1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Diminta Kemkominfo Untuk Tidak Mencuri Data Rakyat Indonesia, Hacker Bjorka: 'Stop Being an Idiot'

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Sep 7, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Hacker Bjorka yang menjual data-data rakyat Indonesia yang ia klaim dicuri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, merespon "permintaan" Kemkominfo untuk tidak meretas dan mencuri data-data rakyat Indonesia.

    Seperti yang diberitakan Indowebster sebelumnya, Bjorka mengaku telah mencuri data lebih dari 1,3 miliar pemilik nomor ponsel di Indonesia yang menurutnya, ia dapatkan dari meretas Kominfo.

    Kemkominfo yang sempat menepis kemungkinan kebocoran data di databasenya, kemudian membuat permintaan yang agaknya terdengar aneh di mata masyarakat, baik ahli teknologi informasi, keamanan siber, maupun awam sekalipun.

    Melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Semuel Abrijani, Kemkominfo "meminta" agar Bjorka tidak meretas dan mencuri data-data pribadi rakyat Indonesia. Kemkominfo juga bersumsi bahwa hacker tersebut mencuri data-data pribadi rakyat Indonesia dengan tujuan mempermalukan Kemkominfo, padahal Bjorka terang-terangan menjual data-data itu ke darkweb.

    Menanggapi permintaan Kemkominfo itu, hacker Bjorka kemudian membuat sebuah thread di forum Breacked dengan judul "My Message for Indonesia Government" (pesan saya bagi pemerintah Indonesia).

    Dalam thread tersebut, Bjorka melampirkan foto Semuel Abrijani saat meminta dirinya agar tidak mencuri data-data pribadi rakyat Indonesia serta tautan berita terkait dari Suara.com.

    Lalu di bagian bawah Bjorka menuliskan kalimat dengan huruf kapital dan warna merah "STOP BEING AN IDIOT" (berhenti menjadi seorang idiot).



    [​IMG]
    (Tangkapan layar dari Forum Breached)

    Dari penelusuran Indowebster, thread tersebut kini telah dihapus entah oleh Bjorka sendiri atau moderator Breached Forum.

    Memang jika dipikirkan dengan logika, bahkan awam sekalipun juga paham bahwa permintaan Kemkominfo itu seperti meminta maling agar tidak mencuri, atau meminta koruptor agar tidak korupsi. Aneh dan tidak realistis. Alhasil warganet Indonesia pun banyak yang mempertanyakan kompetensi para petinggi Kominfo dalam memerangi peretasan data di lembaga-lembaga maupun institusi pemerintah.

    Reaksi Bjorka terhadap permintaan Kemkominfo pun bisa dibilang tidak aneh. Jika semua pelaku kejahatan berhenti melakukan kejahatan hanya karena diminta oleh korbannya, maka dunia tidak membutuhkan hukum maupun penegak hukum bukan?

    Selain itu entah dari mana Kemkominfo bisa berasumsi Bjorka melakukan peretasan dan pencurian data tersebut untuk mempermalukan Kemkominfo.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Sunday_KNIGHT SUPERMOD
    CHICKEN VOYAGE

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    48,020
    Trophy Points:
    353
    Ratings:
    +1,245,716 / -7
    Yang beginian bukan yang pertama terjadi di sini, malah kalo diperhatikan isi berita-berita lainnya di indo, banyak komentar para petinggi kita itu ngaco,
    mungkin gak kedetek karena pada main kata-kata yang membuat orang awam gak ngeh,
    maklum mereka masih anggap orang indo itu gak hebat dalam kosa katanya, jadi mereka sering mutar balik kata-kata,

    :ngacir:
     
  4. IndoAnchovy Top Contributor

    Offline

    ドラえもん

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    7,340
    Trophy Points:
    258
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,516 / -4
    Makanya uda malas ngikutin berita lokal. Awalnya sih lucu, tapi karena terus menerus begitu, jadi tidak lucu lagi dan malah lebih jadi memalukan :panda:
     
  5. Sunday_KNIGHT SUPERMOD
    CHICKEN VOYAGE

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    48,020
    Trophy Points:
    353
    Ratings:
    +1,245,716 / -7
    berita lokal mayoritasnya gak mendidik, malah lebih mengajarkan hal-hal yang kurang baik,
    gw palingan kalo buka koran / situs berita, baca judulnya doank, dan 90% berita sekarang cuma berita lewat doank,

    yah, macam diatas salah satunya, kadang satu hal itu diulas panjang lebar, berulang-ulang, hingga gw gak ngerti apa topik beritanya,

    lebih enak ngelihat tulisan opini, ulasang makanan atao pilem :ngacir:
     
  6. IndoAnchovy Top Contributor

    Offline

    ドラえもん

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    7,340
    Trophy Points:
    258
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,516 / -4
    Dulu masih sering buka portal berita menit dot com (tau lah maksud ane yang mana), tapi terakhir juga ampas beritanya dan dijejalin iklan semua. Coba searching portal berita mana yang bisa jadi alternatif, hasilnya nihil, ga jauh beda satu dengan lainnya. Satu2nya yang masih pantas dibaca di itu cuma portal berita surat kabar lokal orang Medan, Analisadaily, yang memang tidak up to date seperti portal berita online lainnya karena websitenya hanya sebagai bentuk digital dari harian surat kabarnya. Tapi masih lebih pantas dan layak beritanya ketimbang yang lain.

    Ujung2nya sekarang ngikutin berita cuma dari youtube, ngikutin channel SCMP. Persetan lah sama berita lokal, memuakkan judul dan isinya :sigh:
     
  7. QanX M V U

    Offline

    変わる未来へ

    Joined:
    May 16, 2022
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    117
    Ratings:
    +3,811 / -0
    Beginilah kalo kominfo bisanya cuman blokir-blokir :puyeng:
    Pakar sekuriti siber di mari kan banyak juga, direkrut lah :ngacir:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.