1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Herbal Kayu Manis mencegah pikun

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    Tel Aviv, Pikun merupakan gangguan fungsi otak yang sulit dihindari ketika sudah mulai beranjak tua. Namun dengan ekstrak herbal kayu manis, proses kemunduran fungsi kognitif di otak bisa diperlambat sehingga seseorang tidak akan cepat pikun.

    Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemunduran fungsi otak pada orang pikun khususnya penderita Alzheimer dipicu oleh penumpukan protein yang disebut beta amiloid. Protein ini melapisi sisi luar sel-sel saraf, sehingga membuatnya tidak berfungsi.

    Menurut penelitian terbaru di Tel Aviv University, penumpukan beta amiloid bisa dihambat dengan senyawa tertentu yang ada di dalam kayu manis atau dikenal juga sebagai herbal cinnamon. Oleh para peneliti, senyawa yang bisa menghambat pikun ini dinamakan CEppt.

    Serangkaian uji coba menunjukkan, pemberian herbal kayu manis secara teratur selama 2 bulan mampu menghambat kemunduran fungsi kognitif. Pemeriksaan pada jaringan otak menunjukkan tidak ada peningkatan beta amiloid yang menumpuk di saraf otak.

    "Temuan ini mungkin tidak hanya berguna pada penderita Alzheimer, tapi juga bisa dikembangkan untuk gangguan lain," ungkap Michael Ovadia yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (10/6/2011).

    Meski hasil penelitian ini sangat menjanjikan, namun Ovadia memperingatkan agar ekstrak kayu manis tidak dikonsumsi berlebihan karena bsia memicu gangguan fungsi hati dan ginjal. Takaran maksimal yang aman untuk dikonsumsi secara rutin adalah 10 gram/hari.

    Sementara itu, Alzheimer merupakan salah satu gangguan penurunan fungsi kognitif dengan gejala utama pikun dan megnalami kemunduran daya nalar. Diperkirakan, 18 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan ini dengan penyebab utamanya adalah faktor usia.

    sumber : http://www.detikhealth.com/read/201...bal-kayu-manis-bisa-menunda-pikun?ld991107763
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.