1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hari Ulang tahun? Kenapa Harus dirayakan? Begini nih Alasannya

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by oncoman15, Jan 17, 2017.

  1. oncoman15 Members

    Offline

    Joined:
    Oct 22, 2016
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Waktu pelaksanaannya, sering kali pada keluarga spesial yang mempunyai rezeki yang melimpah, mereka mengadakan acara ulang tahun anak secara besar. Bahkan beberapa orang terkenal mengadakannya di café, pusat hiburan, hotel, restauran dan sebagainya. Ada juga yang menyelenggarakan pesta anaknya di tempat-tempat tertentu seperti tempat anak cacat, panti asuhan dan di tempat penampungan anak-anak di jalanan. Tak sedikit juga, keluarga yang hanya menyelenggarakan pesta anaknya secara sederhana di rumah keluarga besar atau di suatu tempat. Mereka makan bersama anggota keluarga atau hanya mengundang keluarga besar saja. Kemudian di penghujung acara melakukan selfie satu keluarga besar.
    Namun terdapat pula keluarga yang merasa tidak perlu merayakan ulang tahun anak. Karena hal itu dianggap tidak berguna. Bisa juga karena (ada keperluan lain yang lebih penting|ada urusan lain|tidak ada budget lebih|keterbatasan dana orangtua|sedang kesulitan keuangan), sehingga tak bisa mengadakan pesta semacam itu. Sejujurnya, mau dirayakan atau tidak, ulang tahun si anak, pelaksanaannya berdasar pada masing-masing orangtua dan itu merupakan haknya.
    Pesta ulang tahun selama tidak berlebihan tetap mempunyai makna dan sarat manfaat. Terutama berkaitan dengan konsep diri anak yang positif. Anak akan merasa, jadi merasa, merasa disayang oleh orangtuanya.
    Buktinya, setiap hari kelahirannya selalu diingat, diapresiasi, dan dihargai. Anak akan merasa senang karena kehadirannya telah diapresiasi oleh orangtuanya. Dia juga merasa bukan anak yang dibiarkan melainkan dispesialkan. Namun, bentuk penghargaan ini pun tidak diukur dari mewahnya acara dan besarnya jumlah biaya yang sudah didikeluarkan orangtua.
    Anak yang tidak pernah dirayakan ulang tahunnya, bukan berarti pula berdampak pada konsep diri negatif. Meski mungkin ada anak yang 'membatin', tetapi si anak mampu belajar menerima keadaan. Hal ini akan menaikkan kualitas dirinya lebih positif. Di kemudian hari Kelak dia akan tumbuh menjadi anak yang lebih tabah terhadap suatu sikon yang tidak menyenangkan. Kebanyakan justru anak dari keluarga seperti ini menjadi lebih tahan banting. Jika dirayakan dia akan bersyukur dan kalaupun tidak tak jadi problem dan mereka tidak berkecil hati. Berbeda dengan anak yang terbiasa di zona nyaman atau selalu dituruti kemauannya. Begitu ada suatu keinginan yang tidak langsung terpenuhi anak menjadi lebih rentan, mudah depresi, mudah menyerah dan sebagainya.
    Perlu diperhatikan pula, perayaan ulang tahun hanyalah acara pelengkap. Artinya, hal yang sebenarnya paling penting adalah bagaimana interaksi anak dan orangtua sepanjang tahunnya, dari momen perayaan kelahiran tersebut hingga momen perayaan kelahiran berikutnya. Tak akan banyak bermakna ulang tahun tersebut jika sepanjang tahun orangtua kurang interaksi dengan anak. Mungkin saat ulang tahun orangtua dan anak ada interaksi, tetapi selanjutnya tidak ada komunikasi yang terjalin, mungkin karena orangtua berpisah dan tinggal di tempat yang berlainan. Sehingga makna ulang tahunnya sekadar seremonial. Padahal yang perlu dilihat justru bagaimana penghayatan yang dialaminya sebagai seorang anak. Apakah ia disayangi, diperhatikan, dan di dukung. Jadi harus terjalin interaksi yang sifatnya resiprokal (dua arah) sepanjang tahun. Jadi, perlukah pesta ulang tahun buat anak? Semuanya bergantung kepada orangtua.
    Manfaat Ulang Tahun bagi Anak
    Tak ada salahnya untuk mengetahui apa itu kegunaan merayakan ulang tahun bagi anak. Bisa sebagai inspirasi atau pertimbangan dalam mengambil keputusan mau dirayakan atau tidak. Karena memang pesta ulang tahun bukan hal yang harus dimeriahkan.
    Berikut Manfaat Ulang Tahun.
    1. Berkumpul Dengan Saudara
    Acara ulang tahun anak dapat mendekatkan kita dengan keluarga dan saudara. Dengan merayakan ulang tahun anak, kita mampu bertemu memberikan doa ucapan selamat ulang tahun kepada anak, berkumpul, bercengkrama dengan keluarga dan saudara dekat. Kesibukan yang padat baik pekerjaan atau urusan lain kadang menjadi halangan bagi kita dapat bertemu keluarga dan saudara dekat, namun ternyata ulang tahun anak dapat menjadi momen yang baik untuk berkumpul dengan saudara & keluarga! asik!
    2. Anak Belajar untuk Bersosialisasi
    Anak mampu belajar untuk bersosialisasi melalui kegiatan bermain, makan bersama, bernyanyi dengan teman-teman dan keluarga semua. Dari semua kegiatan yang dilakukan waktu perayaan ulang tahunnya, anak dapat belajar bahwa bersosialisasi merupakan hal yang mengasyikkan.
    3. Mengajarkan Anak untuk Berbagi
    Dengan merayakan ulang tahunnya, anak diajarkan untuk melihat keindahan dari kegiatan berbagi dengan orang lain, misalnya teman-teman dan saudaranya.
    4. Mengajarkan Pentingnya Bertanggung Jawab
    Pada usia sedini mungkin, anak harus mulai dikenalkan tentang tanggung jawab. Mengajarkan tanggung jawab mampu dilakukan dengan beberapa kegiatan, salah satunya ialah merayakan ulang tahun. Waktu anak sudah menginginkan pesta ulang tahunnya sendiri, dan meminta tema-tema yang diinginkan, disinilah anda dapat memulai pembelajaran tanggung jawab itu. Biarkan anak terlibat dalam pemilihan dekorasi, baju yang digunakan, tempat. Dengan hal-hal kecil seperti itu, mereka akan belajar tanggung jawab.
    5. Mengajarkan Anak untuk Dapat Menghargai
    Melalui perayaan ulang tahun, anak dapat diajarkan untuk menghargai hasil usaha orang tua, dan menghargai pesta ulang tahun yang telah diwujudkan oleh orang tuanya.
    6. Memberikan Memori Indah untuk Anak
    Merayakan ulang tahun anak dapat memberi memori atau kenangan tersendiri untuk anak dan orangtua. Pernahkah anda merayakan ulang tahun saat masa kecil? Apa yang membekas dalam hati dan pikiran anda? Apakah anda sedang tersenyum sekarang? Jika, ya, berarti pesta ulang tahun tersebut memiliki arti yang spesial bagi anda, entah mengingat bahwa ada teman yang lucu, ada badut yang hebat melemparkan tebak-tebakannya, dan sebagainya.
    Nah itulah 6 manfaat merayakan ulang tahun buah hati kita.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kedauk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2011
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +11 / -0
    opini sendiri apa copas ini gan?
     
  4. Rizuri M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 3, 2014
    Messages:
    809
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +384 / -0
    Masalahnya disini cara rayainnya yg ga bener, malah sampe ada yg mati lho gara2 dikerjain pas ultah
     
  5. randyeLeanoR Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 9, 2012
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    betul gan, disetiap interaksi pasti ada hal positif nya juga
     
  6. kumamaku Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Setuju dengan artikel ini.. Thanks gan
     
  7. pankseith Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 26, 2012
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +0 / -0
    Tergantung cara perayaannya dan nilai yang bisa diambil gan,
    Kalo caranya salah, ya yang ada malah membuang buang tenaga atau bahkan nyawa .
     
  8. Giberen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2018
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Kurasa manusia sekarang mencari kesempatan untuk kebahagiaan yg lebih kecil karena waktu terlalu cepat berlalu. Ulang tahun adalah salah satu yg harus dirayakan supaya ada kenangannya. Teman2ku banyak banget dan setiap minggu selalu ada pesta ultah dan kita merayakan setiap momen yg ada.
     
  9. buwdie Members

    Offline

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    tergantung caranya. simple yang penting memorable. gk perlu sampe keluar duit banyak, karena yang diinget sama orang yang ultah adalah esensinya.
     
  10. fukari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    idk gan sis but the older i get the less excited
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.