1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

[Document+movies] Materi safety Riding

Discussion in 'Otomotif' started by megapro04, Mar 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,036 / -0
    Buat IDWS-ser sekalian yang pada punya hoby naik motor atau touring, dan bergabung ama club atau komunitas motor, aku ada materi safety riding nich.. silahkan didownload difolder berikut..

    Lihat n download

    Bila bermanfaat mohon dirate yah...


    Cendol + Thanks seikhlasnya aja...
     
    • Like Like x 11
    • Thanks Thanks x 10
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dkfirekom Members

    Offline

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    boleh usul, ditulis dikit2 disini juga lebih bagus bro
     
  4. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,036 / -0
    Saran diterima...
     
  5. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,036 / -0
    7 Peti Mati (7 Deadly Bins)

    7 Peti Mati (7 Deadly Bins)

    Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.

    1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

    Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

    Cara menghindar kesalahan :
    - jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
    - masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
    - tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

    2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

    Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

    Cara menghindar kesalahan :
    - rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
    - masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
    - jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

    3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

    Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

    Cara menghindar kesalahan :
    - kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
    - perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
    - lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

    4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)

    Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

    Apa yg salah :
    Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

    Cara menghindar kesalahan :
    - berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
    - duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

    5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)

    Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

    Apa yg salah :
    4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

    Cara menghindar kesalahan :
    - kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
    - beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
    - ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

    6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

    Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

    Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

    Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

    7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

    Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

    Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

    Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

    Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

    Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
    kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

    Mobil
    - gagal melihat dgn semestinya 18%
    - gagal memutuskan10%
    - kecerobohan 9%
    - manuver yg buruk 8%
    - kehilangan kendali 8%

    Motor
    - kehilangan kendali 14%
    - gagal melihat dgn semestinya 14%
    - gagal memutuskan10%
    - manuver yg buruk 10%
    - kecerobohan 9%

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    Ini sebagian dari data yg saya miliki... lebih lengkapnya silahkan download dan pelajari yah...
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited: Mar 12, 2010
  6. k4k3ru Members

    Offline

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    yang penting selama berkendara menggunakan motor atau pun mobil.....selalu hormati pengendara lain, jaga emosi, dan selalu menggunakan peranti keselamatan sesuai standar...^^
     
  7. y13ns3n Members

    Offline

    Joined:
    Oct 28, 2008
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah mantap nh...
    sebagai pedoman buat apra driver..
     
  8. galihxtreme Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    thanks bro... ini bner2 brguna!!
     
  9. taufan_raka Members

    Offline

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    wah boleh ni gan.... coba kasi materi wat salatiga.....
     
  10. yantanjunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    901
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,740 / -0
    yg pnting ingt doa n tw diri aje.. klo bkn qt ja yg brhak gunain jlnn,..
     
  11. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,155 / -1
    :top: banget materinya.. asalnya saya juga mau buat thread kayak gini.. eh, ternyata udah ada..
    safety riding itu sangat penting.. selain untuk keselamatan, untuk menjaga kelancaran lalu lintas juga..
    btw, sekarang2 kayaknya masih banyak yang belum menerapkan safety riding.. :sigh:
     
  12. taufikadi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    1,656
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,090 / -0
    filenya knpa ga di upload di IDWS aja bro?

    biar lebih gampang downloadnya gt ..
    :???:
     
    Last edited by a moderator: Oct 6, 2011
  13. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,036 / -0
    Box.net juga support pararel bro.. aku mau up ke IDWS account IDWSq malah eror.. bikin lagi malah g bisa2.. jadi pake box aja..

    untuk kekurangan cuma file max 25mb.. kapasitas personal 5gb.. tapi waktu keanggotaan tak terbatas.. hehehe..
     
  14. myandra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -2
    terima kasih gan,

    bisa buat dibagiin ma anak anak di sekolah
     
    Last edited by a moderator: Oct 6, 2011
  15. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    semoga kita semua terhindar dari mara bahaya di jalanan..

    amin.. :peace:
     
    Last edited by a moderator: Oct 6, 2011
  16. CahBoyo Members

    Offline

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    yang ane pake wajib sich, helm full face, sepatu , sarung tangan sama jaket yang lumayan tebel,

    jadi meskipun jatuh setidaknya tidak ada bagian tubuh yang luka sampai sobek.. palingan dapat memar aja , intinya kan meminimalisir bahaya
     
    Last edited by a moderator: Oct 6, 2011
  17. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,036 / -0
    Wah... ternyata banyak banget atensi dari temen2 di forum ini... ayo2.. ntar kalo dah di download sharing ke temen2 kalian juga ya..

    kita galakan safety riding.. biar indonesia lebih aman lagi...
     
  18. Bigman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    ini bener2 nice share gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.