1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Indonesia Tetap Netral Dalam Latihan Militer Bersama yang Menyertakan Korut dan Korsel

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Dec 21, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) mengajak 48 negara untuk latihan bersama, dua di antaranya Korea Utara dan Korea Selatan.

    Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Armada II Laksamana Pertama Denny Prasetyo mengatakan, TNI AL mengundang negara-negara yang bersahabat dengan Indonesia.

    "Karena dari dulu kita netral. Jadi kita undang seluruh negara yang bersahabat dengan kita, khususnya AL ya. Mereka (Korut dan Korsel) kami ajak bersama ya mereka baik-baik saja," ujar Denny di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

    Denny yakin, tidak akan ada konflik antara Korut dan Korsel dalam latihan nanti.

    "Jadi tidak ada konflik di antara mereka saat bertatap muka. Pada saat berdiskusi juga seperti hal normal-normal yang kami amati," kata Denny.


    [​IMG]
    Bendera Korea Utara (kiri) dan Korea Selatan. (asiapasific.ca)

    Adapun latihan itu bertajuk latihan berskala internasional "4th Multilateral Naval Exercise Komodo" (MNEK) yang akan diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Juni 2023. Denny mengatakan, TNI AL bersama ke-48 negara itu sedang membahas rencana latihan tersebut.

    "Pada dasarnya ini merupakan proses untuk perencanaan, khususnya perencanaan untuk pelaksanaan pelatihan bersama negara-negara sahabat," jelas Denny.

    Denny mengatakan, latihan itu bertema penanggulangan bencana atau "humanitarian assistant for disaster relief".

    "Karena sebenarnya MNEK ini adalah kegiatan yang bersifat non war fighting exercise. Jadi khusus kami acarakan atau rencanakan untuk kegiatan yang bersifat bantuan kemanusiaan atau bantuan terhadap bencana alam. Itu even yang akan kami maksimalkan pada saat nanti di Makassar nanti," kata Denny.

    Dalam latihan bersama nanti, TNI AL mengerahkan 17 kapal berbagai tipe.

    "Itu ada 17 berbagai tipe kapal, terutama Kapal Rumah Sakit yang baru saja diresmikan mungkin akan dilibatkan yaitu KRI Wahidin Sudirohusodo," ucap Denny.


    Sumber: Portal IDWS
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.