1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Gerakan Pindahkan Ibukota Marak di Facebook

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Shuichi, Jul 29, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,668 / -3
    [​IMG]

    VIVAnews - Aspirasi pemindahan Ibukota Indonesia juga berkembang di jaringan media sosial Facebook. Sampai Kamis ini, 29 Juli 2010, VIVAnews menemukan belasan grup dan halaman bertema pemindahan Ibukota dari Jakarta.

    Salah satu yang terbesar adalah "Dukung Pemindahan Ibukota Indonesia" yang didirikan Sayed Machfud. Grup ini diikuti 12.096 anggota dan diurus oleh dua orang termasuk Sayed.

    Di bagian profilnya ditulis: "Kota bisnis dan pusat pemerintahan seharusnya terpisah, memutus mata rantai korupsi. Kesejahteraan wajib disebar dan dirasakan oleh seluruh anak Bangsa dari Sabang hingga Merauke. Undang teman Anda bergabung, tunjukkan Anda peduli."

    Sayed menulis Jakarta mengemban beban predikat yang terlampau banyak. Selain sebagai Ibu Kota negara, Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan, bisnis, dan pendidikan. Kondisi inilah yang kemudian menciptakan arus urbanisasi ke Jakarta dan kemacetan di mana-mana. Persoalan ini bisa jadi merupakan akar dari permasalahan kriminal, korupsi, penindasan hak asasi manusia dan tidak meratanya pembangunan di seluruh wilayah di nusantara.

    Di bagian diskusi grup ini, sudah terdapat belasan posting mengenai isu ini. Diskusi pun berjalan ramai, terbukti dengan banyaknya masukan dari anggota.

    Kemudian ada tujuh grup mendukung pemindahan Ibukota ke Kalimantan. Salah satu yang menarik adalah "Dukung Ibukota Pindah dari Jakarta ke Kota Merdeka, Kalimantan Tengah" yang didirikan Adhi Wena Wirya Wiyudi.

    Dalam sebuah posting di bagian diskusi, Adhi menulis Jakarta sangat tidak layak lagi menjadi Ibukota. Jakarta sudah kelebihan populasi, katanya.

    "Saat ini jumlahnya sekitar 10 juta jiwa. Pada hari kerja dengan pekerja dari wilayah Jabotabek, penduduk Jakarta menjadi 12 juta jiwa. Jumlah penduduk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi diperkirakan sekitar 23 juta jiwa."

    "Jika Jakarta terus dibiarkan jadi ibukota, maka jumlah ini akan terus membengkak dan membengkak. Akibatnya kemacetan semakin merajalela. Jumlah kendaraan bertambah. Asap kendaraan dan polusi meningkat sehingga udara Jakarta sudah tidak layak hirup lagi."

    Adhi lalu melansir 10 macam dampak terhadap Jakarta. Beberapa di antaranya adalah kemacetan, pembangunan tidak merata, dan timbulnya kriminalitas yang tinggi.

    Bagaimana menurut Anda? (kd)

    • VIVAnews
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,055
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,658 / -0
    klo menurut saya sih, sekalipun dipindahin, Jakarta akan tetap seperti Jakarta skrng ini.
    Akar permasalahan datang dari tidak meratanya pembangunan daerah selain Jakarta. jakarta kebagian jatah pembangunan yg lebih besar. Jadi, solusi yg paling ampuh yaitu memeratakan pembangunan sehingga setiap orang tidak perlu datang ke jakarta untuk bekerja dan bisa bekerja di daerahnya masing2. TEntunya hal ini juga memberikan keuntungan ke kota Jakarta yaitu mengurangi jumlah kemacetan dan masalah2 lainnya di ibukota ini.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. arzheas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    713
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,960 / -0
    Iya juga sih, sekarang ini kalau mau pergi kemana2 di Jakarta naik motorpun susah soalna sudah banyak kendaraan pribadi seperti motor dan mobil di jalan raya ditambah lagi banyak angkutan umum yang berhenti di tempat sembarang untuk mengangkut ataupun menurunkan penumpang keadaan lalu lintasna semakin parah....
     
  5. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    Ibukota indo sebaiknya dipindah aja ....
    ke pulau yg lebih besar ie: Kalimantan...

    pasti tar semua penduduknya pada pindah ke sana smua...
    maklum budaya "pengikut" masih mendarah daging di masyarakat Indonesia ini...:yareyare:

    kan banyak manfaatnya jg toh, tanah luas, udara segar masih blm kena polusi...
    paling tidak,, bisa bernapas sedikit buat para kaum "pengikut" nantinya...:siul:
     
    • Like Like x 1
  6. limbux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +15 / -0
    klo semudah membalikan telapak tangan sih sah2 aja
    ada danapun mending dipake buat yg laen klo hanya buat mindahin ibukota doang :rokok:
     
  7. kaframaster M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    926
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +668 / -0
    efek buruk yang akan terbentuk adalah pembalakan hutan , pembebasan lahan lebih besar besaran :ngacir:

    kemudian pemanasan global semakin cepat :ngacir:
     
  8. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,183 / -0
    kalo bener ibu kota mau dipindah ke luar jakarta moga aja gak sekedar pindah aja
    pemerataan pembangunan juga harus diperhatikan tidak hanya di sekitar ibu kota aja :rokok:
     
  9. Deztro M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    5,479
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,499 / -0
    tapi ga gampang juga asal pindah gitu aja, mesti dipikir baik2 juga, ntar ibukota barunya bisa senasib ama ibukota sekarang nih. perjalanan masih panjang bwt pindah ibukota dah :rokok:
     
  10. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,043 / -0
    saya warga kalteng justru nda mau kalau kalteng jadi ibukota pemerintahan
    nda bakal menghasilkan apa apa bagi warga asli sini,kalau ibukota dipindah ke palangka raya,
    kalau emang mau dipindah banyak kota kota lain di indonesia yang sudah sangat maju dan lebih siap apabila dijadikan ibukota contohnya palembang,riau,batam,medan surabaya,atau jogja
    dan beberapa kota lain seperti papua,aceh atau beberapa kota di sulawesi seperti makkasar dan manado dan gorontalo
    kalteng masih belum siap,infrastrukturnya ajagh masih kalah sama 3 provinsi lain di kalteng,pertumbuhan ekonomi di sini juga lambat
    dan warga dayak di sini mampu melihat fakta bahwa mereka akan terpinggrkan sama seperti warga betawi di jakarta
    jadi yagh saya nda setuju kalau ibukota itu pindah ke kalimantan tengah,kalau memang harus pindah ya ada 3 provinsi di kalimantan yang lebih maju dan makmur dari palangka raya
    sekian
    LOL
     
  11. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,197
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,177 / -0
    pidah di gunung semeru aja sono, biar segar :haha:
     
  12. Meramera M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,264 / -0
    ibukota pindah ke papua aja.... :top:
     
  13. Remones M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +332 / -0
    di pindahin k mana?
     
  14. Ibuju M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    1,273
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,208 / -0
    menurut gw susah ibukota dipindahin dari jakarta
    soalnya semua infrastruktur pemerintahan ada di jakarta semua
    nah misalnya ibukota dipindahin
    berarti kan bikin infrastruktur baru lagi
    duit lagi deh:swt:
     
  15. Izan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,887
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,754 / -0
    kalo pindahin ibukota nanti pasti otomatis itu kotanya juga kayanya rame lagi ..
     
    • Like Like x 1
  16. ayumssi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +14 / -0
    Dulu si saya sempet berpikir seprti itu."mending ibu kota di pindah aja".
    tapi setelah dicermati,apakah akan menyelesaikan masalah?ntr malah ibukota baru itu bernasib sama ama Jkt.
    Yg perlu pemerataan pembangunan.pembangunan di sini kompleks.pendidikan,iptek,dll.
    Saya dan teman saya punya mimpi yah angan2,setidaknya ada orang yg wujudin,alhamdulillah.bisa membangun universitas atao sekolah yg bermutu tinggi di luar jawa.dengan begitu,setidaknya bisa menarik pemuda2.tahu kan kondisi sekitarnya kalau ada kampus?banyak bisnis muncul.kos,jualan makan,minum,toko,rental dsb.sedikit demi sedikit ekonomi meningkat.banyak orang muda yg ke sana.seperti efek domino lah.satu hal besar muncul yang lainnya ikut muncul satu2.
    =p well, it's a dream.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  17. Haliaetus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2010
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    untuk masalaha pindah dan tidaknya itni pemerintah juga harus tetapin juga kota makah yang akan dijadikan calon ibukota negara --
     
  18. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0
    betul...
    karena pembangunan tidak merata, hanya di satu tempat aja [jakarta], memindahkan sebuah ibu kota ke tempat baru bukan hal yang mudah. butuh biaya yang sangat besar
    mending pembangunannya aja yang dimeratakan :top:
     
  19. Oromizz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    3,861
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,241 / -0
    Pembangunan itu memang jadi intinya...

    Kalo masalah perekonomian udah terpecahkan sih ga perlu pindahan ... Masih terlalu timpang perbedaan jakarta dengan kota lain di indonesia :swt:
     
  20. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    pindahin ke timur dong biar aga stabil pembangunannya
    ni di bdg jg udah sumpek
     
  21. solidmatery M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -1
    mangkanya ane kagak pindah ke jakarte....menuh menuhin tempat ...wkwkwkwk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.