1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna [INFO] Sekilas Tentang Laba - Laba

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Artanis, Apr 29, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    Ternyata Laba - laba memiliki banyak keunikan dan keberagaman jenis. Selain memiliki racun, laba - laba juga memiliki spesialiasi dalam hal berburu mangsa nya.
    mulai dari laba - laba yang berukuran kecil sampe besar. Mulai dari bentuk nya yg biasa hingga bentuk yang aneh.. :bingung:

    Untuk lebih jelasnya, dibawah ini dijelaskan beberapa jenis laba - laba dan tekhnik berburu nya.
    :belajar:

    LABA-LABA: SANG INSINYUR AHLI

    Setiap orang telah menjumpai makhluk mungil yang disebut laba-laba berkali-kali dalam hidupnya, baik di rumah, di pedesaan, atau di kebun. Tapi, makhluk kecil ini hanya menarik perhatian serius segelintir orang saja, padahal ia adalah salah satu wujud kesempurnaan ciptaan Allah. Kita perlu mengamati laba-laba ini sedikit lebih dekat untuk melihat kesempurnaan ini.


    Benang yang Lebih Kuat dari Baja

    Yang pertama kali terlintas dalam benak seseorang ketika berpikir tentang laba-laba adalah jaringnya. Ia merupakan keajaiban desain yang memiliki rancangan tersendiri, beserta perhitungan teknik yang menyertainya. Jika kita memperbesar laba-laba menjadi seukuran manusia, jaring yang dianyamnya akan memiliki tinggi sekitar seratus lima puluh meter. Ini sama tingginya dengan gedung pencakar langit berlantai lima puluh.

    Andaikan laba-laba sedemikian besar sehingga mampu membuat jaring dengan lebar lima puluh meter, maka jaring ini akan mampu menghentikan pesawat jumbo jet. Jika demikian, bagaimana laba-laba mampu membuat jaring dengan sifat ini? Agar dapat melakukan hal ini, ia pertama kali harus menggambar rancangannya, persis seperti seorang arsitek. Sebab, struktur arsitektural dengan ukuran dan kekuatan seperti ini, mustahil dilakukan tanpa sebuah perancangan. Setelah rancangan dipersiapkan, laba-laba perlu menghitung seberapa besar beban-beban yang akan menempati posisi-posisi tertentu pada jaring, persis layaknya insinyur konstruksi. Jika tidak, jaring ini pasti akan runtuh. Jika seseorang mengamati bagaimana laba-laba membangun jaringnya, akan ia temukan sebuah keajaiban yang nyata. Pertama-tama, laba-laba melempar benang yang dipintalnya ke udara, lalu aliran udara ini membawanya ke tempat tertentu di mana ia menempel. Lalu pekerjaan konstruksi dimulai. Perlu satu jam atau lebih untuk menganyam sebuah jaring.

    Mulanya, laba-laba menarik benang jenis kuat dan tegang dari titik pusat ke arah luar guna mempersiapkan kerangka jaringnya. Ia lalu menggunakan benang jenis kendor dan lengket untuk membuat lingkaran dari arah luar ke dalam. Dan kini perangkap itu telah siap. Benang yang digunakan laba-laba sama ajaibnya dengan jaring itu sendiri. Benang laba-laba lima kali lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama. Ia memiliki gaya tegang seratus lima puluh ribu kilogram per meter persegi. Jika seutas tali berdiameter tiga puluh sentimeter terbuat dari benang laba-laba, maka ia akan mampu menahan berat seratus lima puluh mobil.
    Ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan yang dinamakan Kevlar, yakni bahan pembuatan jaket anti peluru. Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar. Tetapi, benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar. Benang ini juga lebih tipis dari rambut manusia, lebih ringan dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia.

    Baja termasuk material paling kuat yang tersedia bagi manusia yang diproduksi dengan sarana industri berat, menggunakan besi, dan dalam tungku bertemperatur ribuan derajat. Ia didesain khusus agar berdaya tahan tinggi, dan digunakan pada konstruksi lebar, bangunan tinggi, dan jembatan. Laba-laba menghasilkan material yang lima kali lebih kuat dari baja, padahal ia tak memiliki tungku pembakaran dan teknologi apapun. Ia adalah makhluk mungil yang tak mampu berpikir. Sungguh suatu keajaiban bahwa makhluk kecil ini mampu menghasilkan benang yang lebih kokoh dari baja, dan menggunakannya untuk membuat bangunan dengan cara yang sama seperti para arsitek dan insinyur.

    Beberapa Jenis Laba - Laba :

    1. Dinopsis (Gladiator Spider) " Si Ahli Pembuat Perangkap"

    [​IMG]


    2. Laba - Laba Trapdoor " Si Ahli Pembuat Sensor "

    [​IMG]



    Perbandingan Klasifikasi Trapdoor dengan Tarantula

    [​IMG]


    3. Laba - Laba Bolas " Si Ahli Kimia "

    [​IMG]


    4. Laba - Laba Peckhamia " Si Laba - laba -semut lompat "

    [​IMG]


    5. Laba - Laba Water Spider (Argyroneta Aquatica) " Si Laba - laba Lonceng dan Penyelam "

    [​IMG]


    6. Jumping Spider " Si Laba - laba Pelompat "

    [​IMG]



    Bila agan berkenan :grp: atau :xiexie: ane ga akan nolak rejekinya :lol: :haha:


    Maaf klo :repost: silahkan di delete saja


    NO JUNK ..... NO HOOTS ..... NO SARA

    General Rules :idws: berlaku :awas:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Apr 30, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. rahmadpoetra M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,382 / -0
    [​IMG]

    yang ini lebih kayak semut
    semut aja bisa ketipu ama tampangnya.... :haha:

    btw ni laba2 pemakan semut ya??? :???:
     
  4. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    :haha:
    iya., mereka jga ktipu., mmg bnr2 mirip semut soal nya..
    selain bntuk kek semut.,
    dia juga bsa lompat jauh., tpi gak sejauh laba2 pelompat yg sbnrnya..
     
  5. laluabdrahman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,499
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,923 / -1
    yang ini bentuk sarangnya tidak seperti biasa..
    [​IMG]
    itu memang sarangnya kan?
     
  6. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    bukan gan., itu bukan sarangnya itu jaring buat nangkep mangsa nya..
    klo sarangnya beda lagi. dia bikin jebakan jaring nya di deket atau sekitar sarang nya..
     
  7. laluabdrahman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,499
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,923 / -1
    hehe kirain sarang dan jaring penangkap mangsa sama :malu:
     
  8. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    :haha:

    jdi di bagian lain dari sarang nya itu dia buat kek jebakan gtu..
    untuk bntuk jebakan jaring bsa macem2..
    umumnya seperti gmbar diatas,gan..
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    laba2 eamng punya keberagaman cara berburu..
    ada yang dengan racu ada juga yang dengan jaring perangkap.. :top:
     
  10. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,290 / -0
    Moved to Flora dan Fauna.
     
  11. downloadaddicted M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +80 / -0
    Laba - Laba Trapdoor itu sejenis ga sih sama tarantula?? mirip bentuk fisik nyaa...
     
  12. agunglucu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    1,452
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,464 / -0
    Laba - Laba Peckhamia " Si Laba - laba -semut lompat " ini mirip bgt ma semut,, tapi klo diliat kaki na da 8, klo semut kan cuma 6,,

    [​IMG]
    ini paling serem gan,, pa lagi ngebayangin klo gede na seorang:panik:
     
  13. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    jelas beda gan, itu kan ada perbedaannya.. :hmm:
    untuk lebih jelasnya ini gan perbedaaannya..

    [​IMG]
     
  14. cungju M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,517 / -0
    bentuk dua jenis tuh mirip, gara-gara masih kerabat satu class !!!!
     
  15. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    bedanya di SuperFamily dan Family-nya..
    klo Trapdoor Spider SubFamilynya : Ctenizoidea dan Familynya : Ctenizidae
    klo Tarantula SubFamilynya : Theraphosoidea dan Familynya : Theraphosidae
    itu udah jelas membedakan antara keduanya..
    :elegan: :elegan:
     
  16. downloadaddicted M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +80 / -0
    padahal Kingdom Phylum Class Order nya sama... cuma beda subfamily udah beda lagi yahhh... --a dunia fauna terlalu luas...
     
    • Thanks Thanks x 1
  17. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    walopun beda Subfamily dan family tetep ajja menjadi perbedaan..
    di dunia binatang perbedaan seperti itu sangat berpengaruh..
    :elegan:
     
  18. shadow_engine Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,827 / -0
    [​IMG]
    menurutku ini yg paling menakutkan, ga sampe digigit bru kena buluya aj udh bikin iritasi, apalagi klo bulunya kena mata(ak pernah kena di mata, hasilnya bola mata ku bengkak)
     
  19. iinlovenie Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +40 / -0
    ini laba-labanya kalo pas kawin ,yang jantanya di bunuh ga ??
     
  20. freakygeorge M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 29, 2011
    Messages:
    370
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +38 / -0
    laba laba jumper tuh keren ..
     
  21. Sepuluh_Januari M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,077 / -0
    waktu kecil klo liat gonggo slalu ditaro di tangan biar jadi spidermen :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.