1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Data-data PT Jasa Marga Diduga Bocor dan Dijual di Darkweb, Ini Tanggapan Jasa Marga!

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 25, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +105 / -0
    Grup peretas ternama Desorden mengklaim telah membobol 252GB data dari operator jalan tol terbesar di Indonesia, PT Jasamarga dan dijual di darkweb.

    Data PT Jasamarga itu dijual lewat situs darkweb Breached Forum dengan judul "Indonesia's Largest Tollway Operator PT JASAMARGA Hacked by DESORDEN".

    Grup peretas ini dengan terbuka mengklaim bertanggung jawab atas peretasan terhadap data PT Jasamarga tersebut.

    "Kami bertanggung jawab atas peretasan dan kebocoran data PT JASAMARGA TOLLROAD OPERATOR (https://www.jmto.co.id)," tulis akun Desorden. "Pembobolan data kal iini meliputi 252GB data, coding, dan dokumen di sepanjang lima layanan mereka, termasuk informasi mengenai pengguna, pelanggan, pegawai, korporasi, dan data finansial," tambahnya seperti dilansir Indowebster dari Breached Forum yang demi keamanan publik, tidak akan kami lampirkan tautannya di artikel ini.


    [​IMG]
    (Tangkapan layar Breached Forum)

    Selain itu akun Desorden juga melampirkan tiga tautan dari portal-portal besar Indonesia yang memberitakan kebocoran data PT Jasamarga.

    Desorden juga memberikan sampel dari KTP beberapa pengguna layanan Jasa Marga.

    Ini merupakan kasus dugaan kebobolan data besar ketiga yang terjadi dalam sepekan terakhir ini. Sebelumnya, data dari PLN dan data-data penting lebih dari 21 ribu perusahaan di Indonesia diduga bocor dan dijual di darkweb.


    Tanggapan Jasa Marga

    Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana mengatakan, data yang dimaksud adalah data internal dan administrasi pada aplikasi PT JMTO.

    "Serta dipastikan tidak berkaitan dengan data pelanggan," kata Lisye dalam keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

    Lisye mengatakan, JMTO telah menonaktifkan server yang terdampak serangan dan melakukan pemulihan atas data tersebut serta memindahkan sistem ke server yang lebih aman. Selain itu, JMTO juga menutup celah kerentanan keamanan aplikasi serta menjalin kerja sama dengan pihak yang kompeten dalam melakukan asesmen cyber security dalam sistem di PT JMTO.

    "Jasa Marga akan terus mengevaluasi serta terus meningkatkan sistem keamanan siber Jasa Marga Group, tidak hanya untuk internal namun juga kepada stakeholder eksternal," ujarnya.


    Sumber: Portal IDWS
     
  2. leung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 7, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11 / -0
    yang benar klaimnya siapa nih, hackernya apa jasa marga? :ogcuriga:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.