1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Harga Mi Instan Dinaikkan.

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by shinobi32, Mar 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,487 / -10
    Produsen mi tengah berancang-ancang menaikkan harga mi instan akibat harga gandum dunia terus melonjak.

    Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Industri Pangan Indonesia (Aspipin) Budiyanto sekaligus Presiden Direktur Sentrafood, produsen mi instan Salami, mengatakan, kenaikan harga mi instan memang sudah sewajarnya terjadi. "Pengaruhnya sangat besar karena gandum berkontribusi terhadap 70 persen hingga 80 persen biaya produksi," ujarnya.

    Menurut Budiyanto, kenaikan harga mi instan yang akan diberlakukan oleh produsen mi instan 5 persen-10 persen. Kenaikan itu menurutnya masih akan terjangkau oleh daya beli masyarakat. Budiyanto mengatakan, produsen yang menaikkan harga mi instan bukan karena ingin mencari untung yang besar, melainkan hanya untuk menutup biaya produksi yang terus naik.

    Apalagi jika dibandingkan negara lain, harga mi instan di Indonesia merupakan yang termurah di dunia. Harga mi instan di Jepang misalnya 15 hingga 20 kali lipat harga di Indonesia, sedangkan di Malaysia sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000.

    Kenaikan harga gandum menurutnya bukan hal yang baru karena sudah terjadi sejak lama. Sebelumnya, tahun 2009, harga gandum 550 dollar AS hingga 600 dollar AS per metrik ton. Namun, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembebasan bea masuk dan PPN untuk meredam kenaikan harga produk makanan berbahan baku gandum, seperti mi instan, roti, dan biskuit.

    Harga gandum saat ini berkisar 400 dollar AS per metrik ton. "Kecenderungan ke depan, harga gandum akan terus mengalami kenaikan," ungkap Budiyanto.

    Franky Welirang, Direktur PT Indofood Sukses Makmur, produsen mi instan Indomie, mengatakan, wajar saja jika produsen mi instan menaikkan harga sewaktu-waktu. Hal ini menurutnya perlu dilakukan karena sejak awal tahun 2010, harga gandum sudah mengalami kenaikan hingga 60 persen. Namun, harga terigu belum naik. "Jadi wajar saja jika perusahaan mengambil ancang-ancang untuk menaikkan harga mi instan," papar Franky.

    PT Indofood Sukses Makmur menurutnya sudah menaikkan harga mi instan Indomie sejak 15 Februari 2011. Harga Indomie sebelumnya juga telah mengalami kenaikan pada bulan Agustus 2010.

     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mypsp Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    13,474
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,437 / -0
    mi instan naik :shock:
    padahal kan itu makanan andalan pas malam :dead:
     
  4. doubledoank M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 31, 2008
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,298 / -0
    kalau naik 60%, paling dari 1500 jadi 2400 masih murah lah...

    asal jangan naik jadi goceng aja :haha:
     
  5. gophexz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    1,644
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,839 / -0
    :panda: bandingin dulu kualitas mi instan jepang ma Indonesia baru naikin harga
     
  6. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,487 / -10
    udah gak murah lagi, karena jadi rada males belinya.
    mie instan termahal yang pernah gw beli harga 4800. hehehehe..

    klo kualitas kyknya sama, tapi mie indonesia lebih enak rasanya dan lebih besar.
     
  7. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,264 / -0
    cuma mau bilang:
     
  8. Raizan M V U

    Offline

    Lord of Spirits

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    2,924
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,290 / -6
    Ohhhh NOooooooooooooooo mana makannan saat darurat klow Mamai kagak masak atau lagi uang jajan lagi cekak

    lain kali beli satu karton dah
     
  9. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,918 / -0
    gak apa-apa dah.....

    asal jangan terlalu mahal saja ....:lol:
     
  10. gophexz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    1,644
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,839 / -0
    dah pernah nyobain mi instan jepang :???:
     
  11. prince_hibaru Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +26 / -0
    wah harus di demo nih...
    bakalan susah nih anak kost kalo mie instan naek harga...
     
  12. Modjoh Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    8,282
    Trophy Points:
    233
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,795 / -1
    :shock:

    OMG mau naik juga nih mi instan???

    berarti semester ini harus lulus dan berenti jadi anak kost :sigh:

    Daripada mikirin ginian, mending mikirin naikin IP dulu deh :dead:
     
  13. ShenDz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 19, 2010
    Messages:
    356
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +1,633 / -0
    wah harganya naik..
    asal masih terjangkau n kualitasnya masih bagus si gpp
     
  14. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    mi instan yg ga enak aja bisa seribu lebih..
    :dead:

    :yareyare:
    eh..
    padahal parkir kn seribu,, kenapa ngebingungin mie instan naik.. :ngacir:
     
  15. babiterbangjauh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17 / -0
    mati dehh, makanan pokok ane itu gan:panik:
     
  16. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    ★★★/人 ◕ ‿‿ ◕ 人\★★★

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    23,252
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +76,769 / -17
    Naik 5-10% ya? :bloon:
    Hmm... saatnya mengalihkan menu sarapan pagi ke gorengan 500-an :nikmat:

    IMO, mi instan zaman sekarang harganya sih naik, tapi kualitasnya makin turun.
    jadi kangen sama sarimi rasa ayam bawang tempo dulu, tahun 90-an. yang versi sekarang udah menurun banget kualitas dan rasanya.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Mar 9, 2011
  17. gophexz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    1,644
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,839 / -0
    [​IMG]

    apa kamu belum lulus
     
  18. sponx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    2,124
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,264 / -0
    asem. :kaget:
    gmna ank kostan mw hidup tanpa mi instan.
     
  19. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    emang hidup cumatergantung mie instant..
    bikin nasi goreng aja,lebih kenyang,,
    :top:
     
  20. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,487 / -10
    busyet, masih inget tah rasanya mie tahun 90an??

    saatnya stok mie banyak2....
     
  21. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,874 / -0
    kalau dinaikkan beneran produsen mie bakal kena demo besar2 an nih:lol:
    pecinta mie instan kan kebanyakan mahasiswa:lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.