1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Hal-Hal tentang Alam Bawah Sadar

Discussion in 'Science and Technology' started by ichayanami, Mar 30, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    Pernah mendengar istilah alam bawah sadar?
    Thread ini saya buat dengan tujuan agar kita semua tahu tentang alam bawah sadar, cara mengontrolnya, dan akibat yg akan kita alami jika alam bawah sadar kita tdk terkontrol...

    Pernah nggak kita membenci seseorang tanpa alasan?
    Pernah nggak kita mengeluarkan kata-kata yg tanpa disadari muncul begitu saja?
    Atau pernah nggak kita melakukan sesuatu yg tidak diduga?
    jika pernah, maka saat itu, alam bawah sadar kita sedang muncul dan mengontrol perilaku kita.

    Istilah alam bawah sadar pertama kali dimunculkan oleh Sigmund Freud, salah satu tokoh psikologi.
    Sigmund Freud adalah pencetus salah satu aliran psikologi, PSIKOANALISA.
    Aliran ini menjelaskan tentang kondisi jiwa seseorang yang terdiri dari tiga tingkatan, (1) Sadar; (2) Pra-Sadar; dan (3) Tidak Sadar.
    Alam bawah sadar masuk ke dalam tingkatan tidak sadar, dan menurut aliran ini, alam bawah sadar mengendalikan sebagian besar perilaku yg dilakukan oleh manusia.
    Teori tentang kesadaran bisa diibaratkan seperti gunung es dimana alam sadar seperti gunung es yg muncul tp dalam ukuran kecil, sedangkan alam bawah sadar memiliki ukuran yg sangat besar dan tersembunyi di bawah laut.

    Ukuran alam bawah sadar yg sangat besar itu bisa menyimpan segala hal yang berusaha kita abaikan atau segala hal yang tdk terselesaikan dgn baik, singkatnya PENGALAMAN-PENGALAMAN MASA LALU YANG KITA MILIKI.
    Ketika, isi dari alam bawah sudah banyak dan tdk terkontrol, maka beberapa hal akan muncul secara tiba-tiba, tanpa kita sadari.
    A pernah menyakiti B dan hal tersebut membuat B jengkel tapi krn B tdk ingin membuat pertengkaran, maka tanpa B sadari, kejengkelan tersebut tersimpan di alam bawah sadar. Lalu di tempat yg sama tp waktu yg berbeda, B tiba-tiba marah tanpa alasan yg jelas.
    contoh kasus di atas, dapat memperlihatkan bahwa Alam Bawah Sadar B mengontrol perilaku B tanpa disadari oleh B.
    Alam bawah sadar bisa muncul dan mengontrol perilaku B karena kejengkelan B terhadap A adalah suatu hal yg berkaitan dgn emosi dan B tdk berusaha menyelesaikan, B lebih memilih melupakan.
    Disinilah fungsi dr Alam Bawah Sadar, segala hal yg tidak terselesaikan yg berkaitan dgn emosi, keinginan yg tdk tercapai, dan segala hal yg berusaha untuk diabaikan, diambil o/ alam bawah sadar dan disimpan dengan sangat baik.
    Ketika, hal-hal tersebut sudah menumpuk, bisa kita bayangkan apa yg akan terjadi, seperti bom waktu yg siap meledak.

    Sama halnya ketika kita menginginkan sesuatu, namun tdk bisa kita utarakan krn kita takut keinginan tersebut akan membuat org sekitar kita kecewa dan kita lebih memilih mengikuti keinginan org sekitar untuk membuat mrk puas. Akhirnya, keinginan asli kita diambil alih oleh alam bawah sadar.
    Nah...melakukan sesuatu yg tdk sesuai dgn keinginan kita bs menimbulkan perasaan tertekan dan pada akhirnya, layaknya bom waktu, perasaan tertekan yg semakin besar akan memicu alam bawah sadar untuk muncul dan mengontrol perilaku kita.
    Dan ketika alam bawah sadar mengambil alih kesadaran kita, maka kita akan mulai berhalusinasi, depresi yg berkepanjangan, dan pada akhirnya mengalami gangguan kejiwaan.

    Alam bawah sadar juga mengontrol kita lewat mimpi.
    Ketika kita bangun, kita sering tdk mengingat mimpi yg kita alami.
    Hal tersebut terjadi krn segala hal yg muncul melalui mimpi adalah hal-hal yg tersimpan dalam alam bawah sadar.
    Namun, mimpi bisa membuat kita tdk bisa menghadapi kenyataan jika mimpi yg kita alami adalah keinginan-keinginan yg tdk bisa kita dapatkan atau kenyataan yg kita alami tdk membuat kita bahagia, sehingga kita membuat hidup yg bahagia dalam wujud mimpi.
    Istri Leonardo Di Caprio di film Inception
    Dalam aliran Psikoanalisa, alam bawah sadar juga digunakan untuk mengetahui penyebab dari tindakan yg dilakukan oleh seseorang.
    Caranya dengan menarik keluar alam bawah sadar seseorang dan menggali lebih dalam pengalaman-pengalaman masa lalunya.
    Cara ini dikenal dgn istilah TERAPI ANALISIS MIMPI dan dilakukan oleh beberapa Psikolog yg berpengalaman untuk mencari tahu akar permasalahan yg membuat orang mengalami depresi.

    Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa sangat penting mengontrol alam bawah sadar kita.
    Cara mengontrolnya dengan menerima kenyataan dengan ikhlas, jujur pada diri sendiri dan orang-orang sekitar, selalu berserah diri pada Tuhan, menjadi diri sendiri, menjalani hidup apa adanya sesuai dengan kemampuan kita, dan melakukan hal-hal yg sesuai dgn keinginan kita.

    Semoga thread ini bermanfaat.
    Jika :repost:, silahkan dihapus atau dimerge...
     
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 2
    Last edited: Mar 30, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    thx gan...semoga berguna buat agan2 smua...
    btw kl mau share ttg pengalaman yg berkaitan dgn alam bawah sadar, silahkan share di sini...
     
  4. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    oOo. ane baru tahu :niceinfo:
    pantesan kadang2 ngomong suka keceplosan sendiri.
     
  5. xyrsh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,255 / -0
    alam bawah sadar kita emang berguna, asal kita bisa memanfaatkannya.. kan ada teknik ngebiarin alam bawah sadar kita bekerja untuk menyelesaikan masalah:
    cth1: kalo lagi ada masalah, dan bingung pemecahannya, coba ditulis di kertas supaya masalahnya tertata dulu di otak, terus tidur aja. Besok paginya kadang suka muncul ide penyelesaiannya gimana..
     
  6. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    ketika keceplosan ttg satu hal, coba dech agan ingat2 lagi peristiwa yg berhubungan dgn keceplosan itu...

    boleh aja gan membiarkan alam bawah sadar menyelesaikan masalah, tapi harus tetap dikontrol oleh kesadaran karena ketika kita terlalu sering membiarkan alam bawah sadar yg menyelesaikan, maka akan timbul kebiasaan yg membuat kita bergantung pada alam bawah sadar.

    contoh yg agan berikan bagus juga karena untuk menyelesaikan suatu masalah, kita harus tahu dulu apa penyebab asli dr masalah tersebut. kl kita sdh tahu penyebabnya, kita membuat opsi2 penyelesaian masalah. Lalu, opsi2 penyelesaian masalah tsb dievaluasi untuk diketahui opsi mana yg paling efektif. Terakhir, penerapannya.
     
  7. cahyo_pwkm M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +265 / -0
    kyknya ada yg kurang dikit nih
    klo yg buat sub-concius gmn? kan ini baru ngejelasin concius sama un-concius
    tahap kesadaran kan kebagi 3
    soalnya rata2 terapis mengajak bicara kliennya ke tahap sub-concius
     
  8. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    tahap sub-concius atau pra-sadar berisi pengalaman-pengalaman masa lalu yg bisa diingat kembali dalam kondisi tertentu...
    alurnya kayak gini gan:
    kita mengalami satu peristiwa yg traumatis, seperti pelecehan seksual yg dialami saat masih kecil. selama beberapa hari peristiwa tersebut masih tersimpan dalam kesadaran, sehingga masih ada perasaan trauma. kemudian, perasaan traumatis mulai berkurang krn peristiwa tersebut mulai disimpan di prasadar, namun perasaan trauma bisa muncul jika berhadapan langsung dgn pelaku pelecehan atau situasi saat pelecehan terjadi dan korban sadar kenapa perasaan trauma itu muncul. lama kelamaan, perasaan trauma mulai tidak ada krn peristiwa pelecehan sudah tersimpan di alam bawah sadar. untuk waktu yg lama, perasaan trauma itu tdk muncul. Nah, ketika korban melihat atau mendengar cerita tentang pelecehan seksual, perasaan trauma itu bisa muncul, mungkin saja dlm wujud histeris atau depresi. akan tetapi, korban tdk tahu kenapa dia mengalami perasaan trauma ketika mendengar cerita ttg pelecehan seksual krn pengalaman korban yg berkaitan dgn pelecehan seksual sdh tersimpan dgn rapi di alam bawah sadar.
    untuk mengetahui akar dari mslh yg diderita oleh korban tersebut, psikolog menarik kembali pengalaman di masa lalu yg ada di alam bawah sadar ke alam prasadar, disinilah fungsi dr alam prasadar, dgn kata lain prasadar adalah jembatan antara alam bawah sadar dan alam sadar.
    ketika peristiwa tersebut berada di alam prasadar, korban akhirnya bs mengingat kembali peristiwa ttg pelecehan yg dia alami.
    tetapi untuk menarik peristiwa yg bersifat traumatis dari alam bawah sadar harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan krn jika dimunculkan langsung, perasaan trauma korban akan lebih besar dibanding perasaan trauma saat masih kecil.

    psikolog menarik peristiwa tersebut ke alam prasadar krn tujuan dr terapi yg dilakukan adalah untuk membuat korban mengerti akar dr permasalahan yg dia alami.
    jika peristiwa tsb tdk ditarik keluar dr alam bawah sadar dan tdk ditempatkan ke alam prasadar, maka ketika terapi selesai, korban akan sulit mengingat dan memahami akar dr permasalahan yg dia alami krn peristiwa pelecehan tsb msh tersimpan di alam bawah sadar.

    semoga membantu gan
     
    Last edited: Mar 31, 2011
  9. bugs5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +102 / -0
    wah kok kadang2 gw bisa sadar klo gw lg mimpi yah
    jarang banget seh tp biasa klo dah sadar dah telat
     
  10. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    kadang memang ketika kita terbangun, kita sadar isi mimpi yg kita alami...
    jika itu terjadi berarti isi mimpi kita berkaitan dgn kejadian sehari2 atau berkaitan dgn keinginan kita yg sangat kuat
    tapi isi mimpi itu sudah tidak original, dgn kata lain sdh tdk sesuai dgn pengalaman atau keinginan yang asli krn sudah diubah oleh alam bawah sadar...
    mimpi yg kita alami memiliki arti tersembunyi dan untuk mengetahui tentang itu, maka dilakukan terapi analisis mimpi.
     
  11. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    kk klo seseorang mengalami seperti ini, tanpa sering kepikiran kata2 ato keinginan2 yg saya rasa jahat..
    bisa ga' kita kendalikan ato mungkin bisa sembuh dari pikiran kita..
    :maaf: mohon bantuannya
     
  12. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    dopost, tolong di hapus.. :peace:
     
    Last edited: Apr 1, 2011
  13. NuRm4hN Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    baru tau gan,,
    nice inf00,,
     
  14. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    saya kok rada bingung yah :bloon:

    menurut ane gini sih :
    - un-conscious : tidak sadar, pingsan, dll
    - sub-conscious : setengah sadar, bawah sadar (-mind:alam bawah sadar)
    - conscious : sadar (seperti saat kita membaca thread ini)
    - extra-conscious : lebih sadar (atau menyadari akan kehidupan dan isinya)
    - super-conscious : sangat sadar (lebih menyadari kehidupan dan hikmah2), mendapat pencerahan, sangat dekat dengan Tuhan

    yang extra sih tambahan ane untuk kondisi antara conscious & superconscious. :peace:

    alam bawah sadar atau sub-conscious-mind adalah kondisi dimana sebenarnya kita bisa tahu/mengerti/sadar akan suatu hal tetapi kurang bisa mengontrolnya. [seharusnya bisa, tapi terkadang tidak bisa/tdk tahu/tdk mengerti/tdk sadar/diabaikan]

    seperti halnya services & process tersembunyi pada sebuah windows atau os lainnya, yang terkadang tiba2 jalan atau ada virus tersembunyi, kalau kita handal kita bisa mengontrolnya, mencari tahu dan mematikan proses atau service tsb.

    kurang lebih begitu pendapat ane, bgm? :peace:
     
  15. setosez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 15, 2009
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +769 / -0
    TSnya ahli psikologi.. :onion-102:
    ane ijin nyimak aja dah, pembahasan diserahkan pada ahlinya.. :siul:
     
  16. hiruma_youichi66 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    2,678
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,920 / -0
    kalo deja vu ada hubungannya ga??
    kan jaya ga sadar pernah ngalamin hal serupa,,gitu bukan?:???:
     
  17. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    mksdnya, keinginan dan pikiran yg jahat biasa muncul?
    kl hal seperti itu bisa kok dikontrol, tp kl dihilangkan agak susah gan krn keinginan atau pikiran jahat itu adalah refleksi dr sesuatu...
    bisa ksh contoh nggak???
    PM sj kl agan ngerasa private...


    aku baru tahu kl ada yg namanya extra-conscious dan super-conscious... itu teorinya sapa yach gan?

    kl tiga tahap kesadaran yg aku jelaskan sebelumnya merupakan hal-hal yg mempengaruhi perilaku seseorang...

    Deja vu adalah suatu keadaan psikologis dimana seseorang mengalami kesan (sense) bahwa peristiwa yang sedang dialaminya merupakan peristiwa yang sebelumnya pernah ia alami.
    Peristiwa yang pernah ia alami tersebut merupakan peristiwa yang sama persis dengan yang sedang ia alami, meskipun demikian, ia sendiri tak dapat mengingat kapan atau bagaimana ia mengalami peristiwa yang menurutnya sama tersebut.
    deja vu yg dirasakan juga berkaitan dgn pengalaman atau keinginan yg berada di alam sadar.

    contoh: kita berada di suatu lalu ada perasaan bahwa kita pernah berada di tempat tersebut.

    bisa jadi kita pernah mengalami suatu pengalaman ttg tempat tsb, mungkin dr cerita teman atau melihat di surat kabar atau televisi.
    pengalaman kita terhadap t4 tersebut akhirnya tersimpan sebagai memori di alam bawah sadar.

    semoga bisa membantu gan...
     
  18. don_giro M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    3,326
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,517 / -0
    oh baru tau saya :hehe:

    kadang2 perasaan yang terpendam kadang2 muncul secara tiba2....jadi tu disebabkan karena diambil alih ama alam bawah sadar kita :bloon:
    ====
    belajar untuk ikhlas dan menerima apa adanya...bener2 rada susah kalo gak tulus :nongol:
     
  19. Fallen_Angelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    hmm :bloon:...
    sbenerny ud sering denger sih yg bgini ...
    hubunganny alam sadar dgn tdk sadar beda jauh, dan yg bawah sadar
    punya efek kuat...
     
  20. hizaa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +267 / -0
    thx infonya....

    pantesan gue kadang pas bangun yang keinget di mimpi cuma setengahnya doank..
     
  21. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,163 / -0
    ane belum ahli gan...masih dlm tahap belajar... :peace:
    emang susah sich gan, belajar untuk ikhlas dan menerima semua apa adanya...
    tp yg penting kita selalu yakin, akan ada yg terbaik untuk kita nantinya... :hmm:
    emang ni teori udah jadi teori umum gan dan udah banyak buku yg membahas ttg ini...
    sama2 gan...semoga membantu :hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.