1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

EcoARK, Bangunan Bermaterial Botol Plastik Daur Ulang

Discussion in 'Lifestyle' started by revils, Apr 22, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. revils Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    8,052
    Trophy Points:
    292
    Ratings:
    +17,507 / -0
    Tadi sore ane nonton National Geographic tentang bangunan yang menggunakan material botol bekas yang didaur ulang sebagai facade-nya. Berhubung isunya menarik dan sekarang adalah hari bumi, ane coba berbagi isu menarik ini disini.
    :peace:

    EcoArk, Bangunan yang dibuat dari botol plastik daur ulang

    [​IMG]
    Tampak depan bangunan

    [​IMG]
    Tampak samping bangunan

    [​IMG]
    Interior bangunan
    Pada tahun 2010 yang lalu, Taiwan membangun sebuah exhibition hall dengan menggunakan 1.5 juta botol plastik yang didaur ulang. Bangunan ini pertama kali ditujukan untuk perhelatan acara Taipei International Flora Exposition (2010 Flora Expo) yang dibuka tanggal 6 November 2010 dan akan berlangsung sampai 25 April 2011.

    [​IMG]
    Salah satu alasan mengapa bangunan ini dibuat dengan menggunakan botol plastik bekas adalah karena Taiwan mulai kewalahan untuk mendaur ulang botol plastik bekas dan limbah plastik rumah tangga. Bahkan disebutkan bahwa limbah tersebut mencapai jumlah yang bila dibariskan bisa beberapa kali mengelilingi Taiwan.

    Sang Arsitek


    [​IMG]
    Adalah Arthur Huang, arsitek Taiwan berusia 31 tahun lulusan Harvard dan Cornell yang menjawab tantangan ini. Bermula dari idenya untuk menggunakan botol-botol plastik yang didaur ulang sebagai alternatif kaca untuk facade bangunan, ia mulai membentuk tim yang merancang bangunan megastructures ini.

    Pada mulanya ide dan inovasi dari tim arsitek ini banyak mengalami sindiran dan sikap skeptis dari para konsultan struktur maupun perusahaan konstruksi.

    Ia dikatakan terlalu idealis dan mengada-ada dalam merancang bangunan ini. Bagaimana tidak, sebuah bangunan publik yang akan digunakan untuk perhelatan acara-acara akbar dan dapat menyerap pengunjung hingga 6 juta orang per hari mau menggunakan panel yang dibuat dari botol plastik?

    Belum lagi, Taiwan merupakan salah negara yang paling sering mengalami bencana alam angin taifun dan hujan angin besar. Penggunaan panel botol plastik sebagai facade bangunan tentu dapat membahayakan nyawa pengunjung maupun masyarakat Taiwan dikala bencana alam terjadi.

    Namun, perjuangan tim arsitek ini akhirnya membuahkan hasil yang manis. Hal ini tentunya karena dukungan serta respon dari vendor daur ulang botol plastik dan insinyur mesin Taiwan dalam bekerjasama untuk memanfaatkan botol plastik bekas dan menciptakan suatu solusi baru yang dapat digunakan untuk bangunan yang sangat baik.

    Pollibricks

    Pada mulanya tim arsitek mengalami kesulitan untuk membuat panel dinding dari botol-botol bekas PET (polyethylene terephthalate, semacam polymer yang biasa digunakan untuk membuat botol plastik). Hal ini dikarenakan botol-botol tersebut berbentuk silinder yang mengakibatkan air hujan bisa masuk dan struktur dari panel itu sendiri menjadi tidak stabil.

    Nah, kemudian tim arsitek bangunan ini memiliki ide: "Bagaimana jika mereka menggunakan pola sarang lebah untuk menciptakan bentuk botol yang lebih kuat dan memiliki kekuatan struktur?"

    Untuk itu, mereka merancang sebuah bentuk botol yang berbentuk seperti gerigi roda mesin yang nantinya akan saling mengunci satu sama lain.

    [​IMG]
    Penampakan desain pollibricks

    [​IMG]
    Bentuk panel pollibricks
    Walau demikian, para konsultan struktur dan perusahaan konstruksi masih meragukan kemampuan pollibricks dalam menghadapi beban dan bencana alam.

    Setelah dilakukan pengujian dan perbaikan beberapa kali, dan pollibricks terbukti mampu menghadapi beban berat, angin ribut, api, dan rembesan air hujan, barulah para konsultan struktur dan perusahaan konstruksi menyetujui untuk menggunakan material ini sebagai facade bangunan.

    Dalam proses produksinya, untuk menjamin kesetaraan kualitas pollibricks, vendor daur ulang botol plastik melakukan pensortiran botol-botol PET yang dinilai baik untuk dijadikan bahan baku botol daur ulang, sedangkan para insinyur mesin menentukan ketebalan yang tepat agar pollibricks layak dijadikan sebagai material bangunan.


    [​IMG]
    Facade diberi beberapa lampu LED agar hemat listrik dan memberikan efek yang dramatis.
    Bangunan ini juga menggunakan penghawaan dan pencahayaan alami untuk mengurangi produksi karbon bangunan yang biasanya didapat dari penggunaan AC dan lampu yang berlebihan.

    Untuk itu, bangunan dirancang untuk menghadap ke arah tertentu agar dapat 'menangkap' angin sebanyak-banyaknya, serta mengurangi hawa panas berlebih pada bagian dalam bangunan.

    Pada bagian bawah bangunan juga dibuat semacam pilotis yang membuat angin dapat mengalir melewati bagian bawah bangunan sehingga suasana di dalam gedung dapat tetap nyaman.

    --------------------------------------------------------------------------------

    Secara keseluruhan, ane suka dengan ide dan inovasi dari tim arsitek bangunan ini, terlebih lagi mengingat jumlah limbah plastik di dunia sudah mencapai jumlah yang sangat mengkhawatirkan.

    Sekarang ini pollibricks sudah mulai diperkenalkan sebagai salah satu alternatif material bangunan yang layak untuk dipertimbangkan. Selain harganya yang murah, penggunaan material ini pun bisa membantu menyelesaikan permasalahan limbah plastik dunia yang semakin parah.

    Kapan ya Indonesia bisa berinovasi seperti ini juga?

    Sumber:
    Code:
    Artikel di situs inhabitat:
    http://inhabitat.com/ecoark-pavilion-made-from-1-5-million-plastic-bottles/
    
    Artikel di koran chinapost:
    http://www.chinapost.com.tw/taiwan/local/taipei/2010/04/13/252317/EcoARK-built.htm
    
    Artikel di treehugger:
    http://www.treehugger.com/files/2010/04/massive-plastic-bottle-building-unveiled-in-taiwan.php
    
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. exlite69 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    1,514
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,575 / -0
    wew :kaget:
    kreatip amat arsiteknya.. botol aja bisa jd gedung kayak gitu..
    btw itu botol brbntuk gear nya itu dr botol2 bekas yg dibentuk ulang ya..? :bloon:
     
  4. axlform M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,097 / -0
    cakep banget bangunannya.
    :kaget: ane kaget... detail banget, udah gitu ga kliatan dari botol bekas dari jauh, malah kaya bangunan berkaca yang gede banget.
    keren.
     
  5. barkhov Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    gua liat ini di TV, jempol 5 biji deh. drpd bikin skyscraper2 gak jelas tinggi2an mendingan bikin kaya ginian. salut 1000%.
     
  6. mp33 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    3,318
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +195,812 / -2
    bagus n detail banget tuh....
    dari botol aja begitu,
    gmana klo bikin dari bata tuh... [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.