1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Gangguan Siklus Menstruasi dan Penyebabnya (Amenore)

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by klinikkelamin, Sep 5, 2023.

  1. klinikkelamin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2021
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Amenore adalah suatu keadaan dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi atau tidak memiliki periode menstruasi yang teratur (biasanya lebih dari 6 bulan). Amenore pada wanita mungkin merupakan tanda masalah yang signifikan dalam beberapa situasi.

    Atau tidak menutup kemungkinan keadaan seperti ini akan semakin meluas dan tidak berdampak negatif bagi kesehatan wanita. Sebelum mempelajari lebih jauh tentang amenore, penting untuk terlebih dahulu memahami siklus menstruasi.

    Saat bulan reproduksi wanita tiba, tubuhnya memproduksi hormon yang dapat mengganggu fungsi dan alat kelaminnya. Sekresi estrogen selama paruh pertama siklus menstruasi dapat mengubah perkembangan aparatus folikel di ovarium. Pembentukan folikel dominan dan lokasi ovum untuk matang sangat penting selama pembuahan.

    Amenore mempengaruhi lebih dari 4% wanita usia reproduksi, sehingga wanita harus menyadari masalah ini. Sangat penting baginya untuk memahami tentang masalah siklus menstruasi ini jika dia sedang merencanakan kehamilan.

    Amenore pada wanita dapat menunjukkan bahwa sistem reproduksi rusak. Hal ini disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk neoplasma, gangguan neurogenetik, dan gangguan endokrin.

    Jenis Amenore

    Amenore primer atau sekunder sering diidentifikasi pada wanita yang tidak mengalami menstruasi selama enam bulan atau lebih. Masalah psikogenetik, kelainan endokrin, atau perubahan anatomi adalah akar penyebabnya. Amenore fisiologis dapat terjadi ketika fungsi ovarium menurun dan uterus mengalami perubahan fungsional.

    Ini dapat terjadi selama kehamilan dan menyusui, serta selama menopause dan sebelum pubertas. Berikut ini menjelaskan berbagai jenis amenore primer dan sekunder:

    Amenore primer terjadi ketika seorang gadis tidak mengalami menstruasi setelah usia 16 tahun atau selama masa remaja. Penjelasannya adalah Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami gangguan haid.

    Amenore sekunder, sebelumnya memiliki siklus bulanan normal dan kemudian tidak menstruasi selama tiga bulan. Periode menstruasi yang sebelumnya tidak teratur diikuti oleh 6 bulan tanpa menstruasi.

    Penyebab amenore pada Wanita

    Wanita menderita masalah siklus menstruasi, sering dikenal sebagai amenore, karena berbagai alasan. Akibatnya, penyebabnya diklasifikasikan sebagai berikut:

    Amenore primer disebabkan oleh kelainan bawaan pada sistem reproduksi atau tingkat kromosom. Kerusakan hipotalamus yang disebabkan oleh tekanan dan beban berat selama periode waktu ini.

    Amenore sekunder berkembang sebagai akibat dari faktor fisiologis seperti menopause, kehamilan, dan menyusui. Ketidakseimbangan hormon, penyakit ginekologi, dan faktor psikologis adalah beberapa penyebab lainnya.

    Konsultasi gratis dengan dokter klinik raphael cikarang di nomor 01396254650.
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.