1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge IDWS Health Center 15th : Hepatitis

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by scarlet26, Dec 17, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. scarlet26 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    3,629
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,904 / -3





    [TH="background-color: #FF0000, colspan: 2, align: center"]
    Welcome To IDWS Keep Up Your Health Lounge
    [/TH]


    [​IMG]



    [TH="background-color: #FF0000, colspan: 2, align: center"]RULES[/TH]
    [TH="background-color: #FF0000, colspan: 2, align: center"]Link Penting[/TH]

    • Mengacu pada rules IDWS http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=4462
    • Lounge = Ruang santai . So kalau mau ada yang OOT, ato mau diskusi santai It's Ok ~ It's Lounge
    • Dilarang Dobel post, tri Post, dst dengan sengaja, Biasakan pake Multiquote
    • Di harapkan tidak membawa/Menyinggung SARA dalam diskusi (Suku, Agama, Ras Dan Antar Golongan)
    • Di harapkan Berbicara yang sopan dan santun
    • No spam, no troll, no bot dan saling menghormati sesama member
    • Reset setiap 100 page & TS berikutnya adalah member yang ngepost pada postingan yang ke #999
    • Setiap TS diharapkan menyiapkan materi yang berhubungan dengan kesehatan untuk lounge selanjutnya, jadi ketika ada lounge baru, TS baru hanya perlu mengcopy dan begitu seterusnya Format penulisan loungenya = IDWS Health Center ( Part ) : Judul Materi
    • NB : Rules bisa diubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan thread dan perkembangan SF Intensive Health Unit



    HEPATITIS


    PENDAHULUAN :

    Hepatitis atau yang biasa disebut dengan penyakit kuning ini merupakan bagian dari penyakit yang menyebabkan peradangan pada fungsi organ hati dan berakibat pada kerusakan fungsi hati. Hepatitis memiliki banyak jenis atau tipe dengan beragam gejala, penyebab dan cara penyembuhannya.

    [​IMG]
    Gambar : Virus hepatitis A, B, dan C yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati​





    ULASAN DAN JENIS :
    1. Hepatitis A


    Penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui feses manusia yang diakibatkan kesalahan dalam mengkonsumsi suatu jenis makanan dan minuman. Virus hepatitis A atau VHA penyebarannya melalui pembuangan limbah manusia yang dilatar belakangi oleh keadaan lingkungan dan sanitasi yang kurang baik dan bersih. Hepatitis A ini masih tergolong jenis hepatitis yang ringan dan dapat disembuhkan dengan pemberian vaksinasi, lamanya penyakit ini berlangsung 2-6 minggu.

    Gejala-gejala yang ditimbulkan dari Hepatitis A ini, adalah :


    a. Mengalami demam
    b. Tubuh cepat merasa lemah, letih, lesu dan mudah capek
    c. Sebagian diantaranya ada yang mengalami rasa mual dan muntah
    d. Penurunan nafsu makan yang kian hari kian menurun
    e. Berat badan yang semakin berkurang

    Hepatitis A dibagi menjadi 3 stadium. Prodromal dengan gejala letih, lesu, demam, kehilangan selera makan, dan mual. Stadium dengan gejala kuning (stadium ikterik), dan stadium kesembuhan (konvalesensi), namun stadium dengan gejala kuning jarang ditemukan. Akan tetapi untuk memastikan diagnosis dilakukan pemeriksaan enzim hati, SGPT dan SGOT. Karena pada hepatitis A juga bisa terjadi radang empedu, maka pemeriksaan gama-GT dan alkali fosfatase dapat dilakukan disamping kadar bilirubin.

    Masa pengasingan yang disarankan adalah selama 2 minggu setelah gejala pertama atau 1 minggu setelah penyakit kuning muncul. Jangan terlalu banyak aktivitas. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan perorangan seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Orang yang dekat dengan penderita mungkin memerlukan terapi imunoglobulin. Imunisasi hepatitis A bisa dilakukan dengan bentuk sendiri/havrix atau bentuk kombinasi dengan vaksin hepatitis B (twinrix).

    Imunisasi hepatitis A dilakukan 2 kali yaitu vaksinasi dasar dan booster yang dilakukan 6-12 bulan kemudian. Imunisasi hepatitis A dianjurkan bagi orang yang memiliki potensi terinfeksi seperti penghuni asrama dan mereka yang menggunakan obat-obat terlarang.



    2. Hepatitis B


    Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), suatu anggota famili hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kerusakan fungsi hati dan kanker hati.

    Penyakit hepatitis ini mula-mula banyak terjadi di negara Asia dan Afrika kemudian penyakit ini mulai merambah samapi ke Tiongkok dan berbagai negara Asia lainnya termasuk Indonesia. Penyebab penyakit hepatitis B ini tidak hanya dikarenakan oleh virus dari hepatitis B, banyak faktor penyebab dari hepatitis B seperti keracunan obat dan berbagai efek samping zat kimia yang mungkin terdapat dalam jenis makanan, minuman dan jenis obat-obatan tertentu seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor dan zat-zat lain yang banyak sekali digunakan obat dalam industri modern bisa juga menyebabkan hepatitis. Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup atau diserap oleh darah dan kulit penderita. Organ hati yang kita ketahui berfungsi sebagai organ tubuh yang dapat menetralisir segala macam racun yang berada di setiap jaringan darah.

    Namun jika organ hati sudah terinfeksi dan teridentifikasi racun dan virus seperti hepatitis B ini maka fungsi organ hati akan terganggu dan tak mampu lagi menetralkan racun. Hal ini disebabkan virus hepatitis B ini 100 kali lebih kuat dan virus 10 kali lebih banyak dibanding dengan virus HIV yang sifatnya sama-sama menular.

    Gejala dari hepatitis B ini umumnya sangat ringan dan hampir menyerupai gejala pada hepatitis A, seperti :

    a. Kehilangan selera makan
    b. Mulut terasa pahit
    c. Rasa mual ingin muntah
    d. Demam ringan
    e. Terkadang disertai rasa nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas
    f. 1 minggu setelah diatas muncul dan dirasakan, kemudian akan timbul gejala lanjutan seperti bagian putih pada mata akan berubah warna menjadi kuning, perubahan kulit tubuh tampak kuning
    g. Warna air seni juga terlihat agak kuning seperti warna air teh.
    [​IMG]
    Gambar : Urutan pada kerusakan fungsi organ hati​

    Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi dari gejala diatas, yang akan terjadi pada diri seseorang yang memang teridentifikasi terjangkit virus hepatitis B, seperti :

    a. Kemungkinan pertama, jika tubuh memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang cukup kuat dan baik, maka tubuh dan segala organ tubuh lainnya yang masih aktif akan berusaha melawan dan membersihkan virus hepatitis, sehingga memungkinkan penderita menjadi sembuh.

    b. Kemungkinan kedua, jika sistem imunitas tubuh rendah dalam arti tidak cukup kuat dan kurang memiliki pertahanan yang baik. Dalam arti tubuh memiliki imunitas yang cukup baik tetapi tidak aktif untuk melawan virus, ketika pertahanan tubuh menurun, virus akan aktif. Seseorang yang terjangkit virus akan dikatakan sebagai carrier atau pembawa virus inaktif.

    c. Kemungkinan ketiga, jika tubuh memiliki 2 sifat intermediate atau 2 sistem pertahanan tubuh, seperti mudah terjadi perubahan pada sistem imunitas tubuh yang terkadang kuat dan terkadang lemah. Maka virus hepatitis B ini akan semakin berkembang menjadi hepatitis B kronis.

    Sebagai pencegahan dari berkembangnya virus dan pengobatan awal upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian imunisasi hepatitis B yang dilakukan 3 kali, yakni dasar, 1 bulan dan 6 bulan kemudian.



    3. Hepatitis C

    Hepatitis C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Infeksi virus ini dapat menyebabkan peradangan hati (hepatitis) yang biasanya asimtomatik. Virus ini menyebar melalui kontak darah. Gejala pada hepatitis C ini dapat ditangani secara medis dan prorposi pasien dapat dibersihkan dengan jangka panjang. Seseorang yang mengalami infeksi virus ini sering mengalami gejala ringan dan sebagai sebab tidak melakukan perawatan. Diperkirakan 150-200 juta orang di dunia terinfeksi hepatitis C.

    4. Hepatitis D


    Virus hepatitis D atau virus Delta adalah virus yang unik yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. Penularanmnya melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah, Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan (ko-infeksi) atau amat progresif.

    5. Hepatitis E

    Virus hepatitis E ini merupakan penyebab dari timbulnya penyakit hepatitis E. Penyebarannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh virus. Gejala-gejalanya adalah demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, sakit perut, air seni berwarna kuning tua, serta timbul warna kekuningan pada kulit dan mata. Hepatitis E ini akan semakin parah dan perlu diwaspadai terutama pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan pada usia kandungan 3 bulan terakhir. Masa inkubasi virus asalah 40 hari (rentang 15-60 hari).

    6. Hepatitis G

    Hepatitis G adalah penyakit inflamasi hati yang baru ditemukan. Penyebarannya adalah virus hepatitis G yang menyerupai dengan virus hepatitis C. Penularannya melaui kontak darah dengan pasien. Gejalanya sama dengan jenis hepatitis lainnya.

    Tidak ada perawatan khusus untuk hepatitis G ini. Hanya saja disarankan untuk istirahat yang cukup, menghindari minuman alkohol, dan konsumsi makanan dengan kandungan nilai gizi dan nutrisi yang seimbang. Tak lupa tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

    sumber : Detik Health
     
    • Like Like x 3
    Last edited: Dec 18, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    10,124
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,429 / -1
    Top junker IDWS Health session sebelumnya :terharu:

    Total Posts1,006 Who Posted?



    Show Thread & Close Window

    Page generated in 0.1295 seconds with 8 queries.

     
    Last edited: Dec 17, 2013
  4. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
  5. scarlet26 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    3,629
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,904 / -3

    ijin copas template dlu
    :maaf:
     
  6. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
    edit menyusul :lol:
     
  7. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
    masih pejwan kah :bloon:
     
  8. scarlet26 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    3,629
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,904 / -3
    mau pulang kerja dlu soal.a
    ntar malem lah ku edit
    :maaf:
     
  9. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
    mau kerja atau mau ke padepokan ini [​IMG]
     
  10. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    10,124
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,429 / -1
    silahkeun mak, tapi isinya tetep beda lho :hmm:
     
  11. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
    post ane hilang 100 :sedih:
     
  12. Delhyb M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    844
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +22,129 / -0
    ga msk pejwan...:kecewa:
     
  13. eRiff M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    2,689
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,564 / -1
    telat telat telattttt,,,,,, :ngambek: sedih :kecewa:

    .....

    FirstPost nya kopong gak ada isi :lol:

    .....
    mana yang mo di bakar ... :onfire: @muchtarluthfi
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Dec 17, 2013
  14. Hurricane100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +6,981 / -0
    yg sabar ya yg g masuk pejwan [​IMG]
     
  15. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    25,788
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,224 / -1
    kayaknya dokter gigi kita yang satu ini belum pernah mampir kemari,
    summon dulu encekencek;
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  16. orkay M V U

    Offline

    Gold Carpet

    Joined:
    Jan 14, 2011
    Messages:
    67,475
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +97,007 / -3
    pindah maning [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  17. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,792
    Trophy Points:
    243
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,411 / -0
    nyekrup sik....:lalala:
     
    • Like Like x 1
  18. vin_zhi M V U

    Offline

    LVZG 林菲娜

    Joined:
    Dec 22, 2010
    Messages:
    7,684
    Trophy Points:
    233
    Ratings:
    +21,019 / -0
    oh baru nyadar klinik kesehatan :hihi:
     
  19. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,162
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,003 / -0
    Mampir dulu ke klinik :hehe:

    TSnya member baru klinik lagi si Scarlet :lol:
     
  20. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,768
    Trophy Points:
    258
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +38,359 / -5
    gak dpt pejwan :madesu:
     
  21. annna SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jan 16, 2011
    Messages:
    18,173
    Trophy Points:
    256
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +266,575 / -0
    pertamax .:gotdrink:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.