1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hati-Hati Minum Obat, Inilah Beberapa Efek Sampingnya

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by blacksheep, Apr 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,036 / -0
    Setiap obat yang kita gunakan secara rutin dapat menghasilkan efek samping yang mempengaruhi setiap organ dan sistem tubuh. Hal ini juga dapat terjadi pada mulut dan jaringan sekitarnya seperti gusi, jaringan pendukung gigi (periodontal) lidah, kelenjar liur, dan jaringan lunak dalam mulut.


    Efek samping yang sering ditemui adalah pembengkakan gusi. Obat-obatan yang dapat memicunya antara lain obat anti konvulsi (epilepsi), obat imunosupresan, antihipertensi, dan kontrasepsi or*l.
    Pembengkakan gusi ini biasanya tanpa rasa sakit kecuali bila terjadi infeksi, dan biasanya bengkak akan hilang bila pemakaian obat dihentikan. Obat hisap antiseptik, obat kumur, pasta gigi yang mengandung formalin dan komponen herbal, dan obat anestesi (bius) lokal dapat menyebabkan stomatitis atau peradangan pada jaringan lunak mulut.



    Kebiasaan sebagian orang yang meletakkan obat seperti aspirin dan kokain di dasar mulut juga dapat menyebabkan ulserasi atau luka terbuka. Obat hisap antiseptik, obat kumur, pasta gigi yang mengandung formalin dan komponen herbal, dan obat anestesi (bius) lokal dapat menyebabkan stomatitis atau peradangan pada jaringan lunak mulut.

    Sebagian orang yang meletakkan obat seperti aspirin dan kokain di dasar mulut juga dapat menyebabkan ulserasi atau luka terbuka. Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan produksi air liur terganggu, sehingga mulut terasa kering (xerostomia).

    Diantaranya adalah obat antihipertensi (clonidine), antihistamin, amphetamine, dan obat-obatan antikolinergik. Berkurangnya aliran air liur ini dapat meningkatkan resiko karies dan bakteri infeksi karena air liur memiliki efek self-cleansing yang membilas rongga mulut dari kotoran dan bakteri.

    Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan xerostomia. Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan produksi air liur terganggu, sehingga mulut terasa kering (xerostomia).

    Diantaranya adalah obat antihipertensi (clonidine), antihistamin, amphetamine, dan obat-obatan antikolinergik. Berkurangnya aliran air liur ini dapat meningkatkan resiko karies dan bakteri infeksi karena air liur memiliki efek self-cleansing yang membilas rongga mulut dari kotoran dan bakteri.

    Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan xerostomia. Perubahan warna gigi dan jaringan lunak mulut (diskolorisasi) juga dapat terjadi dengan pemakaian obat-obatan dan bahan tertentu dalam jangka panjang.

    Antibiotik tetrasiklin jangka panjang menyebabkan gigi berwarna abu-abu, terutama bila diberikan saat kehamilan akan mempengaruhi pembentukan gigi pada janin yang sedang dikandung.

    Karena efek samping ini tetrasiklin sudah jarang digunakan. Pemakaian obat kumur chlorhexidine secara rutin jangka panjang dapat menyebabkan jaringan lunak berwarna kecoklatan.

    Demikian juga kebiasaan minum kopi, teh, dan makanan dan minuman lain yang mengandung zat pewarna juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Dapat disimpulkan bahwa kita sebagai pasien atau konsumen perlu tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam obat-obatan yang kita konsumsi.

    Komposisi dan efek samping obat perlu diketahui sebelum dikonsumsi. Salah satu caranya adalah dengan pro aktif bertanya kepada dokter saat kita diresepkan suatu obat, atau membaca petunjuk yang tertera dalam kemasan secara seksama. (klikdokter)




    Sumber :TRIBUN-TIMUR.COM​
    Code:
    http://sekawan-media.blogspot.com/2010/04/hati-hati-minum-obat-inilah-beberapa.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. LeMemoire M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    1,416
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +368 / -0
    efek samping obat emang banyak yang bikin ngga enak...
    tapi kalo ngga ada obat, mau sembuh kapan...
     
  4. RottenSherry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Iya emang, gw minum kopi sehari sekali, dan gigi gw emang gak putih...bete...

    Kalo obat migrain itu termasuk aspirin juga gak yah? Gw mengkonsumsi obat migrain rutin karena migrain gw juga rutin, tapi syukur belakangan ini udah enggak sih...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.