1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Festival Cerutu Kuba

Discussion in 'Random Images' started by blacksheep, Feb 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,075 / -0
    Festival Cerutu Kuba
    The 13th Annual Habano Cigar Festival ialah perayaan lima hari berturut-turut terbesar untuk menarik wisatawan pecinta tembakau paling terkenal di dunia menikmati cerutu langsung dari pabrik pembuatan di Havana, Kuba. Festival tahunan ini menjadi ajang mengumumkan merek-merek baru cerutu, terutama merek Cohiba dan merek Romeo Y Julieta yang dirancang khusus untuk perempuan. Meskipun sanksi perdagangan Amerika terhadap produk Kuba, cerutu tetap merupakan ekspor utama yang menghasilkan lebih dari US $50 juta per tahun.
    Code:
    http://foto.vivanews.com/read/2999-festival-cerutu-kuba
    Manufacture of Cuban Cohiba Cigars

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Code:
    http://nonude-butcute.blogspot.com/2010/03/manufacture-of-cuban-cohiba-cigars.html?zx=8b145d38528ee108
    Cerutu Indonesia Unjuk Gigi di Kuba
    Cerutu Indonesia-Indonesia sebagai produsen rokok. Padahal Indonesia juga memiliki industri cerutu. Cerutu Indonesia mungkin belum dapat menyamai industri cerutu Kuba yang telah berdiri sejak abad ke-16. Namun, kualitas tembakau Indonesia sudah diakui dunia. Keikutsertaan Indonesia dalam festival cerutu internasional bertajuk 'XII Festival Habano' di Palacio de los Convenciones, Havana, Kuba, ingin membuktikan bahwa cerutu Indonesia sejajar dan layak dijadikan produk dunia.

    Lihat saja di antara jepitan jari para bule penikmat cerutu, ada nama Wismilak dan Sultan. Cerutu-cerutu Indonesia sedang unjuk gigi di Kuba.

    Para penikmat cerutu di Kuba atau Club de Fumadores de Cuba, ikut menjajal cerutu Indonesia dalam festival 22-26 Februari 2010 lalu. Adalah Lydia Tamboto dan suaminya Kastorius Sinaga yang membawa lima cerutu Indonesia ke sana. Cerutu itu adalah Wismilak, Sultan, Dos Hermanos, Tambo dan Gold Seal (cerutu mini).

    "Kebetulan saya baru pulang minggu lalu dari Kuba untuk memperkenalkan cerutu Indonesia. Cukup lumayan perhatiannya," kata Lydia, pemilik Havana Gallery kepada detikcom saat ditemui di tokonya, di Plaza Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (18/3/2010) malam.

    Menurut Lydia, dunia hanya mengenal Indonesia sebagai produsen rokok. Padahal Indonesia juga memiliki industri cerutu. Diakui dia, cerutu Indonesia mungkin belum dapat menyamai industri cerutu Kuba yang telah berdiri sejak abad ke-16. Namun, kualitas tembakau Indonesia sudah diakui dunia

    "Buktinya, produk cerutu dunia di Amerika Latin atau Eropa menyebutkan komponen tembakaunya berasal dari Indonesia. Tembakau kita selalu masuk rating dalam produk cerutu luar negeri. Tentunya ini bisa meningkatkan citra cerutu Indonesia," jelasnya.

    Cerutu Indonesia lebih rungan rasanya dibandingkan cerutu Kuba. Namun memang setiap cerutu punya cita rasa berbeda. Misalnya saja cerutu Dominika, butuh terbakar sampai dua inchi baru keluar rasanya yang khas.

    Cerutu memang tidak bisa dibuat dari daun tembakau sembarangan. Butuh waktu dua tahun setelah panen, barulah daun tembakau bisa dijadikan cerutu. Daun tembakau difermentasi dahulu barulah siap digulung menjadi cerutu. Di Kuba, cerutu digulung dengan tangan dan di Belanda digulung dengan mesin. Untuk menjaga kualitas tembakau, cerutu harus disimpan dalam temperatur 20 derajat celcius dengan kelembaban 70 persen.
    [​IMG]

    "Cita rasa cigar itu di daun tembakaunya. Kalau temperaturnya terlalu panas, kandungan cigar ada yang menguap dan mempengaruhi rasanya," tandasnya.

    Karakteristik tembakau di sejumlah negara berbeda-beda. Tembakau Kuba seratnya kasar dan warnanya coklat gelap. Tembakau Dominika seratnya halus dan berwarna cokelat muda. Walau semua asal benih tembakau sama, ketika ditanam di suatu negara menghasilkan kualitas tembakau yang berbeda. Ini sangat dipengaruhi unsur tanah, cuaca dan terik matahari. Biasanya tembakau untuk rokok paling bagus ditanam pada saat musim panas, sementara untuk cerutu pada musim penghujan.

    Menurut Lydia, tidak ada lagi yang berbisnis cerutu di Jakarta. 2 Toko cigar di Jakarta sudah tutup. Namun karena Lydia dan suaminya memang hobi, bisnis toko cerutunya bisa bertahan. Apalagi ada sejumlah komunitas yang sudah menjadi pelanggan setia. "Memang kalau lebih besar pasak dari tiang pastinya pastinya tutup. Tapi, karena ini hobi, ya terus jalan," pungkasnya.

    Lydia berbagi tips untuk menikmati cerutu. Para pemula bisa memilih cerutu berasa mild sampai medium. Biasanya penikmat cerutu akan mencocokan sendiri jenis dan ukuran cerutu yang sesuai. Semua punya rasa yang berbeda. Untuk menyulut cerutu, ujung cerutu dibakar sambil cerutu diputar-putar. Sementara pangkalnya dihisap. Pembakaran terus dilakukan sampai cerutu terbakar sempurna dan merata.

    Cara menghisap cerutu tidak sama dengan rokok biasa. Cerutu hanya dihisap sampai rongga mulut untuk dinikmati cita rasanya. Kemudian asap dihembuskan keluar. Demikian seterusnya sampai cerutu habis. Cerutu pun harus dinikmati dengan kondisi tenang. Cerutu yang dihisap terlalu cepat akan menimbulkan rasa panas dan merusak cita rasa. Sebaliknya, cerutu yang dihisap terlalu lambat akan cenderung mati.
    Code:
    http://almagribhy.blogspot.com/2010/03/cerutu-indonesia-unjuk-gigi-di-kuba.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Cactus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +197 / -0
    cerutu kuba emang terkenal ya.,bahkan ane yg bukan perokok & sama sekali ga pernah cari" info tentang kuba pun begitu denger kuba.,pasti langsung keinget ama cerutu[​IMG]
    ane bukan perokok.,jd kl bayangin kalimat ini.,
    kok ane dapet kesan "disedot dl ampe pipi kempot,br berasa nikmatnya" [​IMG]

    sepertinya kok lebih baik untuk kesehatan dr pd rokok biasa,soalnye ga sampek masuk paru" [CMIIW] [​IMG]
    ribet ya.,padahal kelihatannya tinggal tiup-sedot-tiup-sedot [​IMG],emang dasar ane bukan perokok,jd ga ngerti seni & nikmatnye cerutu [​IMG]

    _________________________________________________
    [​IMG]
    -=[Ferocactus pilosus]=-
     
  4. lotto10 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +542 / -0
    Suasana festivalnya gak keliatan di foto :keringat:
     
  5. axlform M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,097 / -0
    buset, ada festival cerutu kaya gini. apalagi yang dipake cerutu paling terkenal di dunia (yang ane tau gitu CMIIW).
    padahal pembuatannya masih kaya di indonesia tapi udah terkenal banget.
    ane baru tau cerutu cuma isep pelan tapi ga ampe diirup masuk paru, jadi cuma dimulut. lebih safety dari rokok dong. boleh nyoba nih kayanya :blink:
     
  6. afromonkey M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 7, 2010
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +207 / -0
    waww.. yang dari indonesia banyak penggemarnya jga yaa. bangga :D
     
  7. reignover1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    terkenal nih cerutu kuba.. bapak ane doyan bgt ni cerutu wkwk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.