1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Detik-detik kepergian Bung Karno Yang Mengharukan

Discussion in 'History and Culture' started by YokkoTimotius, Mar 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. YokkoTimotius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +3,414 / -0
    Detik-detik Kepergian Bung Karno
    Yang Mengharukan



    [​IMG]

    Ir. Soekarno (lahir 6 Juni 1901; wafat 21 Juni 1970)
    Presiden pertama Republik Indonesia
    Menjabat Periode 1945 - 1966
    Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 bersama Mohammad Hatta







    -- Suasana Prosesi Pemakaman --


    Jakarta, Selasa, 16 Juni 1970. Ruangan intensive care RSPAD Gatot Subroto dipenuhi tentara sejak pagi. Serdadu berseragam dan bersenjata lengkap bersiaga penuh di beberapa titik strategis rumah sakit tersebut. Tak kalah banyaknya, petugas keamanan berpakaian preman juga hilir mudik di koridor rumah sakit hingga pelataran parkir.

    Sedari pagi, suasana mencekam sudah terasa. Kabar yang berhembus mengatakan, mantan Presiden Soekarno akan dibawa ke rumah sakit ini dari rumah tahanannya di Wisma Yaso yang hanya berjarak lima kilometer. Malam ini desas-desus itu terbukti. Di dalam ruang perawatan yang sangat sederhana untuk ukuran seorang mantan presiden, Soekarno tergolek lemah di pembaringan. Sudah beberapa hari ini kesehatannya sangat mundur.

    Sepanjang hari, orang yang dulu pernah sangat berkuasa ini terus memejamkan mata. Suhu tubuhnya sangat tinggi. Penyakit ginjal yang tidak dirawat secara semestinya kian menggerogoti kekuatan tubuhnya. Lelaki yang pernah amat jantan dan berwibawa—dan sebab itu banyak digila-gilai perempuan seantero jagad, sekarang tak ubahnya bagai sesosok mayat hidup.

    Tiada lagi wajah tampannya. Kini wajah yang dihiasi gigi gingsulnya telah membengkak, tanda bahwa racun telah menyebar ke mana-mana. Bukan hanya bengkak, tapi bolong-bolong bagaikan permukaan bulan. Mulutnya yang dahulu mampu menyihir jutaan massa dengan pidato-pidatonya yang sangat memukau, kini hanya terkatup rapat dan kering.

    Sebentar-sebentar bibirnya gemetar. Menahan sakit. Kedua tangannya yang dahulu sanggup meninju langit dan mencakar udara, kini tergolek lemas di sisi tubuhnya yang kian kurus.Sang Putera Fajar tinggal menunggu waktu.

    Dua hari kemudian, Megawati, anak sulungnya dari Fatmawati diizinkan tentara untuk mengunjungi ayahnya. Menyaksikan ayahnya yang tergolek lemah dan tidak mampu membuka matanya, kedua mata Mega menitikkan airmata. Bibirnya secara perlahan didekatkan ke telinga manusia yang paling dicintainya ini. “Pak, Pak, ini Ega…”. Senyap. Ayahnya tak bergerak. Kedua matanya juga tidak membuka.

    Namun kedua bibir Soekarno yang telah pecah-pecah bergerak-gerak kecil, gemetar, seolah ingin mengatakan sesuatu pada puteri sulungnya itu. Soekarno tampak mengetahui kehadiran Megawati. Tapi dia tidak mampu membuka matanya. Tangan kanannya bergetar seolah ingin menuliskan sesuatu untuk puteri sulungnya, tapi tubuhnya terlampau lemah untuk sekadar menulis. Tangannya kembali terkulai. Soekarno terdiam lagi.

    Melihat kenyataan itu, perasaan Megawati amat terpukul. Air matanya yang sedari tadi ditahan kini menitik jatuh. Kian deras. Perempuan muda itu menutupi hidungnya dengan sapu tangan. Tak kuat menerima kenyataan, Megawati menjauh dan limbung. Mega segera dipapah keluar. Jarum jam terus bergerak. Di luar kamar, sepasukan tentara terus berjaga lengkap dengan senjata. Malam harinya ketahanan tubuh seorang Soekarno ambrol. Dia koma. Antara hidup dan mati. Tim dokter segera memberikan bantuan seperlunya.

    Keesokan hari, mantan wakil presiden Muhammad Hatta diizinkan mengunjungi kolega lamanya ini. Hatta yang ditemani sekretarisnya menghampiri pembaringan Soekarno dengan sangat hati-hati. Dengan segenap kekuatan yang berhasil dihimpunnya, Soekarno berhasil membuka matanya. Menahan rasa sakit yang tak terperi, Soekarno berkata lemah. “Hatta.., kau di sini..?”.

    Yang disapa tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Namun Hatta tidak mau kawannya ini mengetahui jika dirinya bersedih. Dengan sekuat tenaga memendam kepedihan yang mencabik hati, Hatta berusaha menjawab Soekarno dengan wajar. Sedikit tersenyum menghibur. “Ya, bagaimana keadaanmu, No?” Hatta menyapanya dengan sebutan yang digunakannya di masa lalu. Tangannya memegang lembut tangan Soekarno. Panasnya menjalari jemarinya. Dia ingin memberikan kekuatan pada orang yang sangat dihormatinya ini.

    Bibir Soekarno bergetar, tiba-tiba, masih dengan lemah, dia balik bertanya dengan bahasa Belanda. Sesuatu yang biasa mereka berdua lakukan ketika mereka masih bersatu dalam Dwi Tunggal. “Hoe gaat het met jou…?” Bagaimana keadaanmu? Hatta memaksakan diri tersenyum. Tangannya masih memegang lengan Soekarno. Soekarno kemudian terisak bagai anak kecil.

    Lelaki perkasa itu menangis di depan kawan seperjuangannya, bagai bayi yang kehilangan mainan. Hatta tidak lagi mampu mengendalikan perasaannya. Pertahanannya bobol. Airmatanya juga tumpah. Hatta ikut menangis.

    Kedua teman lama yang sempat berpisah itu saling berpegangan tangan seolah takut berpisah. Hatta tahu, waktu yang tersedia bagi orang yang sangat dikaguminya ini tidak akan lama lagi. Dan Hatta juga tahu, betapa kejamnya siksaan tanpa pukulan yang dialami sahabatnya ini. Sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia yang tidak punya nurani.

    “No…” Hanya itu yang bisa terucap dari bibirnya. Hatta tidak mampu mengucapkan lebih. Bibirnya bergetar menahan kesedihan sekaligus kekecewaannya. Bahunya terguncang-guncang. Jauh di lubuk hatinya, Hatta sangat marah pada penguasa baru yang sampai hati menyiksa bapak bangsa ini.

    Walau prinsip politik antara dirinya dengan Soekarno tidak bersesuaian, namun hal itu sama sekali tidak merusak persabatannya yang demikian erat dan tulus. Hatta masih memegang lengan Soekarno ketika kawannya ini kembali memejamkan matanya.

    Jarum jam terus bergerak. Merambati angka demi angka. Sisa waktu bagi Soekarno kian tipis.Sehari setelah pertemuan dengan Hatta, kondisi Soekarno yang sudah buruk, terus merosot. Putera Sang Fajar itu tidak mampu lagi membuka kedua matanya.

    Suhu badannya terus meninggi. Soekarno kini menggigil. Peluh membasahi bantal dan piyamanya. Malamnya Dewi Soekarno dan puterinya yang masih berusia tiga tahun, Karina, hadir di rumah sakit. Soekarno belum pernah sekali pun melihat anaknya.

    Minggu pagi, 21 Juni 1970. Dokter Mardjono, salah seorang anggota tim dokter kepresidenan seperti biasa melakukan pemeriksaan rutin. Bersama dua orang paramedis, Dokter Mardjono memeriksa kondisi pasien istimewanya ini. Sebagai seorang dokter yang telah berpengalaman, Mardjono tahu waktunya tidak akan lama lagi.

    Dengan sangat hati-hati dan penuh hormat, dia memeriksa denyut nadi Soekarno. Dengan sisa kekuatan yang masih ada, Soekarno menggerakkan tangan kanannya, memegang lengan dokternya. Mardjono merasakan panas yang demikian tinggi dari tangan yang amat lemah ini.

    Tiba-tiba tangan yang panas itu terkulai. Detik itu juga Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya. Kedua matanya tidak pernah mampu lagi untuk membuka. Tubuhnya tergolek tak bergerak lagi. Kini untuk selamanya.

    Situasi di sekitar ruangan sangat sepi. Udara sesaat terasa berhenti mengalir. Suara burung yang biasa berkicau tiada terdengar. Kehampaan sepersekian detik yang begitu mencekam. Sekaligus menyedihkan.

    Dunia melepas salah seorang pembuat sejarah yang penuh kontroversi. Banyak orang menyayanginya. Dan semua sepakat, Soekarno adalah seorang manusia yang tidak biasa. Konon, ia juga dijuluki "Manusia separuh wali". Manusia yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad. Manusia itu kini telah tiada.


    Code:
    Sumber ---> http://www.faceminang.com/2010/12/detik-detik-kepergian-bung-karno-yang.html​

    -- Galeri Foto Bung Karno --

    :semangat::semangat::semangat::semangat::semangat:


     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
    Last edited: Mar 9, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. plagoz Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 2, 2010
    Messages:
    5,317
    Trophy Points:
    277
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,646 / -0
    PERTAMAX~~~

    kok guru sejarah gw ga pernah cerita2 ttg ini ya?? :hahai:

    btw, cantumin sumbernya,, ntar dikiranya ngarang..

    nice inpo, om!
     
  4. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    ^
    guru sjrh gk ad apa2 nya om mrk dgn buku kebanyakkan
    tpi buku sendiri tidak lengkap dan malahan sangat dikit
    dan buku itu juga malah dignti2 dmi suatu kepentingan isinya

    emg mengharukan sih walau gk dgn baca tp dgn baca tmpt terharu :terharu:
    btw dr dlu gw ada mikir konspirasi seputar bung karno
    1.dia dikurung di wisma oleh soeharto gk boleh kluar<----sangat kejam tpi bisa aja terjadi
    2.kenapa dia hrs dikurung trs dalam kamar:???: gk boleh ke ruang tamu dll gmn gk bwt org streess<----tahanan rumah apa tahanan kamar ini yak dan apa gna nya coba tahanan rumah aja keknya da cukup
    3.gk boleh bicara dgn siapapun :sepi: <---loh emgnya np klo ngomong +1 konspirasi nya
    4.soal kematiannya bisa saja si dokter nusuk sesuatu jarum atau apa pas ruangannya lagi sepi kan yg kyk silence killing sprti jarum cia[igt cia membenci soekarno dan terbukti kerja sama dgn amrik]:rokok:
     
  5. kaide9 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +253 / -0
    tapi dia sempat pro ke komunis waktu itu,,jadi ilang simpati gw :yareyare:
     
  6. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    dia bkn pro komunis :oii:
    dia itu menjalin simpati dgn komunis waktu itu dgn menghilangan simpati dgn barat krn amrik sempet waktu itu musuhi karno dan berusaha lengserin dia dan nguasai indonesia[terbukti agen cia mengendarai pesawat pas permesta gk slh dan msh bnyk lainnya+tentu saja agen cia bnyk ketangkap krn saking over kerjanya di indonesia!]
     
  7. plagoz Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 2, 2010
    Messages:
    5,317
    Trophy Points:
    277
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,646 / -0
    ^

    wah,, anda spt nya tahu semua ttg sukarno..

    jgn2 guru sejarah ya?? :hahai:

    just kidding :peace:
    -------------------------------------------------------------

    yg saya tau ttg sukarno, cm dia buat supersemar,, dekrit presiden..
    trus buat NASAKOM.. ya kan?
     
  8. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    benar itu bgian dri kontroversial hidup beliau pas demokrasi terpimpin sebagai panglima besar revolusi
    saya bkn guru sejarah hanya seorg member yg mangkalnya di SF ini :malu
     
  9. kaide9 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +253 / -0
    ok,,,gw bukannya mau negativ think tentang dia ya
    klo dia mau musuhin barat,,,kenapa waktu itu militer gk pro sama dia??
    klo militer pro sama dia,,pasti dia masih jadi presiden mungki sampe maty,,,
    militer gak suka sama dia gara2 dia pro sama komunis,,

    maaf kk bukannya sok tahu,,,aq baca dimajalah,,:D
     
  10. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    bknnya mencela ya
    klo baca dri bku susah gan soalnya banyak manipulasi
    dia bkn musuhin tp menjauhi
    militer bknnya gk mw pro tp sbgian pro sbgian gk
    krn AD waktu itu punya wewenang politik[skrg engga] jadi smacam partai tersendiri
    manaada partai[ad di sni] oposisi mw dukung koalisi 100%
    klo AU loyalitas soekarno smpe diblg soekarnoisme =="
    klo AL loyalitas jga tpi dia lbh ke rakyat
    nah AD sendiri pimpinan soeharto yg lawan berat soekarno waktu itu[lom lagi a.yani yg smpt sakit hati krn soekarno pernah 1x ngejek dia+lgi nasution yg kbrnya mw kudeta gitu]
     
  11. claustruophobia Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    satu2nya orang yg gw hormatin slain ibu gw di negeri ini adalah beliau, The founding father

    kangen punya sesosok pemimpin seperti beliau, hmmm

    miris juga baca detik2 sebelum kepergian bung karno yg masih menyisakan problema (hasyah)
     
  12. skydragon M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    6,837
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,045 / -0
    Ceritanya mengharukan...:nangis:

    Gw stuju sama bro 1c4ru5, byk org yg baca buku cm buku2 yg gk berbobot, menyudutkan salah satu pihak...:yareyare:

    Bwt bro kaide9, klo majalah, jgn terlalu dipercaya jg...Klo pgn tw apa yg terjd sbnrnya, coba baca buku yg berbobot...Bokap gw hidup mulai dari jaman sblm merdeka sampai orde reformasi dan beliau tahu betul bgmn seorang Soekarno, krn pada jaman itu beliau hidup di jkt...

    Mulai dari tukang becak sampai pejabat pun hormat sama beliau...
    Gara bokap gw jg gw jd baca buku "Di bawah bendera revolusi", itu buku yg tebel dan gedenya ngalah2in harpot tp pny penjelasan lengkap ttg Indonesia, terutama jaman sblm merdeka dan orde lama...Coba cari buku itu (klo dpt, soalnya bukunya jarang2 ada XP) dan baca, pasti nanti paham gmn semuanya....

    Kalau dari cerita bokap gw, Soekarno itu bkn seorang komunis, tapi dia mengambil sedikit paham dari sana...Beliau bkn ingin menjadikan bangsa Indonesia komunis, tetapi menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang punya pendirian sendiri...
    Salah satu hasil sukses dari pandangan itu adalah China pada jaman sekarang (walaupun mereka menganut murni komunis)...Skrg China bisa menjadi salah satu haluan dunia, nah itu yg dlu dicita-citakan Bung Karno...

    Mana ada pemimpin sebuah negara baru yang terang2an menentang negara superpower (dlm hal ini Amrik), cm Bung Karno yang berani dan memang Amerika akhirnya jadi takut dengan Indonesia...


    Btw, koq sadis bgt ya sampai gk blh berinteraksi dgn org lain segala...:takut:
     
  13. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,575 / -0
    Beliau seorang presiden yg perkasa mampu membuat seluruh dunia mengakui kehebatannya...
    presiden yg terus mengarahkan rakyatnya untuk terus bergerak maju demi kesejahteraan bersama...
    :terharu:

    semoga generasi sekarang ada orang yg memiliki jiwa besar seperti ato yg melebihi beliau...
    jgn pernah serahkan harga diri kita....
    tetap terus berjuang untuk maju....
    Demi Indonesia kita yg tercinta... :terharu:

    Pak Karno Kau adalah panutanku...
    Semoga amanah u yg telah kau serahkan pada kami bisa kita laksanakan dengan baik....:terharu:

    HIDUP INDONESIA :sembah:
     
  14. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    nah kta bro ini benar,jgn mw ketipu perubahan sjrh orba yg skrg msi lekat di negeri ini[walau gk sepenuhnya]
    tapi mirisnya bro ini lah negerikita skrg :dead:
    INDONESIA RAYA JAYA!!!:onfire:
     
  15. skydragon M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    6,837
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,045 / -0
    Banyak rakyat Indonesia yg tertipu dgn manis2 pada jaman orba...:swt:
    Bolehlah swasembada beras, tp itu bertahan berapa tahun :???:

    Harusnya dgn julukan negara agraris kita itu mampu ekspor beras...:dead:
    Semua sumber daya kita skrg kebanyakan dikuasai barat...:gembel:

    Gmn masa depan generasi mudanya nanti klo punya sumber daya tp orang lain yg memanfaatkan...:nangis:

    Presiden yang berjasa aja sampe dikurung ky gt, gk ada rasa hormat sama sekali...:kecewa:
     
  16. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    yaini skrg
    reformasi tp bagaikan rezim baru
    bygin aja si sby
    90tahun janji ama org asing bwt SDA tertentu
    dan freeport tmbh 40tahun lgi :swt:
     
  17. YokkoTimotius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +3,414 / -0
    Hmm...masalahnya kalo sby ga kasih tu kontrak bisa2 dia dilengserin sama amerika kayak Bung Karno ini...
    kalo cuma dilengserin sih gapapa...kalo dibunuh??
    mau sby kasih atau ga tu kontrak, kontrak itu bakal ada...
    kalo sby dah dilengserin ya bakal ada soeharto baru...(kaki tangan amerika)..
    *hanya imajinasiku aja sih... :)
     
  18. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    yg ada sby kaki tgn amrik
    buktinya sblm jd presiden pas dirikan demokrat dia ada blg,amerika itu kucintai baik sisi baik maupun sisi jahatnya,amrik adalah rmh ke 2 ku,jaya amrik-koran taun 2004 entah 2003
    tp bkn di amrik aja negara2 lain jg
    klo mati gpp artinya dia berjasa tp skuat apapun amerika mencoba tp toh keknya negara kita susah diancurin mereka[sudah tercatat sejarah sekutu+amrik+pihak axis pun susah]
    kec bener2 ditembakkin bnyk nuklir/pemusnah massal dia ke kita mngkin bru kita menyerah
    tp kita pny senjata pemusnah massal alami jg
    tgl tebang smua pohon rusakin ekosistem yakin iklim dunia berubah lbh dri 60%
    wong kita pengaruhi iklim ke 2 stlh amazone
     
  19. YokkoTimotius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +3,414 / -0
    Ya maksudku juga sby tu kaki tangannya amrik... :peace:
    makanya sby kasih kontrak itu ke perusahaan2 amrik...
    Hmm...btw aq baru kepikiran nih...
    ternyata kita punya senjata pemusnah masal ya...:boong:
    bener2 ga kepikiran sebelumnya...
     
  20. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,224 / -1
    iy kok
    mw lbh gila lgi kurasa ckp ambil smua bom atau bhn peledak kita pny
    letak di pertambangan
    tmpt minyak
    dll yg ptg2
    beneran jadi pulau mati gk bsa dimanfaatin
    trs tebang pohonnya rusakkin smua ekosistem dan karang2
    :lol:
    btw yg bwt palak ini kan sama aja penjajahan dan perbudakkan
    dan ini dibuat pemimpin kita sendiri :panda:
     
  21. YokkoTimotius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +3,414 / -0
    Hahaha...tapi 250juta rakyat indonesia juga ga pengen mati kan...
    jadi ga mungkin nglakuin itu... bunuh diri...hehhe...
    Hmm...knapa soekarno bisa jadi tahanan rumah gitu sebenernya udah emang direncanain sama so*harto itu...
    setauku emang dia punya rencana mengkudeta soekarno..
    jadi kalo ada yg tanya kq jahat bgt soekarno kq dijaiin tahanan rumah...gblh ketemu sapa2...
    ya wajar...karena soeharto tau soekarno tu orang cerdas + berkharisma...
    ntar kudetanya bisa gagall.... cmiiw..
    *kata guru skolah...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.