1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Parenting [Growth & Development] Waktu Berharga Pengasuhan Anak

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by ricki, Sep 18, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,011
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,806 / -1
    Waktu Berharga Pengasuhan Anak


    7 tahun pertama (0-7 tahun):

    Perlakukan anakmu sebagai raja.
    Zona merah - zona larangan
    jangan marah-marah, jangan banyak larangan, jangan rusak jaringan otak anak.
    Pahamilah bahwa posisi anak yang masih kecil, saat itu yang berkembang otak kanannya.

    7 tahun kedua (7-14 tahun):
    Perlakukan anakmu sebagai pembantu atau tawanan perang.
    Zona kuning - zona hati-hati dan waspada.
    Latih anak-anak mandiri untuk mengurus dirinya sendiri, mencuci piring, pakaian, setrika, dll.
    Banyak pelajaran berharga dalam kemandirian yang bermanfaat bagi masa depannya.

    7 tahun ketiga (14-21 tahun):
    Perlakukan anak seperti sahabat.
    Zona hijau - sudah boleh jalan.
    Anak sudah bisa dilepas untuk mandiri. Mereka sudah bisa dilepas sebagai duta keluarga.

    7 tahun keempat (21-28 tahun):
    Perlakukan sebagai pemimpin.
    Zona biru - siap terbang.
    Siapkan anak untuk menikah.

    Pada masa anak-anak yang berkembang otak kanannya. Otak kiri berkembang saat usianya menjelang 7 tahun.

    Anak perempuan keseimbangan otak kanan dan kirinya lebih cepat. Sedangkan anak laki lebih lambat. Keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak laki-laki baru tercapai sempurna di usia 18 tahun, sedangkan anak perempuan sudah cukup seimbang otak kanan dan kirinya di usia 7 tahun. Ampun dah lama bener ya?Ternyata ada rahasia Allah mengapa diatur seperti itu

    Laki-laki dipersiapkan untuk jadi pemimpin yang tegas dalam mengambil keputusan. Untuk itu, jiwa kreatifitas dan explorasinya harus berkembang pesat. Sehingga pengalaman itu membuatnya dapat mengambil keputusan dengan tenang dan tepat.

    Sementara perempuan dipersiapkan untuk jadi pengatur dan manajer yang harus penuh keteraturan dan ketelitian.

    Untuk memberi intruksi pada anak, gunakan suara Ayah . Karena suaranya bas, empuk dan enak di dengar.
    Kalau suara Ibu memerintah, cenderung melengking seperti biola salah gesek. Itu bisa merusak sel syaraf otak anak. 250rb sel otak anak rusak ketika dimarahin


    Solusinya, Ibu bisa menggunakan bahasa tubuh atau isyarat jika ingin memberikan instruksi.
    Suara perempuan itu enak didengar jika digunakan dengan nada sedang. Cocok untuk mendongeng atau bercerita.

    Cara berkomunikasi yang efektif dengan anak:
    1. Merangkul pundak anak sambil ditepuk lembut.
    2. Sambil mengelus tulang punggung anak hingga ke tulang ekor.
    3. Sambil mengusap kepala.


    Dengan sentuhan ada gelombang yang akan sampai ke otak anak sehingga sel-sel cintanya tumbuh subur. Mudah-mudahan bisa bermanfaat :hmm:

    Sumber: Ukhwah ODOJ
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,146 / -0
    Menganggap anak sebagai raja bukan berarti mendiamkan anak yg sedang berbuat salah lhooo ya... :hihi:
    Pada masa2 tersebut adalah masa dimana pembentukan perilaku anak2... :peace:


    [​IMG]
     
  4. nikensepteria SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    9,404
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +65,338 / -3
    Pertanyaan boleh ya :hmm:
    Bagaimana kalo di dalam satu keluarga sudah tidak ada ayah?
    Dan dia ada tahun kedua dan ketiga?

    Seperti yang tertulis di atas ya, "Ibu bisa menggunakan bahasa tubuh atau isyarat jika ingin memberikan instruksi"
    Sedangkan ibunya single fighter dan anaknya bisa di bilang sedikit bandel :keringat:

    Dan bagaimana jika sudah kejadian kalo ibu sudah biasa memberikan instruksi pada anak dengan cara ayah? Dan anaknya tidak menurut?
     
  5. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,011
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,806 / -1

    mungkin ini bisa membantu :hmm:

    http://www.parenting.co.id/article/issue/cegah.berteriak.depan.anak.ini.caranya/001/005/227


    intinya sih, si ibu harus menyadari bahwa ada kekurangan dalam dirinya yang harus disiasati dalam mendidik anak,

    mendidik anak memang tidak mudah, tapi asalkan kita tau teknik/caranya maka tidak akan begitu sulit
     
  6. armD M V U

    Offline

    gori's rule

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,049
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,902 / -0
    Re: Waktu Berharga Pengasuhan Anak

    7th ke dua maksd dari pembantu atau tawanan perang gmn.
    Biasanya anak usia segitukan jg ga mudah buat diminta ngelakuin sesuatu.

    :???:
     
  7. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,011
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,806 / -1
    jangan "meminta", tapi "mengajak",

    ajak melakukan kerjaan rumah bersama2, bukan berarti menyuruh anak melakukan pekerjaan rumah, tapi mengenalkan mereka dengan pekerjaan rumah sekaligus mengajarinya,

    usia 14-21, adalah usia remaja, akan banyak kesibukan dalam waktu mereka, pergaulan mereka akan lebih besar dengan teman2nya, jadi diusia tsb orangtua sudah saatnya memposisikan diri sebagai sahabat seperti "teman sekolah" bukan sebagai "pengajar/guru" dirumah, agar kepribadian mereka tetap terjaga/tidak mudah terpengaruh pergaulan negatif dari luar,

    usia 7-14 bisa dikatakan usia paling pas bagi orangtua untuk mengajari mereka segala hal, karena setelah usia tersebut akan lebih sulit lagi bagi orangtua untuk memposisikan diri sebagai "pengajar" dirumah
     
  8. armD M V U

    Offline

    gori's rule

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,049
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,902 / -0
    Re: Waktu Berharga Pengasuhan Anak

    Oh gt ya kak.. Emm tp... Saya pernah ngajak belajar bareng.. ama ke dokter gigi bareng. Cuma kok susah ya.. G mau gt. Kelihatan takut. Tapi kl selain tu mau.. Misal beresin mainan dll.
    Anak pd usia 7-14 th. :iii:
    Posisi sbg kakak c. Apa krn itu jd ga gt didengar ya..
     
  9. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,011
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,806 / -1
    Re: Waktu Berharga Pengasuhan Anak


    Kakak itu cuma sebutan biologis aja sama sprti ayah, ibu, kakek, nenek, dll, tergantung kamunya sndiri mau memposisikan sebagai apa saat bersama adik,

    Mungkin masalahnya cuma dikomunikasi aja, setiap anak pst pny alasan knp ga mau melakukan sesuatu, kitanya yg harus pandai2 memahami mereka, berkomunikasi sama mereka, tanyakan knp ga mau dan kasihtw harusnya gmn




    ngirimnyapaketaplakdihapebarudaripinjempunyaorangyangkayakyaudahgaingetlagikalopunyahapeni
     
  10. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0



    perlakukan anak sebagai pembantu tetapi juga melatih mandiri :???:
    bukankah yang namanya pembatu itu malah disuruh ini itu :???:jadi bagaimana kalo nanti dia malah jadi terbiasa melakukan segala sesuatu harus dengan disuruh dulu atau diberi tahu dulu dan tidak dengan kesadaran dari dirinya sendiri :hmm:
     
  11. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,011
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,806 / -1
    Re: Waktu Berharga Pengasuhan Anak



    Itu krn skg ni org udah menyalahartikan fungsi pmbantu, fungsi pmbantu pada dasarnya cuma membantu ibu mengurus pkerjaan rmh, bukannya mengerjakan smua pekerjaan rmh tanpa bersama ibu, itulah sbabnya ibu dijaman skg tidak malu kalo ga bs masak ato ngerjain kerjaan rmh krn mengandalkan pmbantu,







    ngirimnyapaketaplakdihapebarudaripinjempunyaorangyangkayakyaudahgaingetlagikalopunyahapeni
     
  12. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    12,762
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +18,422 / -17
    horor amat pernyataan yg satu ini...
    :keringat:
    Kesannya Sang Ibu sama sekali ngga punya hak untuk memerintah Sang Anak...
    Kalo memerintah Sang Anak maka akan mengakibatkan cacat permanen...

    IMO
    Ada kalanya kalo Sang Ibu juga harus tegas... Kalo salah ya dimarahin... Kalo bener, ya dipuji..
    Solusinya ngga bisa cuma usap2 kepala aja trus masalah beres...

    Trus kalo babenya kerjaannya tukang mabok, maen perempuan, biar pun suaranya enak, nge-bass, empuk, tetep jadi ancur anaknya..
     
    Last edited: Sep 20, 2014
  13. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +615 / -11
    kalo menurut ane gan....mengasuh anak itu lebih gampang daripada mendidik...
    klo mendidik itu susah gan....apalagi klo esmosi ikut serta..susah banget dah itu....asli
    sabar dan disiplin klo menurut ane itu kunci klo mendidik...
    yah ane sendiri belom bisa sih mendidik dengan benar...tp sedang berusaha..mudah2an bisa..amiin.

    klo ane sih ngga mau anak dipegang orang lain, harus ibu nya, well...makanya bini ane di rumah aja..ngurus anak. krn dulu waktu ane kecil ibu ane selalu ada dirumah...jadi ane pengen anak2 ane juga mempunyai privileges yang sama. coz i wanted they to have a mom...not just a mother...

    cheers
     
  14. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    Setuujung sama tante :unyil:
    kalo salah ya mesti disalahkan dan diberitahu yg benarnya :tampan:
     
  15. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,146 / -0
    Iyaaa...
    Soalnyaa ada tetangganya yg punya anak, dia selalu diem aja kalo anaknya ngelakuin kesalahan dan sekarang baru kena imbasnyaa sang anak jadi susah diatur dan nakalnyaaa g ketulungan... :aaaa:


    [​IMG]
     
  16. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    Efeknya memang kaya gitu.. :yareyare: karna sianak merasa segala hal yg dia lakukan adalah benar :ehem:
     
  17. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +615 / -11
    gamparin aja mbakyu :haha:

    tul...mereka di usia 1 sampai 5 tahun merupakan copycat yg mahir, mereka akan berperilaku sebagaimana orang2 disekitar nya... makanya ada pepetah mengatakn...buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya..... salah satu alasannya krn hal tersebut.

    :rokok:
     
  18. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    Maka dari itu juga faktor lingkungan sekitarnya juga mempengaruhinya...
    so harusnya ciptakan lingkungan sianak agar kondusif sehingga perkembangannya menjadi baik :ehem:
     
  19. ipratama14 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 26, 2012
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    0-7 tahun perlakukan anak seperti raja, tapi perlu hati2, jangan sampai menjadikan anak seperti raja yang tidak pernah salah. nanti jadi anak yg manja.
     
  20. IF1124 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +49 / -0
    diperlakukan seperti raja sepemahaman saya bukan berarti anak duduk di singgahsana merintah2 ortunya menuruti segala keinginannya,, tapi saat itu ortu harus memenuhi segala kebutuhan anak dengan maksimal dan tentu saja sebisa mungkin sambil belajar disiplin. terutama kebutuhan dasar seperti waktu makan, waktu tidur, waktu bermain(ini mah hampir sepanjang waktu ya).

    Lalu, tidak membebani anak dengan tugas2 yang terlalu sulit dan berat. misalnya jika ingin melatih tanggung jawab terhadap pekerjaan rumah, beri anak pekerjaan yang ringan, merapihkan sepatunya sendiri ke rak. menaruh baju kotornya di keranjang cucian, dll. sesuaikan dengan kemampuan si anak, dan tidak boleh dipaksa ketika anak sednagn tidak ingin melakukannya.

    jika anak berbuat kesalahan, ortu harus lebih murah memaafkan. krn dalam rentang usia ini anak masih suka lupa. :) jadi kesalahan yg berulang akan sering terjadi.sangat2 menguji kesabaran nih.. tapi musti murah maaf.

    semacam itu dah.. karena kan kita mengharapkan anak kita jadi Raja yang bijak,bukan yang lalim kan,, jadi disiplin dan tegas perlu juga.
     
  21. enzoadlan21 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2014
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    ada saran gak, terutama untuk anak 0-7 tahun tsb
    gmn cara ngebuat anak yang dikatakan diasuh seperti raja tetapi ttp memprioritaskan hal tanggung jawab semenjak dini
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.