sampah menyebabkan bakteri leptospira mudah berkembang biak. "Air kencing tikus yang terbawa arus masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka," tambahnya.

    Gejala awal terkontaminasi bakteri leptospirosis adalah demam, sakit kepala parah, nyeri otot, muntah dan mata merah. Bahkan ada yang tidak mengalami semua gejala itu. Banyak yang mengira panas badan karena perubahan cuaca atau kecapaian. Sehingga banyak yang menyepelekan gejala yang disebutkan tadi.

    "Mirip deman biasa. Tapi kalau sampai tiga hari tidak ada perubahan, baiknya segera periksakan ke dokter," anjur dokter yang juga menekuni totok wajah ini.

    Sebab kalau penanganan terlambat bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu disarankan ketika melibas genangan air atau banjir selalu dan tetap menggunakan sepatu atau booth. Untuk mengurangi kemungkinan masuknya bakteri melalui kulit yang terluka. Setelah sampai lokasi tujuan atau rumah, segera cuci bagian tubuh yang terkena air banjir dengan sabun yang mengandung desinfectan.


    Source
    ================================


    kalo mau aman, bawa sepatu boot aja :top:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Kontrol Emosi di Jalan Raya, Hindari Pidana

    [​IMG]

    Peristiwa gesekan di jalan sangat mungkin terjadi. Banyak penyebabnya. Mulai hal kecil seperti senggolan spion, ‘disundul’ dari belakang, bahkan dari soal sepele main klakson. Dari awal yang bersifat sepele ini bisa berkembang ke ranah hukum kalau memang di antara pengendara tidak memiliki kesabaran dan kontrol emosi baik.

    Peristiwa yang baru-baru saja terjadi dialami oleh Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Ia dikeroyok rombongan pengendara pada 25 November 2012 di kawasan Pondok Cabe.

    Kompol M. Nasir, Kapolsek Pamulang mengungkapkan gesekkan antara dua pengguna jalan diawali oleh adanya pelanggaran. “Masalahnya, ketika terjadi pelanggaran dan salah satu pihak melakukan tindakan melawan hukum maka yang berlaku bukan peraturan undang undang lalu lintas. Kalau misalnya, dipukul dan korban tidak terima itu masuk pidana. Bahkan mengumpat saja yang membuat lawan bicara tidak senang bisa dituntut,” kata polisi yang sedang menuntut ilmu di program Doktoral di Universitas Padjadjaran ini.

    Memang jika sudah dalam situasi demikian kontrol emosi menjadi sulit. “Namun harus diingatkan juga karena tindakan yang kurang tepat efeknya bisa panjang. Kasus pemukulan bisa dipidana sampai 6 bulan penjara.”

    Fakta di lapangan, hukum tak bisa menyelesaikan persoalan saat itu juga. Paling berperan adalah kemampuan seseorang menguasai dirinya sendiri.Dari sini bisa terukur karakter seseorang.

    Misalnya kejadian Munarman yang jengkel karena disalip pengendara. Jika penguasaan dirinya baik dan bisa mengontrol emosi, sepertinya tidak perlu mengintimidasi dengan klakson berkali-kali.

    Sebaliknya pengendara juga bisa menguasai diri, tentunya mampu meredam emosi karena diintimidasi oleh suara klakson. Masing-masing personal punya situasi emosi berlainan di jalanan, jalan paling aman adalah menahan emosi selama tidak terjadi senggolan.

    Kadang ego bermain di sini, merasa sebagai 'seseorang' dan harga diri terusik ia meledak. Di sisi lain, situasi emosi 'lawan' di jalan juga tidak bisa diprediksi, masalahnya siapa yang mulai? Dialah yang seharusnya introspeksi.

    Zaman sekarang ini, emosi seseorang atau kelompok seringkali tak tertahan malah cenderung destruktif. Kejadian sepele bisa memicu keributan besar ke masalah kriminal sampai pembunuhan.

    Inilah yang harus diwaspadai dan tentunya dihindari, lagi-lagi kemampuan seseorang mengontrol emosi menjadi hal yang krusial menghindari malapetaka. Semoga kejadian itu bisa menjadi pelajaran berharga!


    Source
    ================================


    wes, yg waras ngalah aje :yareyare:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Kenduri Karisma Nasional Ke-8, Sederhana Dalam Kekeluargaan

    [​IMG]

    Pada 24 November 2012, gelaran Kenduri Karisma Nasional (KKN) ke-8 sukses digelar. Tuan rumah kali ini Karisma Honda Automotive Team (KHAT) Subang. Pusat acara bertempat di objek wisata Kolam Renang Ciheuleut, Subang, Jawa Barat. Event ini gelaran rutin tahunan pembesut Honda Karisma yang gabung di Honda Karisma Club Indonesia (HKCI).

    Walau motor sudah stop produksi. Tapi pria ber-Karisma sebutan keren bagi para pembesut Karisma, tetap setia dan selalu membanjiri event tahunan ini. Sekitar 100 motor lebih datang.

    Untuk acara hiburan, lumayan banyak yang disajikan untuk mengobati lelah setelah turing jarak jauh. Karena KHAT Subang terletak di tatar Pasundan, salah satunya mengapresiasikan dan turut melestarikan kesenian Sunda sehingga seni Karinding Sunda ikut disajikan di rentetan acara. “Sepanjang acara terus diguyur hujan, tapi kemeriahan dan kekeluargaan yang terjalin,” kata Renaldo Sitohang yang dipercaya sebagi ketua pelaksana event KKN.

    Acara inti mendiskusikan kinerja dari keseluruhan region tiap tahun. Di sana terbuka forum untuk segala hal yang terjadi, juga termasuk mengkoordinir keberangkatan rombongan ke acara Honda Bikers Day ke-4 yang akan berlangsung di Lapangan Siwa, Candi Prambanan, Jogja beberapa minggu lagi.


    Source
    ================================


    mantap, semakin kompak brader :top:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Yamaha Soul GT, Macho Futuristik

    [​IMG]

    Yamaha Soul GT dasarnya punya modal bodi futuristik. Imajinasi futuristik dikembangkan lagi oleh Abdul Rohim dari Bekasi. Seperti terlihat di Yamaha Mio Soul oranye milik Rohim sendiri.

    Untuk tampil lebih futuristik beberapa sektor dibenahi. Bapak satu anak ini kepincut tampilan kaki-kaki gambot. “Mungkin lebih masuk dengan aliran fashion,” kata Rohim yang bekerja sama dengan Daniel Hilandov dalam merehab tunggangan.

    Ubahan kak-kaki yang dilakukan Landov tidak terlalu ekstrem. “Sok depan masih orisinal namun agar muat ban gede segitiga dilebarin,” jelas Landov yang builder CustomXize.

    Cara melebarkan segitiga tentu bukan dengan mengandalkan yang standar. Tapi, bikin lagi dari pelat 4 cm yang dilubangi di kiri-kanan agar masuk as sokbreker. Lebar segitiga ini 5 inci.

    Untuk peleknya ambil dari kepunyaan mobil. Pelek lebar 4,5 cm ini bahan yang dipilih aluminium atau racing. Untuk bagian tengah atau palangnya dibuat lagi dari aluminium. Termasuk teromol dan lubang lahernya.

    Untuk menyiasati agar bobot pelek lebih ringan Landov cukup inovatif. "Saya gabungkan bagian tengahnya dengan pelat aluminium dengan tebal 12 mm," ungkap Landov.

    [​IMG]

    Untuk pelek belakang juga ambil dari kepunyaan mobil. Lebarnya dipilih yang 5 inci. Mekanisme bikinnya sama dengan bagian depan. Dalam pemasangan perlu diakali supaya roda yang sudah lebar tidak mentok crankcase. Solusinya posisi roda digeser ke kanan.

    Namun akibat posisi roda belakang digeser ke kanan, membuat tidak center. Antara roda depan-belakang tidak lurus. Solusinya engine mounting digeser ke kiri. Jadinya ketika jalan tetap seimbang.

    Mengimbangi tampilan kaki-kaki yang gambot, sepatbor depan juga harus dipensiunkan. Untuk penggantinya Rohim pakai penghalang cipratan kotoran punya Kawasaki Ninja 250R.

    [​IMG]

    Dipadu Hitam Dof
    Setelah konsen di kaki-kaki, Rohim lanjut memikirkan warna. Member Soul GT Club Indonesia (SGCI) Jakarta Chapter ini cukup jeli. Pemilihan warna dan prosesnya pun dilakukan hati-hati agar hasilnya apik. Kelirnya kombinasi oranye dipadukan hitam semi dof.

    Kombinasi part variasi yang dipakai juga enggak ramai layaknya skubek aliran Thai look. “Minimal mungkin part pendukung tidak mengganggu tampilan motor. Kalau pakai mur atau baut warna-warni di beberapa bagian malah terkesan centil,” kelakar Landov yang bengkelnya di Jl. Lenteng Agung No. 4, Jakarta Selatan.

    Masuk akal, desain Soul GT yang terkesan macho cukup aplikasi parts seperlunya. Yang penting mendukung konsep fashion tanpa mengesampingkan unsur seni dan estetika. Wajar motor ini masuk kategori Bike of The Month SGCI.

    DATA MODIFIKASI
    Ban depan : Delitire 130/60-14
    Ban belakang : Delitire 140/60-14
    Sok belakang : YSS
    Cakram belakang: Suzuki Satria 120R
    CustomXize : 0878-8227-2290


    Source
    ================================


    keren dan macho :top:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Accu Lithium Ion, Batere HP untuk Motor

    [​IMG]


    Untuk menghadirkan aki yang sesuai keinginan konsumen, para produsen baterai motor mulai bersaing ketat. Ini kali ada produk variasi dengan ngaran Champion Batteries Haute Performance.

    “Aki Champion ini komponen penyusunnya sama seperti baterai pada handphone. Jenisnya Litium Ion, tapi dibuat khusus untuk motor,” kata Condro, pemilik toko KMS di Jl. Raya Panjang No. 20, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

    Membuat banyak pertanyaan. Apakah tidak cepat rusak? Karena baterai HP kalau dicharger terus-terusan akan kembung. Padahal di motor pengisiannya terus-terusan sepanjang mesin hidup. Apakah akan jadi cepat rusak atau kembung macam bisul?

    Kembung terjadi akibat reaksi kimia pada elektrolit polymer di dalam sel baterai. “Reaksi kimia tersebut menghasilkan panas dan berakibat gas mengembang di dalam sel yang akhirnya baterai memuai ukurannya,” ucap Condro.

    “Tetap awet kok. Karena aki ini jenisnya Litium Ion, artinya bisa dicas ulang. Aki buatan Korea ini bisa dicas sampai 2.000 kali,” jelas Condro. Alasan lain kejadian kembung akan terhindar karena kelebihan dari baterai dengan sisten Litium Polimer ini bisa menerima charge 2x lebih besar dari kapasitasnya.

    Karena terbuat dari Lithium, membuat ukurannya cukup kecil. Memiliki panjang 11,3 cm, lebar 7 cm dan tinggi 8,5 cm. Beratnya hanya 0,5 kg dengan spesifikasi 12,4 volt dan 15 ampere. Cara pasangnya enggak ada perbedaan dan enggak ada ubahan khusus. Langsung pasang seperti aki motor biasanya.

    “Motor Honda BeAT saya sudah tempuh bore up dan naik stroke menggunakan aki ini. Kalau pakai aki biasa, starter enggak mau ngangkat tapi dengan aki Champion bisa distarter dengan mulus. Saya sudah pakai sekitar 7 bulan enggak ada masalah,” jamin Condro yang jual merek Champion dengan banderol Rp 300 ribu.


    Source
    ================================


    awas efek samping ke parts lain :malu
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Kecelakaan Tunggal Bisa Klaim Asuransi Bro!

    [​IMG]


    Ada anggapan kalau kecelakaan tidak melibatkan pihak lain alias kecelakaan tunggal, pihak yang terlibat kecelakaan itu tidak bisa mengklaim segala kerugian yang diakibatkan.

    Misalnya, kendaraan rusak atau pengendara terluka serius hingga masuk rumah sakit. Anggapan ini tidak betul. Menurut Ernita Sari, Business Support Deputy Division Head Adira Insurance kecelakaan baik itu yangterjadi tunggal ataupun yang melibatkan pihak lain bisa dilakukan klaim sesuai dengan aturan yang berlaku. “Bisa namanya benefit personal accident,” jelas ibu ramah ini.

    Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono pernah mengungkapkan penyebab kecelakaan baik tunggal maupun melibatkan pihak lain bisa karena internal maupun eksternal.

    “Internal misalnya kecapean dan ngantuk. Sedangkan eksternal karena pengaruh lingkungan, misalnya jalan rusak,” sebut Wahyono.

    Kecelakaan tunggal baru tidak bisa diklaim jika penyebabnya internal. Seperti karena pengendara dalam keadaan di bawah pengaruh obat atau minuman keras. “Ini tidak bisa diklaim. Karena hal ini dinilai sebagai kelalaian,” urai Ernita.

    Untuk melakukan klaim harus dengan melengkapi dokumen klaim dan laporkan tidak lebih 3 hari dari waktu kejadian.


    Source
    ================================


    lebih baik mencegah daripada mengobati :hmm:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,612 / -0
    [Info & Tips] Britten (New Zealand), V-Twin 1000 cc Legendaris

    [​IMG]


    Ini adalah motor bersejarah. Dibuat sang jenius John Britten yang mati muda karena kanker. John membuat motor ini di garasi rumahnya, peralatan seadanya tapi ditunjang otak brilian.

    Gimana nggak motor ini sangat canggih, mulai suspensi sampai desain mesin, V-Twin 60 derajat. Speed junkie tahun 80-90an pasti mengenang kehebatan motor ini.

    Britten 165 dk, V 1000 adalah motor yang tak tertandingi di ajang balap dunia, terutama di event bergensi Daytona Race. Sayang pada 1995 John meninggal, tapi karyanya sangat legendaris!.


    Source
    ================================


    body nya belang2 :kaget:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.