1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hati-hati virus Kawasaki !!!

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by Meiigha, Feb 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    :awas:
    NAMA Sindroma Kawasaki

    DEFINISI Sindroma Kawasaki (Sindroma Kelenjar Getah Bening Mukokutaneus, Poliarteritis Infantil) adalah suatu penyakit non-spesifik, tanpa agen infeksius tertentu, yang menyerang selaput lendir, kelenjar getah bening, lapisan pembuluh darah dan jantung.
    PENYEBAB
    Penyebabnya tidak diketahui.Sindroma Kawasaki pertama kali ditemukan di Jepang pada akhir tahun 1960. Penyakit ini menyerang anak berumur 2 bulan sampai 5 tahun dan 2 kali lebih sering ditemukan pada anak laki-laki.
    GEJALA
    Gejalanya berupa:
    - Demam yang turun-naik, tetapi biasanya diatas 39° Celsius, sifatnya menetap (lebih dari 5 hari) dan tidak memberikan respon terhadap asetaminofen maupun ibuprofen dalam dosis normal
    - Rewel, tampak mengantuk
    - Kadang timbul nyeri kram perut
    - Ruam kulit di batang tubuh dan di sekeliling daerah yang tertutup popok
    - Ruam pada selaput lendir (misalnya lapisan mulut dan v*gina)
    - Tenggorokan tampak merah
    - Bibir merah, kering dan pecah-pecah
    - Lidah tampak merah (strawberry-red tongue)
    - Kedua mata menjadi merah, tanpa disertai keluarnya kotoran
    - Telapak tangan dan telapak kaki tampak merah, tangan dan kaki membengkak
    - Kulit pada jari tangan dan jari kaki mengelupas (pada hari ke 10-20)
    - Pembengkakan kelenjar getah bening leher
    - Nyeri persendian (atralgia) dan pembengkakan, seringkali simetris (pada sisi tubuh kiri dan kanan).

    bercak" merah
    [​IMG]

    [​IMG]

    untuk lidahnya
    [​IMG]

    pengelupasan kulit jari tangan
    [​IMG]

    [​IMG]

    *mav klo brantakan...mklum msi newbie*

    KOMPLIKASI
    Sekitar 5-20% penderita mengalami komplikasi jantung, yang biasanya timbul pada minggu ke 2-4 :
    Peradangan arteri koroner (arteri yang membawa darah ke jantung)
    Aneurisma (pelebaran bagian dari arteri koroner)
    Perikarditis (peradangan kantung jantung)
    Miokarditis akut (peradangan otot jantung)
    Gagal jantung, Kematian otot jantung (infark miokardium)

    Komplikasi lainnya: · Ruam yang tidak biasa uveitis anterior) ,nyeri atau peradangan sendi (terutama sendi-sendi yang kecil), peradangan non-infeksius pada selaput otak (meningitis aseptik), peradangan kandung empedu, diare.

    DIAGNOSA
    Diagnosis ditegakkan jika terjadi demam selama lebih dari 5 hari dan ditemukan 4 dari 5 gambaran berikut:
    - Ruam kulit
    - Alat gerak (lengan dan tungkai ) merah dan membengkak
    - Mata merah
    - Perubahan pada bibir dan mulut
    - Pembengkakan kelenjar getah bening.

    Pemeriksaan yang biasa dilakukan: · EKG dan ekokardiografi, bisa menunjukkan tanda-tanda dari miokarditis, perikarditis, artritis, meningitis aseptik atau vaskulitis koroner · Hitung darah lengkap (menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih dan anemia (berkurangnya jumlah sel darah merah); pemeriksaan darah berikutnya menunjukkan peningkatan jumlah trombosit · Rontgen dada · Analisa air kemih (bisa menunjukkan adanya nanah atau protein dalam air kemih).

    PENGOBATAN
    Pengobatan dini secara berarti dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada arteri koroner dan mempercepat pemulihan demam, ruam dan rasatidak nyaman. Selama 1-4 hari diberikan immunoglobulin dosis tinggi melalui infus dan aspirin dosis tinggi melalui mulut. Setelah demam turun, biasanya aspirin dalam dosis yang lebih rendah diberikan selama beberapa bulan untuk mengurangi resiko kerusakan arteri koroner dan pembentukan bekuan darah. Dilakukan beberapa kali pemeriksaan EKG untuk mendeteksi adanya komplikasi jantung. Aneurisma yang besar diobati dengan aspirin dan obat anti pembekuan (misalnya warfarin). Aneurisma yang kecil cukup diatasi dengan aspirin. Jika anak menderita influenza atau cacar air, untuk mengurangi resiko terjadinya sindroma Reye, sebaiknya untuk sementara waktu diberikandipiridamol, bukan aspirin. PROGNOSIS Jika tidak terjadi komplikasi jantung, biasanya akan terjadi pemulihan sempurna. Sekitar 1-2% penderita meninggal, biasanya akibat komplikasi jantung; 50% diantaranya meninggal pada bulan pertama, 75% meninggal pada bulan kedua, 95% meninggal pada bulan keenam. Tetapi kematian bisa terjadi 10 tahun kemudian dan kadang secara tiba-tiba. Aneurisma yang kecil cenderung menghilang dalam waktu 1 tahun, tetapi arteri koroner tetap lemah sehingga beberapa tahun kemudian timbul kelainan jantung.
     
    Last edited: Feb 20, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    apa ini bisa terserang pada orang dewasa,,,,>>???
     
  4. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    -ma.ap..doble post-
     
    Last edited: Feb 23, 2011
  5. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    belum tau juga siih...
    gua sering bacanya yg kena anak keciL mulu, trus katanya(dari yg udah prnah gua bca) juga bisa menular...
     
  6. sin_escalus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 18, 2011
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    gk da nma lain nie virusnya?:panda:
     
  7. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    hah??maksudnya???
     
  8. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ini ada cara pencegahannya ga...??
     
  9. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    mungkin penemunya pengen namain kaya gtu kali,,,
     
  10. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    kadang susah ketahuan pnyakitnya....
    dari crita orang yang prnah gw baca tuh awalnya ad yg demam dulu, trus muncul bercak-bercak merah kek cacar...
    jadi ga bisa langsung ketahuan kalo itu kena virus kawasaki....
     
  11. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ada gambar penderita virus ini ga???
    ane jadi penanasaran...
     
  12. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    sudah saya edit ituu...ada gambarnya...:peace:
     
  13. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    Perasaan tadi belum ada gambarnya dah,,,
     
  14. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    sy pake magic...haha :cihuy::cihuy:
     
  15. Trifos435 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +20 / -0
    Ane baru tw ada virus kawasaki...

    Agak serem jga ye klw d liat d gmbar...
     
  16. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    iyaaa.....ane jg awalnya bru baca d majalah kmaren...
    trus nyoba nyari" di intrnet trnyata emang ad bneran...
    n ni virus langka jg.....
    ap lagi tanda" pnyakitnya kek pnyakit biasa kek demam...
    pkok jgn sampe trlambat klo mpe kna virus ini...#amit" jgn smpe deeh#
     
  17. O_rion M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    578
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,067 / -0
    kayaknya di indonesia belom pernah denger ya ada yang kena virus beginian, padahal di jepang sendiri dah lama mana yang kena biasanya para cowo lagi.moga moga para turis jepang ga ada yang bawa tu virus ke sini
     
  18. Meiigha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +36 / -0
    di indonesia jarang jg kok...
    gw prtama kali bc di majalah..itu aja yg kna cwe...tp krena g cpat di atasi jd dy seumur idup brtman ama obat-obatan...
    trus selang bberapa tahun ade'a kena virus ini...tp untungnya bs smbuh total...
     
  19. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    Wah.. Hebat lengkap sekali info anda... Boleh minta sumbernya??

    Satu hal... 'Virus' yang anda tuliskan di judul hanya ungkapan saja atau ini memang disebabkan virus tertentu?? Dan diatas dinyatakan bukan disebabkan agen infeksius tertentu..
    Dan dari gejala dan penanganannya Sindroma (kumpulan gejala) ini sepertinya tergolong dalam penyakit autoimun.. Penyakit yang disebabkan keabnormalan kerja sistem imun di tubuh yang menyebabkan timbulnya berbagai gejala..

    Dan juga sesuai namanya "Poliarteritis Infantil" sindroma ini menyerang pada bayi infant..
    Mohon :maaf: jika saya salah
     
  20. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ini cirus tertularnya pas didalam kandungan atw pas udah lahir???
     
  21. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    orang dewasa juga bisa kena? :???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.